Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Jual Beli Mobil Bekas Untuk Mudik

Assalamualaikum wr wb

Memang ya, mudik itu paling aman dan nyaman menggunakan mobil. Apalagi bila berpergian bersama berkeluarga, naik mobil untuk mudik adalah pilihan yang tepat demi efektifitas waktu dan biaya.

Enggak harus pakai mobil baru kok. Pakai mobil bekas juga boleh. Toh juga sudah banyak orang yang jual beli mobil bekas untuk mudik.

Jual beli mobil bekas yang saya maksud ini bisa berarti dua hal. Yaitu jual mobil bekas, dan beli mobil bekas. Kita bisa jual mobil bekas untuk membeli mobil baru demi mudik yang nyaman. 

Atau kita juga bisa membeli mobil bekas yang berkualitas demi mudik yang aman dan nyaman pula.

Maka dari itu, kali ini saya akan share tips jual beli mobil bekas untuk persiapan mudik. Sharing 2 tips untuk jual mobil bekas dan beli mobil bekas.

jual-beli-mobil-bekas
sumber gambar: canva.com

Tips Jual Mobil Bekas

Ketahuilah momen yang pas untuk jual mobil bekas. Pasar mobil bekas sebagian besarnya berasal dari keluarga dengan ekonomi menengah dan para petani/pedagang besar dari desa. 

Biasanya mereka akan membeli mobil bekas saat terjadi musim panen raya. Saat terjadi panen raya, maka banyak petani yang memiliki pendapatan berlebih sehingga mengalokasikan dana untuk membeli mobil.

Tak hanya itu, para pedagang besar pun juga tak lepas untuk kebagian untung besar-besaran saat musim dagangnya memuncak. Biasanya para pedagang akan ketiban untung saat masa-masa masuk sekolah anak, karena banyak kebutuhan yang akan dibeli. 

Di sinilah terjadi untung yang lumayan tinggi sehingga besar kemungkinan mereka akan membeli mobil.

Bila ingin mendapatkan keuntungan lebih tinggi, maka kita bisa memberikan penawaran yang lebih baik pula. 

Misalnya kita memperbaiki cacat yang ada atau memperbaiki cat mobil yang telah mengelupas. Pastikan juga untuk mengecek kondisi mobil dalam kondisi prima.

Kalaupun ada bagian dari mobil yang belum kita perbaiki, maka sampaikan secara jujur kepada konsumen. 

Sampaikan apa adanya, lalu berikan rekomendasi. Niscaya kita akan diberi kepercayaan oleh konsumen sampai kapanpun.



Tips Beli Mobil Bekas

Pastikan kelengkapan dokumen kendaraan. Jaga nama baik diri untuk selalu memastikan bahwa kelengkapan dokumen kendaraan tersedia dengan baik. 

Kelengkapan surat yang dibutuhkan adalah STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). STNK dan BPKB merupakan bukti yang sah untuk menyatakan bahwa kita adalah pemilik dari kendaraan tersebut dengan status yang legal.

Hindari bertransaksi dengan makelar. Sebab, kita harus membayar jasa dari makelar tersebut. Alangkah lebih baik bila kita mendapatkan informasi jual beli mobil bekas dari tangan pertama. 

Tujuannya supaya kita tahu bagaimana kondisi sebenar-benarnya mobil. Selain itu diharapkan kita mendapatkan harga beli yang tidak terlalu tinggi.

Memang sih, menggunakan jasa makelar akan mempermudah kita untuk mendapatkan mobil bekas dengan cepat. 

Namun bila kita ingin mendapatkan harga dan penawaran yang terbaik, sebaiknya kita lakukan sendiri dan bertransaksi langsung dengan pemilik mobil bekas tersebut.

Lakukan survei harga kendaraan adalah hal yang sangat penting bila kita ingin membeli mobil bekas. Hal ini bertujuan agar kita tidak tertipu mentah-mentah dengan bualan harga yang terbilang murah, padahal bisa didapatkan lebih murah daripada yang ditawarkan. 

Maka perlu bagi kita untuk mencari sumber dan referensi terpercaya dari internet atau dari orang ke orang.

Nah, itulah tips sederhana mengenai jual beli mobil bekas yang bisa kita gunakan untuk mudik. Lalu, lebaran nanti kamu mau mudik kemana?

Wassalamualaikum wr wb 💕

12 komentar untuk "Tips Jual Beli Mobil Bekas Untuk Mudik"

  1. setuju tuh mbak ros. mudk pake mobil lebih aman.a aasoalnya kalo hujan bisa berteduh, nggak kepanasan gitu. kalo naik motor pasti harus istirahat di pos yg ditentukan. he he. klo naik mobil juga bisa bawa org dan barang yg lebih banyak. salam sukses.


    eh, btw aku baru bisa mampir ke blogmu lagi nih setelah sekian lama. kira2 masih ingat aku nngak ya? he he.

    BalasHapus
  2. sekarang ada tol trans jawa ya
    jadi mudik pakai mobil bisa dilakukan dengan nyaman
    transaksi sama makelar sangat tidak terekomendasi
    banyak kasus tipu2 juga dengan bertransaksi semacam ini

    BalasHapus
  3. Lebih enak lagi kalau beli sendiri sama orang yang yg punya mobilnya juga kenal. Jadi tahu mana kekurangannya dan kelebihan mobil itu mbak ya.
    Semoga aja punya mobil sendiri deh, biar deh walau bekas, penting jelas heheheee

    BalasHapus
  4. Benar banget nih. Kalau mau beli mobil bekas lebih baik langsung sama pemiliknya jangan lewat agen atau makelar

    BalasHapus
  5. Paling enak jual beli mobil ini langsung dengan pemakai, bukan melalui makelar atau semacamnya. Jadi ketika ada kekurangan bisa langsung konfirmasi ke yang bersangkutan dan darisegi harga juga lebih bersahabat.

    BalasHapus
  6. Iya sih, memang langsung beli dari tangan pertama lebih baik. Tapi kalau ga mau ribet minta bantuan pihak ke 3 ok juga

    BalasHapus
  7. Perlu hati-hati sekali kalau mau beli mobil bekas ya, Mbak. Harus dicek dengan teliti kondisinya. Jangan sampai kita membeli mobil yang kondisi mesinnya sudah gak layak lagi.

    BalasHapus
  8. Survey harga penting banget itu, jangan hanya patokan ke 1 saja, komparasi harga jga penting, jadi kita bisa lebih tepat mengira-ngira berapa harga mobil bekasnya.

    BalasHapus
  9. Pengalaman dulu jual mobil langsung keorg yg pengen kak, jadi harga lebih mudah nego dan gk turun banget. Kalonya dijual di dealer atau yg lain biasanya jatuh banget

    BalasHapus
  10. Sekarang mobil sudah bukan barang mewah lagi ya kak. kudu punya untuk keperluan hari hari. Sudah jadi kebutuhan dasar terutama bagi yang berkeluarga biasr lebih gampang kesana kemari. Ini situs ngebantu banget ya kak buat nyari mobil.ngga repot dateng sana sini

    BalasHapus
  11. Mobil bekas ini memang jadi solusi bagi yang menginginkan kendaraan dengan harga ramah di kantong.
    Masalah kualitas, memang harus di lihat keadaannya langsung agar tidak kecewa.

    BalasHapus
  12. Zaman dah semakin canggih ya mbak, kita semakin dipermudah jual beli mobil bekas, makasih tipsnya...

    BalasHapus