Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Naskah MC Acara Seminar Formal, Lengkap dengan Teks

Assalamualaikum wr wb

Besok siang saya jadi MC. MC acara seminar yang diselenggarakan secara online. Orang-orang menyebutnya webinar.

Menjadi MC itu juga butuh persiapan. Persiapan utamanya adalah naskah. Iya, butuh naskah MC supaya acara berlangsung dengan baik.

Ya tentu saja, kita enggak bisa membaca naskahnya secara full. Minimal, ditulis inti-inti acaranya dan siapa saja Yth-Yth serta narasumber acara.

Tapi, buat saya yang masih newbie menjadi MC, perlu banget menyusun naskah MC. Menulis kata demi kata supaya kalimat yang keluar itu teratur. Enggak belepotan.

Tadinya sih, saya mau latihan langsung aja tanpa nulis naskah, tapi kok ya belepotan tak tentu arah.

Juga, tadinya mau nulis tapi pake tulisan tangan. Tapi kok ya enggak teratur tulisannya. Banyak yang dicoret-coret, haha.

Jadinya, nulis aja di blog. Sekaligus jadi konten, hehe. Pun kalau ada yang salah-salah kata, bisa langsung dihapus. Hehe, lumayan banget.

poster-seminar-unej-literasi-keberlanjutan

Naskah MC Formal

Acara seminar itu tentu membutuhkan MC formal. Saya belum pernah sih jadi MC untuk acara non formal, yang santai-santai gitu. Saya agak kaku soalnya. Bingung bagaimana cara mencairkan suasana.

Nah, kebetulan, kali ini saya memandu acara seminar yang merupakan acara formal. Dihadiri oleh 5 narasumber. Mereka adalah para doktor-doktor yang mau mengkaji dan sharing tentang literasi terhadap masa depan yang berkelanjutan.

Di sini ada moderator juga. Acara inti dipandu oleh moderator. Jadi, nanti saya ada adegan untuk menyerahkan acara inti kepada moderator. 

Berikut ini, adalah teks atau naskah MC formal untuk acara saya besok. Saya tulis lengkap dengan nama-nama orang penting terkait acara seminar besok, hahaha, karena ini emang naskah saya besok.

Naskah MC Seminar

Assalamualaikum wr wb
Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua
Shalom, om swasiastu, namo budaya, salam kebajikan

Yth. Bapak Prof. Rudi Wibowo selaku Direktur Pascasarjana Univ. Jember
Yth. Ibu Dr. Luh Putuh Suciati selaku kaprodi MPSDAP/AL Pascasarjana Univ. Jember
Yth. para narasumber sekalian, antara lain 
        Bapak Dr. Wahyu Surakusumah
Bapak Dr. Fuad Muhammad
Bapak Dr. Tjahjo Tri Hartono
Bapak Dr. Rifqi Arib
Ibu Dr. Elida Novita

Serta Yth. Bapak Ibu peserta webinar series pada siang hari ini yang berbahagia.

Alhamdulillah, puji syukur kita panjatkan, karena berkat rahmat-Nya, kita masih bisa berkumpul untuk bersama-sama menimba ilmu dari para narasumber yang luar biasa ini, meski harus dilaksanakan secara online. Semoga kita tetap sehat selalu.

Acara ini merupakan acara pertama dari serangkaian webinar yang akan diselenggarakan oleh Prodi MPSAP/AL Pascasarjana Unej. 

Webinar series #1 ini, mengusung tema: Sustainable Development Talk, Increasing Sustainability Literacy Toward Sustainable Future

Berikut ini saya bacakan susunan acaranya:
  1. Pembukaan
  2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Univ. Jember
  3. Sambutan
  4. Pembacaan doa
  5. Pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab
  6. Penutup

Memasuki agenda selanjutnya, yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya dan hymne Univ. Jember. Para hadirin dimohon berdiri.

Selanjutnya, sambutan. Sambutan akan disampaikan oleh Bapak Profesor Rudi Wibowo selaku direktur pascasarjana. Disilakan.

Selanjutnya, pembacaan doa. Kepada saudara Ahmad Habib, disilakan

Selanjutnya memasuki acara inti, yaitu pemaparan materi oleh panelis sekaligus diskusi dan tanya jawab… yang dipandu secara langsung oleh Ibu Dr. Luh Putu Suciati selaku moderator. Kepada Ibu Luh Putu, disilakan.

Alhamdulillah, kita telah sampai di penghujung acara. Terima kasih banyak kepada narasumber, moderator serta para peserta yang telah menyimak acara dari awal sampai akhir. Semoga banyak ilmu yang didapat untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Oh ya, jangan lupa bahwa acara give away kami masih berlangsung. Ada gopay 50.000 untuk peserta yang upload foto terbaik saat webinar. Foto diunggah di medsos pribadi dan mention medsos prodi, boleh di Fb maupun ig. Facebook: Psdal Unej dan ig: mpsdap_unej

Saya mewakili panitia yang bertugas, menyampaikan mohon maaf atas salah kata dan perbuatan.

Akhir kata, terima kasih dan wassalamu alaikum wr wb
--

Nah, itulah naskah MC seminar yang dipandu oleh saya besok siang. Semoga acara dilancarkannya yaa.. Aamiin

Oh ya, berhubung acaranya via Zoom ya, yang saya pakai kamera laptop untuk video, sepertinya saya akan membaca naskah ini aja yang ditampilkan di laptop, hehe. 

Toh, saya enggak screen sharing, cuma muka aja yang dishoot. Juga, layar zoom kan bisa diminimize, jadi naskah MC bisa kelihatan. Saya bisa baca, hehe.

Buat teman-teman, disilakan banget untuk mengadaptasi naskah MC ini untuk kegiatan acara formalmu saat kamu menjadi MC. Diatur aja sedemikian rupa. Sesuaikan dengan acaramu.

Semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

7 comments for "Naskah MC Acara Seminar Formal, Lengkap dengan Teks"

  1. Alhamdulillah, terima kasih banyak telah berbagi ilmu ini. Sangat membantu~

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak mbak sangat membantu untuk saya menjadi MC di acara webinar kampus terimakasih

    ReplyDelete
  3. terima kasih ka, sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Posisi yang sama di acara yang sejenis. Terimakasih banyak sudah membantu 😄

    ReplyDelete