Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran dan Etika Lingkungan di B29 Lumajang

Assalamualaikum wr wb

Manusia merupakan salah satu bagian yang terintegrasi dengan lingkungan. Sebagai mahluk hidup yang membutuhkan lingkungan, manusia memiliki kewajiban untuk menghormati, menghargai dan menjaga nilai-nilai yang terkandung di dalam lingkungan. 

Perilaku positif manusia dapat menyebabkan lingkungan tetap lestari. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat lokal, pemerintah dan diri sendiri untuk menjaga lingkungan tetap lestari. 

peran-dan-etika-lingkungan-di-b29-lumajang

Peran Pemerintah Untuk Wisata B29 Lumajang

Pemerintah sebagai pemangku kebijakan, perlu untuk memfasilitasi pembuangan sampah. Bukan tempat sampah yang biasa, melainkan tempat sampah yang sudah lengkap dengan pemilahannya.

Yaitu dibedakan antara sampah plastik, kertas, dedaunan, sampah basah, dll. Hal ini dapat memudahkan warga untuk mendapatkan sampah yang bisa didaur ulang. 

Peran Masyarakat Untuk Wisata B29 Lumajang

Warga lokal atau masyarakat setempat dapat membantu menjaga kawasan B29 dengan cara tidak menambah areal lahan untuk dijadikan tempat wisata. Tidak perlu membuka atau memperluas area wisata demi kepentingan pribadi maupun kelompok. 

Selain itu, para penjual makanan di warung-warung dapat mengurangi sampah plastik dengan cara memanfaatkan daun pisan atau daun jati. Selain itu, penjual minuman dapat menyediakan pinjaman gelas dan air isi ulang supaya tidak banyak plastik kemasan botol minuman yang terbuang percuma.

Selain itu, saya pribadi sebagai pengunjung harus berlaku arif dalam menjaga B29 Lumajang. Saya yang telah mengenal B29 dan merasa memiliki B29, harus pandai-pandai mengkampanyekan perihal etika lingkungan yang harus dimiliki oleh wisatawan lingkungan. 

Saya bisa berkampanye tentang penggunaan ojek, jalan kaki, atau mengurangi bawaan berkemasan plastik dengan cara bersuara melalui media sosial yang dimiliki seperti facebook, blog, dan instagram. Saya juga bisa mengusulkan prosesi daur ulang kepada masyarakat. 

Daur ulang ini nantinya bisa bekerjasama dengan pemerintah setempat sebagai bukti kepedulian pemerintah terhadap ekosistem di B29 Lumajang.
 
Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Peran dan Etika Lingkungan di B29 Lumajang"