Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Jenis Material Pagar Rumah yang Dijamin Cocok Untuk Rumahmu

Memilih bahan baku untuk membangun pagar memang tidak mudah. Kamu sebagai penghuni rumah perlu memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Apabila kamu berkeliling di sekitar rumah dan melihat iklan seperti rumah dijual jogja, atau rumah dijual padang maka kamu akan menemukan beragam jenis pagar. 

Pagar memang mempunyai fungsi untuk membatasi rumah dengan ruang publik seperti jalan umum, namun pagar juga bisa berfungsi sebagai pelindung rumah. 

jenis material pagar rumah yang bagus

Fungsi pelindung rumah ini berkaitan dengan menjaga rumah dari hewan liar, hewan peliharaan tetangga, dan juga pencuri yang memanfaatkan kesempatan. Oleh karena itu, umumnya rumah yang ada di kavling (bukan di cluster) lebih sering menggunakan pagar. 

Lalu, apa saja sih tips memilih pagar rumah?

Tips Memilih Pagar Rumah yang Bagus

Memilih pagar rumah ini berkaitan dengan kebutuhan, namun kamu pun bisa mengkombinasikan unsur keindahan di dalamnya. Jadi tak hanya kamar yang didesain indah dan estetik, melainkan pagar juga.

Tentunya kamu bisa melakukan perbandingan dengan desain-desain pagar lain yang tersedia di majalah atau internet.

1. Cari tahu kondisi lingkungan di sekitar rumah

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui kondisi lingkungan rumah kamu. Apabila kondisi di sekitar rumah sering terjadi pencurian motor, maka kamu harus waspada ya. 

Pasang pagar yang kuat, besar dan menggunakan kunci yang sulit dibuka paksa. Ini adalah tips paling ampuh untuk menjaga rumah tetap aman. 

Beberapa orang malah memasang kawat berduri atau pecahan gelas di dinding luar rumah agar tidak ada orang yang berani masuk dengan memanjat. 

2. Pahami cuaca di sekitar

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah memahami cuaca sekitar. Apabila kamu sudah tahu curah hujan di area rumah kamu tinggi, maka pastikan untuk menggunakan bahan pagar yang awet. 

Apabila kamu menggunakan bahan kayu, pilihlah kayu jati atau kayu lain yang tahan hujan dalam jangka waktu lama. Jika kamu memilih besi sebagai bahan pagar, upayakan untuk melapisinya dengan cat atau lapisan anti karat. 

3. Pilih bahan yang kokoh

Selanjutnya, pilih bahan yang kokoh. Tentu kamu sudah paham ya mengenai hal ini. Kamu harus memilih bahan kokoh yang berkualitas tinggi.

Jangan tergiur dengan harga murah namun bahannya tidak kuat. Ini tentu akan membuat kamu semakin boros karena bisa saja belum genap setahun pagar harus direnovasi karena mulai rapuh. 

Material Pagar Rumah yang Bisa Dipilih Sesuai Keperluan

Setelah kamu memahami beberapa tips untuk membangun pagar rumah, sekarang kamu perlu memahami jenis material pagar rumah yang bisa dipilih sesuai keperluan. Yuk kita cek informasi selengkapnya di bawah ini!

jenis pagar rumah estetik

1. Kawat dan Batu

Material pertama yang bisa kamu gunakan untuk membuat pagar adalah kawat dan batu. Kombinasi ini bisa menciptakan pagar kawat bronjong batu alam. Kamu hanya perlu untuk melakukan pengukuran terhadap kawat yang diperlukan. 

Selain itu pilih kawat yang khusus untuk membuat pagar kawat bronjong. Kemudian beli batu untuk mengisi pagar. Pemasangan pagar seperti ini mungkin akan lebih memakan biaya, namun jika kamu tipe penghuni yang mengedepankan gaya dan juga fungsi maka pagar ini cocok untuk kamu.

Pagar batu ini bisa tidak perlu dicat atau dibiarkan alami. Atau mungkin bisa Anda cat seperti pagar-pagar yang ada di Kampung Warna Jodipan Malang.

2. Kayu 

Material kedua yang bisa digunakan untuk membuat pagar adalah kayu. Kamu bisa memanfaatkan kayu sebagai pagar dengan sentuhan warna cat yang menonjolkan karakter kayu ya. 

Selain kamu bisa bermain dengan bentuk, kamu bisa juga mengkombinasikan kayu dengan besi sebagai bahan pendukung untuk membangun pagar. 

3. Tanaman 

Sering kali pasti kamu melihat ada rumah yang menggunakan tanaman sebagai pagar. Bahan pagar dengan tanaman ini bisa sangat tricky, artinya kamu perlu lebih teliti dan jeli dalam membuatnya. 

Pilih tanaman-tanaman yang tumbuh ke atas dengan batang kuat. Tidak semua tanaman bisa digunakan sebagai pagar. Tanaman bambu, soka jawa dan Boxwood adalah jenis tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan utama pagar. 

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis bahan pagar yang bisa kamu manfaatkan untuk pelindung rumah. Apabila kamu bermaksud untuk mencari rumah di kota besar seperti rumah dijual jakarta, bogor, bandung, surabaya dan kota lain pastikan kamu mengutamakan keamanan juga ya saat membangun pagar rumah. 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "Ini Jenis Material Pagar Rumah yang Dijamin Cocok Untuk Rumahmu"