Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Jitu Belajar Conversation Bahasa Inggris, Ampuh Banget

Assalamualaikum wr wb

Apakah kamu sedang mencari tahu bagaimana tips conversation bahasa inggris yang mudah dan benar? Sekarang ini percakapan bahasa inggris memang penting ya. Minimal bisa bercakap-cakap bahasa inggris secara pasif.

Mempelajari Bahasa Inggris itu sungguh menarik, apalah percakapannya. Kita harus memperkaya kosa kata, belajar cara melafalkan pengucapannya, dan lain-lain. Jadi memang perlu banget belajar conversation Bahasa Inggris untuk kegiatan sehari-hari.

Sebelum belajar tentang conversation, pastikan kamu yakin dan PD untuk ngomong Bahasa Inggris. Kalau kamu ingin tahu bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri saat melakukan percakapan/conversation, baca di sini yaa: tips conversation bahasa inggris



5 Tips Belajar Conversation Bahasa Inggris

Kalau kamu sudah merasa percaya diri dan siap untuk belajar conversation, maka langkah selanjutnya adalah mulai! Saat mulai belajar conversation, sepertinya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara yang tepat supaya mudah belajar conversation. 

Supaya kamu lebih mudah belajar conversation Bahasa Inggris, coba perhatikan 5 tips berikut ini. Ini adalah 5 tips jitu saat belajar conversation Bahasa Inggris. 

1. Bangun Kepercayaan Diri dengan Percakapan Online

Oke, jadi kamu harus benar-benar berbicara dengan orang sungguhan. Jika kamu kesulitan mendapatkan kepercayaan diri untuk berbicara langsung dengan seseorang, kamu bisa coba secara online. 

Mengetik secara online tidak akan membantumu belajar berbicara dengan lantang. Tetapi akan membantu mempelajari cara membentuk kalimat percakapan dan berkomunikasi dengan jelas. Tentu saja keterampilan ini akan membuat mu lebih percaya diri saat tiba waktunya untuk berbicara.

2. Belajar dengan Mitra Pertukaran Bahasa

Seperti percakapan online tertulis, percakapan lisan secara online tetap membuat kita lebih leluasa untuk belajar. Ini adalah langkah menuju percakapan "nyata". 

Karena kamu berbicara secara nyata, kamu tidak akan terus-menerus menggunakan alat penerjemah, atau mencari kata-kata di kamus. Itu membuat mitra berbicara online menjadi langkah sempurna antara mengetik dan berbicara secara langsung. 

Ada baiknya bila kamu memiliki tutor online atau mitra belajar penutur asli. Tetapi lebih berguna lagi untuk menemukan mitra pertukaran bahasa. Mitra pertukaran bahasa adalah penutur asli bahasa Inggris yang sedang mempelajari bahasa.

3. Pelajari Topik yang Kamu Minati

Percakapan Bahasa Inggris bukan hanya tentang mempelajari kata-kata, tetapi juga tentang kemampuan untuk "mengadakan percakapan". 

Itu berarti kamu harus terus mengobrol.  Cara lain untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan membangun pengetahuan.

4. Gunakan Kamus Bahasa Gaul

Saat kita berbicara tentang kalimat bahasa Inggris, yang sebenarnya kita bicarakan adalah "vernakular" atau bahasa daerah. 

Bahasa daerah adalah jenis bahasa yang digunakan penutur asli dalam percakapan sehari-hari mereka. 

Banyak kata memiliki arti yang berbeda dalam bahasa sehari-hari, dan salah satu cara terbaik untuk mempelajari arti yang berbeda ini adalah dengan menggunakan kamus bahasa gaul.

5. Konsisten Untuk Belajar

Hal yang sangat penting dalam belajar Bahasa Inggris adalah konsisten. Kamu harus konsisten melakukan conversation Bahasa Inggris supaya lidahmu tidak kaku dan otakmu terbiasa untuk conversation.

Kalau suatu hari bosan, jangan berhenti. Coba saja metode lain yang bisa membuatmu tetap belajar conversation Bahasa Inggris dengan nyaman dan bahagia.

Itulah 5 cara jitu supaya kamu bisa mudah melakukan conversation dengan mudah. Semoga metode belajar ini sesuai dengan kepribadianmu sehingga kamu akan dengan cepat menguasai conversation. 

Saat belajar, pastikan kamu jangan takut dengan kesalahan umum penggunaan grammar. Ini biasa terjadi kok. Ada banyak grammar yang sering kita salah saat conversation.

Kalau kamu ingin meminimalkan kesalahan grammar dan ingin mengetahui bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya kamu membaca tips ampuh di artikel tentang kesalahan umum penggunaan grammar.

Yakinlah bahwa tidak ada yang salah dari belajar. Nggak pa-pa kalau salah grammar sedikit. Toh, conversation itu nggak mutlak, nggak harus saklek. Yang penting, orang yang kita ajak bicara mengerti dengan apa yang kita sampaikan.

Selamat belajar!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Tips Jitu Belajar Conversation Bahasa Inggris, Ampuh Banget"