Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Tempat Untuk Buka Puasa di Lumajang

Assalamualaikum wr wb

Mengalami momen buka puasa semenjak SMP hingga sekarang, membuat saya cukup mengerti dengan tempat-tempat buka puasa di Lumajang.

Khususnya tempat yang rame-rame, untuk teman-teman sekelas, sekantor, keluarga, atau reuni sekolah.

Berikut ini akan saya berikan list tempat untuk buka puasa rame-rame di Lumajang. Namun bukan berarti saya pernah mencicipi makanan di seluruh list ini ya. 

Hanya beberapa saja yang pernah saya singgahi, sementara lainnya hanya sekadar lewat atau sekadar tahu. Tapi termasuk rekomendasi yang bagus kok.

Tempat Buka Puasa di Lumajang

Nah, berikut ini adalah daftar rekomendasi tempat untuk buka puasa rame-rame di Lumajang. Selamat menyimak.

1. Pondok Rasa

Yang satu ini biasanya dipakai buat tempat nongkrong nyemil-nyemil seru sih. Jadi ya tidak terlalu spesial untuk makan-makanan berat. 

Ya cocoknya memang buat nyemil-nyemil cantik, sebagai tempat singgah kalau mau main ke Alun-Alun Lumajang.


Tapi kalau mau buka puasa di sini oke kok. Mereka tetap ada makanan berat. Standar juga. menunya ya untuk satu porsi, mau sharing juga bisa kok. 

Atau kalau mau pesan kembulan, boleh kok. Kalau buka puasa di sini, bisa langsung sholat magrib dan isya tarawi di Masjid Jami. 

Lalu setelahnya melipir ke Alun-Alun Lumajang buat nongki-nongki seru. Itu sih, yang menjadikan Pondok Rasa sebagai salah satu alternatif tempat untuk buka puasa.

Foto oleh Pondok Rasa di Facebook

2. Warung Apung Pondok Asri

Ini sih yang paling rame. Lokasinya luas. Cocok untuk acara keluarga atau kerabat yang rame-rame. Bisa booking tempat untuk 10, 20, 30, hingga 50 orang. 

Makanannya dijamin enak. Soalnya seringnya dijadikan tempat dan pesan catering nikahan. Hmm, sepertinya saya nanti akan resepsi di sini deh. 

Lokasinya ada di Sukodono, dekat jalan raya, dekatnya polsek.

Foto oleh Ardi dari foursquare.com

Ah ya, makanannya itu seperti capjay, nasi goreng, koloke, gurami bakar, dsb yang menu makanannya ini cocok buat sharing. 

Untuk satu porsi makanan, bisa sharing 3-5 orang. Jadi lebih seru aja sih. Tempat makan ini adalah yang paling saya favoritkan.

Foto oleh Agile dari foursquare.com

3. Gajah Mada Resto

Gajah Mada Resto adalah bagian dari supermarket Gajah Mada yang ada di jalan raya. Lokasinya persis di belakang supermarket GM. Ruangannya luas. 

Kita bisa makan indoor maupun outdoor. Suasananya nyaman.

Foto oleh Wahyu dari tripadvisor.co.id

Untuk makanannya ya standar kayak biasanya aja sih. Makananya terjamin enak dengan porsi yang cukup besar. Bisa untuk sharing, atau pesan untuk makan sendiri. Yang jelas, ada kualitas ya ada harga.

Foto oleh Ninik dari fourquare.id

4. Warung Pondok Bunga

Ini juga tempat makan untuk buka puasa yang recommended kok. Lokasinya di Jalan Raya Tukum Tekung. Sesuai namanya, warung ini tampilannya identik dengan taman bunga. 

Wuih, lebat deh tanaman dan pepohonannya. Saya suka pemandangannya dan suasananya. Mewah-mewah artistic pedesaan gitu loh.

Foto oleh warung-pondok-bunga.business.site

Kalau menu makanannya, ya sama aja sih. Gitu-gitu aja. Ayam bakar, gurami bakar, bebek goreng, dsb. Makanannya bisa untuk porsi sendiri maupun porsi sharing. Tersedia mulai harga 13.000.

Foto oleh warung-pondok-bunga.business.site

5. Wakul Bu Tjipto Narawita Agung

Rame sih ini. Tempatnya oke. Luas. Konsep pondok bambu gitu, bisa lesehan juga duduknya. Pemandangannya oke. Orang bilang, suasananya kayak di Bali, hehe. 

Ya memang desainnya agak ke-Bali-Balian gitu. Juga, kadang lagu yang diputar adalah lagu-lagu Bali. Wuih, keren ya. Lokasinya ada di Kepuharjo.

Foto oleh Gimik dari Youtube

Makanannya juga aman kok. Maksudnya, enak. Standar lah ya. Menunya porsian. Ada ayam pedas, ayam tulang lunak putri jawa, nasi goreng jawa, lalapan belut, lalapan ayam goreng, dsb. 

Harganya terjangkau mulai 10.000 hingga 30.000. Yang khas dari tempat makan ini adalah tersedianya kopi nusantara, seperti kopi toraja, kopi robusta, kopi arabika dan kopi luwak liar.

Foto oleh @Wakulbutjipto di instagram

6. Bamboo Cafe

Tempat makan yang satu ini, banyak orang yang tahu karena sering melewati dan tampilannya cukup menarik perhatian. Restonya klasik. 

Bangunannya terbuat dari bamboo yang desainnya keren dan artistic banget. yang memikat perhatian saya adalah mampu menghadirkan suasana alam yang amat teduh dan sejuk meskipun luasan lokasinya tidak terlalu besar. 

Itu sih yang keren menurut saya.

Foto oleh @bamboo.cafe.lumajang

Untuk makanannya, saya pikir cukup berbeda sih daripada tempat lain. 

Ada gurami saus padang, kwe tiaw goreng ayam, putihan rica-rica, soup sehat, sapo tahu seafood, tamie cap cay, bebek rica-rica, nasi goreng hongkong, dll. 

Ya pokoknya beda lah. Harganya enggak mahal-mahal amat. Standar kayak biasanya aja kok.

Foto oleh @bamboo.cafe.lumajang

7. Warung Kemlecer

Ini nih, salah satu tempat makan di Lumajang yang lagi hits akhir akhir ini. 

udah terkenal sejak lama sih, tapi setelah ia pindah ke tempat yang lebih luas dan memungkinkan, maka ia semakin Berjaya dan cocok untuk dijadikan tempat makan-makan. 

Lokasinya di baratnya makam Ditrotunan Lumajang. Cari aja dah di gmaps, hahaha.

Foto oleh Warung Kemlecer di Facebook

Menu andalannya adalah lalapan bebek kemlecer. Enak banget. harganya standar, yaitu 22.000. ada juga lalapan ayam kampung, mujaer bakar, lele bakar, jeroan, telur, dan tempe bakar/goreng. 

Paling murah ya lalapan tempe bakar/goreng, cuma 5.000. Harganya terjangkau lah ya. Tempat makan yang cocok untuk semua kalangan.

Foto oleh Warung Kemlecer di Facebook

8. Pujasera Pawon Ngarep

Ini adalah tempat makan yang baruuuu banget hadir di Lumajang. Lokasinya strategis, di jalan embong kembar. Cari deh, bakalan tau dengan mudah kok. Ini Pujasera sih. 

Jadi ada banyak booth yang menjajakan beraneka makanan minuman.

Foto oleh visitlumajang.com

Menu makanannya ada banyak. Seperti nasi klotok, nasi empal gentong, nasi pecel, ayam geprek, telur gulung, angsel, dan masih banyak lainnya. 

Ada makanan berat dan makanan ringan. Harganya terjangkau mulai dari 5.000 hingga 30.000. Aman di kantong lah. Setiap yang dimau, Inshaa Allah tersedia.


9. Warung Lalapan Pak Basyir

Ini rame juga nih. Dulunya Cuma warung lesehan pinggir jalan. Ealah lah kok laris. Maka mereka pindah ke tempat yang lebih layak dan lebih luas. 

Lokasinya di pertigaan jalan Kyai Gozali. Kalau tempatnya sih biasa aja ya. Enggak ada mewah-mewahnya atau instagramablenya gitu, tapi ya tetap standar kok suasana dan kondisi tempatnya.

Foto oleh Andrie dari foursquare.com

Yang jelas, orang-orang suka ke tempat makan ini karena lalapannya terjamin enaknya. Jadi, dia ramenya enggak pas bulan ramadan aja. 

Hari-hari biasa pun, warung ini rame. menu makanan yang disajikan antara lain ayam goreng, gurami goreng, udang goreng, dsb beserta nasi dan lalapannya. Kalau pengen makan lalapan yang enak, ya di sini tempatnya.

Foto oleh @kulinerlumajangan di instagram

10. C-Bezt

Kalau pengen tempat yang praktis, ya C-Bezt jawabannya. Luas kok, lahwong biasanya dijadikan tempat perayaan ulang tahun. 

Jadinya ya aman-aman aja kalau mau dipakai tempat untuk berbuka puasa rame-rame. c-bezt ini ada banyak sih di Lumajang. 

Tapi kalau di kawasan kota, lokasinya dekat dengan Stadion Semeru. Kalau masu sholat magrib, isya, tarawi, bisa dilaksanakan di masjid sebelahnya.

Foto oleh sandynata.wordpress.com

Menu makannya yaa… fried chicken, nasi, dan es teh. Apalagi? Hahaha, kecuali kalau pesan lagi lauk-lauk lainnya. 

Dan bagi saya, buka puasa itu enggak perlu rewel soal mau makan apa, melainkan makan seadanya aja dah. Secukupnya. Kita pun perlu menahan hawa nafsu untuk tidak makan kalap bukan?

Foto oleh cbezt.com

11. Pondok Iga

Kalau pengen makan daging, iga, dan sejenisnya, maka Pondok Iga adalah jawabannya. Lokasinya gampang ditemukan kok. 

Ada di pojokan perempatan pasar Lumajang. Tulisannya mencolok mata, membuat kita penasaran untuk mengunjunginya.

Foto oleh pondok-iga.business.site

Tempat makan ini ramai juga untuk dijadikan tempat buka puasa. 

Tenang, menu makanan yang disajikan enggak cuma iga kok. Ada juga lalapan ayam kremes, roti bakar, nasi goreng, soto, dan macam-macam lainnya dah. 

Apa yang kita mau, Inshaa Allah ada. Soalnya kan kalau mau belanja sayur dan lauk, bisa langsung jalan ke pasar, hahaha.

Foto oleh @tbherifk di instagram

12. Swiwings

Ini nih, salah satu yang saya suka. Frenchise yang rame banget. lokasinya ada di dekat Stadion Semeru. Rame euy. lokasi tempat makannya luas. 

Pada beberapa sudut, cukup instagramable lah yaaa… Cocok banget untuk dijadikan tempat buka puasa rame-rame sama teman.

Foto oleh @swiwings.lumajang di Instagram

Menu makanannya ya swiwi, alias sayap ayam. Harganya terjangkau, mulai 15.000-an. Itu sudah lengkap dengan nasi, es teh, 4 potong swiwi beserta saus pilihan. 

Kalau pengen pesan menu sharing, bisa juga. pilih aja paket rame-rame, harganya Cuma 50.000, bisa dimakan oleh 3-4 orang. Enak kan?

Foto oleh @swiwings.lumajang di instagram


Nah, itu dia rekomendasi tempat buka puasa di Lumajang. Sebenarnya masih ada banyak lagi sih. Namun, biarkan menjadi stok tahun depan, hahaha. 

Ah ya, map juga ya, saya masih belum bisa ngasih foto dokumentasi pribadi.

Sebab, kala makan-makan, saya jarang banget foto makanannya, soalnya udah abis duluan euy. juga kan, saya ke sananya pas dulu-dulu, udah lama. 

Dulu jarang foto, soalnya kamera belum mumpuni banget. sekarang malah… jarang nongki-nongki, haha.

Yaweslah, nanti diusahakan untuk nongki-nongki kuliner Lumajang. 

Sekalian doain, supaya saya disegerakan dapat kamera yang cantik, bokeh dan mantap warbiyasah. Supaya makin semangat foto-fotoin makanannya, hehe

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga ini berguna ya buat teman-teman Lumajang…

Wassalamualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

6 komentar untuk "Rekomendasi Tempat Untuk Buka Puasa di Lumajang"

  1. Sing aku mangan nganti nangis kae kok ra enek.? haha

    BalasHapus
  2. Saya lebih suka di gajah mada resto. Yang penting cocok dengan kualitas, soal harga tidak jadi masalah.

    BalasHapus
  3. Tempatnya mantep sih ini, selain memang aku lebih tertarik menu-menunya..he
    Tapi bisa lah buat acara buka puasa. Dari foto menu yang ada aku tertarik sama lalapannya, di cocol sambel cocok banget :D

    BalasHapus
  4. Waduuh kak ros ternyata yang posting hehehe.. mantap kak sgt berguna 👍👍

    BalasHapus
  5. Mantap kak rhos👍👍

    BalasHapus
  6. wah, pengen coba bamboo cafe sepertinya seru :D

    BalasHapus