Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat AC di Rumah Agar Tidak Mudah Rusak

Assalamualaikum wr wb

Sekarang ini, AC sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kenyamanan selama berada didalam rumah tentunya. 

Pasti banyak di antara kalian yang mencari tahu merk ac apa yang nggak gampang rusak. Soalnya kalau rusak itu melelahkan banget dan menguras uang.

Jadi, alangkah lebih baik bila kita langsung saja membeli AC yang bagus dan nggak gampang rusak. 

Merk AC yang Nggak Gampang Rusak

Merk AC yang nggak gampang rusak adalah Daikin. Kalian udah pada kenal Daikin, bukan? 

Mengingat ia termasuk dalam produk yang populer dan banyak dipakai oleh masyarakat. Entah itu untuk menunjang kebutuhan AC di rumah maupun perkantoran sampai dengan pusat perbelanjaan.

Distributor resmi Daikin Indonesia ini sendiri juga mudah untuk dijumpai, terutama bagi kamu yang memang baru akan memasang produknya. 

Produk dari Daikin memang nggak perlu diragukan lagi bagaimana kualitasnya. Bagus dan awet asalkan digunakan secara tepat dan tak lupa dilakukan perawatan. 

Cara Merawat AC di Rumah Agar Nggak Gampang Rusak

Kalau sudah beli AC, jangan dibiarkan saja tanpa perawatan. Melainkan rawatlah sendiri seperti merawat barang-barang berhargamu lainnya. 

Sebab AC akan dinyalakan hampir setiap hari dan butuh perhatian khusus. Maka dari itu kamu harus tahu bagaimana cara merawat AC di rumah agar nggak mudah rusak.

Berikut ini adalah 5 tips merawat AC di rumah supaya nggak gampang rusak:

1. Bersihkan Filter AC Secara Rutin

Ketika AC tersebut kotor dengan tumpukan debu di mana-mana, maka tak dapat dipungkiri jika seandainya suhu udara yang dikeluarkan juga tidak akan sedingin biasanya. Apalagi kompresor akan bekerja dua kali lipat lebih keras sehingga membuatnya mudah rusak.

2. Maintenance AC Secara Rutin 

Daikin Indonesia juga memiliki staf khusus yang dapat didatangkan ke rumah untuk melakukan pemeliharaan secara rutin. Ini sangat menguntungkan bagi kita yang hendak melakukan pembersihan AC supaya performanya maksimal.

3. Pasanglah Termometer Ruangan

Termometer ini digunakan untuk mengecek apakah suhu yang diterapkan pada AC tersebut sesuai dengan yang ada di ruangan. Dengan cara yang ini, maka kita bisa mengetahui potensi AC tersebut rusak atau enggak.

4. Pastikan Ruangan Tertutup Rapat

Kamu harus memastikan bahwa saat menggunakan AC, maka kondisi ruangan harus tertutup. Coba cek apakah pintu, jendela dan juga ventilasi lainnya tertutup secara rapat. Saat ada bagian yang terbukam maka nantinya suhu dingin akan mengalir keluar. Akibatnya AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan sehingga membuatnya mudah rusak.

5. Ikuti Aturan Pakai AC 

Tips yang tak kalah penting adalah kamu harus mengikuti aturan pakai AC yang kamu gunakan. Hal ini untuk menghindari kerusakan barang entah karena fitur kelalaian manusia, dan lainnya. 

Jadi itulah 5 tips merawat AC supaya bisa tahan lama nggak gampang rusak. Karena sebagus apapun AC yang digunakan, namun asal pakai dan tidak melakukan perawatan maka potensi untuk rusak juga tetap tinggi.

Selamat mencoba!

Wassalamualaikum wr wb


1 komentar untuk "Cara Merawat AC di Rumah Agar Tidak Mudah Rusak"

  1. Kalau saya memilih AC yang tidak otomatis hidup saat listik PLN hidup.

    BalasHapus