Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspadai Penyakit yang Rawan Terjadi Pada Perempuan

Assalamualaikum wr wb

Sebagai perempuan, tubuh kita memang berbeda dengan laki-laki. Fisik jelas berbeda. Laki-laki lebih kuat daripada perempuan. Hal yang berbeda lainnya adalah hormon dan sel-sel otot. Milik laki-laki lebih kuat daripada perempuan. Maka enggak heran kalau tubuh perempuan lebih lemah. Bahkan lebih rentan dan rawan terkena penyakit.

Maka dari itu, penting bagi kita sebagai perempuan untuk mengetahui penyakit-penyakit yang rawan terjadi pada perempuan. Hal ini bertujuan agar kita mampu mencegah sejak awal. Melindungi diri sejak dini.

perempuan

Maka, kabarkan hal ini kepada perempuan tersayang. Untuk menunjukkan rasa sayang kita kepada mereka. Sampaikan pula beberapa penyakit berikut ini yang rawan terjadi pada perempuan. Supaya kita bisa bersiap sejak awal.

Radang Usus dan Lambung

Gaya hidup masa kini memberikan banyak pengaruh, terutama pada pola makan. Saat ini sudah banyak makanan yang instan dan berminyak. Di antaranya mengandung lebih banyak lemak jenuh daripada protein. Padahal protein yang paling dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi kalau tidak mencoba makanan-makanan itu, rasanya kurang greget ya. Kurang afdol rasanya. Apalagi kita sukanya nyobain makanan-makanan baru. Tanpa memperhatikan kandungan gizinya.

radang-usus-buntu


Bahkan, sebagian di antara kita sukanya makan yang pedas-pedas. Sebut saja bakso, seblak, aneka gorengan, dsb yang dilengkapi dengan sambal atau cabe rawit. Makanan-makanan pedas tersebut berbahaya banget bagi usus dan lambung. Memicu radang usus, diare, dan asam lambung.

Infeksi Saluran Kemih

Ini adalah salah satu penyakit yang kerap terjadi pada perempuan. Bahkan, perempuan berisiko 30 kali lipat lebih tinggi terkena infeksi saluran kencing dibanding laki-laki. Infeksi ini terjadi pada saluran kemih, yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra (lubang kencing).

Anatomi tubuh perempuan menjadi salah satu alasannya. Letak saluran kencing perempuan dekat dengan vagina dan rektum. Di area ini lebih banyak bakteri hidup. Hal ini mengakibatkan perempuan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena infeksi saluran kemih.

infeksi-saluran-kemih-infografis

Lupus

Lupus adalah suatu gangguan sistem kekebalan yang terjadi di dalam tubuh sehingga menyebabkan sel-sel tubuh rusak dan mengalami peradangan. Karena gen dan hormon yang ada dalam tubuh perempuan, maka 90% kasus penyakit lupus ini lebih banyak terjadi pada perempuan berusia 15-45 tahun.

Penyakit ini cukup sulit dideteksi sejak dini. Hal ini karena ia memiliki gejala-gejala yang mirip dengan penyakit lainnya. Misalnya nyeri sendi, demam, kerontokan pada rambut, ruam-ruam pada kulit, sakit dada dan juga kesulitan bernafas karena adanya peradangan pada paru-paru.

lupus-infografis

Penyakit lupus ini disebabkan oleh hormon, racun atau virus yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu obat-obatan yang rutin dikonsumsi juga menjadi pemicunya. Oh ya, faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Saat ini, penyakit lupus masih sulit untuk diobati. Oleh karena itu, jika orang-orang kesayangan di sekitar kita mengalami beberapa gejala tersebut, maka segeralah bertindak. Datanglah ke dokter untuk berkonsultasi. Supaya mendapatkan pengobatan dan penanganan yang cepat.

Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling menakutkan bagi perempuan. Penyakit ini bisa menyerang pada usia muda maupun tua. Apalagi masih banyak perempuan yang belum mengenali gejala-gejalanya. Padahal penyakit ini rentan terjadi pada perempuan.

Ada beberapa gejala yang perlu dideteksi sedini mungkin. Bisa dilakukan secara mandiri kok. Gejala kanker payudara adalah munculnya benjolan di saluran air susu yang membersamai jaringan lemak di payudara. Benjolan itulah kankernya. Pada tahap perkembangannya, sel ini akan menyebar ke kelenjar getah bening di sekitar ketiak dan dada.

kanker-payudara

Pemicunya ada banyak. Pertama, faktor gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya konsumsi alkohol, kebiasaan merokok, makan makanan yang tinggi lemak jenuh. Kedua, faktor genetik atau keturunan yang ada pada keluarga. Maka dari itu, setiap perempuan harus bisa mengenali perubahan yang terjadi pada tubuh supaya dapat mendapatkan penanganan sejak awal.

Ciri-ciri awal munculnya kanker payudara beragam. Seperti benjolan yang terasa pada payudara, warna payudara berubah, puting terasa sakit, atau muncul benjolan pada area dekat ketiak.

Maka, periksakanlah payudara secara berkala. Ada cara sederhana untuk mengetahui gejala tersebut. Yaitu dengan teknik SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Atau bisa juga melalui USG payudara dan mamografi jika diperlukan. Apabila sudah merasa mengalami gejala-gejala tersebut, maka segera konsultasikanlah pada dokter.

Maka, Bertindaklah Sejak Awal...

Sebenarnya, masih banyak lagi penyakit-penyakit yang harus diwaspadai oleh perempuan.  Seiring berkembangnya zaman, maka berkembang pula jenis-jenis penyakit yang mengacu pada perkembangan gen dan hormon.

Kita harus cermat dan bertindak cepat untuk mengenali perubahan pada diri sendiri. Dikhawatirkan perubahan tersebut adalah tanda-tanda terjadinya penyakit.

Maka, lakukan general check-up secara rutin agar kita dapat mengetahui apa saja yang terjadi pada tubuh.  Konsultasikan pada dokter. Tanyakan mengenai tindakan pencegahan dan pengobatan apa saja yang perlu dilakukan. Semoga kita dapat selalu terhindar dari risiko penyakit sehingga kesehatan keluarga tetap terjaga.

cek-kesehatan

Akan lebih baik bila kita juga melindungi diri dengan asuransi yang tepat. Sehingga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, setidaknya masalah keuangan bisa teratasi.

Apalagi, biaya pengobatan penyakit kritis seperti kanker cukup mahal. Sesuai dengan prinsip asuransi sebagai proteksi, pilihlah asuransi kesehatan yang dapat meng-cover biaya pengobatan penyakit-penyakit tertentu bila perlu.

Memilih Asuransi Untuk Kebaikan Diri

Ada banyak pilihan asuransi yang bisa kita gunakan untuk mempermudah pencarian asuransi dari berbagai provider. Kita bisa memanfaatkan marketplace seperti Lifepal. Hal ini tentu akan lebih menyingkat waktu daripada menghubungi satu per satu penyedia asuransi yang ada. 

Cukup membuka websitenya. Maka kita bisa mendapatkan informasi mengenai produk asuransi berdasarkan kebutuhan. Seperti asuransi dengan premi terjangkau atau paket keluarga. Asyiknya lagi, kita bisa diskusi melalui whatsapp ke nomor 0822-9999-6121 . Komunikatif kok!

Eh ya, jangan sungkan untuk bertanya tentang detail produk asuransi yang ditawarkan ya. Agen asuransi nya baik-baik. Mereka akan menjelaskan dengan detail terkait produk yang ditawarkan. Hal ini penting bagi kita untuk menghindari kesulitan saat akan mengklaim. 

Memang, asuransi kini menjadi penting dan bisa didapat dengan mudah. Namun kita harus tetap menjaga kesehatan diri. Supaya terhindar dari penyakit yang beraneka ragam. Kita harus waspada sedini mungkin. Saling mengingatkan orang tersayang untuk menjaga kesehatan.

Lalu, kamu? Sudahkah mengingatkan orang tersayang untuk menjaga kesehatan? Minimal tanyain lah... sudah makan atau belum? hehe

Wassalamualaikum wr wb 💕

8 komentar untuk "Waspadai Penyakit yang Rawan Terjadi Pada Perempuan"

  1. dengan kondisi fisik yang sedemikian rupa perempuan memang rentan ya, harus selalu menjaga kesehatan sejak dini walaupun yaaaaa aku juga kadang masih suka lupaa

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas tulisan yang sangat bagus di bidang kesehatan. Sebenarnya, yang cocok jadi fokus itu ada di kasus usus buntu (apendisitis), radang lambung, infeksi saluran kemih (ISK), dan juga pada kanker payudara. Mengingat, kanker payudara sendiri memang masih jadi momok bagi kalangan wanita, apalagi jika ada riwayat keluarga yang mengalami keluhan serupa kanker payudara.

    Selama aku jaga di klinik, biasanya pasien wanita sering datang dengan gejala radang lambung, biasanya sering dikeluhkan adanya nyeri pada ulu hati atau nyeri pada kawasan lambung yang jika ditekan itu bisa sakit. Solusi pencegahannya bisa dengan jangan menunda makan, atau kurangi makanan yang provokatif seperti makanan pedas, berlemak, atau minum kopi/coklat.

    Untuk ISK sendiri, memang ada, biasanya justru dikeluhkan nyeri perut di bagian bawah disertai dengan rasa anyang-anyangan. Benar juga jika memang perempuan berisiko lebih besar untuk ISK ketimbang laki-laki, hal itu dikarenakan anatomi saluran kemih perempuan yang lebih pendek dan lurus, sehingga bakteri bisa dengan mudah masuk ke sana. Pencegahannya dengan menjaga higienis di sekitar organ itu.

    Kalau lupus, sepertinya jarang banget. Namun, tidak apa-apa juga untuk disebarkan. Ohya, untuk nyeri di kawasan perut sendiri, juga patut berhati-hati akan kemungkinan terkena dysmenorrhea (alias nyeri perut yang terjadi saat haid). Aku pernah diceritakan nyerinya itu seperti apa.

    BalasHapus
  3. duh, yang namanya penyakit bisa dari mana aja ya kak, terutama dari pencernaaan karena kondisitubuhmu dari makanan yang dikonsumsi. Buat jaga jaga, emang perlu sih asuransi biar ngga keteteran kalau ada kejadian yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  4. Sebagai perempuan memang banyak bgt hal yang harus kita jaga karena lebih sensitif tentunya

    BalasHapus
  5. Ternyata ngeri juga ya ada banyak penyakit para wanita. Harus benar benar dijaga ya kesehatanya untuk para wanita

    BalasHapus
  6. 5 penyakit ini tidak boleh disepelekan ya Mba. Meskipun terkategori ringan tapi tetap juga harus butuh penanganan cepat.

    BalasHapus
  7. Aku mau dong ada yang nanyain udah makan atau belum. hahaha

    Namanya penyakit sebenarnya memang tidak mengenal gender. Hal terpenting kita bisa menanamkan dalam diri bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati. So, pola hidup sehat itu memang harus dilakukan setiap hari.

    BalasHapus
  8. Ya Allah...
    Aku jadi ingat salah satu sahabat ada sering ngajakin aku untuk kumpul di rumah Lupus Bandung.
    Yang mengelola ada pasangan suami-istri lulusan ITB yang istrinya penderita Lupus juga.

    Saling memberi semangat itu sungguh kekuatan tersendiri bagi mereka.

    BalasHapus