Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Assalamualaikum wr wb

Sebenarnya, menyelesaikan skripsi tepat waktu itu gampang-gampang susah sih. Yang susah itu memblokir omongan orang-orang mengenai "kapan lulus? kok skripsi belum kelar-kelar sih? udah telat berapa semester?"

Mereka bertanya tanpa dasar. Padahal kita lebih tahu apa alasannya dan hal yang melatarbelakanginya. Yaa, meski yang membenarkan adalah diri sendiri sih 😆



Padahal kalau skripsinya selesai tepat waktu itu banyak enaknya loh. Selain tidak lagi membayar uang kuliah, kita juga bisa mendapatkan pekerjaan lebih awal dan lebih layak. Atau minimal saat bekerja, hati sudah tenang karena enggak ada tanggungan skripsi 😀


Juga, kita bisa travelling atau main-main sepuasnya tanpa beban. Skripsi kelar, tinggal menunggu wisuda. Wuah nikmatnya... Ini sih yang saya rasakan banget. Hahaha.

Maka dari itu, demi kemaslahatan dan keenakan bersama, maka saya bagi tips agar menyelesaikan skripsi tepat waktu. Bahkan lebih cepat. Bagi tipsnya ini berdasarkan pengalaman loooh...

Susun Target. Tempel di Tempat Strategis
Ini saya banget nih. Dulu saya menargetkan lulus kuliah 3,5 tahun. Sejatuh-jatuhnya, saya masih bisa lulus 4 tahun yang juga tepat waktu. Saya tulis di kertas, lalu ditempel di cermin meja belajar. Bila saya lelah laptopan, mata akan cari refreshing dan sekilas akan tertuju ke tulisan tersebut. Dilihat berulang-ulang, maka masuk ke dalam jiwa 💗

Juga, menyusun target penelitian. Mau sempro kapan, bulan apa penelitiannya, target sidangnya pada minggu ke-berapa, dsb. Itu semua direncanakan matang-matang. Ya biasanya akan meleset sedikit. Tapi kan itu lebih baik daripada tidak direncanakan 💁

Tetapkan Prioritas
Saya juga mengatur prioritas kegiatan sehari-hari. Saat semester akhir, memang sudah direncanakan untuk tidak terlibat dalam kegiatan berorganisasi maupun berkomunitas. Ya kebetulan memang sudah lengser sih. Tapi tetap ikut bila kegiatannya receh dan tidak memakan banyak tenaga dan waktu.

Waktu itu, palingan saya kegiatannya nongkrong sama teman-teman (tapi enggak tiap hari sih). Ngerjain skripsi, sama ngeblog. Udah, itu aja 😆
 
Rajin ke Kampus
Ada teman yang pinter banget, tapi skripsinya enggak selesai-selesai. Namun ada teman yang secara akademis biasa saja, tapi skripsinya selesai duluan nomor 1 di kelas. Jadi, skripsi ini bukan soal kecerdasan, melainkan kegigihan 💁

Dia setiap hari datang ke kampus. Meskipun enggak bimbingan, tapi dia tetap ke kampus. Ngobrol-ngobrol sama teman. Cari-cari info. Bantuin teman lainnya, dsb. Dan hasilnya.... keren sih dia 😃

Kalau saya, memastikan bahwa 3 dari 5 hari, saya harus ke kampus. Entah mau bimbingan, ngobrol sama teman, sharing informasi, dsb. Intinya, jangan sampai malas bahkan alergi untuk datang ke kampus 😅

Berkumpul Bersama Para Pejuang
Ini sih yang ampuh banget buat saya. Saya berada di lingkaran teman-teman yang gigih banget untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu. Sebenarnya, prediksi awal, saya selesai skripsi itu jauh lebih awal daripada teman-teman. Lalu, saya sempat muak hingga vakum selama hampir 2 bulan. Eh, disalip sama teman-teman 😅

Wuah, saya enggak mau dong kalau mereka lulus duluan tapi saya belum lulus. Akhirnya saya bangkit lagi untuk mengerjakan skripsi. Teman-teman juga sungguh baik, mereka mau untuk saling menemani dan mendukung supaya skripsi satu sama lain cepat selesai.

Ibarat kata, saya terbawa ombak. Berada di antara para pejuang skripsi, saya serasa ditarik ombak sehingga ikut memperjuangkan skripsi juga. Wuaaaah mereka sungguh keren 😎
--

Itulah tips berdasarkan pengalaman supaya kamu bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu. Kalau dirasa masih kurang, boleh banget baca tulisannya Kak Vera dengan tema yang serupa: Tips Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu

Lalu, kamu? Apa tipsmu supaya bisa menyelesaikan skripsi tepat waktu?

Wassalamualaikum wr wb 💕

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

6 komentar untuk "Tips Agar Menyelesaikan Skripsi Tepat Waktu"

  1. Aku dulu juga menargetkan 3,5 jatuhnya 4. Hehe sama dong kita 💞

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Alhamdulillah ya
      Jauhnya enggak kebangetan

      Hapus
  2. Gw banget ini mah skripsi rajin ke kampus. Sampe dosennya bosen liatin muka gw. Akhirnya cepet dilulusin, huahahaha

    BalasHapus