Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mudah Menghitung Valuasi Startup

Assalamualaikum wr wb

Saat ini ada banyak startup yang berdiri di Indonesia. Apakah salah satunya adalah milikmu? Ataukah kamu sedang berusaha membangun dan mengembangkan sebuah startu up? 

Atau mungkin kamu sedang mencoba mencari tahu cara menghitung valuasi startup? Kalau iya, maka kamu telah membaca artikel yang tepat.

Dalam artikel kali ini, saya akan sharing mengenai apa itu valuasi startup, bagaimana nilai valuasi startup di Indonesia, bagaimana cara menghitung valuasi saham startup di Indonesia, serta bagaimana metode valuasi untuk perusahaan startup.

Pengertian Valuasi Startup 

Valuasi startup adalah nilai ekonomi dari sebuah bisnis startup yang memiliki potensi untuk berkembang pesat. Potensi ini dimungkinkan untuk mengisi celah di pasar sekaligus memenangkannya. 

Valuasi menjadi sebuah nilai penting bagi suatu startup karena umumnya startup masih tergolong semi enterprise. Nilai valuasi sebuah startup ditentukan berdasarkan persetujuan antara founder dengan investor yang mau memberikan dana untuk saham valuasi startup.

Nilai Valuasi Startup Indonesia

Apabila ada sebuah startup (perusahaan baru) yang memiliki nilai valuasi sebesar 500 juta, maka para investor yang akan mengakuisisi penuh harus menyiapkan dana dengan jumlah tersebut. 

Nilai valuasi ini menjadi acuan berapa besarnya potensi bisnis startup di masa mendatang. Valuasi ini berguna untuk menentukan harga jual startup apabila suatu hari akan diakuisisi oleh perusahaan lain. Jadi si founder tak akan mengalami kehilangan bisnisnya dengan nilai yang sangat jatuh.

Maka dari itu penting menghitung nilai valuasi startup yang telah kita bangun dengan susah payah.

Semakin bagus penerimaan pendapatan dan respon masyarakat terhadap sebuah startup, maka dimungkinkan nilai valuasinya akan semakin tinggi. Hal ini berdampak bagus bagi founder startup karena bisa meraup untung yang sepadan atas kerja kerasnya.

Metode Valuasi Untuk Perusahaan Startup

Sebenarnya cara menghitung valuasi untuk perusahaan startup ini nggak jauh beda dengan perusahaan lainnya. namun biasanya startup yang masih awal-awal berdiri, belum mendapatkan banyak keuntungan atau profit.

Maka dari itu diperlukan penyesuaian dalam perhitungan untuk mendapatkan nilai valuasi startup yang persis seperti nilai aslinya.

Selain itu, tidak ada cara yang saklek atau pasti untuk menghitung valuasi startup. Sesuaikan saja dengan kondisi yang ada dan hitung sejujur-jujurnya untuk mendapatkan nilai valuasi yang pasti.

Metode valuasi untuk perusahaan startup yang paling mudah digunakan adalah metode Comparable Transactions.

Metode ini cocok untuk perusahaan startup yang baru memiliki sedikit keuntungan atau bahkan belum mendapatkan keuntungan sepeser pun.

Metode Comparable Transactions membutuhkan perbandingan beberpa metrik seperti jumlah pendapatan, pendapatan bulanan, jumlah pengguna aktif mingguan/bulanan, serta Gross Merchandise Value (GMV).

Gross Merchandise Value (GMV) adalah total nilai penjualan seluruh barang di sebuah platform e-commerce dalam jangka waktu tertentu. 

5 Cara Menghitung Valuasi Startup

Supaya lebih jelas untuk menentukan valuasi perusahaan startup, maka berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Temukan perusahaan serupa yang sama dengan startup milikmu
  2. Identifikasi startup tersebut yang memiliki model bisnis serupa (pelajari tentang tahap pendanaan dan strateginya)
  3. Lihat GMV startup lain. Asumsikan bahwa nilai pendanaan yang mereka terima mewakili 20-30% kepemilikan saham.
  4. Lakukan penilaian ganda untuk meningkatkan atau menurunkan valuasi. Dihitung dengan membagi valuasi sebuah perusahaan dengan metrik utama mereka (pemasukan tahunan, pinjaman tahunan, pengguna aktif bulanan, dan lainnya)
  5. Tentukan valuasi startup kamu. Kamu bisa memasukkan angka yang telah didapatkan ke GMV-mu saat ini.

Itulah 5 cara mudah menghitung valuasi startup milikmu. Namun tentu saja, menghitung valuasi startup seperti yang saya sharingkan bukanlah perhitungan yang pasti. Angka tersebut merupakan prediksi sebagai patokan saat hendak membahas nilai valuasinya.

Jadi, keputusan akhir berada di tanganmu sebagai founder startup. Tentukanlah nilai valuasi startup yang sebanding dengan kerja keras dan masa depanmu.

Wassalamualaikum wr wb


Posting Komentar untuk "5 Cara Mudah Menghitung Valuasi Startup"