Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Perencanaan Keuangan Jangka Pendek

Assalamualaikum wr wb

Sudah banyak yang tahu dan paham mengenai perencanaan keuangan jangka panjang. Namun sebaliknya, masih sedikit orang yang paham dan mengetahui tentang metode perencanaan keuangan jangka pendek. Padahal mengetahui perencanaan keuangan jangka pendek ini penting banget ya.

metode-perencanaan-keuangan-jangka-pendek

Apa Itu Perencanaan Keuangan Jangka Pendek?

Perencanaan keuangan jangka pendek adalah pengolelaan aktiva lancar (kas, surat berharga, piutang, persediaan) dan pasiva lancar perusahaan (hutang dagang, wesel bayar, kewajiban yang masih harus dibayar) untuk mencapai keseimbangan antara laba dan risiko agar memberi kontribusi nilai positif terhadap nilai perusahaan. 

Sebenarnya, perbedaaan investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang hanya terletak pada waktu dan likuiditasnya saja.

Metode Perencanaan Keuangan Jangka Pendek

Perencanaan keuangan jangka pendek adalah salah satu cara melakukan persiapan finansial di masa depan untuk kebutuhan jangka pendek. Kebetuhan jangka pendek misalnya membangun rumah, biaya pendidikan anak, travelling ke luar negeri setahun sekali, dsb.

Perencanaan keuangan jangka pendek ini perlu dilakukan sejak kita mulai mendapatkan penghasilan sendiri. Harus kita kelola sejak awal supaya manfaat yang kita peroleh tidak membutuhkan waktu yang lama.

Macam-Macam Perencanaan Keuangan Jangka Pendek

Salah satu perencanaan keuangan terbaik untuk waktu yang relatif sebentar adalah melakukan investasi jangka pendek atau perencanaan keuangan jangka pendek. Peluang investasi jangka pendek ada banyak, antara lain:

1. Tabungan

Dengan menabung di bank, uang bisa dicairkan kapan saja. Kita tinggal tarik langsung dari bank atau ATM terdekat. Namun bank memiliki kelemahan, yaitu tingkat bunganya rendah.

2. Deposito

Deposito sedikit berbeda dengan tabungan karena tabungan bisa diambil kapan saja, sementara deposito bisa diambil kapan saja namun dengan jangka waktu tertentu alias ada jatuh temponya. 

Misalkan kita mengambil deposito 3 bulan, maka uang kita harus tersimpan di Bank selama 3 bulan, baru bisa diambil. Jika mengambil uang sebelum jatuh tempo, maka dikenakan pinalti.

3. Reksadana

Reksadana jangka pendek adalah reksadana yang berkaitan dengan pasar uang. Pada reksadana ini uang akan dimasukkan dalam obligasi jangka pendek, sertifikat Bank Indonesia dan Deposito.

4. Saham

Ada saham–saham di pasar modal yang fluktuasi harganya cukup cepat. Saham-saham ini cocok untuk investasi jangka pendek.

5. Emas

Menurut para perencana keuangan, emas layak dipertimbangkan sebagai alternatif instrumen investasi saat kondisi pasar modal sedang buruk. Karena emas tidak terpengaruh inflasi, kalau dana sudah dibutuhkan, investor bisa menjual emasnya dengan mudah. 

Pembiayaan Jangka Pendek

Merupakan hutang dengan jangka waktu 1 tahun atau kurang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan musiman dan aktiva lancar. 

Pembiayaan spontan (spontaneous financing) adalah pembiayaan yang diperoleh dari operasi normal perusahaan dengan dua sumber pembiayaan meliputi hutang dagang (account payable) dan kewajiban yang masih harus dibayar (accruals hutang akibat jasa yang diterima yang pembayarannya belum dilakukan). 

Account payable dan Accruals merupakan unsecured short-term financing, yaitu sumber pembiayaan jangka pendek yang diperoleh tanpa menjaminkan aktiva tertentu sebagai agunan.

Tipe Pendanaan Jangka Pendek

Tipe pendanaan jangka pendek ada 2, yaitu pendanaan spontan dan tidak spontan. Penjelasannya sebagai berikut:

1. Pendanaan Spontan 

Pendanaan spontan adalah jenis pendanaan yang berubah secara otomatis dengan berubahnya tingkat kegiatan perusahaan (misal dilihat dari penjualan perusahaan). Contoh : utang dagang dan utang akrual.

2. Pendanaan Tidak Spontan 

Pendanaan tidak spontan adalah jenis pendanaan yang tidak berubah secara otomatis dengan berubahnya tingkat kegiatan perusahaan. Contoh :utang yang diperoleh dari bank.

Itulah pemahaman mengenai perencanaan jangka pendek yang harus kita mengerti saat melakukan investasi.

Jadi, bagaimana? Sudah paham? Semoga bisa diterapkan yaa…

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Metode Perencanaan Keuangan Jangka Pendek"