Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangkit Ngeblog, Valentine Day dan Tes CPNS

Assalamualaikum wr wb

Sepekan penuh cerita, harus dicatat. Ditulis rapi dalam blog. Sebagai pencatat calon kenangan. Sebab, memori ini tak mampu menyimpan hal-hal indah dan absurd yang dialami.

Main Sama Shanum Dulu Sebelum ke Jember

Pekan ini, kebahagiaan dimulai saat saya mengunjungi Shanum. Senin pagi, sebelum ke Jember. Sengaja mampir ke rumah Mas Dian. Mau main sama Shanum.


Awalnya Shanum tidur sih. Tapi kan jam setengah 8 pagi itu udah waktunya bangun ya. Alhamdulillah... Adek Shanum banguuun... Ya saya ajak main dong.

Intip-intip di jendela kamarnya. Turun ke lantai 1. Main ke taman. Main sama mbak-mbak karyawati. Main sama krudung-krudung. Lihat bongkar pasang pintu, dsb. Seru dah. Bisa refresh pikiran banget soalnya.




Kerjaan Baru di Kampus

Alhamdulillah... ada proyekan baru di kampus. Masih soal dana hibah yang dikeluarin jor-joran oleh Menristekdikti untuk kampus-kampus. Kayak proyek hibah yang dulu itu loh, yang penelitian didanai 60 juta. Nah ini ada lagi.

Kami dikumpulin lagi oleh Prof. Ind. Untuk membahas proyekan ini. Sama teman-teman dan dosen-dosen muda FTP.


Sebenarnya, Menristekdikti ini banyak banget ngeluarin dana penelitian untuk dosen-dosen. Caranya, dosen-dosen mengajukan mau penelitian apa. Lalu dapat dah duitnya. Tapi sayang, dosen-dosen entah kenapa pada malas. Jadinya seringnya dana tersebut nganggur.

Biar enggak sia-sia dananya, ya sudah dikerjakan mahasiswa saja. Mahasiswa mengerjakan penelitian tersebut, atas nama dosen yang bersangkutan. Yang ngerjain ya mahasiswa, dibimbing sama dosen. Untuk uangnya ya diatur kemudian.

Teman-teman ditawarin hibah rework skripsi/tesis. Sementara saya ditawari hibah keris DAS. Inshaa Allah 30 juta. Semoga beneran dapat yaa... Aamiin...

Bangkit Ngeblog

Saya tuh kurang nyaman banget dengan template blog saya yang dulu. Dulu, saya pilih template blog tersebut karena saya pengen banget punya tampilan homepage yang bisa menampilkan postingan 2 side. Biar bisa terlihat 4 postingan dalam sekali layar. Enggak perlu scroll-scroll.

Eh sekalinya dapat, malah susah banget diaturnya di html. Ada beberapa kekurangan. Susah mengatur font atau warna. Blog archive muncul sih, tapi kurang greget aja penampilannya. Enggak ada tombol next previous. Enggak ada related post. Kolom komentarnya kurang lebih. Ah kurang banget dah.

Bahkan dulu saya sempat membayar jasa ke orang loh untuk memenuhi keinginan saya tersebut. 50.000. Puas sih. Tapi cuma 2 item yang saya mintakan jasanya, hoho. Kurang puas banget lah sama template blog ini. Kurang responsive juga.


Ada niatan pengen beli template dari teman-teman blogger. Tapi saya lagi minim duit eh.

Lalu, Alhamdulillah mendadak ketemu dengan template blog yang sepertinya hampir cocok dengan saya. Cocok karena namanya aja sih: Rosemary. Lalu, saya coba oprek-oprek, eh enak. Ramah untuk diutak-atik. Tampilannya juga oke banget.

Cuma yang terasa baru banget buat saya adalah gambar navigasinya. Kan ada 3 gambar navigasi di bawah header. Menunjukkan niche blog kita.

Bagus banget sih templatenya. Mendongkrak pageview banget sih. Tapi agak aneh sih pageviewnya, hahaha. Yaweslah gakpapa.

Yang kurang dari template ini, menurut saya, cuma 1. Yaitu tampilan mobile, untuk navigasinya. Bukan tampilan navigasi yang kayak umumnya, yang bisa menampilkan list navigasi. Di sini cuma bisa menampilkan 3 navigasi yang ada gambarnya itu. Lengkap sama gambarnya. Yaweslah gakpapa. Dinikmati aja. Biar jadi ciri khas. Hehe..

Merayakan Valentine Day

Sebenarnya saya enggak merayakan Val-day sih. Hanya saja... di kelas rame euy. Hahaha. Saya dan teman-teman, sudah menduga bahwa Bintang akan merayakan Val-Day. Bakalan dapat hadiah dari pasangannya. Secara kan ya, mereka agak alay dalam berpacaran. Enggak alay-alay banget sih, hanya saja cukup bucin, hahaha.


Lah beneran dong, pasangannya datang ke kelas. Menemui Bintang. Memberikan kado. Uhuy. Wuih rame dong di kelas. Teman-teman riuh banget buka kadonya Bintang. Enggak sabaran. Sampai divideo segala. Ebuset daaah....



Sholat Jumat Sambil Cari Makang

Saya tuh cukup sering stand by di kelas. Kalau hari Jumat, teman-teman cowok yang jumatan, biasanya meninggalkan barang-barang di kelas. Jadilah yang cewek-cewek jagain tas dan stay di ruangan.

Kalau denger obrolan cowok-cowok milih lokasi sholat Jumat tuh, pilihnya yang ada makanannya banyak. Ebuset dah...

Ya beneran dong. Saat mereka pulang Jumatan dan kembali ke kelas, langsung membawakan banyak makanan, cemilan dan minuman untuk disantap bersama. Hahaha...


Tes CPNS di Graha Unesa Surabaya

Sabtu kemarin, saya ikut tes CPNS di Graha Unesa Surabaya. Berangkat hari Jumat sore, naik kereta Probowangi dari Stasiun Jember.

Saya kira, saya bakalan berangkat dan melakukan perjalanan sendirian. Ealah, ternyata ada teman-teman yang dulu sering sekelas saat kuliah. Wuih, mereka berlima, ternyata janjian untuk 1 gerbong bareng dan nginep bareng.

Saya sih... pendekar. Siap berangkat sendiri. Nginep sendiri. Ngurus sendiri. Apa-apa sendiri dah. Enggak mau ngerepotin orang lain. Kalau ada yang mau nebeng dan bareng sama saya, ya silakan.

Tetapi dengan mengurus keperluan sendiri, sepertinya akan membuat saya lebih fleksibel dan nyaman.


Saat di kereta, kebetulan banget tempat duduk depan saya adalah kawan saya. Ais. Dia sama suaminya. Sama, mau tes CPNS juga di Surabaya. Alhamdulillah, minimal ada teman ngobrol... Mereka turun di Sidoarjo. Saya turun di Stasiun Wonokromo.

Sesampainya di Stasiun Wonokromo, saya naik gojek ke penginapan. Ada cerita nih. Saat saya menunggu gojek, awalnya saya berdiri. Lalu saya ambil tempat duduk di dekat bapak-bapak. Bapak itu lagi pegangin hapenya. Layarnya tampilannya gojek.

Saat saya duduk di sana, si Bapak nyodorin hapenya. Minta tolong buat pesan gojeknya. Ealah saya kira si Bapak sudah pesan gojek loh dari tadi. Ternyata beliau belum pesan dan diam-diam saja. Hahaha. Ya sudah, saya bantu.

Penginapan saya di Miracle Home Stay. Cuma bayar 95.000. Tapi Alhamdulillah dapat kamar yang enak dan nyaman. Kasurnya empuk. Bisa banget buat meluruskan punggung yang butuh banget empuk-empuk. Selimutnya enak banget, ya sekaligus bed cover sih. Alhamdulillah nyaman.


Pagi harinya, saya sarapan. Pengen nyobain yang enak-enak di Surabaya. Go-food aja. Tapi yang ongkirnya enggak mahal-mahal banget. Alhamdulillah, dapet nasi kuning. Kenyang cuy. Kaget lauknya sebanyak ini. Ya emang 20.000 sih. Wajar lah.


Saya baru berangkat menuju Graha Unesa pukul 9 pagi. Naik gojek. 16.000. Sesampainya di Graha Unesa, naik ke lantai 1. Wujudnya tempat parkir. Ada ruang tunggu. Kantin. Juga musolla yang dipakai tempat duduk-duduk para penunggu peserta CPNS.



Saat di ruang tunggu, Alhamdulillah disapa oleh seorang teman. Anak kelas reguler. Ratih dkk. Lalu ditelpon Ais untuk duduk di dekatnya. Eh njilalah, ketemu sama Yuni, anak Ujar. Ketemu juga sama teman-teman KU, yang cewek-cewek, plus Arga. Eh ketemu juga sama Bu Vika, guru Fisika saya saat SMA. Hohoo...


Kalau tes CPNS kayak gini, memang kita akan banyak bertemu dengan teman-teman seangkatan, kakak tingkat, dan adek tingkat. Kebetulan, tes cpns kali ini kayaknya dibarengkan deh peminatan formasinya. Pada pilih Guru Fisika semua. Jadi yang pada tes ya lulusan Pendidikan Fisika Unej, UM Malang, juga Unesa. Ya situ-situ aja saingannya. Beda kayak tahun lalu yang satu ruang itu isinya campur anak Biologi, Matematika, dsb.


Pukul 10.30, kami dibariskan. Bersiap untuk meletakkan tas di tempat penitipan. Hape, jam, gelang, kalung, sabuk, dll harus dimasukkan ke dalam tas. Masuk ruangan harus steril banget.

Selanjutnya, kami naik ke lantai 2. Ruang tunggu yang cukup eksklusif. Muat 600 orang. Ada 6 meja registrasi di sana. Per meja melayani 100 orang. Kami registrasi, menyerahkan kartu ujian kepada panitia, lalu mendapatkan nomor pin.

Sekitar pukul 11.45, usai semuanya sudah registrasi, kami diarahkan menuju lantai 4 untuk ujian. Aula besar. Ada tribunnya. Di tengah aula, sudah tersedia 600 laptop yang siap digunakan. Sudah tersedia pula pensil dan kertas buram.

Kami siap mengerjakan tes CPNS selama 90 menit kemudian. Ada 100 soal. 35 soal TIU, 35 soal TKP dan 30 soal TWK.

Kata Mbak Amel, soal hitungannya sedikit. Lebih banyak soal tentang penalaran daripada hafalan. Bacaannya cukup panjang. Juga, pola gambarnya lebih rumit.

Wuah bener banget. Bacaannya cukup panjang. Tapi tidak sepanjang tahun lalu sih. Hanya saja cukup ruwet saat membaca. Untuk yang bacaan membingungkan, jawab dulu seadanya. Nanti bisa direview lagi.

Sementara, yang soal hitung-hitungan, termasuk gambar, yang enggak bisa harus dilewati dulu. Buang-buang waktu kalau saya serius mengerjakan. Ternyata memang banyak yang susah dan membingungkan.

Hingga akhirnya, saya punya sisa waktu 30 menit untuk review. Dengan keadaan, semua soal kosong udah saya isi jawabannya. Hasil reviewnya pun cuma sampai 70 soal. Sisanya enggak sempat. Kurang 5 menit, saya sudah enggak fokus.

Hasilnya... Alhamdulillah.. Enggak malu-maluin dah. Saya tuh malu banget kalau nilai saya jelek. Malu dengan diri sendiri. Malu dengan Ibu. Karena katanya soal-soalnya lebih mudah daripada tahun lalu, maka tahun ini saya harus lebih bisa.

TWK - 100 (PG 65)
TIU - 115 (PG 80)
TKP - 145 (PG 124)

Total 365

Ya tinggi sih itu. Tapi sepertinya ada yang lebih tinggi. Kalau dikira-kira untuk diranking (berdasarkan pengumuman nilai sesi 1 yang dipajang entah karena apa), dari 600 peserta, nilai segitu berada di urutan 40-an.

Ya tinggi, tapi ada yang lebih tinggi.

Untuk tahapan lolos SKB tahun ini belum dengar ketentuannya. Kalau tahun lalu, jumlah peserta yang boleh ikut SKB hanya 3 kali jumlah formasi. Kalau jumlah formasi di pilihan saya ada 1, ya berarti yang bisa lolos ke SKB ya cuma 3 orang.

Kemungkinan saya bisa kecil, bisa juga besar. Ya sudah, dinikmati saja.

Perihal menjadi CPNS, kalau bukan tahun ini, ya berarti tahun depan.

Untuk urusan pulangnya... Saya bingung banget. Mau naik bis, kereta, atau travel. Pengennya naik bis. Tapi katanya bisnya baru tersedia jam 6 sore. Lah lama banget.

Maunya naik kereta. Logawa ekonomi 95.000. Ranggajati bisnis go-show 100.000 Gojek dari Graha Unesa ke Stasiun Wonokromo 30.000

Lah mending naik travel aja. 130.000. Diantar sampai rumah. Yaweslah, saya pulang ke Lumajang naik travel aja, hoho.

Alhamdulillah... saya tiba di rumah pukul 21.30...

Ambeien

Huhu... saya sedih banget saat tahu bahwa saya ambeien. Waktu itu, saya ada di penginapan Surabaya. Siap-siap mandi sebelum berangkat ke Unesa untuk tes CPNS. Sebenarnya akhir-akhir ini saya tuh enggak ada hasrat untuk pup. Tapi karena seharusnya saya pup ya, jadinya saya paksakan.

Jadi saya pup dengan ngeden yang cukup kuat, tapi enggak merasa kesakitan. Lalu syok saat tiba-tiba saya melihat feses ada warna merah-merahnya. Merah cair. Ada yang menyelimuti feses.

Saya pikir saya mens. Tapi kok keluarnya bukan dari lubang yang biasanya ya. Berarti ini darahnya keluar dari feses dong.

Akhirnya saya sudahi buang hajatnya. Lalu mandi. Lekas-lekas telpon Ibu. Hampir menangis sesenggukan, saya telpon Ibu. Sama Ibu malah diketawain. Beliau bilang, itu ambeien. Hal biasa. Ibu dulu pernah, saat Ibu masih aktif menjahit.

Solusinya ya makan buah. Sebelum pup, harus minum susu dulu. Biar pencernaan lancar. Karena itu, saya memutuskan pulang ke Lumajang saja.

Saya enggak tahu. Hingga saat ini keadaan feses saya bagaimana. Takut mau nengok.

Shanum Sudah Bisa Jalan

Pengennya ya, hari Minggu kemarin saya dan Ibu mau main ke rumah Mas Dian. Mau main sama Fatim dan Shanum. Eh ternyata mereka ke rumah mbahnya di Pasrujambe. Ya sudah, saya dan Ibu merasa nganggur berat. Hahaha.

Malamnya, kami main ke rumah mereka. Ada Fatim dan Shanum. Fatim lagi asyik menggambar. Sementara, Shanum lagi asyik berjalan muter-muter.


Sepekan sebelumnya, Shanum jalannya masih 3-5 langkah. Kalau sekarang, udah lancar muter-muter. Kerjaannya ngambil barang, terus muter-muter. Hoho, lucuuu....


Sudah. Segitu aja ceritanya. Sampai jumpa di cerita sepekan selanjutnya...

Semoga selalu berkesan ya hari-harinyaa...

Wassalamualaikum wr wb 💕
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

33 komentar untuk "Bangkit Ngeblog, Valentine Day dan Tes CPNS"

  1. Ibu hektik ya hidupnya, wkwkwkwk

    BalasHapus
  2. Wow... Ini catatan seminggu gitu Mbak?

    Kayaknya seru banget aktivitasnya, banyak sekali. Sukses terus ya Mbak.

    BalasHapus
  3. Semoga bisa dapatin proyeknya ya, 30 juta di bagi-bagi sekian orang, alhamdulillah.

    Tes CPNS jaman sekarang enak ya, langsung ketahuan hasil skornya. Langsung tahu bisa lanjut tahap selanjutnya atau tidak. Kecewa atau seneng saat itu juga. Jaman saya dulu, selesai tes masih harap-harap cemas nunggu hasilnya

    BalasHapus
  4. Weleh ... Ceritanya seru ya serba-serbi antara kuliah, keluarga, dan rencana masa depan, hihihi ...

    Lumajang itu berapa jam perjalanan jadi ya menuju Surabaya? Aku belum pernah ke daerah Jawa Timur lain selain Surabaya, Sidoarjo, dan Madura. Jombang, Lamongan, dan Mojokerto pernah sih tapi ya karena busnya melewati tiga kota itu, hehehe ...

    Kapan nih pengumuman tes CPNS-nya? Semoga mendapatkan hasil terbaik, yaaa. Aamiin ...

    BalasHapus
  5. Wah, mangats untuk tes CPNSnya mbak. Aku ga ikutan tahun ini, sedang tidak ingin ikut saja. Dan salam buat Shanum yaaa, lucu bangeet

    BalasHapus
  6. Gado-gado bangeeeet kisah dalam seminggu :D Btw, pageview yang aneh itu gimana sih? Kebetulan lagi pengen cari template yang gampang dipasang.

    BalasHapus
  7. unik juga kegiatan sepekan ditulis dalam 1 artikel dalam blog. Btw mbak Ambeien ya? diobati mbak, minum obat ambeien. Semoga lekas sembuh ya. Menunggu blog berikutnya

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah selamat ya Shanum dah bisa jalan jadi lebih leluasa mainnya sama kakak.

    BalasHapus
  9. Seru ceritanya. Walaupun random. Hehehe.. btw semoga hasil CPNSnya yang terbaik ya mbak. Apapun itu insyaAllah Allah sudah mempersiapkan hikmahnya. Good luck. ^^

    BalasHapus
  10. Semoga hasil tes CPNS nanti sesuai yang diinginkan ya Mbak..Lulus. Aamiin..Ya Rabbal Alamiin
    Ditunggu cerita asyiknya sepekan ke depan
    Tolong cowelin Shanum juga..lutjuu banget dia

    BalasHapus
  11. Wah ada spoiler nih. Aku juga mau ikutan tesnya nih tapi belum. Hihihi. Dibawa seru aja ya mbak. Aku juga yang penting sensasi deg2annya itu lho kayak waktu jaman sekolah/kuliah. Ikutan tes tuh jadi ngerasa awet muda. Wkwkwk.

    BalasHapus
  12. Waahhh, komplit banget nih story-nyaaa
    Btw, kapan2 kalo ke Sby, kabarin aku yaa :)
    InsyaAllah ntar meet up ama beberapa tmn blogger Suroboyo

    BalasHapus
  13. Berwarna banget nih kisahnya, dari valentine sampai ke Surabaya, btw saya pikir tadi Shanum anaknya Mba Ammah :D

    Btw, semoga testnya menghasilkan sesuai harapan ya, semangat selalu :)

    BalasHapus
  14. Wah, nilai tes cpns nya cukup tinggi mbak, semoga nanti mendapatkan hasil terbaik ya �� tahun ini saya ga ikut nih.. �� btw, seru banget cerita nya, banyak hal yang dapat ditulis dan dibagikan..❤️

    BalasHapus
  15. Lengkap banget diary nya mbak
    Kalo boleh milih, enakan mager aja ama Shanum 😁😁😁

    BalasHapus
  16. Semoga tes CPNS nya berhasil ya. Amin. Seminggu yg produktif nih. Rajin ditulis dan menjadikan kenangan indah selanjutnya. Saya jadi mau coba gitu juga ah. Kalaupun gak setiap hari, minimal seminggu ya Ngalian saja dan menuliskan nya...

    BalasHapus
  17. Perjalanan Kak Ros apalagi yang tes CPNs jadi mengingatkan saya kenapa tahun ini nggak ikutan, 😁. Semoga lulus ya kak tes nya

    BalasHapus
  18. Wah ikutan tes cpns jatim ya mbak..
    Aku juga, tapi baru tes minggu bsk..
    Mbak daftar formasi apa ni

    BalasHapus
  19. Seru mba bacanya untuk perjalanannya selama seminggu banyak moment yang abadikan lewat tulisan, selalu sehat dan semoga lolos ya untuk CPNS nya mbak dan ditunggu cerita selanjutnya

    BalasHapus
  20. Wuih, aktivitasnya banyak sekai. Beda-beda pula ya. Aku rutinitas harian ya begitu-begitu aja. Maklum IRT full. Hehehe... semangat, mbak!

    BalasHapus
  21. Minggu yang padat ya mbak. Pendekar beneran sih ini. Hihi... Semoga lolos cpns nya.

    BalasHapus
  22. Semoga segala lelah dan ibadah mba sebagai ibu diijabah Allah dengan lulus tes menjadi CPNS. Amiiin. Tetap semangat yaaa mba.

    BalasHapus
  23. Paling seru memang mainan sama balita ya.
    Apalagi kalau comel, meninggalkan kenangan tersendiri dan bikin candu.

    Semoga sukses tes PNSnya, ya, mba :)

    BalasHapus
  24. Semangat ngeblognya, semangat tesnya juga. Aku ganti template tahu lalu. Nyari yang simpel dan dapat murah juga. Pokoknya jangan menyerah

    BalasHapus
  25. Selamat berjuang untuk cpns mbak, semoga dapat yang terbaik hasilnya. Skor skd tinggi2 banget untuk formasi tempat aku ngelamar

    BalasHapus
  26. Bertahun-tahun yang lalu saya juga pernah jadi pejuang CPNS. Perjuangan yang seru!
    Bisa ketemuan dengan teman-teman masa sekolah dan kuliah ya...

    BalasHapus
  27. Warna warni sepekan ya mbak, selamat juga sudah tes dan semoga sampai lolos ya mbaak. Sekarang sudah baikan kah ambeiennya? Hihi jaga terus kesehatan yaa, maua aktif ke sana kemari kudu sehat ddong se

    BalasHapus
  28. Seru mbak aku kangen baca blog yang kyk curhatan dan nyeritain aopa aja yang dilakukan kek gini. DUlu ada blog yg suka kubaca ceritain aktivitasnya jg sayang kyknya gk pernah diisi lagi, sebagai pembaca setia aku kehilangan hehe. Btw semoga yang terbaik utk tesnya yaaa

    BalasHapus
  29. Sehabis gantitemplate, aku pengen ganti lagi mbak wkwkk
    Tapi sayang nanti pengaruh sama PV nya huhuuuu
    Good Luck jika memang rezeki ga akan kemana mbk buat CPNS nya
    Percya dehh Mbak Rosa Strongg bangett. Smangkaaa *_*

    BalasHapus
  30. Iya, Menristek punya dana besar untuk penelitian. Pernah satu kamar dengan dosen dari Sumatera, diceritain kalau selesai penelitian A dengan dana sekian ratus juta, lalu proyek B dengan dana kurang dari itu. Pada saat itu kami sedang mengambil dana penelitian sejarah (untuk non sejarawan) sebesar 50 juta. Tahu gitu, aku mau jadi dosen,dulu.

    BalasHapus
  31. Semoga tes cpns nya lolos ya... semangatt... kalau rejeki tak kan kemana... Ngeblognya juga bisa tambah semangat lagi.

    BalasHapus
  32. Semoga lolos ya mbak tes CPNS nya. Jadi kepingin juga bikin catatan harian melalui blog kayak gini. Itung itung buat meninggalkan jejak kenangan

    BalasHapus
  33. Waaaah, seru banget aktivitasnya, Mbaaa. Yang baca juga ikutan ngerasa excited nih! Btw, semoga lulus tes CPNS nya ya, Mba. Aamiin. Wish you a luck. 🙏💕💞💖

    BalasHapus