Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Pendaftaran dan Daftar Ulang MAN IC Serpong

Assalamualaikum wr wb

Untuk teman-teman yang sedang ingin tahu tentang bagaimana pengalaman pendaftaran dan daftar ulang di MAN Insan Cendekia Serpong, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Saya akan bercerita bagaimana proses pendaftaran dan daftar ulang tersebut berdasarkan pengalaman adek saya.

Iya, Adek saya masuk ke MAN Insan Cendekia Serpong 3 tahun lalu (2017). Ya prosesnya kurang lebih akan sama dengan tahun-tahun berikutnya. Kalaupun berubah, ya mungkin sedikit. Jadi, saya harap tulisan pengalaman ini bisa membantu kamu untuk mengenal bagaimana sistem pendaftaran dan daftar ulang di MAN Insan Cendekia Serpong.

Disclaimer: proses pendaftaran di MAN Insan Cendekia Serpong akan berbeda-beda ya setiap tahun. Jadi, kamu harus tetap mengikuti prosedur yang berlaku.
pengalaman pendaftaran man ic serpong

Diawali Seleksi Administrasi di MAN Insan Cendekia Serpong

Proses pendaftarannya online kok. Kamu tinggal ikuti panduannya saja di website. Namun tidak semua siswa SMP/MTs yang bisa mendaftar. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi.

Setiap sekolah dibatasi jumlah kuota pendaftar. Apabila di sekolahmu ada 7 rombel/kelas, maka kuota maksimal siswa yang dapat diajukan maksimal 7 orang. Sementara, apabila di sekolahmu terdapat lebih dari 7 rombel/kelas, maka kuota maksimal siswa yang dapat didaftarkan maksimal 10 orang.

Nanti sekolahmu akan mengeluarkan surat berisi nama siswa yang mendaftar di MAN Insan Cendekia Serpong. Surat itu sertakan saat proses administrasi, bersama kelengkapan lainnya seperti kartu keluarga, data diri, dan fotocopy rapor semester 1-5. Ah ya, sertakan pula sertifikat yang kamu miliki supaya bisa menjadi nilai tambahan.

Baca Juga: Persiapan MOS MAN Insan Cendekia Serpong


Perlu diketahui bahwa MAN Insan Cendekia ini kan ada banyak di beberapa daerah. Dua yang terkenal adalah yang ada di Gorontalo dan Serpong. Sementara itu, masih ada belasan sekolah MAN Insan Cendekia yang tersebar di nusantara. Proses pendaftaran dan tes dilakukan secara serentak. Maka kita hanya akan disuruh memilih 2 pilihan sekolah. Pilihan pertama dan pilihan kedua. Sekolah pada pilihan pertama adalah MAN IC dengan grade yang lebih tinggi pada pilihan kedua.

Saat tahunnya Adek kemarin, jumlah pendaftar MAN Insan Cendekia seluruh daerah adalah kurang lebih 11.300 siswa. Sementara, untuk MAN Insan Cendekia Serpong sekitar 3.800 siswa. Dari semuanya itu, yang lolos administrasi dan berhak maju ke babak selanjutnya hanya 7.600 siswa.

Tes Tulis Seleksi Masuk MAN Insan Cendekia Serpong

Agenda selanjutnya adalah tes tulis. Lokasinya di provinsi masing-masing. Jadi pastikan kamu cek kabar di website secara berkala ya. Kalau di Jawa Timur, kebetulan lokasi tesnya di MAN 1 Sidoarjo. 1 kelas diisi 20 peserta, dengan jarak tempat duduk yang cukup jauh. Tesnya berlangsung mulai pukul 08.00 – 16.00 wib.

Karena sistemnya sudah canggih, maka tesnya dilakukan menggunakan komputer/laptop secara online. Pastikan kamu membawa kartu peserta dan mengenakan seragam sekolah ya.

Materi yang diujikan adalah TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TPA (Tes Potensi Akademik). TPS ini ya mengasah IQ lah. Karena kamu harus memiliki IQ di atas rata-rata bila ingin belajar di MAN Insan Cendekia Serpong supaya bisa mengikuti pembelajaran secara berkesinambungan. Sedangkan, materi TPA yang diujikan yaitu matpel UN, IPA, PAI dan Bahasa Arab. Tapi setiap tahun materi yang diujikan akan berbeda. Tahun kemarin kayaknya enggak mengujikan Bahasa Arab. Pokoknya pantengin aja informasi dari official websitenya.

Pengumuman Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Serpong

Beberapa hari kemudian, kita bisa mendapatkan hasil seleksi masuk MAN Insan Cendekia Serpong. Bisa dilihat secara online di website. Biasanya sih memasukkan username dan password, lalu akan ada tulisan “Selamat Anda telah dinyatakan diterima di MAN Insan Cendekia xxx”. Kalau ternyata diterimanya di pilihan 2, ya berarti enggak lolos di pilihan pertama. Sesederhana itu.

Sebenarnya gampang sih untuk lolos menjadi MAN Insan Cendekia Serpong… kata Adek saya. Dia menambahkan bahwa yang penting IQ-nya tinggi atau di atas rata-rata serta logika Matematikanya bagus. Iya sih, kalau Matematikanya bagus, biasanya mampu melibas keilmuan lain.

Nah, Adek saya menetapkan pilihan pertama di MAN Insan Cendekia Serpong. Alhamdulillah lolos. Diterima 140 siswa. 70 putra dan 70 putri.

pengumuman penerimaan man ic serpong

Daftar Ulang di MAN Insan Cendekia Serpong

Saat sudah dinyatakan diterima, maka kita akan mendapatkan pemberitahuan untuk daftar ulang. Siswa dan orangtuanya harus ke sana. Tapi kalau yang jauh-jauh kayak Adek saya (di Lumajang), boleh hanya orang tuanya saja yang datang, dengan disertakan alasan logisnya. Saat itu hanya Ayah saja yang datang.

Kalau daftar ulang, pastikan membawa berkas-berkasnya ya. Oh ya, saat daftar ulang itu juga akan ada pengukuran seragam. Makanya siswa diminta datang juga ke lokasi untuk pengukuran seragam. Tetapi untuk kasusnya Adek saya, kami bawakan setelan pakaian dari rumah yang bisa dijadikan patokan untuk ukuran seragam. Tenang, seragamnya enggak akan kekecilan, pasti dibikin kebesaran biar cukup selama 3 tahun, hahaha.

Baca juga: Hari Pertama Sekolah di MAN Insan Cendekia Serpong


Saat daftar ulang, kami mendapatkan informasi mengenai pembayaran. Untuk pembayaran pertama, seingat saya kami membayar 8 juta, untuk uang gedung, infaq, seragam, buku dan SPP bulan pertama. SPP bulanannya sekitar 1.6 juta. Lalu saat kelas 3 naik menjadi 1.8 juta/bulan.

Iya, dulu memang MAN Insan Cendekia Serpong ini SPP-nya gratis. Namun saat diketahui bahwa ternyata siswanya dari kalangan orang berduit, akhirnya dicabut subsidinya. Jadinya kam membayar SPP untuk uang asrama dan uang makan. Kalau enggak salah dengar/paham sih begitu ya ceritanya.

Oh ya, saat daftar ulang, kita akan diberitahu mengenai NIS (Nomor Induk Siswa). Di NIS itu, 3 angka belakang menjadi kode pembayaran saat hendak transfer. Misal, kodenya Adek saya 052, maka saat transfer nominal yang diketik adalah 1.600.052. Biar bisa ditandai transferan tersebut dari siapa. Oh ya, bisa dipastikan bahwa uang SPP tiap tahun akan meningkat sesuai kebutuhan.

Baca juga: Long March Matsama MAN Insan Cendekia Serpong


Ketika kamu sudah dinyatakan lolos, pastikan kamu download Tatib (Tata Tertib) yang ada di website ya. Supaya bisa jadi panduan kamu harus bagaimana nanti ketika sudah berada di kampus MAN Insan Cendekia Serpong.

Nah itulah sekian cerita mengenai pengalaman pendaftaran dan daftar ulang di MAN Insan Cendekia Serpong. Semoga bisa membantu yaaa…. Dan semoga kamu bisa lolos menjadi siswa MAN Insan Cendekia Serpong. Sungguh enak banget di sana. Nanti saya ceritakan, hoho.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

2 komentar untuk "Pengalaman Pendaftaran dan Daftar Ulang MAN IC Serpong"

  1. Wah aku pikir, Insan Cendikia Madani, soalnya keponakanku ada yg sekolah disana.
    Tempatnya kayaknya gak jauh beda deh sama-sama daerah tanggerang.

    BalasHapus