Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Taman Balekambang Solo Bisa Main Sama Rusa

Assalamualaikum wr wb

Taman Balekambang adalah salah satu taman yang paling menarik di Solo. Keunikannya adalah kita bisa main sama rusa-rusa yang berkeliaran di taman. Saya pikir cuma di Istana Bogor aja yang tamannya ada rusanya, eh ternyata di Solo ada. Dan itu seru! 😍



Kesan pertama kali memasuki Taman Balekambang… teduh, sejuk, dan suasananya agak horror ya. Haha…


Eh serius nih. Mungkin karena dedaunan yang hijaunya kurang cerah, bangunan yang catnya lama, juga didukung cuaca yang agak mendung. Jadinya, serasa masuk gerbang dunia horor, hehe.

Wajar saja sih kalau saya memiliki kesan seperti ini. Sebab, Taman Balekambang ini terakhir kali direvitalisasi 10 tahun lalu 👷

Wajar sih, kalau warna bangunannya sudah usang. Apalagi saya membandingkannya dengan Alun-Alun Lumajang yang baru saja direvitalisasi dan dipercantik. Hoho...

Sejarah Taman Balekambang
Dikutip dari Wikipedia, bahwa dulunya Taman Balekambang ini merupakan taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tahun 1921. Persembahan untuk kedua putrinya. Yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah.

Mulanya, Taman Balekambang tidak dibuka untuk umum. Namun pada era KGPAA Mangkunegara VIII, Taman Balekambang mulai dibuka untuk umum. HTM Taman Balekambang: gratis. Tidak dipungut biaya 👌

Sejak itu, Taman Balekambang mulai diramaikan. Seringkali diselenggarakan beragam kesenian untuk hiburan rakyat Solo dan sekitarnya.

Lalu pada tahun 2008, dilakukan revitalisasi Taman Balekambang. Ia dimultifungsikan sebagai taman seni dan budaya, taman botani, taman edukasi, dan taman rekreasi 👍


Gedung Kesenian Ketoprak Taman Balekambang
Gedung ini adalah jujukan saya yang pertama di Taman Balekambang. Penasaran, apa isinya.



Di bagian luar, banyak lukisan-lukisan yang dipajang di dinding. Keren-keren lukisannya.

Sementara itu, bagian dalamnya… ditutup. Tidak tahu apa isinya. Hahaha…



Taman 2 Putri di Taman Balekambang
Taman Balekambang terdiri atas dua area. Area yang ada airnya, dinamakan Partini Tuin, alias Taman Air Partini. Sementara area yang banyak ditumbuhi tanaman, dinamakan Partinah Bosch, alias Hutan Partinah 👭

Yang menarik, di masing-masing taman ada patung putrinya loh. Patung Putri Partini berada di tengah-tengah kolam.


Sementara, patung Putri Partinah berada di tengah taman (enggak terasa hutannya sih).


Menurut saya, kedua patung tersebut keren sih. Menggambarkan putri bangsawan jaman dulu yang anggun banget. Iya loh, sopan banget busananya. Yang menarik juga, mereka akai sanggul uwuwuw 😙

Wisata Ramah Anak dan Ramah Perut
Taman Balekambang ini ramah untuk berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Anak-anak bisa bebas berlarian ke sana kemari 👶

Juga, kebetulan di dalam Taman Balekambang ada beberapa orang yang menyediakan jasa wahana permainan untuk anak kecil. Jadinya anak kecil betah main di taman.


Kalau sedang jalan-jalan, memang enggak sah ya kalau enggak sambil nyemil. Di area Taman Balekambang juga banyak penjual makanan ringan. Harganya cukup terjangkau. Enak banget buat nyemil-nyemil santai di taman 😋



Main Sama Rusa dan Angsa
Ini nih yang saya suka dari Taman Balekambang. Ada rusa dan angsa yang berkeliaran bebas. Mulanya saya takut sama rusa. Khawatir rusanya ngejar. Khawatir rusanya ngelunjak. Eh ternyata mereka baik ya, bisa diajakin swafoto. Hahaha



Sementara angsanya... Mereka berenang dengan manis di kolam. Saya memandanginya dari bangku taman 😅


Sayangnya, bangkunya kurang lebar, pantat saya enggak cukup eiy. Juga... antar bangku depannya terlalu mepet. Masalahnya, di depan bangku saya ada orang pacaran. Pengen pindah ke bangku lain, tapi cuma di spot sini yang teduh. Jadi ya sudahlah dinikmati saja.

Puas Main di Taman Balekambang
Ya saya puas banget lah main di Taman Balekambang. Mulai jam 11 sampai jam 2 siang. Sendirian. Sebabnya, si Mas yang akan nemenin saya travelling, sedang kerja 👷

Sementara, jujukan wisata di Solo yang ingin didatangi, malah pada tutup. Hanya Taman Balekambang yang buka selalu~~~ 

Jadinya, saya duduk-duduk di pinggir kolam. Nulis-nulis sesuatu di buku catatan. Juga, videocall-an sama Ibu. Alhamduliillah, senangnya... 💓



Setelahnya, saya bergegas pindah ke Taman Sriwedari. Penasaran sama isinya Taman Sriwedari yang ternyata enggak ada apa-apa, haha. Juga, mau mampir ke toko buku loak sih. Ketemu sama si Mas juga di sana. Ini saya ceritain di next post ya...

Itu deh, cerita saya di Taman Balekambang. Belum banyak yang bisa saya ceritakan. Sepertinya saya perlu ke sana lagi untuk eksplore lebih jauh. Apalagi saat baca tulisannya si Mas tentang Taman Balekambang yang ulasannya lengkap banget, pengen deh saya ke sana lagi 💃

Lalu, kamu? Mau main ke sana juga kah?

Wassalamualaikum wr wb 💕

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

21 komentar untuk "Taman Balekambang Solo Bisa Main Sama Rusa"

  1. Waaah jadi kangen Solo. Agak nyesel juga dulu pas praktik 2 minggu di Solo tapi gak main main huhuhu.

    Pingin main kesiniii. Sepertinya menarik sekali xD

    BalasHapus
  2. Enak ya bisa berinteraksi sama binatang liar.. Kalau di kampung jangankan berinteraksi, lihat orang aja rusanya langsung kabur..

    BalasHapus
  3. Wah, kesananya siang yah. Aku malem2 kak ros waktu itu, makin seru sensasi serem2 gmn gitu hahhaa

    BalasHapus
  4. wah bebas main sama rusa. daripada ke kebun binatang, rusanya dipagari

    BalasHapus
  5. Arep tak ingetne yen ati-ati engko diseruduk rusa.. Tapi lali..
    Yaweslah apik yen ora diseruduk.. haha

    BalasHapus
  6. Rusanya akrab banget sama manusia. Boleh juga nih kalau ke Solo main2 ke sini. Spot fotonya banyak juga

    BalasHapus
  7. saya pernah ke Taman ini sekali mba.. memang agak terkesan horror karena banyak pohon besar.. jadi pengen maen ke Solo lagi nih sambil belanja di PGS hehe

    BalasHapus
  8. SOlo memang kece abis deh
    ke solo sebulan lalu, itupun kerjaan jd gbs main2 deh
    hehe

    BalasHapus
  9. Setiap taman kota seharusnya begini, mulai berbenah agar menarik wisatawan berkunjung. Piknik tipis2 jadinya bisa di tengah2 kota saja.

    BalasHapus
  10. Gilaaak main murah meriah menyenangkan dan HTMnya gratis dong :( bisa sedekat itu sama rusaa aaak. Kalau di sini balekemambang isinya kolam ikan gitunsih kak

    BalasHapus
  11. Seumur-umur, baru sekali apa dua kali ya, main kesini. Itupun dulu karena ada tugas kuliah. Lumayan asyik memang kalau buat nyantai dan nyari yang adem-adem. Secara, Solo kan panasnya minta ampun.

    Saya malah baru tau kalau ada taman reptil dan kolam renangnya xD

    BalasHapus
  12. Ternyata di Solo ada taman Balekambang yang indah dan seru untuk dikunjungi, bisa main sama rusa juga, kalau ke Solo wajib deh ajak keluarga ke sana ya

    BalasHapus
  13. Pasti seru bawa anak2 ya mbak...luas dan bebas berlarian...

    Kebayang sejuknya

    BalasHapus
  14. Wah ternyata taman ini udah ada sejak lama dan begitu to sejarahnya, makasih infonya mbak :D
    Kalau ajak anak2 ke sana cocok nih ya, apalagi tamannya kyknya rimbun dan luas gtu :D

    BalasHapus
  15. Wah ... selain bisa menikmati keteduhan pohon di taman, bisa juga berinteraksi dengan hewan ya

    BalasHapus
  16. kalau tempat wista emang harus ramah keluarga sih biar semua bisa ikut. alam yang sejuk dan hewan ramah juga jadi poin plus. kalau aku tetep dong! makanan harus banyak dan enak enak

    BalasHapus
  17. Rusanya lucu banget mbak. Terus ga takut di ajak foto. Berarti taman balekambang ini termasuk objek wisata bersejarah ya

    BalasHapus
  18. Naa...Taman kaya gini pas banget filosofinya sama kehidupan aku, Rhoos..
    Bahwa kalo mau main ke ruang publik, yang gak perlu mengeluarkan uang dan bahagia.
    Hwaa~
    Tapi kalo ada pemandangan ga menyenangkan macam orang pacaran maah...aku rasa di setiap area publik, ada yaa..

    KZL deeh...

    BalasHapus
  19. Taman yang nyaman disinggahi. Menikmati sore atau pagi seraya mengawasi anak-anak bermain lari ke sana ke mari.

    BalasHapus
  20. Waah keren banget bisa main sama rusa. Bener banget kata mba, awalnya juga kupikir tusa itu adanya cuman di istana bogor haha. Ternyata di kota kayak Solo ada juga yaa. Mantap memang Solo.

    BalasHapus
  21. Taman Balekamba ini bersih dan tertata rapi ya. Taman ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata keluarga kami kalau ke Solo kelak.

    BalasHapus