Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Seminar Motivasi

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah hari ini saya berkesempatan untuk membawakan acara seminar motivasi. Membawakan acara ya, bukan mengisi acara. Haha.

Kesempatan ini datangnya dari Ayah. Menjadi kepala sekolah, berarti punya hak kebebasan untuk memberikan inovasi terhadap sekolahnya.

Waktu itu saya ikut sumbang ide, untuk mendatangkan orang-orang hebat yang bisa memotivasi anak-anak. Supaya murid-murid mendapatkan contoh nyata orang-orang yang sukses dengan dirinya. Supaya murid-murid mengerti bahwa kesuksesan itu datang dari belajar, berusaha dan giat bekerja.

Eh ternyata ide saya itu dicerna baik-baik oleh Ayah dan dieksekusi dong.

seminar-motivasi

Awalnya Ayah minta saya dan Adek untuk ngasih motivasi. Tapi Adek nggak bisa, lagi sibuk. Lalu Ayah minta saya saja yang ngasih motivasi, oh tidak bisa. Saya siapa kok bisa-bisanya ngasih motivasi? Hahaha. Belum pantas lah.

Biar saya ajak kawan aja. Teman saya yang ngisi materi, saya bagian pembuka dan penutup sekaligus ngasih icebreaking. Yaa sama diselipin dengan ngasih semangat belajar dan motivasi dikit-dikit laaah.

Agak bingung sih mau ngajak siapa sebagai pemateri utama. Awalnya Pupus Ardhi, teman SMA yang kuliah di STAN Jakarta. Tapi ternyata dia kuliah dan hari Sabtu ada kuliah pengganti. Lalu saya hubungi Imas, teman SMA juga, yang bilangnya pengangguran padahal freelance kontraktor. Tapi ternyata di lagi Pacitan.

Wuah makin bingung dong. Ini siapa yang bisa diajak. Nggak mungkin dong nekat datang sendirian. Terus tiba-tiba kepikiran Mas Dondik. Alhamdulillah beliau bisa… Huhuuu…

seminar-motivasi-smp

Dan hari ini saya mau latihan ngomong. Merencanakan dulu nanti mau ngomong apa. Hahaha.

Persiapan Seminar Motivasi

Assalamualaikum wr wb (ngomong dengan lantang)

Selamat pagi

Kalau saya bilang Selamat pagi, maka kalian harus menjawab dengan lantang “pagi pagi pagi”. Tangannya dikepalkan ke atas. Tanda kalau kalian semangat.

Ayok. Jangan malu-malu. Ayo percaya diri. Lepaskan semua beban, semua resah. Masih pagi maka semangatnya harus maksimal.

Ingat yaaa, kalau saya bilang Selamat pagi, maka kalian menjawab “pagi pagi pagi”

Luar biasaa…

Apa kabar?

Kalau saya bertanya apa kabar, maka kalian harus menjawab juga dengan lantang: Alhamdulillah, luar biasa, Allahu akbar. Menunjukkan bahwa kalian bersyukur diberi nikmat sehat hari ini, diberi kesempatan bernafas dan hadir hari ini, dan itu tak lepas dari kuasa-Nya.

Diingat yaa, kalau saya tanya: Apa kabar? Kalian menjawab: Alhamdulillah, luar biasa, Allahu Akbar!

Alhamdulillah… semoga kita sehat selalu dan berada dalam lindungan-Nya.

Perkenalkan, nama saya Rhoshandhayani Koesiyanto Taslim. Kalian boleh memanggil saya: Mbak Rhosha. Saya seorang mahasiswa, S2, di Universitas Jember. Saya juga seorang blogger. Dan hari ini saya bertindak sebagai pengantar.

Mengantarkan seseorang yang hebat untuk berbagi cerita dan pengalamannya yang menginspirasi, untuk disampaikan kepada kalian. Supaya adik-adik di MTsN 3 Lumajang, sukses dengan menggenggam erat impiannya.

Sebelum saya menghadirkan orangnya, saya mau melakukan pemanasan dulu dengan adik-adik. Saya ingin tahu seberapa fokus adik-adik hari ini.

Akan ada 4 warna yang saya bawa. Merah. Kuning. Hijau. Dan Biru. Kalau saya bilang merah, maka kalian harus tepuk 1 kali. Kalau saya bilang kuning, maka kalian harus tepuk tangan 2 kali. Kalau saya bilang hijau, maka kalian harus tepuk tangan 3 kali. Dan kalau saya bilang biru, maka kalian harus bertepuk tangan dengan bahagia.

Ingat ya. Merah, 1 kali. Kuning, 2 kali. Hijau, 3 kali.

Saya coba ya. Merah. Merah. Merah. Kuning. Kuning. Kuning. Hijau. Hijau. Hijau. Merah. Kuning. Merah. Kuning. Merah. Kuning. Kuning. Hijau. Hijau. Merah. Kuning. Hijau. Biru.

Yey, kalian hebat sekali. Tapi saya masih belum puas melatih konsentrasi kalian. Kita naik ke permainan yang levelnya lebih tinggi daripada tepuk warna tadi. Nama permainannya adalah Mbak Rhosha berkata.

Ketika saya bilang Mbak Rhosha berkata, maka kalian harus mengikuti perintah saya. Ikuti perintah setelah Mbak Rhosha berkata. Paham? Mari kita coba dulu.

Mbak Rhosha berkata, berdiri.

Mbak Rhosha berkata, angkat tangan kanan. Angkat tangan kiri.

Mbak Rhosha berkata, pegang hidung. Mbak Rhosha berkata, pegang telinga. Mbak Rhosha berkata, sentuh mata. Pegang kepala. Pegang pipi.

Mbak Rhosha berkata, pegang pundak teman. Mbak Rhosha berkata, tepuk tangan.

Yey, silakan duduk.

Kalian hebat sekali konsentrasinya. Karena kalian hebat, maka saya juga akan menghadirkan orang yang hebat. Kalian bisa contoh perjuangannya dalam meraih mimpi-mimpinya, semangatnya dan banyak hal lain yang membuat ia sukses seperti saat ini.

Udah tahu kan siapa? Namanya siapa? Dondik Robini? Masih ingat tulisan di brosur? Dia sekolah di mana, kuliah apa, dia pekerjaannya apa?

Okey, mungkin adik-adik ada yang lupa. Jadi, saya ingatkan saja.

Namanya Dondik Robini. Dia tinggal di desa Kabuaran, kecamatan Kuniar. Dia bersekolah SD dan SMP di dekat rumahnya. Lalu dia melanjutkan SMA di SMKN 1 Lumajang. Yang di dekat GOR itu loh. Ambil jurusan Multimedia.

Dia hobi gambar, jago gambar, otaknya ini otak desain. Jago banget merancang dan mendesain. Karena dia tahu minat dan bakatnya kemana, maka dia memutuskan untuk melanjutkan kuliah di jurusan yang sesuai minatnya, yaitu S1 DKV. Desain Komunikasi Visual.

Kuliahnya di Jakarta. Iya, Ibu kota Indonesia itu loh. Kuliah di Universitas Paramadina. Banyak kesempatan yang dia dapatkan di sana. Wes, banyak wes. Nanti diceritain. Biar diceritakan sendiri sama orangnya.

Jangan lupa, siapin pertanyaan. Mumpung orangnya ada di sini. Bertanyalah, demi masa depanmu.

Dan… mari kita sambut… Mas Dondik….

[Mas Dondik selaku pemateri masuk. Waktu 60 menit]

Uwidiiih, gimana? Seru kan? Apa saja yang kalian dapat dari Mas Dondik. Pengetahuan apa saja yang kalian baru tahu. Oooh, aku baru tahu kalau ternyata…

Silakan acungkan tangan. Ayok. Berani. Berani dan percaya diri adalah kunci kamu sukses di masa depan.

Jadi orang yang sukses, itu juga harus vokal. Berani berbicara. Berani berpendapat. Dan itu dimulai di kelas ini. Hari ini.

Jadi, siapa yang mau bertanya?
--

dan tulisan ini nggak selesai karena pagi harinya saya sibuk, sehingga nggak bisa melanjutkan tulisan ini. Pada akhirnya, saya berbicara apa adanya di depan adik-adik, karena unconditional. Tidak bisa diprediksi juga kejadiannya akan seperti apa.

Wassalamualaikum wr wb

 

 

 

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Post a Comment for "Persiapan Seminar Motivasi"