Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan Ini Bagus Untuk Kesehatan Jantung

Assalamualaikum wr wb

Penyakit jantung memang salah satu penyakit mematikan di dunia ini. Banyak orang yang mengalami serangan jantung dan juga tidak sedikit yang langsung meninggal ketika serangan tersebut terjadi. Salah satu penyebabnya, adalah merokok dan juga pola makan yang tidak sehat dan juga jarang menggerakkan badan. 

Ya, betul sekali, olahraga itu memang sangat penting untuk kesehatan jantung kamu. Hal ini juga tidak kalah penting dengan konsumsi makanan yang sehat untuk jantung. Penyakit ini bukan tidak bisa dicegah, tentunya sangat mungkin sekali. Pikiran yang stres juga dapat mempengaruhinya, loh. Maka dari itu, pola hidup kita memang harus kita ubah agar dapat mencegah penyakit yang satu ini. 

Makanan Yang Sehat Untuk Jantung

Tentunya, ada beberapa jenis makanan yang memang dapat menyehatkan jantung kita. Makanan ini selain enak rasanya, juga mudah untuk dicari. Pengolahannya tentu juga berpengaruh. 

Jika memang ingin memiliki jantung yang sehat, maka kamu harus kurangi makan yang goreng-gorengan. Biasakan untuk makan rebusan atau yang dipanggang.  

Penyakit jantung bisa terjadi pada bagian pembuluh darah jantung, irama jantung, dan juga katup jantung, sampai adanya gangguan akibat faktor pemicu yang lainnya. Tentu saja hal tersebut dapat membuat jantung tidak dapat menjalankan fungsi dengan sempurna, yaitu mengalirkan darah yang penuh dengan oksigen ke seluruh tubuh kita. 

Lalu, apa saja makanan yang dapat menyehatkan jantung tersebut? Mari langsung kita simak ulasannya, ya!

makanan-untuk-kesehatan-jantung

1. Ikan Salmon

Yang pertama adalah ikan salmon. Makanan yang sehat untuk jantung ini memang mungkin kita sering temui dalam sajian sushi atau berbagai jenis olahan japanese cuisine lainnya. Ikan ini baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung kita. 

Seperti yang dilansir oleh health.com kandungan asam omega-3 yang terkandung pada ikan salmon terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah dan dapat menghindari pembekuan darah yang mengganggu aliran darah dalam tubuh kita. 

Tidak hanya itu saja, kandungan asam omega-3 juga mampu menurunkan kadar trigliserida (kolesterol jaht) dalam darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Rasanya tentu enak, namun saya sarankan untuk tidak digoreng ya, kamu bisa olah berbagai macam cara agar rasanya tetap enak dan tentunya tetap sehat. 

2. Tahu

Yang selanjutnya adalah tahu. Siapa yang sangka, makanan yang biasa dijadikan gorengan ini ternyata baik untuk kesehatan jantung? Namun, cara konsumsinya bukan digoreng dengan tepung, ya! 

Kandungan kacang kedelai mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung. Tidak hanya itu saja, tahu juga memiliki kandungan saponin, yaitu sebuah kandungan senyawa yang menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Mulai dari sekarang, kamu harus rajin konsumsi tahu ya. Tidak hanya digoreng, tahu juga enak jika dibakar atau direbus, loh!

3. Sayuran Hijau

Yang selanjutnya adalah sayuran hijau. Sayuran hijau memang bisa dibilang manfaatnya banyak sekali untuk kesehatan kita, termasuk juga untuk jantung. Berbagai macam jenis sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan juga selada bisa menjadi beberapa jenis sayuran hijau yang sehat untuk dikonsumsi karena membantu untuk menjaga kesehatan jantung. 

Hal ini dikarenakan sayuran hijau memiliki serat dengan kadar lemak yang rendah. Tidak hanya itu saja, kandungan folat dan kalium yang terkandung dalam sayuran hijau juga ternyata sangat baik untuk meningkatkan dan memperbaiki fungsi jantung. 

Bagi kamu yang jarang makan sayur, mungkin sekarang harus mulai coba, ya, untuk menyehatkan organ vital kita yang satu ini. 

4. Kacang Almond

Selanjutnya adalah kacang almond. Selain rasanya yang enak dan juga mudah dicari, kacang yang satu ini juga bisa dibilang sebagai makanan super. Kacang almond mengandung banyak sekali nutrisi, antara lain serat pangan, lemak tak jenuh, dan juga beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E. 

Kacang almond ternyata juga memiliki kandungan mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi, dan zinc. Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat meningkatkan lemak darah dan terbukti baik untuk jantung. 

Sebuah penelitian yang menggunakan almond sebagai camilan dalam pola makan tertentu, mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung koroner. 
cemilan-kacang-almond-sehat

Penasaran dengan kacang almond? Kamu bisa langsung beli produknya di Nutify Indonesia. Tersedia berbagai macam varian rasa kacang almond, salah satunya adalah Nutify Almond Gourmet Honey & Sesame

Rasa manis dari madu dan juga gurihnya kacang almond berpadu dengan sempurna. Cocok sekali untuk camilan kamu, selain itu juga manfaatnya baik sekali untuk jantung. 

Kamu tidak perlu takut karena kacang almond ini dibuat dengan bahan yang fresh tanpa adanya MSG atau penyedap rasa. Segera kunjungi situsnya dan dapatkan promo selama bulan Juni 2020 ini!

5. Tomat

Yang selanjutnya adalah tomat. Salah satu jenis buah yang kadang diperdebatkan antara sayur atau buah ini memang mudah diolah ke dalam berbagai jenis makanan. Bahkan, dibuat menjadi sambal tomat juga bisa! 

Rasanya? Sudah pasti enak dan tentunya bermanfaat juga untuk jantung kita. Hal ini tentunya disebabkan kandungan kalium yang terdapat dalam tomat. 

Meskipun kandungan kalium ini tidak dapat mengatasi penyakit jantung yang sudah terjadi, dengan memenuhi kebutuhan kalium dalam tubuh kamu, terbukti dapat mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita. 

6. Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan betasitosterol yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini disebabkan kandungan betasitosterol yang ada di dalam alpukat dapat membantu kamu untuk mengelola kadar kolesterol dalam tubuh. 

Alpukat juga mudah diolah ke dalam berbagai jenis makanan. Bahkan, dengan salad kamu bisa mencampurkan alpukat, dengan smoothies juga bisa. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa membuat alpukat menjadi selai untuk roti gandum kamu. Tentunya akan lebih nikmat lagi jika dicampur dengan kacang almond panggang!

7. Yoghurt

Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan juga para penderita asam lambung saja. Yogurt juga sudah terbukti baik untuk kesehatan jantung kita. Yoghurt  juga memiliki kandungan kalium dan kalsium di dalamnya. 

Tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi yoghurt dengan campuran buah segar lainnya agar manfaat yang dirasakan semakin optimal. Rasanya yang nikmat dan segar membuat makanan ini cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. 

Kalau bisa, beli yang plain ya yang tidak ada rasanya, untuk meminimalisir kandungan gula yang tersedia. 
--

Itulah beberapa makanan yang sehat untuk jantung dan tentunya nikmat untuk dikonsumsi. Kamu sudah coba yang mana? Jika belum satu pun, jangan ragu untuk memulai ya. 

Agar dapat jantung yang sehat, kamu juga harus melakukan effort dengan konsumsi makanan ini dan juga berolahraga yang rajin. Misalnya bersepeda atau lari saja juga sudah cukup. 

Salam sehat dan tetap aman dengan menggunakan masker selama bepergian. 

Wassalamulaikum wr wb.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "7 Makanan Ini Bagus Untuk Kesehatan Jantung"