Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teks MC Seminar Online, Acara Formal 2 Hari

Assalamualaikum wr wb

Besok pagi saya jadi MC untuk acara seminar online. Mendadak lagi. Baru dikabari tadi siang. Fiuh. Ya sudahlah. Sikat aja. Hitung-hitung pengalaman.

Seperti yang sudah-sudah, menjadi MC itu butuh persiapan. Persiapan utamanya adalah naskah atau teks. Saya kalau nggak bikin teks-nya dulu ya bakalan gelagapan.

Kalau saya sudah menyusun naskah, menandakan bahwa saya sudah mempelajarinya dan menyiapkannya. Intinya saya sudah siap untuk mempersembahkan yang terbaik meski entah bagaimana hasilnya, haha. 

Ini memang bukan pertama kali saya menjadi MC untuk seminar online. Sudah kedua kalinya di masa pandemi. Sebelumnya saya juga bikin naskah MC seminar online, hoho. Memang ya, saya tipe orang yang harus bersiap betul-betul supaya bisa menampilkan yang terbaik.

Naskah MC Formal

Acara seminar, termasuk seminar online itu pasti membutuhkan MC formal. Biasanya tetap ada kegiatan menyanyikan lagu Indonesia Raya loooh. Ini salah satu acara wajib di seminar meskipun diadakan secara online. Ya iya, hadirin berdiri. Menghormati bendera merah putih.

Kali ini, saya memandu acara seminar online yang merupakan acara formal. Acaranya diselenggarakan 2 hari. Mendatangkan 6 narasumber dengan 3 moderator.

Mereka adalah para doktor-doktor yang mau mengkaji dan sharing tentang peningkatan kualitas publikasi mahasiswa melalui pelatihan penulisan artikel ilmiah.

Di sini ada moderator juga. Acara inti dipandu oleh moderator. Jadi, nanti saya ada adegan untuk menyerahkan acara inti kepada moderator. Alhamdulillah bisa leyeh-leyeh. Nggak harus fokus mantengin laptop, haha.

Berhubung saya sedang bikin naskah MC formal untuk seminar, ya sekalian ajalah ya saya upload. Kali aja teman-teman juga butuh. Tinggal ganti beberapa yang harus diganti kok, seperti judul acaranya, serta nama-nama orang penting.

teks-mc-seminar-online-formal

Teks MC Seminar Online

[Pembukaan]

Assalamualaikum wr wb

Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua

Shalom, om swasiastu, namo budaya, salam kebajikan

Yth. Bapak Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.S selaku Direktur Pascasarjana Universitas Jember

Yth. Dr. Ir. Sugeng Winarso, M.Si selaku wakil direktur 1 Pascasarjana Universitas Jember

Yth. Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S. H., M.Hum selaku wakil direktur 2 Pascasarjana Universitas Jember

Yth. Ibu Dr. Drg. Banun, M. Kes selaku Ketua Pelaksana

Yth. para narasumber sekalian, antara lain 

  • Bapak Prof. Bambang Kuswandi
  • Bapak Tantut Susanto, Ph. D
  • Bapak Bayu Taruna, Ph. D
  • Bapak Khoirul Anam, Ph. D
  • Ibu Siti Masrifatul Fitriyah, Ph. D
  • Ibu Erlia Narulita, Ph. D
Yth. para moderator sekalian, antara lain:
  • Bapak Tri Handoyo, Ph. D
  • Bapak Wahyu Indra, Ph. D

Serta Yth. Bapak Ibu peserta webinar pada pagi hari ini yang berbahagia.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan, karena berkat rahmat-Nya, kita diberi kesempatan untuk menimba ilmu bersama-sama dari para narasumber yang luar biasa ini, yang dilakukan secara virtual. Semoga kita tetap sehat selalu.

Dalam 2 hari ke depan, kita akan mengikuti serangkaian acara webinar, yang berjudul Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah.

Berikut ini saya bacakan susunan acaranya:

  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas Jember
  3. Sambutan
  4. Pembacaan doa
  5. Pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab
  6. Klinik Manuskrip
  7. Penutup

Memasuki agenda selanjutnya, yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Univ. Jember. Para hadirin dimohon berdiri.

[Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne UNEJ]

Hadirin disilakan duduk kembali.

Selanjutnya, sambutan. 

Sambutan akan disampaikan oleh Ibu Dr. Drg. Banun, M. Kes  selaku ketua pelaksana kegiatan seminar kali ini. Kepada yang terhormat, disilakan.

[Sambutan oleh Ketua Pelaksana]

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, sambutan akan disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.S selaku Direktur Pascasarjana Universitas Jember. Kepada yang terhormat, disilakan.

[Sambutan oleh Direktur]

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya, pembacaan doa. Kepada Bapak Imam Bukhori, disilakan

[Pembacaan doa]

Kami sampaikan terima kasih.

Selanjutnya memasuki acara inti, yaitu pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

Pemaparan materi akan disampaikan dalam 3 sesi dengan 6 topik yang berbeda, dan 6 narasumber yang luar biasa. Sebelumnya, izinkan saya membacakan terlebih dahulu topik yang akan dikaji dalam seminar ini.

Sesi 1.

  • Materi 1: Menulis manuskrip berkualitas bidang Saintek, 
  • Dipaparkan oleh Prof. Bambang Kuswandi
  • Materi 2: Menulis manuskrip berkualitas bidang sosial
  • Dipaparkan oleh Bapak Tantut Susanto, Ph. D
  • Sesi 1 akan dimoderatori oleh Bapak Tri Handoyo, Ph. D

Sesi 2.

  • Materi 3: Sitasi dan penggunaan software sitasi 
  • Dipaparkan oleh Bapak Bayu Taruna, Ph. D
  • Materi 4: Teknik parafrase
  • Dipaparkan oleh Ibu Siti Masrifatul Fitriyah, Ph. D
  • Sesi 2 akan dimoderatori oleh Bapak Wahyu Indra, Ph. D

Sesi 3.

  • Materi 5: Plagiarisme dan turnitin
  • Dipaparkan oleh Bapak Khoirul Anam, Ph. D
  • Materi 6: Target jurnal dan tujuan submission
  • Dipaparkan oleh Ibu Erlia Narulita, Ph. D
  • Sesi 3 akan dimoderatori oleh Bapak Wahyu Indra Ph. D

Baik, mari kita memasuki pemaparan materi sesi 1, yang akan dimoderatori langsung oleh Bapak Tri Handoyo, Ph. D selama 3 jam ke depan hingga pukul 12 siang.

Kepada Bapak Tri Handoyo, disilakan.

[Acara inti sesi 1, dipandu oleh moderator]

Iya terima kasih Prof Bambang dan Pak Tantut atas pemaparan materinya. Luar biasa sekali. Banyak insight-insight baru yang saya dapat untuk bisa ahli menulis artikel ilmiah. 

Terima kasih juga kepada Pak Tri Handoyo yang telah memandu jalannya pemaparan materi dan diskusi di sesi 1 kali ini.

Sekarang kita sudah memasuki pukul 12 siang. Waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak, menunaikan hajat perut dan kewajiban sholat dhuhur. Kami memberikan waktu ishoma selama 1 jam hinggal pulul 1 siang. Kami harap teman-teman sudah kembali pukul 12.45 karena acara akan dilanjutkan pada pukul 1 siang.

Yak, sampai jumpa lagi pukul 1 siang.

[ishoma]

Sudah memasuki pukul 1 siang, saatnya kita melanjutkan acara seminar yang berjudul Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah.

Kali ini kita memasuki pemaparan materi sesi 2, yang akan dimoderatori langsung oleh Bapak Tri Handoyo, Ph. D selama 3 jam ke depan hingga pukul 4 sore.

Kepada Bapak Tri Handoyo, disilakan.

[Acara inti sesi 2, dipandu oleh moderator]

Iya, terima kasih Bapak Bayu dan Ibu Siti atas pemaparan materinya. Saya menjadi tahu bagaimana penerapan sitasi dan cara mem-parafrase untuk menulis artikel ilmiah.

Terima kasih juga kepada Pak Tri Handoyo yang telah memandu jalannya pemaparan materi dan diskusi di sesi 2 kali ini.

Untuk hari ini, mari kita cukupkan pada 2 sesi atau 4 materi. Sementara itu, untuk materi ke-5 dan ke-6 tentang plagiarisme, turnitin, target jurnal dan tujuan submission, kita lanjutkan esok hari. 

Alhamdulillah, telah banyak ilmu yang kita dapatkan hari ini. Terima kasih banyak kepada narasumber, moderator serta para peserta yang telah menyimak acara dari awal sampai hingga sore hari ini. 

Tentu saja, para pembelajar tidak akan pernah puas untuk menimba ilmu. Ia memiliki jiwa yang haus akan ilmu pengetahuan. Ia akan terus belajar hari ini dan esok hari.

Jadi, pastikan besok kita berjumpa lagi untuk melanjutkan pembelajaran kita bersama para narasumber yang luar biasa.

Besok, seminar akan dilanjutkan pada pukul 8 pagi. Diharapkan teman-teman sudah memasuki seminar, 15 atau 30 menit sebelumnya, yaitu pada pukul 07.30 pagi. 

Semoga besok kita berjumpa dalam keadaan sehat wal afiat dan bahagia.

Terima kasih.

Akhirul kalam, wassalamualaikum wr wb

[Acara hari ke-1 selesai]


[Lanjutan acara hari ke-2]

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua

Shalom, om swasiastu, namo budaya, salam kebajikan

Semoga kita selalu diberkahi keselamatan dan keberkahan. Aamiin... 

Sebelumnya, perkenalkan saya Rhoshandhayani, yang akan memandu jalannya acara pada pagi hari ini hingga sore hari nanti.

Alhamdulillah, hari ini kita dapat berkumpul kembali secara virtual, untuk melanjutkan pembelajaran kita, dalam sebuah seminar, yang berjudul Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, yang diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Jember

Kemarin, Selasa 20 Oktober 2020, kita sudah mendapatkan banyak ilmu dari 4 narasumber yang luar biasa. Kemarin kita belajar tentang cara menulis manuskrip berkualitas di bidang saintek dan sosial, diberi tahu tips dan trik dalam membuat manuskrip mulai dari pemilihan judul, pembuatan abstrak, hingga IMRAD dan seterusnya.

Kemarin kita juga belajar tentang bagaimana memanfaatkan sitasi, penggunaan sitasi melalui software mendeley, yang itu sangat memudahkan kita untuk merujuk suatu pustaka. 

Juga kita kemarin belajar tentang bagaimana cara memparafrase yang benar. Jadinya saat menulis dari sumber rujukan itu nggak sama persis, melainkan mengolah kalimat menurut pemahaman kita. Wuah kemarin banyak ilmu yang bisa kita dapatkan.

Nah, hari ini, Inshaa Allah juga akan banyak ilmu yang kita dapatkan. Hari ini spesial kedatangan narasumber yang luar biasa kece, yaitu Ibu Erlia Narulita, Ph. D dan juga Bapak Khoirul Anam, Ph. D. 

Materi yang dibahas hari ini adalah tentang target jurnal dan tujuan submission, yang akan dikupas tuntas oleh Ibu Erlia Narulita, Ph. D. Setelah itu, kita akan menyimak materi plagiarisme dan turnitin yang akan dibahas secara detail oleh Bapak Khoirul Anam, Ph. D.

Kedua materi kali ini penting banget ya buat kita sebagai mahasiswa, yang secara akademisi dituntut untuk melahirkan jurnal nasional maupun internasional.

Sesi kali ini, akan dipandu oleh seorang moderator yang keren banget, yaitu Bapak Wahyu Indra D. Fananta, Ph. D. selama 3 jam ke depan hingga pukul 11 siang. Kepada Bapak Wahyu Indra, disilakan.

[Acara inti sesi 3, dipandu oleh moderator]

Iya terima kasih Pak Khoirul Anam dan Ibu Erlia atas materinya. Wuah kami jadi tahu banyak tentang bahayanya plagiarisme, dan juga tahu bagaimana membidik jurnal yang tepat sesuai manuskrip kita. 

Terima kasih juga kepada Bapak Wahyu Indra yang telah memandu acara sesi 3 dengan baik.

Sekarang kita sudah memasuki pukul 11 siang. Waktu yang tepat untuk beristirahat sejenak, menunaikan hajat perut dan kewajiban sholat dhuhur. Kami memberikan waktu ishoma selama 1 jam hingga pukul 12 siang. 

Namun sebelum itu, saya hendak mengingatkan untuk teman-teman peserta agar menyiapkan manuskrip yang akan dikonsultasikan di klinik manuskrip. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Kita bisa bedah naskah bareng-bareng bersama para pakar. Supaya manuskrip kita bisa tembus jurnal nasional dan jurnal internasional.

Nanti pendampingan akan dilakukan oleh 3 pakar terbaik yang dimiliki Universitas Jember. Yaitu Prof Bambang, yang akan mendapingi mahasiswa Magister IKM dan Magister IPS. Ada juga Bapak Tantut, Ph. D untuk pendampingan mahasiswa Doktoral Ekonomi, Magister Hukum dan Magister Kenotariatan. Serta akan ada Ibu Erlia, Ph. D untuk pendampingan manuskrip mahasiswa Magister Bioteknologi dan mahasiswa Magister IPA.

Detail mengenai kelompok pendampingan akan dishare-screen saat kita jeda atau ishoma.

Jadi, silakan beristirahat sejenak. Acara akan dilanjutkan pada pukul 12 siang. Kami harap teman-teman sudah kembali pada pukul 11.45 karena acara akan dilanjutkan pada pukul 12 siang. 

Yak, sampai jumpa lagi pukul 12 siang.

[ishoma]

Sudah memasuki pukul 12 siang, saatnya kita melanjutkan acara seminar yang berjudul Peningkatan Kualitas Publikasi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, yang diadakan oleh 

Sebelumnya, kita telah mendapatkan banyak sekali pengetahuan tentang segala hal yang terkait dengan penulisan artikel ilmiah, termasuk tips menentukan target jurnal, dsb. 

...dan yang namanya belajar itu akan lebih paham atau nyantol kalau kita praktek ya. Kalau praktek pun, paling enak apabila didampingi ya. Bisa mengonsultasikan kendala kita selama ini apa. Apalagi paling mantap, kalau dibedah satu persatu. 

Maka dari itu, siang ini kita akan masuk ke klinik manuskrip. Bedah manuskrip bersama para ahli yang sudah berpengalaman. Akan dikupas satu persatu manuskrip kita. Supaya bisa menghasilkan artikel terbaik, supaya bisa tembus jurnal nasional maupun internasional.

Klinik manuskrip akan dibedah oleh 3 pakar terbaik, yang terbagi dalam 3 sesi, akan dibahas secara bergiliran, menurut masing-masing keilmuan atau bidang.

Saya bacakan dulu ya, pembagian kelompoknya.

Sesi pertama, untuk mahasiswa Magister IKM dan Magister IPS, akan didampingi oleh Prof Bambang Kuswandi. Dimulai pukul 12 siang hingga pukul 1 siang.

Lalu sesi kedua, untuk mahasiswa Doktoral Ekonomi, Magister Hukum dan Magister Kenotariatan, akan didampingi oleh Bapak Tantut Susanto, Ph. D. Dimulai pukul 1 siang hingga pukul 2 siang.

Lalu sesi ketiga, untuk mahasiswa Magister Bioteknologi dan mahasiswa Magister IPA, akan didampingi oleh Ibu Erlia Narulita, Ph. D. Dimulai pada pukul 2 siang hingga 3 sore.

Kepada teman-teman, silakan disiapkan manuskripnya. Siapkan pertanyaannya. Mari kita bedah manuskrip sampai nglontok mumpung ada kesempatan untuk konsultasi. 

Seluruh sesi klinik manuskrip, masih didampingi oleh moderator yang sama, yaitu Bapak Wahyu Indra Duwi Fananta, Ph. D, selama 3 jam ke depan hingga pukul 3 sore. Kepada Bapak Wahyu Indra, disilakan.

[Sesi Klinik Manuskrip]

Iya... Terima kasih Prof Bambang, Bapak Tantut dan juga Ibu Erlia atas pendampingannya. Terima kasih atas kesediaannya membedah manuskrip kami. Mahasiswa itu memang butuh banget konsultasi, butuh banget masukan untuk manuskrip. Karena kadang itu kita mentok ya... ini artikel mau diapain lagi... kurangnya di mana... mana yang salah... mana yang harus diperbaiki...

Dan memang kita butuh banyak pandangan ya, apalagi dari yang berpengalaman. Wuah, bagai mendapatkan secercah harapan. Kita kan jadi semangat yaa, untuk ngedit artikel kita, nulis manuskrip lagi, upload ke jurnal, revisian, dll. 

Semoga api semangat kita nggak pernah padam yaa, aamiin...

Terima kasih juga kepada Bapak Wahyu Indra, telah memandu jalannya acara hari ini dengan baik.

Terima kasih juga kepada Ibu Banun dan tim pascasarjana yang telah menyelenggarakan acara seminar yang luar biasa kali ini. Semoga, acara serupa bisa diadakan lagi, namun dalam keadaan yang aman dan kondusif. Semoga pandemi segera berlalu dan kita sehat selalu.

Dan terakhir, terima kasih banyaaak, untuk teman-teman peserta seminar, yang telah mengikuti acara webinar ini, mulai kemarin hingga sore ini. Kalian luar biasaaa.

Berbekal materi dari acara seminar ini, semoga kita dapat melahirkan banyak artikel ilmiah berkualitas, yang masuk ke dalam jurnal nasional maupun internasional, untuk membanggakan almamater kita tercinta. Aamiin ya robbal alamin.

Terima kasih kepada bapak ibu narasumber, moderator, serta teman-teman yang telah mengikuti jalannya acara selama 2 hari ini. Kalian luar biasa. Semoga kita dapat berjumpa di lain waktu yang lebih membahagiakan.

Saya mewakili panitia yang bertugas, menyampaikan mohon maaf atas salah kata dan perbuatan.

Akhir kata, terima kasih dan wassalamu alaikum wr wb

[Seminar selesai]

--

Nah, itulah naskah MC seminar yang akan saya pandu esok hari. Alhamdulillah banyak banget ya. Ini hampir 1800 kata. Ya gimana ya. Acaranya 2 hari. 3 sesi pemaparan materi plus klinik manuskrip. Puas banget dong. Haha

Semoga acara besok dilancarkan yaaa. Ngomongnya dienakkan, dilancarkan, difasihkan. Juga semoga saya bisa menyerap ilmu banyak-banyak. 

Buat teman-teman, disilakan banget yaa untuk mengadaptasi naskah MC ini untuk kegiatan acara formalmu saat kamu menjadi MC. Diatur aja sedemikian rupa. Sesuaikan dengan acaramu. 

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Teks MC Seminar Online, Acara Formal 2 Hari"