Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Cara Buat Kamar Keren dari Bahan Sisa

Assalamualaikum wr wb

Tinggal di kamar kos usai melepas lelah dari kuliah atau kerja adalah sebuah keharusan. Sudah selayaknya kamar kos menjadi tempat ternyaman untuk beristirahat. Maka dari itu kita perlu menyulap kamar kos menjadi keren. 

Cara buat kamar yang keren itu mudah banget kok. Kita juga bisa memanfaatkan bahan sisa seadanya di kamar. Memanfaatkan segala barang yang ada di kamar. Lalu mengolahnya sekreatif mungkin.

Memang udah banyak tutorial di Google yang memberikan cara buat kamar keren dari bahan sisa. Tapi yang memberikan contoh prosesnya dari awal sampai akhir masih belum ada toh?

cara-buat-kamar-keren

Maka dari itu saya yang bikin. Tapi ini bikinnya pakai utasan dari kak Fa Roky. Beliau dalam twitternya, menceritakan bagaimana cara bikin kamar aesthetic yang enggak mahal-mahal banget dan memanfaatkan bahan sisa.

Dia menuturkannya jelas banget. Detail banget. Pokoknya enak banget buat diikutin.

Foto Before After Kamar Kosan Bikin Sendiri

Berikut ini adalah kamar kosan sebelum dan sesudah didekorasi oleh Kak Fa Roky. 

before-after-dekorasi-kamar

Sebenarnya kosan ini worth it banget. Untuk ukuran 3x4 m, biayanya 500.000/bulan. Sudah termasuk kamar mandi dalam, listrik, air, wifi dan kasur bantal. Lalu dia poles dikit supaya lebih nyaman buat dijadikan tempat istirahat.

before-after-dekorasi-kamar-monokrom


Cara Buat Kamar Kos Keren dari Bahan Sisa

Nah, setelah mengetahui foto before after kamar kosan Kak Fa Roky, maka selanjutnya kita mulai langkah untuk mendekorasi kamar menjadi keren. Berikut ini adalah serangkaian contoh cara buat kamar keren dari bahan sisa seperti kamar Kak Fa Roky.

1. Desain Kamar Terlebih Dahulu

Sebelum memulai projek, alangkah lebih baik untuk mendesain dulu. Desainnya boleh pake gambar tangan, aplikasi di Google, pake software desain dsb. Atau cari contoh desainnya di Google. Minimal punya pandangan jelas bagaimana kamar mau diatur.

desain-kamar-sendiri

2. Minta Izin Sama Ibu Kos

Karena sejatinya kamar kosan adalah kamar sewa, yang mana tentu ada pemiliknya, maka kita harus izin dulu kepada pemiliknya. Saat izin, sampaikan juga rencana desain kamarnya seperti apa. Setelah ibu kos memberi izin, barulah lanjut eksekusi.

3. Manfaatkan Cat Sisa yang Ada

Coba cari cat-cat yang tersisa di sekitarmu. Bisa cat sisa di rumah, di kantor, dsb. Kalau catnya masih banyak dan cocok untuk dijadikan warna utama, maka kamu bisa manfaatkan cat sisa itu. Tapi kalau warna cat sisanya kamu kurang sreg, jangan dipakai dulu. Tahan dulu. Bisa digunakan untuk alternatif lainnya.

Untuk kamar Ka Fa Roky, dia memanfaatkan cat sisa dari proyeknya (warna putih). Untuk warna abu-abu, dia beli cat hitam ukuran kecil merk rainbow (25.000) lalu di-mix sendiri dengan sisa cat putih tadi.

Selain tembok yang diubah warnanya, Kak Fa Roky juga mengubah bagian kusen dan pintu. Kusen dan pintu diwarnai hitam dengan menggunakan cat minyak. Belinya di toko bangunan. Harganya Cuma 50.000

4. Benahi Kasur Supaya Nyaman

Kalau kasurnya dirasa kurang nyaman, mending beli dulu yang nyaman. Setelahnya, ganti sprei sesuai dengan keinginan.

Kak Fa Roky, kebetulan memang pengen ganti sprei yang monokrom. Beli sprei di ig @serenadedecor. Atau bisa beli kain sendiri di toko kain sesuai motif dan bahan yang diinginkan.

Dia juga beli bantal dan guling di toko terdekat. Harganya hanya 90.000

kasur-monokrom


5. Bikin Tirai dari Kain Meteran

Supaya jendela terasa aman dari celingukan orang yang berlalu lalang, Kak Fa Roky memasang tirai. Tirai yang dipakai warna gelap. Dia beli kain meteran untuk menghemat budget. Beli 4 m, seharga 90.000. Lalu jasa obras sebesar 60.000.

Pakai jasa obras saja, lalu minta penjahitnya mengobras sesuai keinginanmu. Kalau pakai jasa gorden memang lebih baik, tapi agak mahal sih.

Kalau stik gorden/tirai, bisa minta bekas potongan-potongan stik alumunium ke toko bangunan langganan atau teman. Biasanya banyak stik potongan yang tak terpakai lagi.

tirai-hitam


6. Bikin Kabinet Sendiri

Selanjutnya bikin kabinet. Paling enak ya bikin kabinet sendiri. Kalau Kak Fa Roky, dia bikin kabinet sendiri, karena memang kebetulan dia usaha produksinya adalah furniture custom.

Jadi dia bikin furniture dengan memanfaatkan bahan-bahan sisa yang ada.

Berikut ini adalah kabinet yang digunakan untuk menyimpan pakaian. Panjangnya 1,5 m. Kalau dijual di pasaran, harganya mencapai 2,7 juta.

kabinet-bikin-sendiri


Kabinet kecil berikut ini difungsikan sebagai night stand. Dia bikin sendiri dari bahan sisa proyek kitchen set. Untuk kainya, dia bikin dari hasil copotan meja tamu (kebetulan dapat kerjaan restorasi meja). Untuk pengelasan, boleh banget minta jasa teman. 

kabinet-kecil-bikin-sendiri

7. Tambah Aksesoris atau Hiasan Pelengkap

Untuk aksesoris kamar, Kak Fa Roky menempatkan pot dan bunga di pojokan kamar. Supaya kamar terasa lebih hidup. Untuk harganya, cukup merogoh kocek 75.000 saja.

8. Bikin Hiasan Dinding Sendiri

Untuk hiasan dinding, Kak Fa Roky memasang pigura yang isinya pemandangan dan quote dengan nuansa monokrom. Dia mendesain sendiri. Sederhana kok. dia hanya merogoh kocek 45.000 untuk cetak gambarnya. Sementara, frame piguranya bikin sendiri.

9. Menambahkan Pernak-Pernik Pelengkap

Supaya kamar terasa seru, aestetik dan nyaman dipandang mata, maka perlu banget menambahkan pernak-pernik sesuai yang dimau. Untuk Kak Fa Roky, dia menambahkan pernak-pernik berupa 3 frame foto doi. Total harga 120.000.

Ditambah pula bunga pot kecil-kecil untuk menambah kesan hidup. Dia minta punya Ibu kos yang memang hobi menanam bunga.

Ditambahkan juga cermin yang berbentuk lingkaran. Dia dapatkan dari sisa di proyeknya sendiri.

aksesoris-kamar

Itulah dia cara Kak Fa Roky mengubah kamar kosannya menjadi keren dengan bahan-bahan sisa seadanya. Dekorasi kamar itu enggak merogoh kocek yang dalam kok. Kita bisa mendekorasi kamar dengan barang-barang bekas, lalu berkreasi untuk memolesnya supaya jadi lebih bagus lagi.

Ternyata, hasil dia dekorasi kamar sendiri membuat dia nyaman dan betah di kamat. Selain itu, Ibu kos juga senang karena anak kosannya perhatian untuk merawat kamarnya. Kabar baiknya, ibu kosnya request untuk minta didesainkan kosan barunya, hoho.

Oh ya, kalau ada yang buth jasa desain interior, arsitektur dan custom furniture, bisa menghubungi Kak Fa Roky di ig @interiorpurworejo dan @lokafurniture atau juga bisa hubungi via wa: 082226847427

Jadi, gimana? Udah siap buat dekorasi kamar dengan bahan sisa yang ada? Mari berkreasi!

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Contoh Cara Buat Kamar Keren dari Bahan Sisa"