Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Gadai BPKB Mobil Cepat dan Bunga Rendah

Assalamualaikum wr wb

Saya senang, semakin lama dunia wirausaha makin terbuka lebar. Banyak cara untuk membuka peluang usaha, baik kuliner, fashion, printing, dll. Saya pribadi berharap suatu hari memiliki bisnis kuliner. Doakan semoga disegerakan punya ya…

Saya paham bahwa hal yang jelas dibutuhkan dalam berwirausaha adalah modal. Untuk mendapatkan modal, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah menggadaikan BPKB mobil, sepeda motor, atau barang berharga milik kita.

Tips Gadai BPKB Mobil Cepat

Dari sekian banyak barang yang digadaikan, maka barang yang paling sering digadaikan adalah BPKB mobil. Alasannya? Uang yang didapat lebih besar. Uang tersebut bisa kita gunakan sebagai modal untuk membangun wirausaha atau bisnis yang bisa memberikan untung cepat dan bertahan lama.

Menggadaikan BPKB mobil itu mudah kok. Sudah banyak lembaga pembiayaan yang menyediakan jasa ini, mulai dari koperasi, perbankan, multi finance, hingga pegadaian. Masing-masing lembaga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Maka kita harus pintar-pintar dalam menggadaikan BPKB mobil supaya dapat pinjaman secara cepat dan dengan bunga rendah. Nah, berikut ini saya bagi tipsnya. Tipsnya disingkat 4P, alias Pilih, Penuhi, Pahami, dan Pastikan.

Pilih Lembaga Gadai dengan Bunga Rendah yang Terpercaya

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cari tahu terlebih dahulu lembaga gadai yang sesuai dengan kriteria kita. Ada puluhan lembaga gadai yang bisa kita cari informasi detailnya melalui website resminya.

Pelajari dulu sistem suku bunganya. Cari yang suku bunganya rendah dan pembayarannya sesuai dengan kapasitas kita sebagai penggadai sekaligus pengkredit. Kemudian pelajari juga persyaratannya. Apakah kapasitas kita mampu memenuhi persyaratan yang diajukan?

Pilih dulu, 3 atau 5 lembaga gadai yang cocok. Sortir satu persatu sampai dapat satu yang sreg alias pas di hati.

Penuhi Persyaratannya dan Isi dengan Jujur

Hal kedua yang harus dilakukan adalah memenuhi persyaratan yang diajukan oleh lembaga gadai. Syarat utama yang harus ada adalah BPKB mobil itu sendiri, sebagai jaminan saat kita akan meminjam sejumlah uang. Oh ya, STNK disertakan juga ya. STNK hanya sebagai penyerta saja dan tetap bisa dibawa pulang untuk surat ijin mengendarai mobil sendiri.

Syarat lain yang harus dipenuhi adalah kelengkapan administrasi seperti fotocopy KTP dan kartu keluarga. Bagi karyawan, syarat lain yang harus dipenuhi adalah slip gaji, dan fotocopy rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir.

Sementara untuk kalangan profesional, syarat yang harus dipenuhi adalah fotocopy surat ijin praktek, dan fotocopy rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir. Sedangkan bagi wiraswasta adalah fotocopy NPWP, fotocopy SIUP dan TDP, serta fotocopy rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir.

Saat melengkapi berkas-berkas tersebut, pastikan datanya valid ya. Maksudnya berkas tersebut adalah benar sebagaimana adanya. Kejujuran kita dalam mengumpulkan berkas kepada pihak lembaga gadai, akan sangat memudahkan kita untuk mendapatkan gadai secara cepat dan aman.

Pahami Seluruh Prosedur Gadai BPKB

Saat mulai verifikasi berkas dengan pihak lembaga gadai dan kita mulai diberi struk atau lembaran kesepakatan, maka baca dulu segala prosedur secara teliti. Termasuk segala kesepakatan yang ada. Bila ada yang belum jelas, tanyakan. Bahkan tanyakan sedetail mungkin.

Kita harus benar-benar memahami syarat dan ketentuan yang berlaku untuk melunasi sesuai perjanjian yang telah disepakati. Kita harus memahami bahwa uang yang kita terima bukan sekadar uang pinjaman cuma-cuma, melainkan di dalamnya kita telah terikat secara hukum dan harus siap dipertanggungjawabkan.


Pastikan Membayar Cicilan Tepat Waktu

Kalau sudah diberi amanah, maka lekaslah penuhi amanah tersebut. Bayarlah cicilan tepat waktu. Jangan ditunda. Jangan mengumpulkan banyak alasan untuk menunda pembayaran.

Kalau kita menunda pembayaran, semakin lama kita akan abai untuk membayar cicilan, dan besar kemungkinan akan ada dampak buruk yang mengiringi. Kita enggak mau kan bila nanti jaminan kita berupa mobil kesayangan akan hilang?

Percayalah, membayar cicilan tepat waktu akan berdampak baik bagi diri kita. Kredibilitas kita akan meningkat. Orang-orang akan percaya bahwa kita bisa menjaga amanah dengan baik.
--

Nah itulah tips 4P yang bisa kita terapkan untuk mendapatkan gadai BPKB mobil secara cepat dan dengan suku bunga yang rendah. Cukup mudah kan? Hanya diperlukan pemahaman untuk memahami prosedur yang ada, juga pemahaman untuk menggunakan uang pinjaman tersebut sebaik-baiknya.

Semoga berhasil dalam berwirausaha dan mendapatkan gadainya ya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir.

Wassalamualaikum wr wb

NB: gadai BPKB mobil: https://www.disitu.com/Kredit-Multiguna/gadai-bpkb-mobil
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

16 komentar untuk "Tips Gadai BPKB Mobil Cepat dan Bunga Rendah"

  1. Belum pernah punya pengalaman gadai-menggadaikan, tapi info ini menarik. Thanks..

    BalasHapus
  2. Solusi yang smart untuk modal usaha atau wiraswata.

    Thank you for sharing

    BalasHapus
  3. Wah, infonya sangat bermanfaat.
    Tentang gadai menggadai. Tapi umumnya orang sekrang lebih banyak memilih Pegadaian. Ditambah dgn syariahnya. Langsung yakin dan percaya walaupun sebnarnya ada praktek non-syariah didalamnya.

    BalasHapus
  4. Punya mobil seperti punya aset besar yang bisa di gadai dengan mudah ya

    BalasHapus
  5. Gadai menggadai itu emang solusi mudah kalau udah kepept ya mbak. Selain bpkb, emas juga menjadi alternatif lain utk digadai

    BalasHapus
  6. Masalah gadai ini memang cukup kompleks ya. Plus minusnya berbanding lurus. Harus benar-benar komitmen dan yakin mampu membayar. Apalagi untuk nilai tinggi sekelas mobil begini. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyeees
      harus pinter mengatur untuk pengembalian uangnya
      💕💕

      Hapus
  7. Kalau punya kebutuhan dadakan bisa ngegadai dengan mudah. Membantu banget nih. Ngga pake repot

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes, tapi lebih enak kalau punya tabungan
      💕💕

      Hapus
  8. Kalau proses dan cara pembayarannya simple, oke-oke aja sih, apalagi kalau suku bunganya bersaing, makin mantap. Heheheh

    BalasHapus