Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dari Jakarta ke Surabaya Naik Kereta, Mobil, Bus, Pesawat

Assalamualaikum wr wb

Menjelang lebaran nanti, si Adek akan pulang dari Jakarta ke Lumajang. Rutenya ya pasti melalui Surabaya dong. Selalu ada dilema bila ingin memutuskan mau naik kendaraan apa.

Dari Jakarta ke Surabaya, enaknya naik mobil, bus, pesawat atau kereta ya?

Biasanya saya dan kedua orangtua berdiskusi mengenai transportasi kepulangannya Adek. Saya berusaha untuk menyampaikan baik buruknya menggunakan transportasi tersebut.

 Supaya kami bisa lebih bijak dan tepat dalam menentukan transportasi kepulangannya adek πŸ‘Ά



Ada 4 transportasi yang bisa digunakan bila ingin pulang dari Jakarta ke Surabaya. Masing-masing akan saya bahas mengenai keunggulan dan keterbatasannya, supaya bisa menjadi referensi buat teman-teman semua πŸ’


Dari Jakarta ke Surabaya Naik Kereta

Ini moda transportasi yang paling sering dipakai Adek ketika pulang dari Jakarta ke Surabaya, dan sebaliknya. Memang enak sih kalau pake kereta api. Biayanya paling murah. Yang harga 100.000 bisa didapatkan. Paling mahal ya sekitar 300.000. Durasi perjalanannya 15 jam  πŸš„

Dengan naik kereta, kita akan berbagi tempat duduk dengan ratusan orang. Ngerasain suka duka seorang traveler. Bisa ngobrol leluasa dengan penumpang sebelah πŸ‘ͺ

Menurut saya, naik kereta api ini relatif aman sih. Jarang terjadi kasus pencopetan, penjambretan dsb. Juga di kereta kan sudah ada colokan listrik yang membuat kita tetap hidup dalam dunia maya, hehe.

Kelemahannya kereta api ya cuma satu: tiket sering habis. Ya wajar sih, karena kereta menjadi moda paling favorit. Maka, kalau mau pesan tiket kereta api harus dari jauh-jauh hari, supaya tidak kehabisan tiket πŸ’

Dari Jakarta ke Surabaya Naik Mobil

Naik kendaraan berroda 4 ini memang asyik sih. Cocok untuk perjalanan keluarga, maupun dengan kerabat dan sanak saudara. Kapasitasnya muat hingga 8 orang. Namun ya tetap lebih enak kalau isi maksimalnya 6, biar bisa lebih longgar dan leluasa, apalagi perjalanan jauh πŸš–

Enaknya naik mobil saat perjalanan jauh, apalagi dari Jakarta ke Surabaya, adalah kita bisa berhenti suatu saat. Kalau ingin istirahat, ya mampir ke pujasera, rest area, atau istirahat di pom bensin. Bisa juga kalau mendadak ingin mampir ke tempat wisata πŸš—



Sayangnya, biaya operasionalnya cukup mahal. Anggap saja, sudah memiliki mobil pribadi, jadi tidak ada uang sewa mobil. Yang ada hanyalah uang untuk BBM. Bila menggunakan Pertalite, kurang lebih akan menghabiskan sekitar 600.000 πŸš™

Itu belum termasuk tarif tol bila kita melalui jalur Trans Jawa. Tarif tolnya kurang lebih 650.000. Wuaw, biaya tarif tolnya hampir sama ya dengan biaya BBM perjalanan ya.

Makanya, kami tidak memilih ini untuk transportasi kepulangan Adek. Lagipula, kalau kami naik mobil, berarti kami harus menjemputnya ke Jakarta, lalu kembali lagi ke Surabaya. Fiuh, budgetnya 2 kali lipat shay 🚘

Sepertinya kami belum akan menggunakan moda ini untuk perjalanannya Adek. Kecuali, bila nanti Adek sudah selesai SMA, lalu wisuda. Kami akan siap menjemputnya pulang naik mobil. Inshaa Allah setahun lagi hal ini akan terjadi.

Dari Jakarta ke Surabaya Naik Bus

Bus adalah salah satu transportasi umum yang difavoritkan masyarakat. Sebab, harganya murah meriah. Iya, biaya perjalanan yang dibutuhkan untuk membayar tiket  bus dari Jakarta ke Surabaya hanyalah 220.000. Paling mahal pun, hanya sampai 350.000. Wuaw, harganya merakyat banget kan? 🚌

Kelemahannya, ya kerapkali kita menunggu lama untuk kedatangan bus yang tak menentu. Namun kabar gembiranya, sekarang kelemahan tersebut sudah teratasi. Sebagai calon penumpang, kita bisa dengan mudah mendapatkan jadwal bus dari Jakarta ke Surabaya. Kita bisa melihatnya secara online di web travel manapun, salah satunya adalah Traveloka.

Asyik sih kalau naik bus. Perjalanannya hanya membutuhkan waktu 17 jam. Paling lama ya 20 jam. Pengen sih, melihat Adek merasakan perjalanan naik bus. Kan beda gitu ya rasanya, aromanya, keteduhannya, keriuhannya, dsb. Ya semoga suatu hari Adek bisa merasakannya 🚍


Dari Jakarta ke Surabaya Naik Pesawat

Kalau berburu waktu, ya harus naik pesawat. Perjalanan selama belasan jam, bisa dipangkas hanya dengan 1 jam 40 menit untuk sekali perjalanan. Cukup enak kan kalau naik pesawat?

Tapi ya begitu, harganya mahal euy. Paling murah ya 600.000. Kalau kepulangannya saat hari libur nasional, atau menjelang lebaran, wuih harga merangkak naik ey. Sampai 1 jutaan. Tapi ya memang worthed dengan keadaan dan kondisi yang diinginkan ✈



Lalu pada akhirnya, kami memutuskan untuk memulangkan Adek dengan menggunakan pesawat. Sebab, Adek akan pulang dalam keadaan puasa. Kami sangat berusaha untuk menjaga ibadahnya Adek supaya tetap full fasting meski menempuh perjalanan jauh πŸ—½

Jadi, untuk kepulangan Adek kali ini, akan naik pesawat.


Nah, itulah cerita saya dalam menentukan pilihan untuk menggunakan transportasi apa bila melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Kelemahan dan keuntungannya sudah saya jelaskan, supaya bisa menjadi panduan teman-teman yang membutuhkan πŸ’

Lalu, kamu? Kalau berpergian jauh, Sukanya naik apa?

Wassalamualaikum wr wb πŸ’•

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

18 komentar untuk "Dari Jakarta ke Surabaya Naik Kereta, Mobil, Bus, Pesawat"

  1. Sepertinya paling enak naik kereta ya, selain murmer, lumayan cepat juga, dibandingkan naik mobil atau bus..

    BalasHapus
  2. Klo aku sih tetep kereta dan motor wkwkkwkw

    BalasHapus
  3. Tetep suka naik kereta api mbak wkwkwk
    Naik pesawat huuuhuu belon pernah eheheee

    BalasHapus
  4. kalau enak sih tergantung bujet kalau bujet mahasiswa cari yang murah kali yaa seperti BUS atau Kereta API tapi aklau mau nyaman seperti nya pesawat. apalagi kalau bisa hunting promo tiket pesawat munah nih.

    BalasHapus
  5. Aku sih paling hobi naik bus.. naik kereta seumur hidup untuk perjalanan jauh baru satu kali waktu ke Jogja hahaha.. kasian amat yak. Lagian aku emang kurang begitu suka perjalanan jauh, mudah cape.. maklum emak-emak yang terbiasa jadi anak rumahan ya gitu, cpet cape

    BalasHapus
  6. dari jaman-jaman masih kuliah dulu sampe sekarang kerja di Medan, moda tranportasi favorit untuk pulang kampung ya kereta api, murah meriah. apalagi sekarang kereta api sudah ontime, bersih, ada AC dan colokannya, padahal kelas ekonomi loh. makanya jadi favorit.
    tapi sekarang naik bus juga udah enak sejak Tol Medan-Tebingtinggi sudah beroperasi. peerjalanan jadi lebih cepat sampai.

    BalasHapus
  7. pernah naik kereta n pesawat.. mobil belum,, kalau mobil bisa berhari2 kali ya karena banyak mampir hihi

    BalasHapus
  8. sejauh ini aku sukanya naik pesawat mbak heheee
    praktis aja sih

    BalasHapus
  9. Pengen deh, sesekali roadtrip dari Bandung ke Surabaya bawa mobil sendiri, tapi kalau nggak sanggup ya, pilih salah satu dari 3 moda di atas aja ya kak

    BalasHapus
  10. klo saya lihat situasi dan kondisinya mba.. klo memang waktunya panjang, mending naik kereta karena murah dan asyik di perjalannanya.. namun kelemahannya adalah lama dan mungkin boring.. alternatif naik bus / trravel juga enak mba.. apalagi tol baru sekarang sdh beroperasi...

    BalasHapus
  11. Kalau aku? Naik keretaaaa... Hihihi, biasa aja kali ya.
    Soalnya aku orangnya mabukan, jadi naik bus atau mobil, coret deh. Kalau gak terpaksa enggak naik 2 jenis kendaraan itu. Kalau naik pesawat, mahal. Jadi kereta api pilihan favorit lah. Suka banget naik kereta. Gak bikin mabuk, gampang kalo mau ke toilet, asyik liat pemandangan. Hehehe.

    BalasHapus
  12. Kalau aku milihnya naik kereta. Transportasi favorit soalnya. Hehe. Daaan jg karena paling jarang naik kereta karena di kalimantan blm ada.

    BalasHapus
  13. Kalau aku tergantung ke mana dan sama siapa sih. Tapi jarang pakai mobil sendiri karena lbh banyak risikonya. Pakai bus tuh antar kita biasanya kan malam. Tapi emang lama. Yg cepet ya pesawat itu

    BalasHapus
  14. Aku seringnya pesawat dan kereta mbak. Yglain males hihihi.
    Ini krn harga pesawat gk turun2 akhirnya malah lbh sering naik kereta. Udah nyaman Jkt-Sby atau sebaliknya, bahkan yg sekelas kereta api ekonomi sekalipun😁

    BalasHapus
  15. Kalau aku memilih untuk naek pesawat aja kak. Lebih cepat dan gampang. Apalagi untuk masalah harga ngga terlalu jauh. Sampe di tujuan wKtu lebih pNjang, jadi bisa ngapa ngapain kan ya

    BalasHapus
  16. semua transportasi pasti ada plus dan minusnya sih dan kalo dari segi harga kayanya murahan naik kereta ya dibandingkan mobil dan pesawat tapi pas melihat jam sampainya 15 jam lumayan juga ya hahaha pegel duduk terus tuh

    BalasHapus
  17. Akhir-akhir ini, kami lebih memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi, Rhoos.
    Kalau dihitung-hitung, biayanya akan sama dengan naik pesawat.
    Tapiii...
    Istimewanya kalau bawa kendaraan sendiri, kami lebih banyak waktu jalan bersama menikmati quality time.

    Selain bisa bobok hotel di kota tertentu dan berwisata.
    Yeeay~

    BalasHapus
  18. Adeknya sekolah mbak di Jakarta?

    Yaelah mbak, sekarang mana ada Jakarta-Surabaya 600 ribu? Sejuta shayyy...


    Apalagi lebaran, 1,5 jt mungkin.

    BalasHapus