Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Praktikum Cari Biota di Sungai

Assalamualaikum wr wb

Wihii, sepertinya saya sudah mulai menikmati bagian dari serunya jurusan saya ini. Saya memang mencari sesuatu yang greget. Yang membuat saya merasa asik banget di jurusan ini. Semoga selalu merasa asik ya sampai setahun ke depan, sampai lulus. Aamiin 🙏

Salah satu mata kuliah yang saya ceritakan ini adalah Analisis Kualitas Sumberdaya Air. Dosennya ada 3: Bu Elida, Bu Retno, dan Bu Yenny. Bu Elida ini yang ngasih tugas disuruh cari seluruh sumber air di kawasan kampus Unej, yang membuat kaki kami pegal-pegal dan cukup menguras emosi saking lelahnya, haha 😆

Nah, lanjut Bu Retno yang ngasih praktikum di laboratorium, analisis kualitas air sumur di FIB (Fakultas Ilmu Budaya). Pekan pertama dan kedua, kerjanya di laboratorium mikrobiologi, menguji keberadaan coliform atau E. Coli. Kemudian pekan ketiga, kerjanya di laboratorium ekologi, cek kualitas air secara fisik. Cek pH, DO, TDS, dan suhu 💁

Nah, yang seru nih pekan keempat. Kami harus menentukan kualitas air secara biologis, atau istilahnya bioindikator. Cara yang paling mudah ya langsung turun ke sungai, mencari biotanya. Biota ini ya mahluk mikroorganisme, ukurannya kecil-kecil tapi masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Target biota yang harus dikumpulkan adalah minimal 100. Waw, banyak ya 👮😅

Siang itu, kami berangkat ke sungai bersama Mbak Ica dan Bu Retno. Tanpa asisten. Bu Retnonya turun langsung. Keren deh. Makin takjub saat Bu Retno ikutan nyemplung dan basah-basahan. Dedikasinya luar biasaaaaa 💃

Ki-ka (jalan pas turun, jalan pas naik)

Sungai yang dituju adalah sungai belakang kampus. Kami pikir ke sana naik sepeda motor, ealah ternyata jalan kaki. Hmm, jalan kaki kurang lebih 1 km 😅

Sungainya.... hmm ternyata dataran kita tinggi banget. Ada tuh kita turun ke sungai melalui tanjakan setinggi 5 m. Licin pula. Saya harap-harap cemas terhadap diri sendiri. Khawatir euy 😅

Pas kita turun ke sungai, waaaw... ada bapak-bapak lagi mandi di sungai yang lokasinya kira-kira 10 meter dari kami. Ya gimana ya? Kami tetap lanjut melakukan praktikum dengan mencari tempat terdekat. Ya masa' langsung putar balik. Tengsin lah ntar 😅


Langkah praktikum kami sederhana. Nyemplung kali, ambil sebongkah batu, terus taruh di atas baki/nampan. Nah di situ tuh kelihatan hewan-hewan kecil. Yang paling jelas terlihat ya moluska atau keong.

Yang lebih kecil lagi, ada dan bisa dicari. Caranya, batu tersebut diguyur dengan air secara pelan-pelan, kemudian hewan-hewan kecilnya akan rontok. Kita ngambil deh tuh di baki. Ngambilnya pake pinset, atau pakai kuas. Iya, kuas buat ngelukis itu loh 😅

Atau bisa juga dengan menyisir batu dengan sikat gigi. Kayak digosok-gosok gitu, terus kalau di batu itu ada yang bergerak-gerak, berarti itu hewannya.


 Kami bertahan di sana hampir 1 jam. Puas banget sih ya. Hahaha 😆

Lalu kami pulang. Bu Retno pulang dengan rok basah sampai sepaha. Saya pulang dengan celana basah di bokong, tapi saya kan berangkat-pulang pakai rok. Jadi ya, lumayan tertutupi 😆



Pulangnya pun ke kampus dulu. Mengawetkan biota tersebut. Dipilah dulu, yang golongan moluska, predator, dan biota yang masih belum teridentifikasi.Diawetkannya dicemplungin ke alkohol. Langsung mati tuh, tapi awet.

Hasil yang kita dapat: 140 moluska, 1 predator (kayaknya bayi cacing kaki 1000), dan 49 biota yang belum teridentifikasi. Itu moluskanya bisa dapat 140 jumlahnya, soalnya memang mudah didapat. Juga supaya untuk memenuhi target awal 👐


Kami akan lanjut mengidentifikasi masing-masing biota tersebut pada hari Jumat ini. Hohooo.... Enggak sabar pengen mainan mikroskop, terus nebak-nebak hewan ini masuk golongan mana ya? Yang jelas, mereka #BukanGolonganKami.

Seru yak praktikumnya. Dibilang pengen lagi, hmm yaa enggak juga sih. Hahaha. Cukup tahu aja dan cukup sekali saja 😆

Lalu, kamu kalau diberi kesempatan praktikum seperti yang saya lakukan, kira-kira mau enggak? Soalnya ini enggak boleh jijik atau geli saat ngorek-ngorek biota di kali 😆

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

34 comments for "Praktikum Cari Biota di Sungai "

  1. Paling seru memang kalau belajar sambil field trip gitu. Jadi semangat dan nggak monoton.

    ReplyDelete
  2. aku juga pernah dulu menyisir sungai untuk mencari biotanya, tapi aku lupa mata kuliahnya apa...
    maklum udah lulus 12 tahun yang lalu hhehehe
    Tapi aku masih inget pernah bantuin kakak tingkat yang mengambil sample untuk skripsinya, dia jurusan manajemen sumberdaya perairan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wohoooo, jurusannya hampir sama ya
      mata kuliah Ekologi, mungkin?

      Delete
  3. Wah wah seru banget kalau kuliah begini ya kak ros. Habis kuliah langsung update di blog, jadinya dapat tulisan baru terus ilmunya makin nempel

    ReplyDelete
  4. sial. sebel.
    baca serius serius ada hashtag bukan golongan kami.
    apa-apaan kamu kak ros.

    nanti hasil mainan mikroskopnya ditulis lagi diblog ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😆😆

      Ditulis doooong.
      Pokoknya upload fotonya aja tanpa njelasin hasilnya 😅😅

      Delete
  5. Langsung ke sungai..seru banget ya.., belajar biologi.

    Dulu Pas SMA asyik mainan mikkaroskop melihat penampang daun...

    ReplyDelete
  6. Orang2 yang lihat, ngapain sih mereka!

    Aku suka bagian praktikum yang aneh2. Kangen masa sekolah deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka kan lagi mandi 😅😅

      Kitanya aja yg tiba2 datang 😅😅

      Delete
  7. Kok yang berangkat ke sungai cuma 3 orang? *agak bingung ini*

    Biasanya kalau mandi di kali, kan, sambil ngerjain "sesuatu" yang lain itu. Awas ati-ati, Ros. Hahaha

    ReplyDelete
  8. Berkutat dilaboratorium mikrobiologi, menguji coliform atau E. Coli, TPC, Cholerae, Staphylococcus, ah...jadi kangen masa-masa kerja di lab lagi.

    ReplyDelete
  9. Mainan saya waktu kecil dulu.. hihihi.. suka ngumpulin dulu pas waktu mandi di kali. Hahaha..

    ReplyDelete
  10. whahaa.. seru banget. eiya rhos ambil jurusan apa kuliahnya ??
    seru banget sih ya, sungainya masih bersih lah segitu mah, coba kalo sungai di jakarta, aku ogah banget suruh nyemplung, belum apa2 aja baunya udah menyenagt banget.
    aku tunggu cerita identifikasi biotanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengelolaan sumber daya air pertanian kak.

      Di sini baunya aman sih 😅😅

      Delete
  11. Seru ya Mbak kalau praktik lapangan gini. Nyemplung-nyemplung di kali, hirup udara segar, hem...
    Kalau saya pasti merindingnya ntar kalau liat pake mikroskop. Suka merinding gitu dulu pas zaman sekolah liat benda-benda pake mikroskop. Jijik gitu. Hihihi.

    ReplyDelete
  12. Wihiiiii seru banget yaaa kuliahnys. Belajar sambil Bermain di alam memabg g cuma asyik utk anak kecil bahkan utk org dewasa juga. Melatih ibu2 pun demikiqn, lbh enqk dibawa k alam

    ReplyDelete
  13. Pasti seru nih. Aku suka ngelakuin waktu kecil hehehe

    ReplyDelete
  14. wah seru bgt ini mah praktikum begini, walaupun capek bgt ya pasti..
    nguji2 air jadi inget kerjaan saya di kantor.. ampe bosen ngerjainnya.. hehe..

    btw, itu yg di dlm nampan, gak ngerti saya bedainnya gmn? haha

    ReplyDelete
  15. Seru yaa...apalagi kalo bisa meng-identify 49 biota yang belum teridentifikasi...cool banget..

    Thank you for sharing

    ReplyDelete
  16. Engga sekalian cari ikan mbak :D Whahaha..
    Kalau kayak gini mah saya suka... belajar tapi ada kecipratan unsur bermainya.. Heeee

    ReplyDelete