Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Saat Meminjam Modal Usaha Untuk Bisnis

Assalamualaikum wr wb

Dari 10 pintu rezeki, 9 di antaranya adalah berdagang. Selancar itu loh berdagang, sampai keluar hadistnya. Maka, tidak maukah kamu berdagang untuk memenuhi kebutuhan hidupmu dan menyejahterakan orang-orang sekitarmu?

Tenang aja, kalaupun kamu tidak punya uang banyak untuk mendirikan/mengembangkan usaha, masih bisa diperjuangkan kok. Sekarang ini, pinjaman modal usaha untuk bisnis itu sudah tersedia begitu banyak. Kamu tinggal pilih, mana penyedia jasa pinjaman modal usaha yang cocok untukmu.

Namun, sebelum melakukan pinjaman modal usaha kemanapun, baik pinjaman online maupun offline, kamu harus memperhatikan 7 hal berikut. Harapannya, supaya kamu tak salah pilih, tak terjebak dengan iming-iming selangit, serta supaya usaha/bisnismu benar-benar berkembang secara nyata.

tips-meminjam-modal-usaha

(1) Mengetahui Manfaat Modal Usaha Untuk Bisnis 

Memiliki modal usaha itu bagaikan membangun pondasi. Bila pondasinya kokoh, maka bangunanannya akan kokoh. Bila modalnya kuat dan besar, maka akan berjaya pula bisnis yang dikembangkan. Selain itu, adanya modal usaha akan memperlancar urusan kita dalam merealisasikan ide-ide untuk berbisnis. Segera ekseskusi dan segera dapat untung.

(2) Tidak Ada Mitos yang Perlu Dikhawatirkan

Kamu, apabila mendengar kasak-kusuk tentang mitos berbisnis, please jangan pernah percaya. Enggak ada tuh, omongan orang tentang susahnya cari pinjaman modal usaha, bunga yang amat besar dan bertumpuk, atau mungkin kabar bahwa hanya pebisnis elit yang bisa mendapatkan modal usaha. Semuanya salah total. Asalkan kamu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, maka kamu akan mendapatkan pinjaman modal usaha dengan mudah. Tenang aja.

(3) Ketahui Waktu yang Tepat untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha 

Oh ya, jangan serta merta kamu memiliki ide yang cemerlang lalu keesokan harinya langsung datang ke lembaga penyedia jasa pinjaman modal usaha ya. Tahan dulu idemu. Coba dikaji ulang. Melakukan riset kecil-kecilan. Kalau perlu, dicoba dulu beberapa sampel. Setelah yakin bahwa ide bisnismu akan berjalan dengan baik, maka barulah kamu mengajukan pinjaman modal usaha.

(4) Pastikan Tipe Pinjaman Modal Usahamu Cocok denganmu

Penyedia jasa pinjaman modal biasanya memiliki banyak penawaran menarik untukmu. Terdapat beragam tipe pinjaman yang bisa kamu pilih. Tentunya sesuaikan dengan kapasitas dan karaktermu. Kalau hendak memilih jenis pinjaman tanpa jaminan, maka jangan kaget kalau bunganya agak gede. Kalau memilih pinjaman dengan jaminan, maka kamu harus benar-benar membayar tepat waktu supaya jaminanmu tidak hilang. Setiap tipe pinjaman modal, memiliki kekhasan sendiri-sendiri, tentunya dengan resiko yang berbeda-beda.

(5) Pelajari Secara Detail Tentang Suku Bunga, Tenor dan Lisensi Pemberi Pinjaman

Saat hendak memilih jenis pinjaman modal usaha, maka pastikan kamu benar-benar membaca ketentuan dan persyaratan yang berlaku. Pelajari dengan seksama mengenai suku bunga, tenor dan lisensi pemberi pinjaman. Kalau ada hal-hal yang kamu enggak ngerti, langsung saja tanyakan ke CS-nya (Customer Service). Jangan asal pilih lalu langsung tanda tangan. Baca dulu. Pahami.

(6) Dokumen yang Harus Disiapkan Untuk Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Saat sudah memilih jenis pinjaman modal usaha yang cocok, baik pinjaman online maupun offline, maka kamu harus memenuhi dokumen-dokumen guna melengkapi persyaratan. Untuk pinjaman online, biasanya dokumen-dokumen diminta dalam bentuk soft file, lalu diunggah di aplikasi penyedia jasa pinjaman online tersebut. Bila syarat terpenuhi, maka tim dari penyedia jasa pinjaman online tersebut akan datang ke rumahmu untuk mengecek keadaanmu secara real.

(7) Kenali Lembaga Penyedia Jasa Pinjaman Modal Usaha 

Ada banyak lembaga penyedia jasa pinjaman modal usaha yang siap melayanimu untuk mendukung perealisasian bisnismu. Contohnya: bank, bank syariah, fintech, start up pinjaman online, dan masih banyak lagi lainnya. Saat memilih lembaga penyedia jasa pinjaman modal usah tersebut, pastikan kamu mengenalnya dengan baik. Bisa cari reviewnya di internet. Cek juga review dan pengalaman yang ditulis oleh blogger, supaya kamu bisa mengambil tindakan yang tepat.

Menurut saya, paling enak mengambil pinjaman online dari start up pinjaman online yang banyak digagas oleh anak-anak muda. Persyaratannya gampang. Pengajuannya mudah. Uang pinjaman lekas cair. Apa susahnya?

Aspire, Penyedia Pinjaman Modal Usaha Online Terbaik

Di zaman milenial ini, rugi kalau kita enggak bergerak secara online juga. Harus melek teknologi, termasuk dalam urusan pinjam meminjam modal usaha. Ada nih, salah satu penyedia pinjaman modal usaha online terbaik yang mau memberikan pinjaman modal usaha kepada pemilik bisnis, khususnya usaha kecil menengah. Aspire namanya.

Aspire merupakan platform fintech yang memberikan kemudahan dalam meminjam modal usaha karena pemilik bisnis tidak lagi perlu mengurus dokumen yang banyak. Selain itu tidak perlu melalui proses yang memakan waktu.

Menariknya, Aspire mampu menawarkan kredit bunga rendah dengan bunga 0%. Aspire ini handal dan terpercaya loh. Ia sudah beroperasi di Thailand, Singapura, dan Vietnam. Kini Aspire juga merambah ke Indonesia.


Gimana? Udah tahu kan alasan kenapa Aspire menjadi tempat terbaik untuk meminjam modal usaha secara online?

Jadi, kapan kamu mau memulai untuk berbisnis? Boleh ajukan pinjaman modal ke Aspire. Lakukan segera. Sekarang. Ya kalau bukan sekarang, lalu kapan lagi?

Wassalamualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

55 komentar untuk "7 Tips Saat Meminjam Modal Usaha Untuk Bisnis"

  1. Kebetulan sekali saya lagi butuh pinjaman buat modal usaha
    Soal mitos, saya juga sering mengabaikannya

    BalasHapus
  2. kayaknya memang lebih aman cari pinjaman sama yg udah terpercaya aja kali ya, apalagi yg bunganya jg rendah

    BalasHapus
  3. Banyak hal yang harus dipertimbangkan buat minjam modal usaha.. bukan cuma ide tapi perencanaan untuk eksekusi ide juga seharusnya matang. supaya usahanya jalan, hehe

    BalasHapus
  4. Informatif banget nih buat para pencari modal. Terimakasih kak

    BalasHapus
  5. Wahhh, ternyata ada pinjeman onlline yang keren yaa, nnti mau cobaiin buat modal ayah dehh

    BalasHapus
  6. inspirasi sekali tulisanya jadi penegn memulai bisnis

    BalasHapus
  7. inspirasi sekali tulisanya jadi penegn memulai bisnis

    BalasHapus
  8. Info yang menarik buat yang ingin punya usaha tapi belum punya modal. Lewat Aspire bisa dapat solusinya asal bijak saat memutuskan mengajukan pinjaman

    BalasHapus
  9. Terimaksih infonya mbak. Aspire ini bisa jadi solusi bagi ingin yang membuka usaha tapi belum punya modal ya mbak.

    BalasHapus
  10. mau minjam ini memang perlu dipikirkan matang2 ya kak, setidaknya usaha sudah terlihat apakah akan laku di pasaran atau tidak biar nggak rugi banyak nantinya. keren sudah ada aspire jadi kalau mau buka usaha sedikit lega

    BalasHapus
  11. Bisa jadi referensi nih kalau suatu hari aku mau buka usaha. Aspire ini berarti bukan buatan Indonesia ya kak? Sudah terdaftar kah di OJK?

    BalasHapus
  12. nah, saya termasuk orang yg tak punya keberanian pinjam untuk modal. khawatir nunggak, macet, ga sanggup bayar. takut sebelum berjuang hehe.. ntar coba dipelajari detil deh. makasih rekomendasinya.

    BalasHapus
  13. Yang paling penting, pastikan pinjammodal untuk usaha,jangan dijadikan pinjaman memperluas rumah, menambah kendaraan, atau piknik. DI situlah mitos berperan. Selama ini, bukan rahasia umum bahwa peminjaman modal usaha digunakan untuk peminjaman usaha menambah kendaraan atau peminjaman modal usaha digunakan untuk merenovasi rumah.

    BalasHapus
  14. Saat ini, saya sudah berapa kali coba dagang, Mbak. Hanya belum ketemu yang pas. Dan kebetulan modalnya saya pinjam ke adik saja. Tapi tetap, saya sesuaikan dengan kemampuan bayar. Dan zaman now makin dipermudah soal pinjaman modal ya, Mbak. Jadi semakin membuka peluang orang untuk memulai usaha.

    BalasHapus
  15. Menurut info yang saya baca, perusahaan yang meminjam modal usaha, penghasilannya meningkat tiga kali lipat dalam 3 tahun. Emang berpengaruh banget ya kalau suatu usaha ada sokongan modal, usaha jadi makin meningkat

    BalasHapus
  16. Sekarang banyak ya, lembaga penyedia jasa pinjaman modal usaha yang siap membantu untuk meminjamkan modal usaha. Gampang tinggal pilih lembaganya, tapi harus hati-hati juga ya, pilih lembaga yang sudah masuk OJK

    BalasHapus
  17. Aspire ini lengkap fasilitasnya ya, memudahkan wirausaha untu mengakses semua kebutuhan finansial termasuk pinjaman keuangan. Semoga makin banyak wirausaha yang terbantu dengan hadirnya Aspire ini.

    BalasHapus
  18. Tapi aspire ini aman dan udah masuk OJK kah mbak?
    Kalau mau ngajuin pinjaman modal di pinjol bener2 harus dipersiapkan betul2 ya mbak dokumen yg dibutuhkan plus hal2 lainnya. Ya biar ga ribet pas mau pinjem buat tambahan modal bisnis mungkin hehheee.

    BalasHapus
  19. kalau sudah tahu kekurangan dan kelebihan pasti akan lebih mudah memutuskan untuk melakukan pinjaman online. Sepertinya Aspire memberikan banyak keuntungan dan kemudahan. Patut di coba nih. Penasaran banget

    BalasHapus
  20. aku masih belum benar-benar berani namanya mengambil pinjaman ini mbak, karena yang dikhawatirkan itu masalah pengembalian yang sekiranya nanti akan terhambat

    BalasHapus
  21. Ternyata banyak hal yg mesti dipertimbangkan dgn matang ya mbak. Jadi pembelajaran banget nih buatku, apalagi rencana mau bisnis

    BalasHapus
  22. Kudu diperhatikan nih beberapa poin tips di atas, tapi sebenarnya tetap saja aku sih dari dulu ga ada niat untuk pinjam dana gitu, walau dipakai untuk bisnis

    BalasHapus
  23. Wah pernah juga sih, banyak informasi yang didapat dari ini kak. jadi aku tahu gimana kedepannya. terimakasih

    BalasHapus
  24. Kalau udah ngomongin duit nih memang harus betul-betul rinci dan pasti, biar gak salah arah ya kak..

    BalasHapus
  25. Kebetulan banget kak aku lagi berencana mau bikin usaha tapi ya itu terkendala di modal .Kayaknya perlu aku coba ini di aspire, mudah-mudahan cocok, makasih kak infonya

    BalasHapus
  26. Yang penting bagiku kalau mau pinjam itu pasti harus ada hasilnya.

    BalasHapus
  27. Tips untuk memulai bisnis dan dapat pinjaman modal usahanya oke juga nih. Pengen sih suatu hari nanti punya usaha apa gitu yang bisa jadi pemasukan lain.

    BalasHapus
  28. Ini baru oke banget peminjaman uang buat kebutuhan berdagang dan bisnis, cukup menggunakan aspire aja

    BalasHapus
  29. Yang penting untuk pinjaman ini harus liat tetek bengeknya sih. Harus ada jaminan dari lembaga bersangkutan dan review dari orang-orang yang ahli di bidang perbankan. Terus syarat dan ketentuannya mesti dibaca yang bener sih. Gak sulit sebenarnya dan banyak kok yang no tipu-tipu, tapi emang harus teliti sih

    BalasHapus
  30. Tips yang berguna sekali bagi saya, soalnya saya berencana mau minjam modal sama bank, thanks kak tipsnya

    BalasHapus
  31. Tujuan minjamnya itu penting ya, jangan sampai minjam buat hura-hura, sebaiknya bermanfaat buat mendukung bisnis kita, karena emang bisnis butuh banget modal.

    Saya pernah jalanin bisnis tanpa modal dan jungkir balik beneran, sekarang mah enak banyak tempat minjam modal usaha :)

    BalasHapus
  32. Wah, ada ya yang berani kasih bunga 0% jadi penasaran.. Syaratnya mudah, dan ga memberatkan pula..

    BalasHapus
  33. Sebelum meminjam harus lebih tahu dulu tentang tempat yang akan kita pinjam ya terutama suku bunganya apakah sanggup atau tidak. Benar-benar harus teliti.

    BalasHapus
  34. Meminjam itu juga harus banyak yang dipertimbangkan ya, apalagi secara online, dana juga harus disesuaikan agar dapat dikembalikan tanpa terlambat.

    BalasHapus
  35. Nice share, Kak Ros,, kl buat usaha produktif bs diprediksi terlebih dahulu jangka waktu pengembalian nya bs kpn, beda ya kl minjam buat makan, wkwk

    Top deh Aspire, tfs

    BalasHapus
  36. Iya bener sekali Kak. Sekarang kalau mau pinjam uang itu gampang bangetttt. Nggak sesusah dulu. Malah saya tiap hari dapet sms ga jelas nomornya menawarkan pinjaman online. Nah, kalau kita mau pinjam online harus teliti ya badan peminjamnya. Terpecaya tidak? Sudaj terdaftar di OJK kah? Baca reviewnya di internet dan tanya-tanya juga ke orang. Karena tidak semua dari internet itu terpecaya ya sumbernya 😊. Saya jadi penasaran juga nih dengan Aspire ini. Ngomong-ngomong apakah aspire ini sudah terdaftar di OJK kah kak? 😊

    BalasHapus
  37. bener banget perlu waspada dan hati - hati sama pinjeman on line. Suka parno sama berita - berita deb kolektor pinjaman online yang nagih hutang gak pake pikiran dan perasaan

    BalasHapus
  38. Dengan segala keunggulan Aspire memudahkan kita untuk mendapatkan pinjaman. Asalkan kita tetap bijak menyikapinya. Menggunakan untuk modal usaha dan mengelola dengan sebaik-baiknya

    BalasHapus
  39. No 3 aku setuju banget, bahkan ada finansial planner yang bilang sebaiknya buat modal pertama jangan utang. Kedua dan ketiga silakan tapi tentu dengan beberapa pertimbangan.
    Yg pasti ttg pinjaman ini usahakan kita bisa memproyeksikan kapan kita bisa lunasin, jgn sampai blm untung udah buntung dulaun krn lunasin utang :D

    BalasHapus
  40. Dari sekian hal di atas no 5 menjadi penting banget buat saya, suku bunga n tenor itulah yg bedain layanan pinjaman biasanya..

    hhtps://www.ngopisetengahgelas.com

    BalasHapus
  41. Wah makin banyak paltform untuk memberikan pinjaman modal usaha ya. Suatu kemajuan tapi juga ada sisi lain yang perlu diperhatikan. Yang jelas, sebelum meminjam masyarakat juga harus banyak di edukasi soal cara berbisnis dan mengembangkan modal. Biar ga terus terusan berada di lingkaran hutang.

    BalasHapus
  42. Nomor 5 paling penting nih gimana paham tenor, lisensi, dan suku bunga biar nggak kena boomerang balik kalau kena kemungkinan buruk. Jangan tergesa-gesa intinya ya kak :)

    BalasHapus
  43. bener banget min, tidak semua penyedia pinjaman modal secara online bisa langsung dipercaya. Lebih baik pakai Aspire yang jelas asal usulnya. Tapi teman-teman juga harus ingat pahami sistemnya dan perjanjianya supaya meminimalisir kesalahan/mis-kom

    BalasHapus
  44. Nah itu. Harus dipelajari dulu sebelum minjem modal usaha, apalagi yg online gitu. Banyak bgt penipuan. Na'udzubillah.. Sebaiknya survey2 dlu dan tanya temen2 yg pernah punya pengalaman sebelum memutuskan utk pinjem modal usaha ini.

    BalasHapus
  45. Harus hati - hati dan teliti kalau mau ajukan pinjaman untuk modal dan yang paling penting sih jangan sampai telat bayar.

    BalasHapus
  46. Jaman sekarang pinjaman online makin banyak dan mudah ya. Tapi benar sih, kalau pinjam dana, apalagi untuk modal usaha, perlu hitung hitungan banget dan mengerti kemampuan diri sendiri, biar nggak bikin pusing nanti nanti.

    BalasHapus
  47. Jaman sekarang pinjaman online makin banyak dan mudah ya. Tapi benar sih, kalau pinjam dana, apalagi untuk modal usaha, perlu hitung hitungan banget dan mengerti kemampuan diri sendiri, biar nggak bikin pusing nanti nanti.

    BalasHapus
  48. Skrg pinjaman online mkn bnyk y
    Cm hrs hati hati milihny

    BalasHapus
  49. Wahh memang yaa.. tak boleh sembarangan
    Harus lebih selektif lagii nih

    BalasHapus
  50. Setuju banget dengan tips dari kakak. Kadang org saking ngebetnya dapat pinjaman usaha. Sering tertutup Mata telinganya buat mengecek lembaga yang ngasih pinjeman. Ujung2nya ntar kalau bermasalah baru deg pusing sendiri

    BalasHapus
  51. Aku lagi mau buka usaha dan bingung mau cari modal dimana. Setelah baca artikel ini akhirnya aku tahu harus minjam dimana. Thanks mbak informasinya, sangat membantu.

    BalasHapus
  52. Kalau bagiku, yang terpenting kita bisa mengembalikan pinjaman dari hasil usaha yg kita lakukan. Kalau gak bisa, wah bahaya banget..

    BalasHapus
  53. Wah banyak sekali ya kak pertimbangan untuk meminjam modal usaha, mau tanya dong kak, aspire itu menyediakan pinjaman maksimal berapa???

    BalasHapus
  54. Minjem modal usaha emang gak boleh ke lembaga yang asal2an kak..

    Dan harus pastiin juga bikin catatatn atau lap keuangan bisnis biar alur kas bisnisnya lancar dan tetep bisa bayar pinjaman modal tadi

    BalasHapus
  55. Untuk meminjam modal usaha harusnya jangan terburu-buru. Harus cari tau dulu hal-hal mengenai modal usaha biar ga repot nantinya hehe.
    Ternyata banyak juga ya kak yang harus dipahami sebelum minjam modal usaha...

    BalasHapus