Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gimana Caranya Dapat Kerja? Harus Bagaimana?

Assalamualaikum wr wb

Baru kali ini saya pusing cari kerja. Sebelum-sebelumnya enggak sama sekali. Dulu ngerasa selow aja karena kerjaan bukan target utama sih saat itu.

Teman-Teman Bingung Cari Kerja, Saya Selow Kuliah S2

Lulus S1, target saya S2. Teman-teman bingung cari kerja, saya masih selow aja di rumah bantu Ibu kerja di toko. Seiring berjalannya waktu, ternyata ada peluang beasiswa kuliah S2 meski harus lintas disiplin ilmu.

Ambil sajalah. Mumpung beasiswa. Enggak sejurusan nggak pa-pa. Begitu kata saya, yang disetujui oleh Ibu.

Selow bangetlah waktu itu. Saat teman-teman riweuh cari kerja, saya masih selow aja dengan kegiatan apa adanya: kuliah S2, penelitian, ngeblog dan main.

Bingung Setelah S2 Mau Kerja Di mana?

Hingga tibalah hari ini. Hari-hari yang berisi kepusingan dan kebingungan semata karena entah bagaimana caranya harus segera dapat kerja.

Alasannya? Ya karena sudah waktunya untuk cari kerja. Udah hampir mau lulus S2. Udah waktunya mau nikah. Juga ya memang waktunya udah cari kerja.

Ngeblog aja belum cukup. Iya, masih belum mencapai target untuk hidup aman. Makanya saya sadar diri untuk mencari kerjaan di dunia nyata.

cara-dapat-kerja

Tes CPNS

Ini udah kali kedua saya ikut tes CPNS. Tahun kemarin, saya ikut tes CPNS pemprov Jatim, Sebagai Guru Fisika di SMAN Pronojiwo Lumajang. Hasilnya, pada seleksi SKD saya enggak lolos passing grade. Tinggal 2 poin saja.

Tahun ini, saya ikut tes CPNS pemprov Jatim lagi. Memilih Guru Fisika di SMAN Candipuro Lumajang. Hasil seleksinya, saya lulus passing grade. Nilainya 365. Cukup tinggi, tapi tentu saja banyak yang lebih tinggi. Ya harusnya nilainya minimal 400 lah baru dirasa aman.

Ini pun ya, saya tahu mengenai pengumuman tes CPNS adalah tadi sore. Padahal pengumumannya udah semenjak bulan Maret lalu. Lah kemana aja saya 😭😭

Kalau bukan karena Ibu, yang ngotot dan bolak-balik tanya perihal kabar hasil tes CPNS, belum tentu saya akan cari info mengenai pengumuman SKD.

Saya tuh njagain pengumuman dari teman-teman. Biasanya tuh mereka share-share aja pengumumannya. Lah kok ini enggak sama sekali. Tumben-tumbenan banget. Yaa, sayanya aja sih yang kelewat batas, terlalu santai. Haha.

Kabarnya, tes CPNS akan vakum 1 tahun ya, karena merebaknya kasus Covid-19 ini. Ya perkiraan saya, tahun depannya akan ada banyak peluang lowongan CPNS dan saya bisa lebih siap untuk mengerjakan soal-soal CPNS. Inshaa Allah yaa...

Rencananya juga bakalan memilih di wilayah Solo saja... bila jadi menikah sama si Mas, haha.

Lamaran Kerja Pertama Saya

Bulan kemarin ada lowongan kerja TFL (Tenaga Fasilitator Lapang) di Jember. Ngerjain program hibah air minum untuk desa-desa di Jember. TFL ini yang sempat dikerjain oleh Mbak Amel dan Dimas itu loh.

Nah, saya pengen. Kebetulan ada lowongan terbuka juga. Ya sudahlah saya mendaftar meski melakukan pendaftaran pada hari terakhir, haha.

Kata Dimas dan Mbak Amel, peluang untuk kita masuk adalah cukup besar. 

Eh njilalah. Lah kok yang lolos seleksi selanjutnya cuma 35 orang. Saya enggak lolos. Anehnya, teman-teman saya enggak ada satupun yang lolos. 

Kata Dimas: kayaknya yang dipilih orang dalam
Kata Mbak Amel: kamu enggak punya relasi sih Ros, haha

Yaa begitulah. Harapan saya untuk bisa dapat HP dari gajian pertama kerja sebagai TFL Jember, sirna sudah.

Ya sudahlah, mari diikhlaskan.

Minimal, saya sudah punya bekal untuk tahu bagaimana cara mengirim lamaran kerjaan yang baik dan benar, hahaha.

Jualan Baju

Oh saya juga coba dong, ngikut jadi resellernya Mbak Puja. Alhamdulillah gratis, enggak ada kewajiban membayar di muka. Asalkan ikut kelasnya saja, lalu menjual sampai batas minimum, bisa jadi reseller deh.

Tapi sayangnya, hingga saat ini, belum ada tuh yang membeli dagangan saya, hahaha. Kayaknya terlalu mahal deh. Baru pertama kali jualan, eh langsung jual yang mahal-mahal. Hahaha. Enggak ngerti pasar banget.

Ya gimana ya. Adanya begitu.

Ibu tuh menawarkan, untuk memodali saya jualan baju/gamis. Loh saya sih mau-mau aja ya, cuma... saya belum dapat pasarnya. Belum punya pelanggan sama sekali. Belum laku blas ini loooh, haha.

Entah dah. Jualan baju ini akan saya akhiri atau bagaimana, saya masih belum tahu. Yang jelas, saya jalani aja dulu. Rencananya hingga saya dapat kerjaan baru. Kalau dapat kerjaan baru, kan lumayan dapat teman-teman baru yang mungkin saja bisa dijadikan pelanggan. Aamiin...

Perlahan... Sabar...

Mengharap Google Adsense
Harapan saya sih di blog ya. Tapi kalau content placement, dapatnya tuh jarang-jarang. Enggak tentu.

Yang bisa diharapkan ya cuma Google Adsense. Tapi untuk saat ini, Adsense saya belum bisa diandalkan, haha. Masih ratusan rupiah per hari. 2.000 rupiah/hari aja udah terbilang bagus banget.

Maka, solusinya ya saya harus membuat artikel SEO, benahin kesehatan blog, dll.

Membenahi kesehatan blog ini seperti memperbaiki URL yang terlalu panjang, judul blog yang terlalu panjang atau pendek, juga deskripsi postingan yang terlalu panjang atau pendek.

Saat dibenahi, duh banyak banget yang harus diberesin. 300 link atau postingan. Separuh dari jumlah postingan yang ada di blog saya.

Hasil dari membenahi kesehatan blog? Ya pageview menurun lah. Duh laaah... Entah dah gimana ini.

Ya pelan-pelan dinaikkan. Mulai dari penerapan menulis artikel yang SEO friendly. Memenuhi kaidah-kaidahnya.

Semoga bisa yaa... Pengen banget gajian bulanan dari Google Adsense. Aamiin...

Sekarang Bingung Lagi Mau Kerja Di Mana dan Bagaimana

Enggak tahu sih, saya sekarang harus apa dan bagaimana. Bingung banget sumpah dah. Baru kali ini cari kerjaan sebingung ini. Enggak tahu harus gimana ke depannya.

Pokoknya harus cari kerja. Supaya bisa mandiri dan mengimbangi suami. Supaya mimpi-mimpi bisa tercapai lebih awal.

Lalu sekarang, apa yang harus dilakukan?

Hmm, ya cuma bisa menyelesaikan tesis, sambil bikin artikel rutin di blog. Pengen banget bikin artikel SEO friendly di blog. Minimal 2 artikel/hari. Semoga bisa yaaa....

Supaya bisa gajian bulanan dari blog. Aamiin...

Terima kasih ya sudah membaca curhatan ini sampai akhir.

Semoga kita sama-sama dimudahkan dalam urusan kerjaan dan hal lainnya. Aamiin...

Wassalamualaikum wr wb
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Gimana Caranya Dapat Kerja? Harus Bagaimana?"