Cari Kost Idaman Sesuai Kriteria, RedDoorz Paling Recommended

Konten [Tampil]
Kamu percaya nggak, kalau mencari kost ini seperti mencari jodoh? 

Ada yang berpindah-pindah kamar kost karena merasa kurang cocok. Namun ada pula yang betah bertahun-tahun bertahan di tempat yang sama karena sudah merasa cocok dan nyaman. Bahkan saling memiliki keterikatan.

Saya, ada di bagian yang kedua: betah bertahun-tahun di kamar kost yang sama. 



Iya, saya adalah mahasiswa yang tinggal di kost yang sama selama 7 tahun. Tidak pindah kos sama sekali semenjak saya S1 dan S2. Itupun setelah lulus sarjana, saya ada jeda 3 bulan keluar kost, sebelum akhirnya diterima sekolah magister di kota yang sama. Lalu, saya memutuskan kembali lagi ke kost tersebut.

Kau tahu alasan mengapa saya kembali?

Jawabannya sederhana: nyaman.

…dan orang bilang: nyaman adalah bentuk jodoh.

Kalau orang sudah nyaman, maka ia tidak akan kemana-mana. Tetap bertahan hingga tiba waktunya memisahkan. Termasuk dalam hal mencari hunian kamar kost - bagaikan mencari jodoh.
kost-reddoorz

7 Kriteria Kamar Kost yang Nyaman Untuk Ditinggali

Dulu, saya punya list panjang mengenai kriteria kamar kost yang saya inginkan dan harus dipenuhi. Tujuannya, semata-mata supaya saya nyaman beristirahat kala menuntut ilmu di tanah rantau: Jember. 

Sebagai mantan anak kos yang berhasil menemukan kost yang nyaman untuk ditinggali bertahun-tahun, maka saya akan berbagi mengenai list kriteria kamar kost yang pernah saya tetapkan 7 tahun lalu. 

Ada 7 kriteria kamar kost yang nyaman untuk ditinggali, apa sajakah itu?
kost-di-reddoorz

1. Lokasi Strategis

Pastikan kamu memilih kost yang dekat dengan tempatmu menimba ilmu atau tempatmu mencari nafkah. Sebab keberadaan kost diperuntukkan guna memudahkan kita mengakses tempat penting yang didatangi setiap hari. Jadi tentukan dulu lokasi yang menurutmu strategis, lalu sortir kost-kost terbaik di daerah tersebut.

2. Fasilitas Lengkap

Ketika memilih kamar kost, pastikan seluruh fasilitas dasar sudah lengkap tersedia. Antara lain: kasur yang empuk, lemari yang cukup, serta sepaket meja dan kursi untuk belajar. Boleh kalau kamu menetapkan harus ada fasilitas AC dan wifi, silakan dimasukkan list wajib. 

Intinya, fasilitas wajib yang kamu tetapkan adalah barang-barang permanen yang harus ada di dalam kamar untuk menunjang kenyamananmu. Pastikan barang-barang tersebut sudah tersedia ketika kamu menempati kamar kost.

3. Kamar Mandi Bersih

Usai cek fasilitas kamar, segeralah kamu ke kamar mandi. Cek keadaannya. Fasilitasnya memenuhi kebutuhanmu mandi dan buang hajat kah? Kondisinya bersih kah? Kalau kamar mandinya bersih, maka ada jaminan bahwa kamar akan terjaga kebersihannya.

4. Sirkulasi Udara Baik

Sirkulasi udara yang baik, membuat kita bisa bernafas lega saat tinggal di kamar kost. Hal ini ditandai dengan tersedianya jendela dan ventilasi yang cukup. Jendela yang lebar, menunjang kita untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, suasana yang lebih lapang, serta pemandangan yang menenangkan.

Kamar kost saya yang dulu, juga memiliki jendela yang lebar. Dari kamar, saya bisa melihat hijaunya kampus Universitas Jember. Mampu banget dijadikan refreshing kala penat belajar di dalam kamar kost.

kost-di-reddoorz

5. Air bersih dan lancar

Ketersediaan air bersih adalah hal krusial dalam kehidupan kita, termasuk di dalam kamar kost. Maka pastikan ketersediaan air yang bersih dan lancar. Jangan sampai kita kebingungan kesana kemari hanya karena aliran air mati atau macet.

6. Ada penjaga kost

Teman-teman saya yang lain umumnya mengabaikan hal ini, namun saya tidak. Justru saya memasukkan ke dalam 5 kriteria dalam memilih kost yang nyaman. Saya sengaja memilih kamar kost yang ada penjaganya, entah ibu kos, satpam, atau resepsionis. Supaya apa? Supaya barang-barang kita aman apabila kita meninggalkan kamar kost dalam waktu yang cukup lama.

Selain itu, adanya penjaga kost membuat kita tetap mengontrol perilaku. Meski tinggal di tanah orang, bukan berarti kita mengabaikan unggah-ungguh atau tata krama yang ada. Melainkan kita harus tetap berperilaku baik sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, kita akan akrab dengan si penjaga kost. Seperti saya, yang sudah nge-mbok banget dengan ibu kost. Saking sayangnya Ibu kos pada saya, hampir tiap pekan saya dikasih sepaket makanan untuk disantap sarapan. Iya, mendapatkan ibu kost yang baik bagai menemukan jodoh. Sepaket lengkap dengan kamar kost dan hunian di dalamnya.
kost-di-reddoorz

7. Biaya Terjangkau

Biaya adalah pertanyaan terakhir yang biasa diajukan kepada pemilik kost. Sebab orang akan menanyakan harga sewa kamar apabila sudah merasa cocok dengan 6 kriteria sebelumnya. Kalau dirasa oke kamarnya, maka selanjutnya: berapa biaya sewanya?

Pastikan kamu sudah memiliki budget tertentu dalam memilih kamar kost. Sesuaikan dengan yang ada di dompetmu sehingga kamu mendapatkan kamar kost dengan biaya terjangkau. Soal biaya, paling enak bila langsung membayar tahunan supaya mendapatkan diskon. Lumayan banget menghemat biaya, hehe.

Kini Makin Mudah Cari Kamar Kost

Beruntungnya saya menemukan kamar kost yang memenuhi 7 kriteria tersebut. Padahal waktu itu cari kost susah banget loh. Untungnya dalam sehari pencarian, saya langsung menemukan kost yang tepat, sesuai yang diidam-idamkan.

Kamu yang sekarang hendak/sedang merantau juga tak kalah beruntung. Sebab akses mencari kamar kost tak sesusah zaman saya dulu. Di era modern ini, kamu bisa mencari kamar kost dari kediaman tempat tinggalmu loh.

Cukup duduk manis di sofa atau rebahan di kasur sambil scroll-scroll hape, dapat deh kamar kost. Beda dengan saya dahulu kala, yang harus berpanas-panas ria mengetuk pintu rumah kos untuk menanyakan ketersediaan kamar beserta fasilitasnya.

7 Platform Cari Kamar Kost Terpercaya dan Terlengkap

Untuk mencari kamar kost, kamu cukup ambil laptop yang ada di depan mata atau smartphone yang ada di genggaman. Mereka menjadi media yang mengantarkan kita untuk mencari kost idaman. Kita tinggal berangkat menuju situs penyedia informasi kost, lalu pilih deh kost idaman yang memenuhi kriteria.

Sejauh ini, ada 7 platform penyedia informasi kamar kost terpercaya di Indonesia. Berikut ini adalah rekomendasi platform kamar kost yang bisa kamu gunakan untuk mencari hunian kamar kost idamanamu. 

1. Infokost.id

Infokost.id adalah platform penyedia informasi hunian yang disewakan seperti kamar kost, apartemen dan villa sejak tahun 2007. Situs ini menyediakan informasi kamar kost secara detail. Mulai dari fasilitas di dalam kamar kost, fasilitas umum di lokasi dan sekitar lokasi, peta lokasi yang akurat, dll. 
Tentu saja, setiap kost yang ditawarkan sudah dilengkapi dengan foto-foto yang telah diverifikasi oleh tim infokost.id. Jadi dijamin terpercaya. Spesialnya, platform ini bisa menghubungkan customer kepada pemilik kost via fitur chat “tanya kamar”. Jadinya kita bisa tahu informasi lebih detail mengenai calon kamar kost yang dikehendaki.

2. Yukstay.com

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka tinggal di apartemen, maka silakan coba cari kost di yukstay.com. Situs ini merupakan online marketplace yang menyediakan jasa sewa kost di apartemen. Huniannya berlokasi di berbagai gedung apartemen strategis di Jabodetabok. Memberikan kemudahan untuk mendapatkan kamar kost idaman sesuai standar yang kamu tentukan. 
Dengan nge-kost di apartemen, kamu bisa menikmati fasilitasi apartemen mulai dari free maintenance, full furnished, wifi, gym, kolam renang dan kebersihan. Tentu saja lokasinya dijamin strategis dan mudah dijangkau. Menariknya, kamu bisa bayar bulanan. Kalau bayar per 3 atau 6 bulan juga boleh, tetap dapat diskon kok. Kurang enak apalagi coba kalau ngekost di apartemen? Wohooo

3. Babekost.com

Babekost.com merupakan media online yang menyediakan informasi kost, apartemen, villa dan hunian lain secara gratis, mudah dan cepat. Menariknya, situs ini tidak mengenakan biaya sepeser pun untuk pemasangan iklan bagi para pemilik kost. Sementara mereka tetap melakukan promosi seperti biasanya agar babekost.com terus menerus menjadi situs terpercaya dan handal dalam menyampaikan informasi kost yang tersedia.
Maka tidak mengherankan bila babekost.com digandrungi mahasiswa dan para karyawan yang mencari kost-kostan. Mereka mencari kost di babekost.com karena informasi mengenai seisi kost disampaikan secara detail. Enaknya, mereka langsung mencantumkan nomor hape pengelola kost supaya kita bisa langsung terhubung dengan pemiliknya. Jadi kita bisa melakukan nego dan mendapatkan best deal langsung dengan empunya kost. 

4. Cari-kos.com

Ini adalah situs andalannya mahasiswa. Karena ia menyediakan informasi kost tepat di wilayah kampus. Selain itu, harganya cukup terjangkau sesuai kantong mahasiswa. Namun cari-kos.com juga memberikan rekomendasi kamar kost premium. Cocok banget untuk mahasiswa yang memiliki budget lebih untuk nge-kost. 
Deskripsi yang ditampilkan di situs ini diberikan secara lengkap dan jujur. Hal ini dikarenakan informasi disampaikan melalui deskripsi yang ditulis langsung oleh pemilik kostnya. Situs ini juga menampilkan foto kamar kost secara real. 

5. Flokq.com

Flokq.com adalah situs pencari kost yang memberikan informasi tentang hunian kamar sewa untuk kalangan menengah ke atas. Kost yang ditawarkan adalah kost-kost yang berada di apartemen. Flokq.com memberikan informasi yang detail mulai dari ukuran bed, kamar mandi pribadi, ukuran kamar, detail furnitur, dll.
Kamar kost yang ditawarkan di sini tergolong premium. Biaya bulanan yang disetorkan, sudah termasuk jasa kebersihan/minggu dengan penggantian seprai dan handuk, akses acara komunitas, wifi berkecepatan tinggi, perawatan kamar, kebutuhan seperti air minum, tisu, cairan pencuci piring, dll. Waw, kurang nyaman apalagi penawarannya?

6. Sewakost.com

Situs ini cocok untuk kamu yang mencari kost di luar kota-kota besar. Iya, sewakost.com menyediakan informasi kost setiap provinsi, hingga ke kotanya. Selain itu, informasi kost juga dilengkapi dengan peta lokasi yang diintegrasikan dengan Google Maps. Dengan ini kita bisa tahu jarak dari kost ke kampus atau ke tempat kerja. Wuih asyik banget pelayanannya.
Selain itu, sewakost.com memberikan informasi detail mengenai ketersediaan fasilitas kamar, fasilitas bersama serta fasilitas sekitar kost. Jadi kita bisa tahu lebih dahulu bagaimana keadaan di kost dan sekitar kost. Membantu kita banget untuk proses adaptasi saat ngekost nanti.

7. RedDoorz

Kita semua sudah tahu bahwa Reddoorz adalah platform yang menyediakan layanan sewa kamar hotel dengan fasilitas yang lengkap. Keberadaannya sudah dipercaya oleh para penggunanya dari seluruh seantero negeri.

Kabar baiknya, kini Reddoorz melebarkan sayap ke dunia kost-kostan yang tentu saja nggak perlu diragukan lagi. Pasti fasilitas dan pelayanan yang diberikan akan maksimal seperti pelayanan sewa kamar hotel saat kita travelling.
kost-di-reddoorz
Untuk 7 kriteria kamar kost yang ideal dan nyaman versi saya, tentu telah dipenuhi semuanya oleh Reddoorz. Sebab kriteria tersebut adalah standar dalam memberikan layanan kamar kost di Reddoorz. 

Cari Kost di RedDoorz, Paling Recommended!

RedDoorz kini memberikan informasi sekaligus pelayanan mencari kamar kost terbaik di seluruh Indonesia. Menurut saya, ia adalah platform terbaik dalam menyajikan hunian kamar sewa. Hal ini dikarenakan kemudahan dalam mencari kost idaman, tersedianya informasi lengkap mengenai fasilitas, lokasi secara detail dan penawaran harga hingga didapatkan best deals.


a) Kemudahan dalam mencari kost idaman

Kita dimanjakan banget dengan RedDoorz saat memilih kost idaman. Hanya dengan menginstal aplikasi RedDoorz di hapemu, maka kamu bisa langsung mencari kost impianmu.

Caranya mudah banget. Pastikan kamu sudah registrasi atau login. Lalu pilih bagian penawaran “rumah kost”. Selanjutnya pilih lokasi yang dituju serta tentukan jangka waktu nge-kost. Kemudian akan tersaji deretan kamar kost yang siap disewa. Kamu tinggal pilih deh kamar yang sesuai dengan kriteriamu.

b) Fasilitas Lengkap Sesuai Standar

Kost-kost di RedDoorz tentu dilengkapi fasilitas standar kamar penginapan. Mulai dari ketersediaan kasur/bed, lemari, meja-kursi, ac, wifi, televisi, kamar mandi, dll. Yang membedakan fasilitas antara 1 kamar kost dengan kamar lainnya adalah harganya. Tentu saja, harga menyesuaikan dengan kualitas.

Namun tenang saja, kualitas kamar kost beserta fasilitas di dalamnya yang ditawarkan RedDoorz dijamin bagus dan oke. Aman untuk kamar kostmu dalam jangka panjang. Jadi, jangan khawatir!

c) Lokasi Kost Disajikan Secara Detail

Enaknya kita menggunakan RedDoorz adalah mereka menyediakan informasi yang detail banget dengan foto yang real. Kita diberi tahu lokasi persisnya di mana dengan bantuan google maps. Selain itu diinfokan mengenai fasilitas umum di sekitar kost.

e) Bisa Survey Langsung ke Lokasi 

Usai kamu menentukan kamar kost yang dikehendaki, maka selanjutnya kamu tidak perlu terburu-buru membayar uang sewa. Melainkan kamu akan diajak survey langsung ke lokasi untuk mengetahui wujud kamar kost yang sebenarnya, supaya kamu tidak merasa membeli kucing dalam karung. 

Sebab, kamar kost biasanya dihuni dalam jangka waktu lamanya hingga berbulan-bulan lamanya. Maka kenyamanan adalah kunci utamanya. Jadi kamu bisa cek langsung bagaimana kondisi kamar kost yang hendak disewa. Apakah betul-betul sesuai kriteria atau tidak? Kalau sudah sesuai, maka lanjut saja ke pembayaran.
kost-di-reddoorz

e) Penawaran harga terbaik

RedDoorz memberikan penawaran harga terbaik bagi kita para pengguna kost. Tentu saja harga yang ditawarkan adalah berbeda dengan kamar yang disediakan harian. Semakin lama jangka waktu kita ngekost, maka semakin miring pula harga yang ditawarkan. Enak toh? Pokoknya kita membayar kost hingga dapat best deals!

Untuk pembayaran diperlukan DP 10% dari harga yang ditawarkan. Uang muka tersebut dibayarkan melalui RedDoorz sebagai tanda keseriusan kamu ngekost. Selanjutnya pembayaran dapat dilakukan dengan pihak manajemen kost secara langsung ketika kamu sudah siap untuk ngekost.
kost-di-reddoorz

Itulah 5 alasan mengapa RedDoorz adalah platform terbaik untuk mencari kamar kost yang paling enak dan nyaman. Sebab ia akan membersamaimu menemukan kamar kost sesuai kriteriamu dengan layanan yang amat memanjakanmu.

Jadi, kapan nih kamu mulai ngekost? Jangan lupa ajak kawan lainnya biar bisa tinggal di lantai yang sama, hehe. Juga supaya betah tinggal di kost hingga bertahun-tahun, hehe 💕

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar