Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Ekspedisi dan Cargo Logistik

Assalamualaikum wr wb

Banyak yang tanya, sebenarnya ekspedisi dan cargo logistik itu sama atau beda sih? Kalau sama, kenapa orang-orang menyebutnya berbeda? Kalau berbeda, perbedaannya apa ya?

Cargo logistik dan jasa ekspedisi ini beda sayang…

perbedaan-ekspedisi-dan-cargo-logistik

Perbedaan Ekspedisi dan Cargo Logistik

Sederhananya, jasa ekspedisi itu pengantaran surat, barang dan sebagainya.

Sedangkan cargo logistik itu adalah muatan barang yang diangkut dengan kapal laut, pesawat udara atau pengangkut lain.
Supaya lebih jelas mengenai perbedaan jasa ekspedisi dan cargo logistik, hayuklah simak definisi jasa ekspedisi dan cargo logistik beserta perbedaannya.

Pengertian Jasa Ekspedisi

Jasa ekspedisi menyediakan jasa pengiriman ritel dengan jumlah yang relatif sedikit.  Hal ini membuat jasa pengiriman ekspedisi biasanya memiliki minimal berat yang sedikit pula, bahkan ada yang tidak memberlakukannya sama sekali.

Pengertian Cargo Logistik

Sedangkan untuk cargo logistik, pengiriman barang relatif dalam jumlah atau volume yang besar. Biasanya ada berat minimal yang harus dicapai untuk kargo tersebut.

Hal ini membuat harga cargo kadang menjadi lebih murah karena pengirimannya dalam jumlah besar sekaligus.

Keuntungan pakai Jasa Ekspedisi daripada Cargo Logistik

Pengiriman ekspedisi biasanya enggak memperhatikan pada minimal berat. Barang yang beratnya satu kilogram pun bisa dikirim melalui pelayanan pengiriman ekspedisi.

Konsumen yang ingin menggunakan layanan ini biasanya dapat datang langsung ke cabang gerai perusahaan pengiriman dan membawa barang yang akan dikirim atau juga meminta kurir jasa pengiriman untuk menjemput barangnya di tempat, karena biasanya pengiriman ekspedisi memberikan layanan door to door untuk konsumennya.

Tarif ongkos kirim dari pengiriman ekspedisi ditentukan berdasarkan berat per kilogram.

Keuntungan Pake Cargo Logistik daripada Ekspedisi

Keuntungan menggunakan jasa pengiriman kargo adalah harga ongkos kirimnya yang terbilang lebih murah dibandingkan dengan tarif pengiriman ekspedisi.

Minimum berat yang masuk ke dalam kategori pengiriman kargo adalah barang yang mencapai 10 kilogram atau 50 kilogram.

Jika kamu memilih menggunakan pengiriman kargo, hal yang perlu diingat adalah terkadang perusahaan pengiriman kargo enggak memberikan layanan jemput paket di tempat.

Jadi, kamu perlu mengantar barangmu sendiri ke tempat jasa pengiriman.

Keamanan Cargo Logistik di Era New Normal

Lalu, apakah di masa pandemi ini cargo logistik tetap beroperasi?

Ya masih beroperasi dong sayang… Tentu saja dengan mematuhi protokol kesehatan.

Seperti halnya TRAC Bus Service yang dipercaya untuk menjadi cargo logistik kepercayaan pemerintah di masa pandemi.

TRAC Bus Services sebagai layanan cargo logistik terbaik di Indonesia, mendapat kepercayaan dari KEMENPAREKRAF sebagai angkutan tenaga paramedic dalam pandemi covid 19 mengingat bertambahnya kebutuhan mobilitas tenaga medis.

TRAC melayani kebutuhan paramedic di RS Persahabatan untuk mobilitasnya ke penginapan di salah satu hotel di daerah Rawamangun Jakarta Timur.

Detailnya adalah sebagai berikut:

  • Unit yang digunakan adalah 1 Bigbus dan 1 Small bus hiace dengan spesifikasi dan standarisasi angkutan yang dibolehkan di masa PSBB dengan mengedepankan prosedur social distancing 
  • Jam operasional unit antar jemput tersebut adalah dari pukul 07.00 pagi s.d 09.00 malam, dengan melakukan 5 kali bolak balik dalam sehari
  • Unit yang di pakai juga telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan peraturan PSBB


Driver dibekali dengan materi safety khusus dan juga dilengkapi dengan APD, selain itu juga diberikan pelayanan dan perhatian khusus terkait kelangsungan hidup dan kesehatan oleh pihak otoritas KEMENPAREKRAF.
--

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan bedanya jasa ekspedisi dan cargo logistik? Juga udah tahu kan seaman apa pengiriman cargo logistik di era new normal? Aman banget sampai-sampai dipercaya untuk kerjasama bareng pemerintah, hoho…

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 comment for "Perbedaan Ekspedisi dan Cargo Logistik"

  1. iya bener banget mba, saya kmren pindahan kosan pake cargo logistik dan alhamdulillah hemat banget padahal jawa ke sumatera :)

    ReplyDelete