Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Kebun Teh Gunung Gambir di Jember yang Instagramable

Assalamualaikum wr wb

Ini udah 2 kali loh saya main ke Kebun Teh Gunung Gambir. Iya, memang recommended. Pertama ke sana, main sama teman-teman kuliah. Kali kedua ke sana, mainnya sama si Mas kesayangan, hohoho...

Saya akan berbagi cerita, pengalaman dan informasi tentang Wisata Kebun Teh Gunung Gambir di Jember yang sungguh instagramable. Akan saya share foto-foto terbaik saya. Semoga kalian berkeinginan juga ya untuk travelling ke sini


Sejarah Kebun Teh Gunung Gambir

Wisata Kebun Teh Gunung Gambir merupakan destinasi agrowisata yang berada di Kabupaten Jember. Dulunya, ia hanyalah perkebunan teh yang dikelola pertama kali oleh Belanda sejak tahun 1918. Lalu saat Indonesia merdeka, dilakukanlah nasionalisasi aset sehingga perkebunan ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII hingga sekarang.

PT. Perkebunan Nusantara XII (sumber gambar: blusukanjember.web.id)

Dulunya memang Kebun Teh Gunung Gambir tidak begitu terkenal. Orang-orang hanya mengenalnya sebagai perkebunan. Tak banyak yang tahu bahwa perkebunan tehnya sungguh indah bila dinikmati sebagai tempat lepas penat.

Namun kini, pihak perkebunan membuka wilayah kawasan perkebunan teh untuk dijadikan bagian dari tempat wisata. Ada perkebunan, air terjun, kolam renang, dsb yang bisa dinikmati oleh para wisatawan.


Lokasi dan Akses Jalan Kebun Teh Gunung Gambir

Wisata Kebun Teh Gunung Gambir ini terletak di lereng Pegunungan Argopuro. Secara geografis, ia terletak di kawasan desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Kabupaten Jember. Sekitar 1 jam perjalanan dari kota Jember. 48 km dari pusat kota.

Akses jalannya aman dan mudah kok sekarang. Kalau dulu sih sulitnya minta ampun. Wisata ini kan berada di area perkebunan, jadi wajar bila jalanannya berupa makadam (bebatuan besar).

Jalanan yang dulu (sumber gambar: nazmiahmadi.blogspot.com)

Namun semenjak wisata ini mulai terkenal dan dilirik oleh para wisatawan, maka dilakukan perbaikan akses jalan. Jalannya sudah diaspal. Diaspal sampai akhir. Alhamdulillah aman...

Kalau jalanannya memang berliku, tapi enggak terlalu lika-liku banget kok. Masih aman. Juga enggak terlalu curam kok. Pokoknya aman. Apalagi sudah diaspal.

Akses jalan  baru kebun teh gunug gambir (sumber gambar: instagram @infojember)

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Gunung Gambir

Harga tiket masuk (HTM) Kebun Teh Gunung Gambir ini cukup terjangkau, yaitu Rp 10.000,-/orang. Lalu bisa masuk sepuasnya menjelajahi kawasan Kebun Teh Gunung Gambir.


Saat masuk ke gerbang Kebun Teh Gunung Gambir, kita akan membayar HTM sekaligus parkir. Untuk tarif parkirnya yaitu 2.000 untuk sepeda motor dan 5.000 untuk mobil. Parkir sepeda motor boleh di mana saja asalkan tidak menghalangi jalan. 

Namun alangkah lebih baik bila parkir kendaraannya di tempat yang sudah disediakan karena ada tukang parkir yang menjaga. Usahakan kartu parkir tidak dihilangkan sebab akan dicek saat pengambilan sepeda motor.



Hamparan Kebun Teh yang Menyejukkan

Saat kita memasuki kawasan Kebun Teh Gunung Gambir, maka kita langsung disuguhkan pemandangan berupa perkebunan teh yang berjajar rapi. Berbukit-bukit, berwarna hijau sejauh mata memandang.



Sesampainya di area perkebunan, kita diberi akses jalan yang terbuat dari kayu. Kayunya tebal, kuat dan kokoh. Digelar sepanjang jalan menuju gazebo/saung. Jadi kita akan berdiri lebih tinggi daripada tanaman teh.



Gazebo Untuk Rehat Sejenak

Ujung jalan yang berkayu itu adalah gazebo/saung. Saungnya lebih tinggi 1-2 meter daripada tanaman teh. Kita bisa masuk dan istirahat di sana. Meregangkan dan mengayun-ayunkan kaki sambil melihat-lihat pemandangan. Gazebo ini salah satu spot favorit saya di Kebun Teh Gunung Gambir.



Banyak Spot Foto Instagramable

Ada banyak spot foto yang bisa dijadikan konten untuk medsosmu, hehe. Bisa berfoto dengan background bintang, hati, pigura, tulisan, dsb. Bahkan foto dengan background tanaman tehnya pun udah sangat bagus. Berikut ini adalah foto-foto yang saya miliki.





Fasilitas Lain di Kebun Teh Gunung Gambir

Selain memberikan fasilitas berupa wahana agrowisata, Kebun Teh Gunung Gambir juga mengakomodasi wisata dengan sarana travelling lainnya yang menunjang, antara lain:

🔰 Kolam renang
🔰 Homestay
🔰 Pancuran Drajat
🔰 Air terjun Rengganis
🔰 Tancak Alas Gambir
🔰 Bumi perkemahan

Kolam renang Kebun Teh Gunung Gambir (sumber gambar: Facebook Kebun Teh Gunung Gambir)

Sayangnya saya belum pernah menyentuh area-area tersebut sama sekali. Semoga lain waktu ada kesempatan untuk bermalam di Kebun Teh Gunung Gambir. Supaya bisa merasakan momen-momen pagi hari menyesap udara segar kebun teh. Aamiin...


Pengalaman ke Kebun Teh Gunung Gambir Bersama Pacar

Saya hampir kehilangan sepeda motor di sini. Ceritanya enggak kehilangan sepeda motor banget sih, tapi was-was banget. Kala itu sama si Mas. Usai parkir sepeda motor, kami jalan menuju kantin. Kantinnya sederhana. Kami pesan mie, dimakan berdua. Lalu saya entah mengapa ingin mengambil buah yang sudah saya siapkan dan masih berada di sepeda motor.

Tiba di tempat parkir, saya mendapati bahwa kontak sepeda motor masih nyantol di tempatnya. Lah. Allahu akbar... Ini tempat umum, bahaya kalau meninggalkan kontak di sepeda motor.

Ini kebiasaan si Mas sih. Ini udah kejadian ke-4 kali loh. Hadeeeh...

Ya untungnya ada penjaga parkir. Tapi saya bertemu penjaga parkirnya saat pulang sih. Atau mungkin saya yang enggak menandai si tukang parkir karena enggak ada tampang-tampang tukang parkir?


Selanjutnya, hampir sepanjang perjalanan saya cubit-cubitin si Mas gara-gara insiden kontak sepeda motor.

Ah ya, foto-foto saya di Kebun Teh Gunung Gambir ini difotoin sama si Mas semua loooh. Hohooo, keren kan??


Pengalaman ke Kebun Teh Gunung Gambir Bersama Teman

Pertama kali ke sini, saya mainnya sama teman-teman. Usai ambil data dari Lumajang, kami lanjut main ke Kebun Teh Gunung Gambir. Ada Mas Wawan, Mas Erwan, Mbak Ica, Mbak Amel dan saya. Naik mobil.

Saat itu keadaannya Mbak Ica sedang mengandung 5 bulan. Juga, saat itu jalannya masih makadam, belum diaspal. Haduh tentu yang nyetir ndredeg pol bawa ibu hamil di jalanan makadam. Perjalanan 15 menit, terasa bagaikan 30 menit.

Bayinya kecapekan banget. Enggak bangun atau nendang-nendang perut seharian. Haduh. Tapi ya Alhamdulillah selamat sehat wal afiat kok.




Itulah cerita saya mengenai wisata Kebun Teh Gunung Gambir di Jember. Bisa mengistirahatkan diri dengan menyesap sejuknya udara kebun teh. Bisa puas-puas banget refreshing di salah satu wisata Jember

Saya ingin ke sini lagi. Tapi maunya menginap. Biar tahu bagaimana rasanya tinggal di kebun teh meski hanya sehari semalam. Bisa puas explore kebun teh dari ujung ke ujung lainnya. Ya semoga terwujud suatu hari nanti. Aamiin...



Lalu, kamu kapan mau main ke Kebun Teh Gunung Gambir? Pastikan main ke sini rame-rame yaaa...

Wassalamualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

58 komentar untuk "Wisata Kebun Teh Gunung Gambir di Jember yang Instagramable"

  1. waktu kesana pas jalannya masih makadam, denger2 sekarang udah diaspal ya

    BalasHapus
  2. Bagus nih, sejuk banget cocok buat menenangkan diri hehe

    BalasHapus
  3. Bagus banget tempatnya, saya kira di puncak, bogor eh ternyata jember. Spot-spotnya banyak yang instagramable hehe

    BalasHapus
  4. Wah...keren banget ini, harus dicoba lain kali.
    Kalau tahun lalu udah nambahkan destinasi mau dikunjungi itu Banyuwangi, sekarang Jember juga. Mungkin nanti sekalian ke Malang lewat Jember.

    BalasHapus
  5. diberbagai daerah di Indonesia, kebun teh sudah menjadi destinasi wisata. Tapi ini saya baru lihat yang lengkap dan instagramablenya :D luar biasa kak

    BalasHapus
  6. Ga nyangka ya ternayta Teh Gunung Gambir ini sudah ada sejak zaman Belanda dulu di tahun 1918. Wiiih beda banget akses jalannya dulu dan sekarang yg sudah beraspal. Bagus amat pemandangannya. Kepengen nyebur di kolam renangnya deh hehehe. Ada gazebonya juga jadi pengunjung bisa rehat dan bersantai sejanak sambil menikmati hamparan tanaman teh ya. TFS.

    BalasHapus
  7. Lengkap bngt berati y mba Kebun Teh Gunung Gambir mengakomodasi wisata dengan sarana travelling fasilitas bermainny Juga Ada next hrs knsana ini

    BalasHapus
  8. Mauuu bangett main k siniii
    Lokasinya menyejukkan buangeet
    Duh, udah lama ngga k jember juga nih

    BalasHapus
  9. Penghujung tahun ini insyaAllah akan ke Jember, semoga bisa ke Kebun Teh ini ya... jauh nggak mbak dari Mangli?

    BalasHapus
  10. Yeayy seneng banget bs liburan ke kebun teh yaa Kak Ros. Palagi barengan mas kesayangan hehe... Btw foto di bawah payung warna-warninya itu keren lho Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bagus yak
      kan si kesayangan yang motoin, hehe
      💕

      Hapus
  11. Sejuk banget liat foto fotonya hihi

    Kalau di Bogor jawa barat biasanya kami ke puncak pass mba, di sana ada kebun teh. Orang yang suka main paralayang pasti seneng di sini. Insha Allah kapan kapan kalau ke Jember mau ah mampir ke kebun tehnya juga 🤗

    BalasHapus
  12. Wih, bagus banget pemandangannya. Ada kolam renangnya juga ya? Kereeennnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, tapi aku belum mampir ke pemandiannya, hehe
      💕

      Hapus
  13. Adem banget pemandangannya hijau-hijau gitu. Di bogor juga ada kebun teh di daerah puncak, udah lama enggak ke sana. Tapi yang di Jember ini keren banget ya, banyak spot fotonya, jadi enggak terpaku foto dengan background pemandangan aja :)

    BalasHapus
  14. Tempatnya memang sungguh instagramable sekali. Harga tiket masuknya juga terjangkau. Betah nih kalau aku ke sini kapan saja.

    BalasHapus
  15. Wah di jember ya ini..
    Waktu ke jember kemarin cuma sempat ke papuma, smg next bisa kesini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. wuah, iya semoga ya
      destinasi wisata baru nih soalnya
      💕

      Hapus
  16. Seneng banget sih Kak, wisata ke kebun teh gitu? Aku sih pengen lari-larian deh. Hehe...Hawanya pasti seger. Kalau di Bandung ya sekitar Ciwidey atau Walini gitu, mirip...

    BalasHapus
  17. ya ampun kreatif banget, menyulap lokasi kebun teh jadi instagramable

    Bikin penasaran, tapi kok jauh amat :D

    BalasHapus
  18. Aw aw aw ... Foto-fotonya keren banget, Mbak. Selain pemandangannya yang memang sudah asli cantik, mas-nya memang lihai tuh mengambil gambarnya, hehehe ...

    Wisata di perkebunan teh memang selalu menyenangkan. Pemandangannya cantik plus bonus udara segar.

    Baru tahu nih ada destinasi wisata ini di Jember. Teman-teman yang tinggal di sana belum pernah lho cerita soal Kebun Teh Gunung Gambir. Jangan-jangan mereka nggak tahu juga, ya? Hahaha ...

    Eh, kalau jalan-jalan kesini, ada tempat jajan-jajan gitu nggak, Mbak? Atau, mendingan bawa bekal sendiri aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tenang, ada kok..

      iya, ini destinasi wisata baru, hehe
      💕

      Hapus
  19. Wisata ke kebon teh asyik banget nih ... Buat foto foto juga bagus sangat instagramer

    BalasHapus
  20. Murah banget loh tiket masuknya cuma 10ribu, padahal fasilitas nya ada banyak ya. Kalo kolam renang airnya dingin nggak sih. Tapi jalan di antara tanaman teh juga udah seru, terus istirahat di gazebo

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, paling enak ke sini kalau sepi sih, hehe
      💕

      Hapus
  21. Cakep banget pemandangannya, bisa puas buat foto-foto.

    BalasHapus
  22. Jadi ingat kemarin abis ke Kebun Teh Lawang
    Seru juga, adem suasana nya.

    Tiket nya 15k /orang dewasa

    BalasHapus
  23. Saya kemarin pulang dari Jember mbak, tapi nggak tahu ada Wisata Kebun Teh Gunung Gambir ini.
    Wahh nanti kalo pulkam rumah mertua lg wajib ke sini nih.
    Mksh infonya, ya mb.

    BalasHapus
  24. bagusss bangettt.... semoga pas aku datang ke sana nanti suatu hari nanti entah kapan, insya Allah, lokasi pemotretannya nggak antri lama dan nggak penuh... aamiin

    BalasHapus
  25. Kak jangan lupa pakai LSI keyword biar artikelnya lebih mudah masuk page 1 google yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih di Page 3 nih
      makasih ya udah diingatkan
      💕

      Hapus
  26. Lihat seluas mata memandang dipenuhi hijau-hijau gitu rasanya fresh banget ya Kak.. Tapi pasti dingin banget ya ini apalagi kalau malam dan pagi tuh ya. Kereeenn banget ya, MasyaAllah. Pengen juga lah kesana.

    BalasHapus
  27. wahh asikk banget nih lokasinya.. aku belum pernah euy.. Mau lah kalo ke Jember kesini.. Sukak sama tempat2 wisata yang adem..

    BalasHapus
  28. Penasaran, pengen kesana juga kalau lain waktu hmmm

    BalasHapus
  29. Wah, kebun tehnya asri banget. Penataan spot instagramable nya juga enggak terlalu lebay. Jadi pengen ke sana

    BalasHapus