Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pertanyaan Penelitian Tindakan Kelas Saat Sempro Sidang

Assalamualaikum wr wb

Seminar proposal maupun sidang skripsi ini seringkali mendebarkan. Bikin tegang. Yang bikin tegang adalah ketakutan akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang dipaparkan dosen penguji. Apakah kita bisa menjawabnya? Apakah soal-soalnya mudah? Apakah jawabannya memuaskan?

Sejatinya, pertanyaan-pertanyaan saat sempro maupun sidang itu bisa diprediksi kok. Pertanyaannya ya seputar itu-itu aja. Seperti halnya penelitian tindakan kelas, ya pertanyaannya itu-itu aja. Tentang dasarnya dan juga bagaimana implementasinya dalam penelitian kita.

pertanyaan-penelitian-tindakan-kelas

15 Pertanyaan Penelitian Tindakan Kelas Saat Sempro Sidang Skripsi

Nah, kali ini saya akan membantu kamu merangkum daftar pertanyaan tentang penelitian tindakan kelas yang biasa ditanyakan saat sempro maupun sidang. Pertanyaan tersebut, sebaiknya kamu jawab juga ya menurut bahasamu sendiri, karena kamu lebih tahu.
  1. Apa masalah utama yang dialami siswa di kelas tersebut hingga Anda mengambil PTK?
  2. Mengapa Anda mengambil sampel kelas? Apakah itu sudah mewakili karakteristrik dan permasalahan seluruh siswa di sekolah?
  3. Apa alasan Anda memilih melakukan PTK di sekolah ini?
  4. Mengapa Anda mengambil metode ini? Mengapa tidak yang lain, padahal masih ada banyak metode yang bisa Anda terapkan?
  5. Apa tujuan yang Anda harapkan dari kelas yang Anda beri perilaku PTK ini?
  6. Apakah hasil PTK Anda sudah dinyatakan valid dan reliabel?
  7. Apa kelebihan PTK Anda daripada kegiatan di kelas yang telah dilakukan oleh guru? 
  8. Apakah PTK yang Anda lakukan dapat dilakukan secara berkesinambungan tanpa membuat efek bosan pada siswa maupun efek lelah pada guru?
  9. Bagaimana cara Anda mengambil subjek penelitian?
  10. Bagaimana indikator dalam pengambilan data?
  11. Bagaimana cara Anda menganalisis siswa padahal jumlah siswa cukup banyak? Apakah Anda mampu mengatasinya sendiri? Kalaupun Anda ada pendamping yang membantu tugas Anda, apakah pendamping Anda tersebut paham mengenai tugas yang Anda diberikan dan bisa mengerjakan dengan objektif, cermat dan benar?
  12. Apakah media yang Anda gunakan benar-benar mampu menyelesaikan masalah di kelas tersebut? Mana pernyataan pendukungnya? Anda didukung oleh penelitiannya siapa?
  13. Apakah pelaksanaan PTK pada hari pertama telah membuahkan hasil? Atau ada hasil yang signifikan, atau bahkan menurun?
  14. Apakah metode yang Anda lakukan dapat diterapkan untuk materi pembelajaran lainnya?
  15. Kendala apa yang Anda alami saat melaksanakan PTK?
Itulah 15 pertanyaan yang bisa saya bagikan buat teman-teman semua. Pastikan dijawab yaa…

Jadi, teman-teman bisa membaca 15 pertanyaan tentang penelitian tindakan kelas tersebut, lalu dijawab sekalian. Pastikan menjawabnya juga dijabarkan. Enggak papa kalau menjawabnya terbata-bata, minimal Anda sudah berusaha untuk berpikir dan mencari kalimat terbaik.

Pagi harinya, coba review lagi 15 pertanyaan tersebut. Boleh juga kalau mampu mengembangkan pertanyaan turunan dari 15 pertanyaan tersebut, supaya kegiatan seminar proposal dan sidangnya lancar.

Yakin deh, pertanyaan-pertanyaan saat seminar proposal itu cuma gitu-gitu aja kok. Dosen hanya ingin tahu, apakah kamu beneran paham mengenai konsep dasar penelitian, apakah kamu benar melakukan penelitian itu, dan apakah kamu sendiri yang mengerjakan naskah skripsimu.

Iya, dosen hanya menginginkan itu. Memberikan nilai terbaik atas usahamu. Tidak ada maksud dosen menyerangmu dengan memberi pertanyaan bertubi-tubi untuk meninggikan atau menyombongkan dirinya. Yakin, enggak ada. Enggak ada gunanya juga.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dosen penguji saat seminar proposal, tak lain hanya untuk mengetes mentalmu. Percayalah. Yakin bahwa kamu kuat dan kamu bisa.

Semoga berhasil ya seminar proposal dan sidangnya. Aamiin..

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Pertanyaan Penelitian Tindakan Kelas Saat Sempro Sidang"