Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Pertama Sekolah di MAN Insan Cendekia Serpong

Assalammualaikum wr wb

Bangga ya menjadi bagian dari MAN Insan Cendekia Serpong. Selamat berbahagia ya untuk kamu yang lolos menjadi siswa MAN IC Serpong. Belajarlah dengan giat, raih ilmu sebanyak-banyaknya untuk masa depanmu dan kemaslahatan umum.

man-ic-serpong

Enggak cuma kamu yang lolos masuk MAN ICS, adek saya juga sekarang bersekolah di MAN ICS. Sekarang dia akan beranjak untuk naik ke kelas 3. Cerita tentang hari pertama sekolah di MAN IC Serpong masih segar di ingatan. Maka dari itu, saya akan berbagi kepadamu bagaimana wujud dan suasana hari pertama sekolah di MAN IC Serpong. Selamat membaca yaa...

Hari pertama, siswa akan datang bersama orang tuanya. Mereka kan asalnya jauh-jauh ya, banyak yang dari luar Jawa. Kalau adek saya sih dari Lumajang, cukup jauh juga, memakan waktu perjalanan selama 1 hari.

hari-pertama-man-ic-serpong

Mereka dikumpulkan semua di aula untuk mendengarkan arahan pertama dari kepala sekolah dan waka MAN ICS. Kepala sekolah MAN ICS adalah Bu Penny (Dra. Persahini Sidik, M.Si).

aula-man-ic-serpong

Banyak hal yang beliau sampaikan. Seperti program2 yang harus dijalankan siswa, peraturan yang harus ditaati, dsb. Namun sebenarnya, lebih membahas tentang persiapan mental siswa sih. Seperti ini contohnya.

Kamu siap enggak untuk hidup jauh dari orang tua? Enggak boleh pulang-pulangan ke kampung halaman. Enggak boleh juga telpon orang tua karena siswa tidak diijinkan. Kamu sanggup?

Kamu siap enggak untuk hidup mandiri? Di sini kamu harus membereskan kamarmu sendiri, mencuci baju sendiri, mengurus keperluanmu sendiri, dsb. Enggak ada lagi yang namanya ART di sini, atau nyuruh Mama/Bunda membantu urusanmu. Kamu sanggup untuk mengurus hidupmu sendiri?

Kamu siap enggak untuk sibuk dengan segala kegiatan yang ada di MAN ICS? Jadwal sekolahmu padat loh. Harus tepat waktu, apalagi jadwal asrama pun juga harus tertata dengan baik. Belum lagi jadwal kegiatan ekstrakurikuler atau kegiatan keorganisasian. Kamu sanggup untuk mengatur waktu agar semua hal yang kamu rencanakan bisa berjalan dengan baik?

Terakhir, kamu sanggup enggak melakukan itu semua selama 3 tahun ke depan?

Kalau enggak sanggup, ya coba disanggupin dulu. Inshaa Allah sanggup kok. Teman-teman di sekitarmu akan menguatkanmu. Mereka saling membantu dan saling merangkul. Itulah kerennya budaya di MAN ICS.

Maka, kamu... sangguplah untuk belajar dan berjuang di tanah MAN IC Serpong.

Agenda Siswa MAN IC yang Padat Banget

Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya bahwa jadwal di MAN IC ini padat banget. Enggak cuma sekolah aja say yang diatur, melainkan jadwal harian. Sebab, kita melakukan hal tersebut sama-sama dengan siswa-siswi lain. Kita harus disiplin. Minimal, membiasakan untuk disiplin.

Nah, berikut ini adalah agenda siswa MAN IC Serpong yang sungguh padat. Kamu sanggup?

03.45 - 05.15 Sholat Tahajud, sholat Subuh, Tausiah
05.15 - 06.20 Bersih diri, sarapan
06.20 - 06.30 Apel pagi
06.30 - 06.55 Aplikasi agama di masjid (Sholat Dhuha, Tadarus, Tahfizh), piket kebersihan siswa
07.00 - 16.00 Pembelajaran (moving class) [sudah termasuk sholat dhuhur, makan siang, sholat ashar]
16.00 - 17.15 Kegiatan mandiri/pilihan/ekskul/bimbel
17.15 - 18.30 Makan malam, sholat magrib
18.30 - 20.00 Pembelajaran malam (kajian agama), Sholat Isya
20.00 - 22.00 Belajar mandiri/berkelompok
22.00 -           Tidur

Begiiitu seterusnya. Nggak ada lagi deh, waktu yang terbuang percuma untuk main hape atau main laptop. Jarang ada waktu yang digunakan untuk sekadar nonton film. Daripada melakukan hal tersebut, ya mending ngerjain tugas, diskusi kelompok, atau belajar.

Belajar adalah hal yang paling urgent di sana. Supaya apa? Supaya enggak ketinggalan pelajaran dengan teman-teman lainnya. Plis lah, anak MAN ICS itu pinter-pinter. Kamu harus mampu mengimbanginya sesuai dengan bakat, minat dan usahamu.

Mempopulerkan Budaya yang Bersahaja

Siswa-siswi di sini diajarkan untuk bertegur sapa. Wajib untuk saling senyum, sapa, salam dan bersikap sopan santun.

Maka jangan heran saat kita sebagai orang awam datang ke MAN ICS, lalu siswa-siswinya pada melihat kita lalu melempar senyum. Uwaaaaa manis nian anak-anak iniii...

Dulu, saya sempat berpesan kepada Adek, bahwa jalin relasi itu penting. Akrabin semua teman yang ada di MAN IC. Kalau ada apa-apa, Adek minta bantuan mereka, karena mereka adalah orang terdekat. Begitupun juga apabila mereka membutuhkan bantuan Adek, maka bantulah mereka dengan tulus ikhlas.

Ayah juga menambahkan bahwa, "Kalau sedang ada di perantauan, maka teman adalah saudara".

Meraih Prestasi Gemilang

MAN IC ini merupakan salah satu sekolah terbaik yang dimiliki negeri ini. Hanya anak-anak terbaik yang bisa masuk ke sekolah ini. Untuk keluar dari sekolah ini pun, mereka tentu harus jadi anak-anak bangsa yang jaaaaaauh lebih baik.

Kalau ditanya prestasinya apa aja, wuah ya banyak banget ya. Saya enggak bisa untuk bantu menyampaikan prestasinya apa aja. Untuk sementara, saya baru bisa menyampaikan prestasi yang sudah diraih Adek.

Sebenarnya, Adek saya ini pintar dalam bidang MIPA. Ya, termasuk Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Imbang semuanya. Dulu saat SD, pinter Matematika. Saat SMP jago Fisika. Kemudian saat SMA, Adek menargetkan untuk jago kimia. Ealah malah disuruh daftar untuk seleksi Biologi.

Adek ndak lolos sih di beberapa olimpiade. Gak papa, tenang saja...

Tapi Adek enggak patah semangat. Adek justru ikut lomba cerdas cermat bidang MIPA. Juara 1 loh shay, Alhamdulillah...

Saya mengakui kalau anak-anak MAN ICS ini pinter-pinter. Banyak yang jago olimpiade tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional. Maka, jangan kalah saing. Bisa loh kamu mengunggulkan diri di bidang lain. Misal lomba KTI, esai, catur, dsb.

Yang jelas, kami berdoa untuk kamu dan MAN IC supaya mengharumkan nama bangsa dan agama. Aamiin.

Ada Program Tahfidz di MAN IC Serpong

MAN IC ini nggak hanya mengedepankan IPTEK, melainkan juga IMTAQ. Maka, di sini ada program Thafidzul Qur'an. 93% siswa sudah hafal 2-5 juz, 4% siswa sudah hafal 10 juz, 2% siswa sudah hafal 20 juz, dan 1% siswa sudah hafal 30 juz. Huaaaau 😍😍

Ada target nih untuk siswa-siswi MAN IC. Saat lulus sekolah, sudah harus hafal minimal 3 juz. Subhanallah 😍

Tata Tertib MAN IC Serpong

Mencontek dan plagiat itu pantang banget dilakukan. Harga matilah pokoknya. Nanti, kalau ketahuan mencontek, maka nggak segan-segan guru akan memberi nilai nol dan memberi peringatan keras.

Ini pulalah yang menjadi alasan saya untuk mendukung Adek masuk ke MAN IC. Dulu, Ibu berharap Adek sekolah di SMA 2 Lumajang, yaitu sekolah favorit yang ada di kota kami. Tapi saya keukeh mendukung Adek untuk masuk MAN IC. Saya khawatir, Adek mencontek. Serius deh. Meskipun sekolah favorit, tapi yaaaa ehem begitulah, sama saja.

Ibu ngotot banget pengen Adek sekolah di SMA 2 saja. Sampai Ibu berjanji bakalan ngasih Adek sepeda motor. Tapi Adek nggak bergeming tuh. Yeah, he knows the better for himself.

Maka perlahan, saya dan Adek memberi tahu Ibu how MAN IC is? Saya cetak berlembar-lembar tulisan yang saya sadur dari internet untuk Ibu baca. Eh Ibu nggak mau baca, maunya didongengin oleh saya. Oke deh.


Saya juga searching-searching di google untuk menunjukkan bangunannya, anak-anaknya... yang ternyata gambarnya sedikit banget. Ah elah. Eksklusif banget ya 😁

Ibu juga mencari tahu sendiri dengan cara tanya langsung ke gurunya Adek yang kebetulan mampir untuk fotocopy di toko. Hmmm, kesempatan emas banget buat Ibu untuk mengulik sekolah impiannya Adek, untuk masa depannya Adek.

Alhamdulillah, akhirnya Ibu luluh dan siap memberikan yang terbaik untuk Adek.

✅ Di MAN IC, siswa dan siswi nggak boleh bersentuhan dengan selain mahromnya. Bersentuhan saja nggak boleh, apalagi pacaran. Kalau ketahuan pacaran, mereka langsung disidang. 😱😱😱

✅ Apabila ada siswa dan siswi MAN IC yang ketahuan merokok, melakukan tindak kekerasan/bullying, dan pelecehan seksual, maka mereka akan disidang juga didampingi dengan orang tua. Lalu dikembalikan ke orang tua.

✅  Enggak boleh bawa HP loooh. Hahaha. Tapi di sana disediakan HP untuk umum kok. Tiap angkatan disediakan 4 HP. Ada HP jadul, ada pula HP android. Kalau mau order online ke gojek/grab dll ya pake HP android yang disediakan itu.

✅ Enggak boleh bawa laptop mahal, termasuk merk Apple. Iya shay, tahu kan laptop yang seharga sepeda motor atau lebih? Semacam Asus ROG itu loh, yang harganya menyentuh 25 juta ke atas... Enggak boleh juga bawa laptop merek Apple. Untuk menghindari kecemburuan sosial dan menghindari ketimpangan sosial yang amat jauh, maka dilarang menggunakan laptop mahal tersebut. Disuruh ganti pakai laptop biasa. Maksimal harganya 7 juta. Paham?

Sungguh luar biasaaaa....

Mengapa mereka (guru-guru) memberkan tata tertib seperti ini? Karena mereka mengemban amanah bahwa mereka harus menjaga anak-anak yang jauh dari orang tuanya. Jawabannya, jelas: mengemban amanah dan tanggung jawab yang luar biasa.

Btw, nanti saya bikin tulisan spesial mengenai peraturan-peraturan yang ada di MAN IC Serpong. Supaya kamu enggak kaget dengan suasana dan tata tertib yang ada di MAN IC Serpong.

Semoga, tulisan ini mampu menguatkan mental kamu yang akan bersekolah di MAN IC Serpong.

Wassalamualaikum wr wb 💕






















































Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

2 komentar untuk "Hari Pertama Sekolah di MAN Insan Cendekia Serpong"

  1. Maa syaa Allah tabarokallaah selamat yaa utk adeknya kak Ros yg berhasil sekolah di MAN IC Serpong semoga sukses di dunia dan akhirat...aamiin.
    Alhamdulillaah Allah tunjukkan kpd sy tulisan kak Ros ini yg in syaa Allah sgt bermanfaat utk sy yg ingin tau lbh jauh ttg MAN IC utk putri saya yg saat ini kls 8. In syaa Allah saya akan baca lg tulisan2 kak Ros terutama seputar MAN IC ☺☺
    Maaf klau kak Ros mengizinkan, bolehkah saya minta nmr WA kak Ros spy suatu saat bisa bertanya langsung dan menjalin silaturahim...? 😊☺
    Demikian dr saya jazaakillaah khoyron katsiiron atas kebaikan kak Ros
    Wassalaamu'alaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh, senang blog ini bisa jadi sumber cerita tentang MAN IC
      bisa banget hubungi saya via wa yaa
      085645840448

      Hapus