Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Alasan Enaknya Menggunakan blu by BCA Digital (Sebuah Review Jujur)

Assalamualaikum wr wb

Hai, apa kabar? Hari ini saya excited banget karena punya rekening baru, yaitu rekening dari Bank BCA Digital. Iya, sudah sejak lama saya pengen punya rekening BCA, tapi males antri, apalagi saat pandemi seperti ini, hadeeeh...

Namun rupanya perusahaan BCA Tbk ini sigap. Mereka mendirikan bank digital yang melayani kebutuhan anak muda seperti saya. Namanya adalah Bank BCA Digital, yang produk utamanya adalah blu.

Dan saya sudah pakai blu looh! Saya excited saat mendaftar blu sekaligus menggunakannya. Jadi kali ini saya akan melakukan review aplikasi blu. Tenang saja, saya akan review jujur aplikasi blu demi menjaga kepercayaan teman-teman, hoho!

review aplikasi blu

Apa Itu blu?

blu adalah aplikasi yang melayani transaksi finansial secara online. Merupakan sebuah respon atas anak muda yang serba cashless dan ingin semua pelayanan dilayani secara online.

Mendaftar atau registrasinya online, menabung online, bahkan tarik tunainya online loh! Seru banget, bukan?

Oh ya, blu ini bukan aplikasi terbarunya Bank BCA ya, justru beda banget!

Supaya kamu lebih paham mengenai perbedaannya, saya akan ceritakan apa perbedaan blu dengan BCA yang kita kenal. Sekaligus saya akan review jujur aplikasi blu supaya kamu lebih paham!

Apa Perbedaan blu dengan BCA?

blu dan BCA adalah dua entitas yang berbeda (siah, kayak Marvel Universe aja, hahaha). Perusahaan BCA Tbk melahirkan anak perusahaan baru, namanya Bank BCA digital. Adik kandungnya Bank BCA yang kita kenal sebelumnya.

Nah, si Bank BCA digital ini melayani transaksi finansial secara online. Dia nggak punya kantor cabang alias brancless. Jadi, kalau misalkan ada masalah transaksional, kita bisa langsung video call CS atau admin. Kekinian banget kan?

Jadi kita nggak perlu repot-repot berangkat ke bank, lalu antri berjam-jam hanya untuk mengeluhkan sebuah pelayanan. Cukup video call CS-nya, lalu akan diurus oleh CS-nya. Sangat mudah! Cocok banget buat kita yang mager alias males gerak.

Tentu saja, senjata andalan si Bank BCA digital adalah aplikasi blu. Aplikasinya enteng kok. Nggak lemot, jadi nggak bikin sebal karena loading yang menyebalkan.

Pengalaman Menggunakan blu

Saya sudah menggunakan blu loh! Saya senang banget karena akhirnya punya rekening BCA digital. Jadi nggak akan ada lagi potongan admin 6500 karena kemarin-kemarin transfernya ke atm yang non-BCA. 

Ah ya, kalau sudah punya rekening di blu, maka itu adalah rekening Bank BCA digital. Iya, harus pakai kata “digital” soalnya beda. Coba deh kamu cari, kalau saat transfer, akan tersedia pilihan Bank BCA, Bank BCA Syariah, dan Bank BCA Digital. Nah, yang kita pakai ini Bank BCA Digital.

Tenang saja, tidak ada biaya admin bila transfernya antar bank BCA ini karena sama-sama anak perusahaan PT BCA Tbk. 

review jujur aplikasi blu

9 Alasan Enaknya Menggunakan blu dari Bank BCA Digital

Sambil review aplikasi blu, mungkin akan lebih enak kalau saya sekalian sharing keuntungan atau enaknya menggunakan blu ya!

1. Pendaftaran mudah dan cepat

Ini nih yang saya suka dari blu. Mendaftarnya mudah dan cepat, karena sistemnya online. Jadi nggak ada lagi tuh cerita: antri lama-lama di bank hanya untuk membuka rekening.

Bahkan untuk kamu yang belum menjadi nasabah BCA, bisa loh jadi nasabah baru di Bank BCA digital. Jadi semuanya serba baru!

Untuk verifikasi bahwa identitasmu itu asli atau enggak, nanti bakalan divideocall CS-nya. Videocallnya nggak lama pula. Cuma nunjukin wajah dan kartu identitas. Lalu ditanyain nama sesuai KTP dan nama ibu kandung. Udah, itu aja!

Lalu rekening akan diaktivasi hanya dalam waktu 5 menit!

Btw, saya sudah berhasil ngajak adek saya untuk punya rekening di BCA digital loh! Hoho. Ini foto saat saya mendampingi adek registrasi blu.

cara daftar blu bca digital

2. Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM

Siapa di sini yang mau ambil uang di ATM tapi lupa nggak bawa kartu???

Lain cerita kalau kamu pakai blu dan punya rekening di Bank BCA digital. Kamu bisa tarik tunai di ATM tanpa kartu loh!

Caranya gimana? Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu datang ke ATM BCA terdekat, lalu buka aplikasi blu kemudian pilih menu ‘tarik tunai’. Beres, kan?

3. Masuk aplikasi blu pakai sidik jari

Iya saya males banget kalau buka aplikasi keuangan tapi harus nulis password. Kan bikin males buka aplikasinya, ya kan?

Tapi di blu tidak begitu. Sudah ada fitur biometric scanner di blu. Hanya tinggal setor sidik jari, langsung terbukalah rekening saya di blu. Jadi nggak ada orang lain yang bisa mengakses aplikasi blu saya.

4. Bisa Bikin Banyak Tabungan Khusus di 1 Rekening

Ini nih fitur yang saya tunggu-tunggu di aplikasi keuangan yang ternyata ada di blu. Dalam 1 rekening, saya bisa bikin banyak tabungan. Misalkan, ada tabungan untuk pendidikan, tabungan untuk beli gadget, tabungan untuk beli rumah, dan lain-lain.

Jadi uang tabungan itu nggak tercampur-campur. Kita jadi bisa memisahkan mana tabungan untuk keperluan A, keperluan B, dan lainnya. 

Adek saya udah nyoba loh! Lagi nabung buat beli samsung galaxy tab yang harganya 5 jutaan. Terus ditulis kesanggupan menabung per bulannya berapa, lalu baru tercapai tahun 2024, hahaha. Ya udahlah, nggak papa. Namanya juga nabung.

Fitur ini namanya bluSaving. Berguna banget buat saya yang memisahkan tabungan untuk pernikahan, pendidikan anak, beli rumah, naik haji, dan juga beli gadget.

tabungan blu


5. Bisa Memantau Iuran di 1 bluGether

Ini juga salah satu fitur yang cukup wow buat saya. Biasanya kita iuran kan di 1 orang untuk acara tertentu. Kalau takut uang ditilap si pemegang amanah, mending pakai bluGether.

Jadi masing-masing member akan iuran yang uangnya disimpan di bluGether miliki seorang Creator (nasabah pemilik bluGether). Nah masing-masing member punya akses buat memantau bluGether ini. Jadi, kalau tiba-tiba uangnya berkurang, semua orang langsung tahu.

6. Kiat Mendukung Go Green

Kalau membuka rekening di Bank BCA digital, jangan harap kamu punya buku tabungan untuk cek mutasi. Kamu akan mendapatkan laporan transaksi dalam bentuk e-statement. Jadi bisa hemat kertas dan kita bisa lebih sayang pohon.

Oh ya, blu ini nggak ada kartu atm-nya yaa... Ini juga salah satu cara sederhana untuk mendukung go green supaya nggak banyak pohon yang ditebang.

Namun tenang saja, segala kebutuhan kita terkait buku tabungan maupun ATM, sudah diatasi dan tersedia di blu. Jadi kita cukup memanfaatkannya dengan baik.

7. Bisa Beli dan Bayar Apapun di blu

Mau beli pulsa? Beli paket data? Udaaah, di blu aja. Harganya juga harga wajar, nggak mahal kayak di counter, hoho. Bahkan kamu bisa jualan pulsa kalau ada temanmu yang nanyain orang jualan pulsa. Sikat aja udaaaah, hahaha.

Kamu juga bisa top up ovo, gopay, dan sebagainya. Mau bayar apapun juga bisa loh. Soalnya sudah ada QR Code. Jadi langsung scan QR code belanjaanmu, kemudian bayar deh.

8. Bebas Biaya Admin

Ini nih yang wajib ada, yaitu bebas biaya admin. Bebas biaya admin dari/ke rekening BCA lain. Jadi nggak ada lagi tuh potongan 6500 saat dapat duit transferan dari kerjaan, hoho.

Selain itu, bebas biaya transfer ke bank lain loh! Ini berlaku selama 2 bulan pertama hingga 20 kali transaksi. Lumayan banget, bukan?

9. Aman Karena Terdaftar dan Diawasi OJK

Alhamdulillah, si blu ini sudah terdaftar dan diawasi secara resmi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi kita nggak perlu khawatir atas keabsahan dan legalitas bank digital ini.

Itulah review aplikasi blu dari saya yang dipersembahkan khusus untuk teman-teman.

aplikasi blu by bca digital

Cara Download blu Paling Mudah

Jadi, gimana? Udah tertarik untuk memiliki rekening Bank BCA Digital? Kalau iya, langsung saja gunakan aplikasi blu by BCA digital

Langsung saja download aplikasi blu di playstore maupun appstore. Berikut ini caranya ya!

  1. Buka appstore atau playstore
  2. Cari di kolom pencarian/search, ketikkan blu 
  3. Akan ada aplikasi dengan gambar warna biru tulisannya blu, klik unduh/download
  4. Tunggu beberapa saat untuk terundah, lalu buka deh!
  5. Lakukan registrasi

Cara Registrasi blu by BCA Digital Paling Mudah

Kalau sudah download blu, saatnya registrasi. Cara registrasi blu mudah banget kok! Berikut ini caranya ya!

  1. Buka aplikasi blu
  2. Masukkan nomor handphone
  3. Masukkan alamat emai
  4. Buat password blu
  5. Siapkan dokumen e-ktp dan npwp (kalau punya npwp)
  6. Fotolah KTP dan NPWP tersebut sesuai kotak kamera
  7. Pengenalan wajah. Siapkan wajah cantik/gantengmu untuk foto selfie
  8. Isi data diri: alamat domisili dan pekerjaan
  9. Siap-siap untuk videocall dengan CS berupa mbak cantik atau mas ganteng dalam layanan Haloblu!
  10. Kamu akan videocall CS untuk verifikasi data dirimu. Cuma diminta untuk foto lagi dengan meletakkan KTP di bawah dagu. Ditanya tentang nama lengkap sesuai KTP dan nama ibu kandung.
  11. Aktivasi dilakukan oleh CS
  12. Yey! Selanjutnya kamu akan dapat notifikasi bahwa kamu telah memiliki rekening di Bank BCA Digital

Gampang banget kan cara mendaftar blu?

Yang Perlu Diperbaiki blu

Yang namanya aplikasi baru, biasanya masih ada kekurangannya. Betul, tidak?

Menurut saya, kekurangannya baru 1 sih, yaitu loading saat membuka aplikasi masih lama. Butuh waktu 10 detik. Mungkin masih proses membuka atau ngangkat data-data kali ya. 

Namun selepas itu, kalau sudah log in, udah cepat kayak buka aplikasi biasanya aja.

Tunggu Fitur Terbaru Lagi dari blu!

Saya juga menanti-nanti akan ada pembaruan apalagi di blu? Soalnya produk ini kan baru liris, jadinya akan ada fitur-fitur baru di blu. Saya nggak sabar untuk review aplikasi blu khusus fitur-fitur terbarunya.

Apalagi blu diciptakan untuk anak muda, generasi kita yang apa-apa serba dari smartphone. Jadi bisa lebih memudahkan untuk transaksi. Bisa lebih fleksibel, lebih hemat waktu, dan nggak ribet.

Jadi, gimana? Kamu udah tergiur untuk punya rekening di Bank BCA Digital? Udah deh, langsung download aplikasi blu by BCA digital sekarang juga!

4 Kabar Bahagia saat It’s blu Day

Ada kabar bahagia buat kita semuaaa... Saya punya banyak info menarik dari blu yang dijamin membahagiakan kita semua.

Kemarin saya hadir di acara It’s bu Day! Diselenggarakan oleh blu untuk ngasih tahu apa saja yang terbaru di blu. Berikut saya rincikan saja ya, pokok-pokok kabar bahagia yang mengejutkan saya:

1. Kenalan dengan Avatar blu

Saya senang banget loh bisa berkenalan dengan avatar blu. Saya pikir nggak ada namanya ya mereka. Ternyata nama mereka unik-unik dan punya arti nama yang unik juga.

Kenalin: Benni (Berani Investasi), Lea (Lebih Kaya), dan Utta (Utamakan Tabungan). Boleh banget nih dijadikan nama anak, hahaha.


2. Kolaborasi Blibli x blu

Ini nih kabar yang menggembirakan: blu kolaborasi dengan Blibli. Mereka berkolaborasi karena mereka memiliki beberapa kesamaan: 

  • Selalu memprioritaskan kebutuhan dan kenyamanan customer
  • Memiliki segmen target yang sama: digital savvy
  • Nggak pernah berhenti berinovasi

Lalu apa saja bentuk kolaborasi Blibli dan blu? Banyak banget! Berikut ini saya rangkumkan ya:

  • Buka akun blu di blibli sekaligus buka tabungan 500.000, lalu dapatkan cashback 100%
  • Kalau belanja di blibli, bisa langsung bayar pakai blu
  • Saat ulang tahun blibli nanti, kalau kamu bertransaksi di Blibli menggunakan blu, maka akan dapat diskon 50%
  • Bisa manfaatkan fitur bluGether di blu biar bisa patungan beli barang di Blibli
  • Jaminan free ongkir, produk asli, dan berkualitas.

3. Berkomitmen Menjamin Keberlanjutan Bumi #blubuatbaik

blu berkomitmen untuk menjamin keberlanjutan bumi, diwujudkan dalam program #blubuatbaik. Mengajak para nasabah untuk menjaga bumi supaya minim sampah plastik. 

Untuk mewujudkan #blubuatbaik maka blu bekerjasama dengan kitabisa.com dan Greeneration Foundation. Langkah kecil dimulai dari program Ecoranger di Pulau Merah Kab. Banyuwangi.

Kabar baiknya, setiap rekening blu yang dibuka tahun ini, maka 1000-nya akan didonasikan untuk program #blubuatbaik. Jadi, kita bisa membuka rekening sekaligus bersedekah untuk menjaga bumi.


4. Lagu Asyik Ternyata dari Yura Yunita

Saat mengikuti acara It’s blu Day via Zoom, kami langsung disambut oleh lagu yang asyik banget. Lagunya pop hiphop asyik banget. 

Saya mikir banget waktu itu: ini lagunya siapa ya? Keren banget ini yang bikin lagunya. Lirik lagu, nada, dan temponya keren banget. Mencerminkan blu banget.

Eh ternyata pencipta lagunya Yura Yunita! Wuah keren banget. 

Usai acara, saya langsung berangkat ke Youtube untuk menikmati video full version berjudul Mulai Langkahmu dari Yura Yunita.

Saya suuuuuka banget sama lagunya. Penuh rasa optimis! #YangPentingLakuin

Ini ya link youtubenya: (1) Yura Yunita - Mulai Langkahmu (Official Lyric Video) - YouTube


Di acara It’s blu Day, Yura sharing tentang pengalamannya menulis lirik dan bikin lagu Mulai Langkahmu. Yang ternyata berdasarkan pengalaman dirinya dan harapan-harapannya. Eh ternyata harapannya disambut oleh blu.

Nggak cuma harapannya Yura aja yang bersambut, harapan saya juga, hoho! Pastikan harapanmu juga diwujudkan oleh blu ya!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

18 komentar untuk "9 Alasan Enaknya Menggunakan blu by BCA Digital (Sebuah Review Jujur)"

  1. Mantap mbak Blu nya, nggak ribet misal pengen bepergian jauh eh kelupaan bawa atm😬, kapan-kapan pengen coba juga ah.

    BalasHapus
  2. Sebagai nasabah setia BCA dari jaman jebot, aku super hepiii ada app Blu by BCA digital ini.
    Sangat praktis, kekinian, no ribet ribet club.
    Bakal banyak yg memanfaatkan teknologi ini nih.

    BalasHapus
  3. BCA selalu punya inovasi baru yang menarik ya mam. Yang menarik, ternyata di aplikasi blu siapa saja bisa membuat akun dan merasakan manfaatnya ya, tidak terbatas untuk pemilik rekening BCA saja.

    BalasHapus
  4. Kayaknya aku butuh banget aplikasi seperti blu ini.mudah cara penggunaannya juga ya mbak

    BalasHapus
  5. Kabar gembira ini buat emak-emak yang suka keteteran dengan uang bulanannya kemana aja ye kan, kak ros.

    BLU by BCA bisa jadi solusi untuk menyimpan uang sesuai pos²nya. Apalagi kalau daftarnya gak pake antri datang ke Bank deh....

    BalasHapus
  6. Wah bisa tarik tunai tanpa kartu ATM ya, jadi lebih mudah dan praktis ya. Buat ibu2 rumah tangga seperti saya kayaknya cocok banget ini, memudahkan dalam mengelola keuangan keluarga.

    BalasHapus
  7. mantap banget blu ini ya kak
    nggak hanya membangun ekosistem digital, tapi juga menjaga ekosistem lingkungan

    BalasHapus
  8. Cocok banget yaa...aplikasi blu ini digunakan oleh anak millenial yang melek dengan literasi digital. Mementingkan goals keuangan dengan nyata.
    Aplikasinya berat ga, Rhoos?

    BalasHapus
  9. Blu by BCA yang paling menarik buat saya adalah bebas biaya administrasi. Kalau pengen punya blu by BCA caranya juga praktis dan mudah.

    BalasHapus
  10. Ku akui BCA nya sendiri pelayanannya keren banget dan aplikasinya pun sangat stabil. Trus sekarang ada Blu ini, jadi makin penasaran apalagi targetnya buat milenial.

    BalasHapus
  11. Baru tahu ada aplikasi blu. Ini sangat membantu sekali untuk mempermudah bayar-bayar via online ya. Udah gak zaman bayar pake antri. Dengan ini semua urusan tagihan beres.

    BalasHapus
  12. Aku mau pasang ah, BCA nih digital bankingnya emang juara deh... makanya aku percaya banget termasuk ke aplikasinya

    BalasHapus
  13. Yang paling bikin merasa aman itu karena Blu terdaftar di OJK ya, jadi ga ragu menggunakannya. Kalau seresmi itu sih layanan keuangan sudah pasti dijamin aman dan nyaman.

    BalasHapus
  14. Aku juga sudah pakai aplikasi blu dan suka banget. Jadi lebih gampang ngatur pos tabungan biar nggak bocor terus.

    BalasHapus
  15. Mulai langkahmu... jangan takut ini itu... itu lagunya Yura Yunita bagus banget ya, pas dengan spirit anak muda. Termasuk dalam memilih aplikasi pendukung untuk segala aktivitas finansial. Mantap banget nih ada blu dari BCA Digital.

    BalasHapus
  16. Cocok nih fiturnya buat anak muda apalagi ada blu savingnya, aku rekomendasikan buat anakku nih yang mau kuliah ah biar bisa belajar mengatur keuangan sejak dini.

    BalasHapus
  17. Blu memang cocok untuk golongan anak muda.

    BalasHapus
  18. Wah keren banget nih kak Ros, bisa nih ikutan daftar blu by bca memang penting banget kan ya kak buat kita-kita terlebih dimasa sekarang gini

    BalasHapus