Persiapan Seminar Motivasi

Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah hari ini saya berkesempatan untuk membawakanacara seminar motivasi. Membawakan acara ya, bukan mengisi acara. Haha.

Kesempatan ini datangnya dari Ayah. Menjadi kepala sekolah,berarti punya hak kebebasan untuk memberikan inovasi terhadap sekolahnya.

Waktu itu saya ikut sumbang ide, untuk mendatangkan orang-oranghebat yang bisa memotivasi anak-anak. Supaya murid-murid mendapatkan contohnyata orang-orang yang sukses dengan dirinya. Supaya murid-murid mengerti bahwakesuksesan itu datang dari belajar, berusaha dan giat bekerja.

Eh ternyata ide saya itu dicerna baik-baik oleh Ayah dandieksekusi dong.

seminar-motivasi

Awalnya Ayah minta saya dan Adek untuk ngasih motivasi. TapiAdek nggak bisa, lagi sibuk. Lalu Ayah minta saya saja yang ngasih motivasi, ohtidak bisa. Saya siapa kok bisa-bisanya ngasih motivasi? Hahaha. Belum pantaslah.

Biar saya ajak kawan aja. Teman saya yang ngisi materi, sayabagian pembuka dan penutup sekaligus ngasih icebreaking. Yaa sama diselipindengan ngasih semangat belajar dan motivasi dikit-dikit laaah.

Agak bingung sih mau ngajak siapa sebagai pemateri utama. AwalnyaPupus Ardhi, teman SMA yang kuliah di STAN Jakarta. Tapi ternyata dia kuliahdan hari Sabtu ada kuliah pengganti. Lalu saya hubungi Imas, teman SMA juga,yang bilangnya pengangguran padahal freelance kontraktor. Tapi ternyata di lagiPacitan.

Wuah makin bingung dong. Ini siapa yang bisa diajak. Nggakmungkin dong nekat datang sendirian. Terus tiba-tiba kepikiran Mas Dondik.Alhamdulillah beliau bisa… Huhuuu…

seminar-motivasi-smp

Dan hari ini saya mau latihan ngomong. Merencanakan dulunanti mau ngomong apa. Hahaha.

Persiapan Seminar Motivasi

Assalamualaikum wr wb (ngomong dengan lantang)

Selamat pagi

Kalau saya bilang Selamat pagi, maka kalian harus menjawabdengan lantang “pagi pagi pagi”. Tangannya dikepalkan ke atas. Tanda kalaukalian semangat.

Ayok. Jangan malu-malu. Ayo percaya diri. Lepaskan semuabeban, semua resah. Masih pagi maka semangatnya harus maksimal.

Ingat yaaa, kalau saya bilang Selamat pagi, maka kalian menjawab“pagi pagi pagi”

Luar biasaa…

Apa kabar?

Kalau saya bertanya apa kabar, maka kalian harus menjawabjuga dengan lantang: Alhamdulillah, luar biasa, Allahu akbar. Menunjukkan bahwakalian bersyukur diberi nikmat sehat hari ini, diberi kesempatan bernafas danhadir hari ini, dan itu tak lepas dari kuasa-Nya.

Diingat yaa, kalau saya tanya: Apa kabar? Kalian menjawab:Alhamdulillah, luar biasa, Allahu Akbar!

Alhamdulillah… semoga kita sehat selalu dan berada dalam lindungan-Nya.

Perkenalkan, nama saya Rhoshandhayani Koesiyanto Taslim.Kalian boleh memanggil saya: Mbak Rhosha. Saya seorang mahasiswa, S2, diUniversitas Jember. Saya juga seorang blogger. Dan hari ini saya bertindaksebagai pengantar.

Mengantarkan seseorang yang hebat untuk berbagi cerita danpengalamannya yang menginspirasi, untuk disampaikan kepada kalian. Supaya adik-adikdi MTsN 3 Lumajang, sukses dengan menggenggam erat impiannya.

Sebelum saya menghadirkan orangnya, saya mau melakukanpemanasan dulu dengan adik-adik. Saya ingin tahu seberapa fokus adik-adik hariini.

Akan ada 4 warna yang saya bawa. Merah. Kuning. Hijau. Dan Biru.Kalau saya bilang merah, maka kalian harus tepuk 1 kali. Kalau saya bilangkuning, maka kalian harus tepuk tangan 2 kali. Kalau saya bilang hijau, makakalian harus tepuk tangan 3 kali. Dan kalau saya bilang biru, maka kalian harusbertepuk tangan dengan bahagia.

Ingat ya. Merah, 1 kali. Kuning, 2 kali. Hijau, 3 kali.

Saya coba ya. Merah. Merah. Merah. Kuning. Kuning. Kuning.Hijau. Hijau. Hijau. Merah. Kuning. Merah. Kuning. Merah. Kuning. Kuning.Hijau. Hijau. Merah. Kuning. Hijau. Biru.

Yey, kalian hebat sekali. Tapi saya masih belum puas melatihkonsentrasi kalian. Kita naik ke permainan yang levelnya lebih tinggi daripadatepuk warna tadi. Nama permainannya adalah Mbak Rhosha berkata.

Ketika saya bilang Mbak Rhosha berkata, maka kalian harusmengikuti perintah saya. Ikuti perintah setelah Mbak Rhosha berkata. Paham?Mari kita coba dulu.

Mbak Rhosha berkata, berdiri.

Mbak Rhosha berkata, angkat tangan kanan. Angkat tangankiri.

Mbak Rhosha berkata, pegang hidung. Mbak Rhosha berkata,pegang telinga. Mbak Rhosha berkata, sentuh mata. Pegang kepala. Pegang pipi.

Mbak Rhosha berkata, pegang pundak teman. Mbak Rhoshaberkata, tepuk tangan.

Yey, silakan duduk.

Kalian hebat sekali konsentrasinya. Karena kalian hebat,maka saya juga akan menghadirkan orang yang hebat. Kalian bisa contohperjuangannya dalam meraih mimpi-mimpinya, semangatnya dan banyak hal lain yangmembuat ia sukses seperti saat ini.

Udah tahu kan siapa? Namanya siapa? Dondik Robini? Masihingat tulisan di brosur? Dia sekolah di mana, kuliah apa, dia pekerjaannya apa?

Okey, mungkin adik-adik ada yang lupa. Jadi, saya ingatkansaja.

Namanya Dondik Robini. Dia tinggal di desa Kabuaran,kecamatan Kuniar. Dia bersekolah SD dan SMP di dekat rumahnya. Lalu diamelanjutkan SMA di SMKN 1 Lumajang. Yang di dekat GOR itu loh. Ambil jurusanMultimedia.

Dia hobi gambar, jago gambar, otaknya ini otak desain. Jago bangetmerancang dan mendesain. Karena dia tahu minat dan bakatnya kemana, maka diamemutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan yang sesuai minatnya, yaitu S1DKV. Desain Komunikasi Visual.

Kuliahnya di Jakarta. Iya, Ibu kota Indonesia itu loh. Kuliahdi Universitas Paramadina. Banyak kesempatan yang dia dapatkan di sana. Wes,banyak wes. Nanti diceritain. Biar diceritakan sendiri sama orangnya.

Jangan lupa, siapin pertanyaan. Mumpung orangnya ada disini. Bertanyalah, demi masa depanmu.

Dan… mari kita sambut… Mas Dondik….

[Mas Dondik selaku pemateri masuk. Waktu 60 menit]

Uwidiiih, gimana? Seru kan? Apa saja yang kalian dapat dariMas Dondik. Pengetahuan apa saja yang kalian baru tahu. Oooh, aku baru tahukalau ternyata…

Silakan acungkan tangan. Ayok. Berani. Berani dan percayadiri adalah kunci kamu sukses di masa depan.

Jadi orang yang sukses, itu juga harus vokal. Berani berbicara.Berani berpendapat. Dan itu dimulai di kelas ini. Hari ini.

Jadi, siapa yang mau bertanya?

Kesimpulan

dan tulisan ini nggak selesai karena pagi harinya saya sibuk, sehingga nggak bisa melanjutkan tulisan ini. Pada akhirnya, saya berbicara apa adanya di depan adik-adik, karena unconditional. Tidak bisa diprediksi juga kejadiannya akan seperti apa.

Wassalamualaikum wr wb

 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Related Posts

Posting Komentar