Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Atasi Rasa Bosan Saat Belajar Berdasarkan Pengalaman

Assalamualaikum wr wb

Sebagai pelajar, saya seringkali merasa bosan saat belajar. Hal tersebut wajar sih, karena pada dasarnya setiap manusia bisa merasa bosan terhadap aktivitas yang sering dilakukannya. Tapi kalau bosan melulu saat belajar, ya jangan dong.

Maka dari itu di sini saya akan bagi tips atasi rasa bosan saat belajar berdasarkan pengalaman saya. Oh ya, belajar yang saya maksudkan di sini terbatas pada aktivitas membaca buku pelajaran atau penunjang materi, mengerjakan tugas, dsb 💁

Tips Atasi Rasa Bosan Saat Belajar Berdasarkan Pengalaman


tips-atasi-bosan-belajar


Istirahat Sejenak, Lakukan Aktivitas Lain

Kalau sudah merasa bosan, berarti fisik kita sudah sampai pada batasnya. Kita harus bergerak, melakukan aktivitas yang berbeda meski sejenak. Biasanya saya ya minum air putih, makan cemilan yang sudah disiapkan, buka-buka hape sebentar baca-baca medsos, atau beres-beres kamar.

Beres-beres kamar itu ya cukuplah seperti melipat beberapa lembar baju, menyapu sebentar, dll. Terkadang saya produktif dalam hal lain saat bosan, haha 😆

Ganti Suasana Belajar

Kalau masih bosan sementara kita tetap harus belajar, cobalah ganti suasana. Biasanya kan saya belajar di depan meja. Kalau lagi bosan ya bisa tiduran di atas Kasur. Atau kadang saya pergi ke luar.

Keluarnya pun ya palingan ke tempat makan atau kampus. Di tempat makan, biasanya sarapan dulu, terus lanjut belajar. Eh tempat makan di sini murah, ambil sendiri, terus saya ngambil sayur banyak. Setelah selesai makan, baru deh belajar. Iya, belajar di tempat makan. Sepi kok kalau jam pagi 😆

Kalau masih bosan, ya ke kampus. Tapi saya ke kampus biasanya saat 3 atau 5 jam sebelum perkuliahan dimulai. Jadi saya sudah prepare dari rumah untuk belajar sendiri dulu, lalu belajar bareng dosen. Mengganti suasana belajar itu cukup ampuh sih.
--

Sepertinya hanya dua itu saja tips yang biasa saya lakukan. Kalau kalian merasa tips dari saya masih kurang, cobalah baca blognya Kak Ve, dia juga berbagi tips atasi rasa bosan saat belajar versi dia.

Oh ya, sebenarnya cara yang paling ampuh untuk mengatasi rasa bosan saat belajar adalah dengan belajar mepet-mepet sebelum jam kuliah atau jam pelajaran berlangsung. Wuh bisa langsung seger tuh badan karena belum belajar sementara sebentar lagi ada kuliah. Tapi ya… yakin bisa fokus? 😆

Lalu, kamu? Bagaimana caramu mengatasi rasa bosan saat belajar?

Wassalamualaikum wr wb 💕



Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

2 komentar untuk "Tips Atasi Rasa Bosan Saat Belajar Berdasarkan Pengalaman"

  1. Kalo gw mbak, belajarnya satu jam. 5 jamnya nonton yutup, wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. booooh

      tapi yang ditonton di yutup tentang materi berfaedah kan yak
      💕💕

      Hapus