Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan

Agar mobil tetap nyaman kala dipakai berkendara. Maka, kita mesti mengatur perawatan mobil manual dan matic secara teratur dan terjadwal. 

Ya, merawat mobil ini memang menjadi kewajiban untuk pemilik kendaraan supaya mobil tetap nyaman dan aman ketika kita pakai berkendara. Bisa saja, mobil terlihat baik-baik saja. Akan tetapi, ada kehancuran di unsur komponen mesin mobil.

Mobil Itu Aset Penting Jangka Panjang yang Harus Dirawat

Mobil salah satu asset yang berharga untuk kita, karena fungsinya yang vital dalam aktivitas sehari-hari untuk bepergian, bekerja, dan sebagainya. 

Maka diperlukan perawatan yang bisa menjadikan mobil kita tahan lama untuk dipakai jangka panjang. Pengeluaran pun akan lebih hemat dan efisien untuk digunakan hal yang lain.

Sehingga bisa membahayakan kita ketika dipakai berkendara. Bagi itu, menyerahkan perawatan guna mobil ini wajib dilaksanakan secara berkala. Minimal satu kali dalam satu bulan. 

Apabila kita terlambat untuk melakukan perawatan pada mobil favorit kita. Bisa jadi, mobil kita mengalami kehancuran/kerusakan yang tidak kita sadari penyebabnya.

tips-merawat-mobil

5 Tips Perawatan Mobil Agar Tetap Aman dan Nyaman Saat Digunakan Berkendara

Untuk merawat situasi mobil supaya tetap prima ketika digunakan. Maka, kita bisa merawat mobil secara berdikari dirumah. Akan tetapi, terdapat baiknya untuk membawa mobil ke bengkel mobil terdekat. 

Sebab, dengan pertolongan montir bengkel kawakan ini dapat menolong memberikan treatment yang sesuai untuk mobil kita.

Untuk itu, terdapat 5 tips dalam menyerahkan perawatan mobil yang mesti kita ketahui. Diantaranya ialah sebagai sebagai berikut :

1. Mengganti Air Radiator Secara Berkala

Salah satu penyebab mobi kita kerap merasakan overheating atau suhu mobil gampang panas ini diakibatkan oleh situasi air radiator yang tidak cukup dari kadarnya. 

Akibatnya, radiator tidak dapat meredam suhu panas mobil. Karena tidak terdapat air yang disemprotkan ke unsur mesin mobil. Untuk menangkal overheating.

Kelemahan kita saat mengendarai mobil adalah terlena dengan kondisinya yang kelihatan fit atau sehat, lalu dibawa jalan jauh dan lupa mengontrol air radiator. 

Yaps, bisa dipastikan mobil kita mogok karena overheat dan membuat perjalanan kita sangat terganggu. Mobil yang overheat tidak bisa langsung kalian gunakan karena harus menunggu mesin cooldown terlebih dahulu.

Maka, kita wajib memeriksa dan mengubah air radiator secara rutin. Di samping itu, kita pun dapat memakai air radiator khusus laksana air coolant radiator atau radiator super coolant untuk mengawal kestabilan suhu mesin mobil.

2. Memeriksa Kampas Kopling dan Rem

Biasanya, sebelum mengemudikan mobil guna bepergian jauh. Maka, empunya wajib mengecek kelayakan mobil sebelum berkendara. Apabila kita hendak kendaraan tetap prima ketika digunakan. 

Kita pun wajib mengecek kelayakan mobil minimal satu kali dalam sebulan. Pengecekan kelayakan mobil ini dengan teknik memeriksa kampas kompling dan rem.

Tidak bisa dibayangkan si ya, jika kampas kopling dan rem kita habis lalu dibawa bepergian jarak jauh. Bukan hanya mobil, hal itu sangat mengancam keselamatan kita atau penumpang yang sedang di dalam mobil. Oleh sebab itu, jangan sampai lupa ya dengan hal ini.

Kampas kopling ini bermanfaat untuk memudahkan kita mengolah posisi persneling mobil. Sedangkan, kampas rem ini bermanfaat untuk menyerahkan pelumasan pada unsur rem mobil supaya komponen pengereman tetap bermanfaat setiap digunakan.

3. Mengecek Tekanan Ban Mobil

Terkadang, masalah desakan ban mobil berlebih atau tidak cukup ini dapat memunculkan masalah. Salah satunya ialah terasa goncangan-goncangan yang lumayan mengganggu. Sehingga, kita wajib memeriksa tekanan ban mobil sebelum digunakan. 

Sebab, bilamana membiarkan desakan ban mobil berlebih ataupun kurang. Maka, terdapat rasa ketidaknyamanan ketika berkendara. Khususnya guna perjalanan jauh.

Sebagian besar pengendara mobil pasti pernah mengalami hal ini karena banyak faktor yang bisa menyebabkan ban bermasalah dan tidak akan dibahas disini. Alangkah baiknya jika kita berpergian jauh membawa alat-alat dan ban serep untuk antisipasi kalau hal yang tidak diinginkan terjadi.

4. Selalu Mengecek Kadar Oli Mesin dan Oli Transmisi

Cara merawat mobil kita dirumah maupun di bengkel mobil terdekat ini ialah dengan memeriksa kadar oli mesin dan oli transmisi. Sebab, memeriksa oli mesin dan oli transmisi ini sangatlah penting.

Kamu tahu tidak? Banyak sekali permasalahan mobil di bengkel, hanya karena telat mengganti oli mesin dan oli transmisi. Seharusnya jika kita sayang dengan mobil kita, hal vital seperti ini menjadi perhatian utama untuk mobil kita. 

Resiko terbesar kalau kita mengabaikan 2 oli ini maka bisa dipastikan umur mobil kita pendek karena akan cepat turun mesin.

Apabila kadar oli mesin dan oli transmisi ini tidak cukup dari kapasitas saja. Seperti halnya kapasitas oli Mesin Avanza 1300. Hal ini dapat menyebabkan kehancuran pada komponen mesin dan transmisi persneling mobil matic dan juga mobil manual. 

Cara memeriksa kadar oli mesin dan oli transmisi ini sangatlah mudah. Kita cukup membuka deep stick oil tank mobil.

5. Mengecek Kondisi Aki

Perawatan mobil selanjutnya ialah mengecek kondisi aki. Biasanya, hanya montir bengkel yang mengetahui kondisi aki mobil. Sebab, semua montir bengkel terlatih untuk mengetahui teknik mengetes kondisi aki. Apakah masih layak dipakai atau harus diganti dengan aki mobil baru.

Mobil mati dan tiba-tiba tidak bisa distarter. Masalah yang sering kali bikin kita pusing di jalanan. Kalau mau dorong jauh dan tidak tau bengkelnya di mana, serba salah kan?

Maka solusinya kita harus menyediakan cadangan aki di dalam mobil dan membawa alatnya  untuk antisipasi kalau akinya “soak”.

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Menyemprot Cairan Anti Karat Pada Body Mobil

Teknik merawat mobil yang jarang dipakai supaya tetap tampak “kinclong” adalah dengan memberikan cairan anti karat pada body mobil. Cairan anti karat ini paling ampuh mengatasi body mobil dari jamur dan karat. Sehingga, tampilan body tetap terlihat mengkilap.

Ini sangat membantu untuk kita terutama para pencinta mobil “antik”. Cairan anti karat pasti kebutuhan wajib. Selain itu, cairan ini juga sangat berpengaruh untuk kesehatan pemiliknya karena kalau mobilnya karatan atau berjamur akan berdampak pada imun tubuh.

Memberikan perawatan mobil ini memang wajib dilaksanakan oleh empunya kendaraan. Agar situasi mobil tetap prima saat dipakai berkendara. Maka, empunya harus membawa mobil ke bengkel terdekat untuk mengecek situasi mobil dan pun memberikan tidak banyak tips guna merawat mobil dirumah.

Kesimpulan Tips Merawat Mobil

Jadi sudah tahu kan cara merawat mobil secara baik dan benar. Sayangilah mobil kita karena itu merupakan asset yang menunjang keseharian. Terutama yang sehari-harinya selalu memakai mobil pasti sangat terasa sekali bedanya jika mobil kita rusak dan tidak bisa dipakai. 

Di tengah pandemi ini juga mobil menjadi salah satu solusi untuk bepergian karena tertutup dan tidak akan kontak langsung dengan pengguna jalan lain.


Guest post by Aditya Darmawan

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for " Tips Merawat Mobil Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan"