Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online, Penting Untuk Kamu Tahu

Assalamualaikum wr wb

Akhir-akhir ini terdapat cara baru untuk melakukan absensi kehadiran. Tidak seperti dulu yang harus mengisi ttd di buku absensi, atau mengangkat tangan bagi siswa yang hadir lalu dicentang di buku absensi. Sekarang sudah jauh lebih modern, yaitu menggunakan aplikasi absensi online. 

Aplikasi absensi online adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu karyawan, guru, ataupun siswa untuk menyatakan kehadiran yang dilakukan secara online, melalui aplikasi ataupun website.

aplikasi absensi online

Sudah banyak kok yang menggunakan absensi online. Mulai dari guru-guru di sekolah, siswa sekolah, bahkan pegawai kemenag juga menggunakan aplikasi absensi online. 

Bahkan aplikasi absensi online nggak hanya ada di kota-kota besar, melainkan juga merambah ke kota-kota kecil. Sudah banyak orang yang menggunakan absensi online di Sidoarjo, di Surabaya, di Malang, bahkan di Lumajang juga pakai absensi online.

5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online

Kau tahu kenapa? Karena absensi online ini memberikan banyak keuntungan dan manfaat. Apa sajakah keuntungan bila kita menggunakan aplikasi absensi online? Berikut ini, saya akan sharing tentang 5 keuntungan bila kita menggunakan absensi online. Simak baik-baik ya.

1. Hemat Biaya

Alasan pertama dari penggunaan aplikasi absensi online adalah hemat biaya. Instansi tidak perlu lagi memasang mesin absensi di kantor. Kalau kantornya cuma 1 mah nggak papa. Lah kalau kantornya punya banyak cabang? Ya masa’ mau dipasang mesin absensi semua?

Daripada membeli sejumlah mesin absensi, mendingan beli aplikasi absensi online yang bisa digunakan oleh karyawan di mana saja. Cuma beli 1 alat, namun bisa digunakan oleh orang banyak meski lokasi kantornya beda-beda. Jadi hemat biaya, bukan?

2. Minim Kecurangan

Aplikasi absensi online ini biasanya didownload di HP. Kita sudah sama-sama tahu bahwa sebagian besar orang cukup sulit untuk melepaskan HP dari genggaman tangannya. Jadi, dengan adanya aplikasi absensi online di HP, maka sulit sekali dilakukan manipulasi kecurangan.

Nggak akan bisa lagi titip absen yang biasanya dilakukan dengan tanda tangan. Sebab, aplikasi absensi online ini biasanya menyertakan wajah karyawan dan mengecek lokasi karyawan secara real time. Jadi susah sekali melakukan tipu daya meskipun dibantu oleh teman lainnya.

3. Akurat Terhadap Waktu

Salah satu teknologi digital yang sedang ngetrend akhir-akhir ini karena kebermanfaatannya, pasti disertai dengan waktu digital yang akurat. Ukuran menit detiknya pas sesuai standar dan sama dengan menit detik di tempat lain.

Apabila jam kantor kamu adalah pukul 08.00 lalu kamu datang lewat semenit saja, maka kamu terhitung tidak hadir. Berbeda kalau kamu melakukan absensi manual. Terlambat 5 menit masih bisa ditulis pukul 08.00. Jadi, aplikasi absensi online mengutamakan keakuratan terhadap waktu supaya kita lebih disiplin saat bekerja.

4. Mudah Saat Rekapitulasi

Ini adalah manfaat yang paling disukai oleh bagian HRD yang biasanya merekap kehadiran pegawai. Sebelum ada aplikasi absensi online, mereka harus menghitung secara manual pegawai A tidak masuk kerja berapa hari, pegawai B tidak masuk kerja berapa hari, dan seterusnya.

Namun dengan hadirnya aplikasi absensi online, HRD tidak perlu lagi repot-repot menghitung jumlah kehadiran, apalagi kalau jumlah karyawannya banyak. Hanya dengan menggunakan aplikasi absensi online, HRD hanya perlu mencatat total kehadiran karyawan tanpa perlu menghitungnya karena sudah direkap oleh aplikasi tersebut. Sangat menyenangkan, bukan?

5. Bisa Dipantau Secara Real Time

Ini adalah keuntungan utama yang diincar para pemilik perusahaan dan HRD untuk memantau keberadaan karyawan secara real time. Sering banget, bilangnya studi banding ke kantor lain, eh malah nongkrong di kafe atau liburan ke luar kota. Sifat buruk seperti ini biasanya tumbuh karena metode absensinya tidak canggih. 

Maka dari itu, gunakanlah aplikasi absensi online. Karena sistemnya dilakukan secara online, maka aplikasi dapat mendeteksi lokasi keberadaan pegawai tersebut secara tepat dan akurat. Juga tidak ada pengaturan waktu karena waktu sudah diatur secara online sehingga tidak bisa dibohongi.

Hal ini tentu saja memaksa para karyawan untuk hadir on time sebelum jam masuk kerja dan juga mengetahui lokasi karyawan berada bila work from home. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir di mana para pekerjanya berada dan telah memastikan pegawainya hadir untuk bekerja meskipun ada yang bekerja dari rumah maupun dari kantor.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Absensi Online

Setelah membaca 5 keuntungan menggunakan aplikasi absensi online di atas, kamu masih mempertanyakan apa kelebihan dan kekurangan aplikasi absensi online?

Begini, kalau kelebihan aplikasi absensi online sudah terwakili dengan tulisan di atas ya, yaitu 5 keuntungan menggunakan aplikasi absensi online.

Lalu kalau kamu bertanya tentang kekurangan aplikasi absensi online, maka akan saya jawab. Menurut saya, kekurangan aplikasi absensi online itu cuma 1, yaitu susahnya kita untuk memilih aplikasi absensi online terbaik, apalagi yang gratis.

Ada banyak kok aplikasi absensi online gratis yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan absensi online google form bila memang nggak ada budget. Mudah kok cara bikinnya.

Tapi kalau kamu menginginkan aplikasi absensi online yang lifetime dan nggak perlu setting-setting lagi, maka sebaiknya kamu beli saja aplikasi absensi online. 

Kamu bisa mendapatkan aplikasi absensi online di pengembang yang recommended, yaitu kerjoo.com

aplikasi absensi online

Alasan Menggunakan Aplikasi Absensi Online di Sini

Mengapa harus menggunakan aplikasi absensi online di kerjoo.com? 

Sabar, saya akan ulas secara singkat mengapa kita disarankan menggunakan aplikasi absensi online dari kerjoo.com. Berikut ini adalah uraiannya:

  1. Bisa menyesuaikan budget, Kalau cuma coba bisa gratis loh
  2. Bisa absen di manapun tanpa antri
  3. Bisa memonitor kehadiran secara akurat
  4. Bisa identifikasi wajah karyawan karena ada face recognition and identification
  5. Memudahkan rekapitulasi karena langsung muncul jumlah kehadiran
  6. Jumlah karyawan yang didaftarkan tak terbatas
  7. Kemudahan membuat jadwal harian dan pembagian shift kerja karyawan
  8. Menyimpan dan mengelola data dalam 1 tempat
  9. Bisa mengatur spot lokasi absensi bila karyawan melakukan work from home
  10. Perusahaan dapat mengatur jam kerja sesuai kebutuhan

Kurang lebih itulah 10 alasan mengapa lebih baik kita menggunakan aplikasi absensi online di kerjoo.com. Jadi, kamu tidak perlu bingung lagi mencari aplikasi absensi online untuk perusahaanmu.

Sudah ada nih, aplikasi absensi online terbaik dan recommended. Kalau nggak percaya, coba buktikan saja sendiri ke websitenya!

Wassalamualaikum wr wb


2 komentar untuk "5 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Absensi Online, Penting Untuk Kamu Tahu"

  1. Enak yaa, kalo bisa absensi online
    PNS di daerahku, semuanya wajib absensi finger print cha, walaupun nanti kerjanya dari rumah kwkwkw

    BalasHapus
  2. enak kalau bisa absensi online
    kalau aku dikasih beginian jelas kabur kaburan :D

    BalasHapus