Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Manfaat Blog Untuk Bisnis dan Cara Ampuhnya!

Artikel di media massa adalah penyumbang informasi terbesar bagi dunia bisnis. Tidak mengherankan bila blog menjadi jembatan yang menghubungkan para pelaku bisnis dan konsumennya.

Blog dipercaya oleh para pembaca atas pengalaman yang dibagikan dalam rumah mayanya. Apabila para pengusaha jeli menggaet blogger dalam bisnisnya, maka ia berhasil mendapatkan kepercayaan banyak orang.

4 Manfaat Blog untuk Bisnis yang Harus Kamu Tahu

Dengan penggunaan blog, para pelaku bisnis bisa menjelaskan produk yang mereka tawarkan dengan lebih rinci dan jelas. Konsumen juga bisa mendapatkan informasi yang mereka perlukan. 

Pentingngya blog untuk bisnis juga bisa dilihat dari banyaknya manfaat yang didapatkan. Beberapa manfaat tersebut akan dijabarkan berikut ini.

1. Media Promosi yang Efektif

Blog bisa digunakan sebagai media promosi dari produk atau jasa yang kamu tawarkan. Promosi menggunakan blog akan jauh lebih efektif dan murah. 

Dengan menggunakan kekuatan internet maka promosi via blog akan lebih bisa menjangkau banyak calon konsumen yang jauh.

Blog juga akan sangat efektif untuk memberikan banyak informasi. Selain itu,  ada banyak teknik promosi yang bisa dicoba. 

Promosi yang dilakukan lewat blog juga memungkinkan untuk terjadinya interaksi dua arah antara pelaku bisnis dan konsumen. 

Bagi pebisnis, ini tentu sangat menguntungkan karena mereka akan lebih cepat tahu seperti apa tanggapan dari konsumennya.

2. Mudah Menganalisa Pasar

Seperti sudah dibahas jika blog memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli. 

Dalam banyak hal, bagi penjual tentu ini merupakan sebuah keuntungan. Mereka akan cepat paham seperti apa yang diinginkan oleh konsumennya.

Hal seperti ini juga akan membuat pelaku bisnis mudah melakukan analisa pasar. Dengan lebih cepat tahu apa yang diinginkan pasar maka mereka akan lebih cepat untuk mewujudkannya. 

Komunikasi dua arah yang ada pada blog juga memungkinkan konsumen untuk memberikan banyak masukan dengan cepat kepada pelaku bisnis.

Para pelaku bisnis ini akan lebih cepat mengetahui apakah produk mereka disukai atau tidak. Semua hal ini sangat memungkinkan dilakukan dengan menggunakan media blog.

3. Banyak Informasi yang Bisa Dibagikan

Sebelum membeli suatu produk, konsumen tentu akan mencari banyak informasi tentang barang yang mereka inginkan. 

Konsumen tentu akan bingung jika mereka hanya mendapatkan sedikit informasi. Dengan menggunakan blog maka semua informasi yang dibutuhkan konsumen bisa diberikan.

Blog memfasilitasi setiap penjual untuk memberikan banyak informasi yang dibutuhkan konsumen. 

Selain itu, jika ada yang ingin ditanyakan maka konsumen juga bisa bertanya secara langsung. Alur komunikasi dua arah ini tentu akan disenangi oleh kedua belah pihak.

4. Menambah Pemasukan dari Pemasangan Iklan

Hampir semua orang sudah paham jika saah satu keunggulan dari blog adalah bisa menghasilkan uang tambahan. 

Dengan pengelolaan yang baik maka akan membuat blog tersebut memiliki banyak pengunjung. Semakin banyak pengunjung maka kemungkinan blog tersebut mendapat iklan juga akan lebih tinggi.

4 Cara Mudah Memaksimalkan Blog Untuk Bisnis

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut tentu kamu sebagai pelaku bisnis juga harus paham bagaimana memaksimalkan potensi yang ada pada blog. 

Blog yang tidak termanage dengan baik tentu tidak akan menghasilkan apapun.

Setidaknya hal minimal yang perlu diperhatikan adalah konsistensi dalam membuat konten. Hal ini untuk memastikan kepada konsumen jika blog tersebut masih ada. 

Konten yang selalu update juga bisa menambah rasa percaya dari calon konsumen ketika akan menggunakan sebuah produk.

Selain itu, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan blog yang dipunya antara lain:

1. Copywriting

Sebagian besar isi dari blog berupa tulisan. Itulah mengapa copywriting menjadi salah satu hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. 

Kebutuhan utama dari kemampuan ini adalah memberikan informasi sedetail mungkin namun menggunakan kata–kata yang menjual dan mudah dipahami.

Dengan kemampuan copywriting yang baik maka akan banyak hal yang bisa tersampaikan kepada konsumen. 

Selain itu, kemampuan copywriting ini juga bisa menjual barang dengan cara soft selling sehingga calon konsumen merasa tidak dipaksa.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan dari kemampuan copywriting ini adalah seberapa menarik kata–kata yang digunakan. 

Selain harus mampu menjelaskan, kemampuan copywriting di sini juga harus mampu membuat orang penasaran

2. SEO

Berkaitan dengan masalah copywriting, maka hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah masalah SEO. 

Secara singkat, SEO merupakan cara untuk membuat blog Anda berada di posisi atas mesin pencari. 

Kemampuan SEO ini memang menjadi sangat penting. Itulah kenapa banyak jasa penulis artikel yang menawarkan kemampuan ini.

Cara kerjanya adalah dengan membuat artikel berdasarkan kata kunci yang banyak dicari. Semakin banyak kata kunci populer yang digunakan maka akan semakin baik posisi blog Anda. 

Kemampuan SEO ini juga akan ditunjang dengan kemampuan mencari kata kunci yang sesuai.

3. Desain dan Layout

Selain masalah konten, hal lain yang tidak kalah penting adalah penggunaan desain dan layout. Hal ini akan berkaitan dengan menarik atau tidak blog yang dibuat. 

Selain masalah menarik, sebuah desain yang dipilih juga harus bisa memperjelas informasi yang ada.

Kesalahan terbersar dari pemilihan desain dan layout ini adalah membuat informasi menjadi sulit terbaca. Kesalahan ini bisa muncul karena salah pemilihan jenis font, pemilihan warna, pengaturan layout, dan lainnya.

Masalah desain dan layout juga menjadi penting untuk mengatur konten blog. Dalam pemilihan desain dan layout ini juga sesuaikanlah dengan target pasar yang akan dituju. 

Hal ini lah yang membuat pemilihan desain dan layout menjadi tidak bisa sembarangan.

4. Konversi Calon Konsumen

Tujuan utama dari blog untuk bisnis ini adalah mendapatkan konsumen. Maka apapun yang dilakukan haruslah sebisa mungkin menarik minat konsumen. 

Jika konten yang dibuat sama sekali tidak menarik minat konsumen maka secepat mungkin harus diperbaiki.

Blog memungkinkan kamu untuk memiliki data akurat terhadap berapa banyak orang yang melihat konten dan berapa banyak yang menjadi konsumen. 

Ini akan membuatmu memiliki data yang valid apakah konten tersebut memiiki efek atau tidak.

Data ini juga bisa menunjukan seperti apa yang diinginkan konsumen. Dengan semua data tersebut maka kamu bisa menawarkan apa yang konsumen mau.

--

Itulah beberapa hal tentang pentingnya blog untuk bisnis. Tidak dapat dipungkiri, dengan perkembangan internet yang semakin pesat seperti sekarang ini maka penggunaan blog akan sangat berguna.

Hampir semua orang saat ini mengakses internet setiap hari. Itu artinya penyebaran informasi di internet akan jauh lebih cepat. 

Dengan mengimbangi kecepatan tersebut maka akan sangat menguntungkan bagi bisnis yang sedang kamu kelola.

Jadi, dengan mengetahui manfaat blog untuk bisnis dan bagaimana cara menggunakannya, maka perlahan dijamin bisnismu akan merangkak naik. '

Semoga sukses!


Guest Post by Alexandromeo
Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "4 Manfaat Blog Untuk Bisnis dan Cara Ampuhnya!"