Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Title dan Deskripsi Blog SEO

Assalamualaikum wr wb

Setelah memahami konsep dasar SEO, maka kita telah mendapatkan bekal untuk mengetahui bagaimana SEO itu bekerja. Ada beberapa hal yang harus kita lakukan, supaya Google mampu merayapi konten blog kita. Salah satunya adalah membuat title dan deskripsi blog untuk optimasi SEO On Page.

Memang sepele dan sederhana sih soal title dan deskripsi blog ini. Bahkan kerap kali diabaikan. Padahal memahami title dan deskripsi blog dengan benar, adalah hal dasar dalam optimasi SEO.

membuat title deskripsi blog untuk pemula

Membuat Title Blog atau Judul Blog

Title blog adalah judul atau nama sebuah blog. Biasanya tertera di header atau bagian atas header. Menjadi identitas diri tentang branding pemilik blog secara sekilas.

Dalam standar SEO, panjang title blog yang ideal adalah 60 karakter. 60 karakter ya, bukan 60 kata.

Saya berikan beberapa contoh title untuk blog personal dan blog bisnis. Untuk niche blog lainnya bisa menyesuaikan yaa…

Ada blog personal, yang sengaja membranding pemiliknya sendiri. Biasanya, alamat blognya adalah namanya sendiri, juga title blognya adalah namanya sendiri. Istilahnya, domain on branding.

Misalnya, ada sebuah blog dengan alamat sariwidiarti.com. Lalu title blognya adalah namanya sendiri yaitu Sari Widiarti. Untuk tipe title blog seperti ini, cenderung sama dengan tipe domainnya, untuk membranding mengenai personal diri.

Sedangkan untuk blog bisnis atau blog produk, maka produk yang dijual bisa dijadikan sebagai keyword dalam title. Atau dijadikan titlenya sekalian, supaya SEO-nya kena.

Contoh. Seseorang menjual sepatu. Dia mengklaim bahwa sepatunya terjangkau dan murah. Maka dia bisa membuat title blog Sepatu Murah Terbaik dengan domain sepatumurahterbaik.com

Jadi, kita membuat title blog sesuai dengan tujuan kita ngeblog.

Kalau saya sih, ngeblog karena urusan pribadi ya atau personal blog. Maunya pake nama asli. Maunya domain dan title pake nama asli. Lah kok nama asli saya banyak huruf h-nya. Daripada ngerepotin orang-orang, ya mending saya sederhanakan aja menjadi Halo Kak Ros. Simpel kan?

Membuat Deskripsi Blog

Setelah membuat title dirasa sudah aman, maka cara selanjutnya adalah membuat deskripsi blog.

Sederhananya, deskripsi blog adalah penjelasan singkat mengenai blog kita. Tentang apa dan bagaimana blog kita diperuntukkan bagi pembaca. Usahakan, di dalamnya ada keyword yang kita bidik.

Dalam standar SEO, panjang deskripsi blog yang ideal adalah 160 karakter. 160 karakter ya, bukan 160 kata. 160 karakter itu adalah jumlah maksimal sesuai aturan yang berlaku di Google Webmaster.

Cara Cek Title dan Deskripsi Blog Sudah SEO

Caranya gampang kok. Kamu hanya perlu mengunduh lalu memasang add ons SEO 1 Meta Click di Google Chrome. Tutorialnya cari aja di Google dah. Apabila add ons tersebut sudah terpasang, maka akan muncul simbol S berwarna merah di sidebar atas.

Cara penggunaannya mudah. Buka blog kamu. Lalu klik add ons SEO 1 Meta Click. Tunggu prosesnya hingga selesai. Lalu muncul toolbar yang berisi bagaimana status SEO blog kamu.

Yang perlu kita lihat pertama kali adalah title dan description. Apabila masih berwarna merah, maka belum masuk ke SEO. Namun apabila sudah berwarna hijau, maka blog kamu sudah aman dan Inshaa Allah akan mudah untuk dioptimasi SEO.

buat-title-deskripsi-blog

Apabila kamu mendapati title dan deskripsi atau salah satunya berwarna merah, maka kamu harus memperbaikinya. Caranya ya harus mengedit title dan deskripsi di setelan blog kamu.

Kalau untuk pengguna blogspot, bisa dilihat di setelan --> dasar. Ada kolom judul dan deskripsi.

Nah, kamu bisa edit judul terlebih dahulu. Apabila title mu masih merah, maka kamu harus mengeditnya sampai hijau. Iya, edit judul blog di setelan dasar, simpan. Lalu cek lagi ke halaman depan blog kita, uji menggunakan SEO 1 Meta Click. Kalau masih merah ya harus edit lagi. Kalau sudah hijau ya berarti aman.

Selanjutnya adalah edit deskripsi blog. Kolomnya persis di bawah judul. Di sana sih tertulis maksimal 500 karakter, tapi jangan percaya. Pakai aja standar SEO, yaitu maksimal 160 karakter. Lalu klik simpan perubahan. Kemudian cek ke halaman depan dan uji menggunakan SEO 1 Meta Click.

Kalau masih merah, ya berarti harus diedit lagi sampai hijau. Tapi kalau masih merah dan tidak ada yang berubah padahal sudah diubah di settingan, maka harus dicoba ke cara lainnya, yaitu edit deskripsi meta blog.

Pertama-tama kita masuk ke dashbor blog dulu. Klik setelan -> preferensi penelusuran

Ada tag meta di bagian atas. Lalu di bawahnya ada deskripsi, dengan kolom yang memberikan pilihan dinonaktifkan atau diaktifkan. Maka kita harus klik edit. Akan ada pilihan apakah kita mau mengaktifkan deskripsi penelusuran, maka jawablah Ya. Lalu isilah deskripsi blog sesuai yang kamu kehendaki.
Lalu cobalah lihat bagaimana hasilnya. Cek dengan SEO 1 Meta Click. Inshaa Allah bisa. Seperti punya saya.


Oh ya, deskripsi blog yang ada di meta ini, boleh banget buat disalin/copy ke deskripsi blog yang ada di setelan --> dasar

Saya menggunakan cara ini. Soalnya saat edit deskripsi di setelan dasar, diatur dan dicek bolak-balik, tidak ada yang berubah.

Barulah ketika saya iseng ubah deskripsi blog di bagian meta deskripsi, eh berubah dong. Alhamdulillah.

Berikut ini hasil title dan deskripsi blog saya yang udah masuk ke standar SEO, hoho…

 buat-title-deskripsi-blog

Tips Membuat Title dan Deskripsi Blog Tidak Merah Lagi

Saya berbagi tips ini berdasarkan pengalaman ya. Soalnya saya coba-coba hingga mendapatkan title dan deksripsi blog yang tepat. Merah bolak-balik awalnya. Lalu dicoba-coba terus, cari kata kunci atau padanan lain hingga akhirnya berwarna hijau.

Tips membuat title dan deskripsi blog supaya tidak merah lagi saat dicek menggunakan add ons SEO 1 Meta Click yakni:
  • Title blog maksimal 60 karakter, deskripsi blog maksimal 160 karakter
  • Kalau Title blog sudah oke tapi deskripsi blog masih belum, maka masukkan title blog sebagai bagian dari deskripsi blog. Sebab title blog dan deskripsi blog harus memiliki keterkaitan. Maka gabung-gabungin aja itu title blog untuk dimasukkan ke deskripsi blog.
  • Usahakan dalam deskripsi blog mengandung kata kunci yang kamu bidik, atau menggambarkan tentang niche blog kamu. Maksimal ada 4-5 kata kunci yang dibidik dalam deskripsi blog.
Apabila kita merasa kesusahan untuk mengedit title dan deskripsi, maka kita akan merugi karena akan susah masuk ke tahap selanjutnya. Sebab pondasi dasarnya adalah title dan deskripsi blog yang ditandai aman dan oke oleh SEO 1 Meta Click.

Maka segeralah edit title dan deskripsi blog kamu. Cek dengan menggunakan SEO 1 Meta Click. Apabila masih merah, maka edit sampai hijau. Apabila sudah hijau, maka mari kita melangkah ke materi selanjutnya, yaitu Cara Membuat Title dan Deskripsi Postingan Untuk Optimasi SEO.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Cara Membuat Title dan Deskripsi Blog SEO"