Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 3 Universitas Negeri di Padang dan Jurusannya yang Terfavorit

Berkuliah di universitas negeri di Padang adalah pilihan yang bijak untuk para pelajar Sumatra Barat. Tidak perlu jauh-jauh ke luar provinsi, apalagi ke luar pulau.

Sebab sudah banyak perguruan tinggi negeri yang berkualitas baik di Padang. 3 universitas besar sudah sangat cukup untuk menampung pemuda Padang yang hendak menempuh pendidikan Sarjana.


Hingga saat ini telah ada 3 universitas negeri di Padang, antara lain Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Andalas (UNAND), dan UIN Imam Bonjol (UINIB). Masing-masing universitas memiliki jurusan terfavoritnya sendiri.

Namun tenang saja, ada juga kok jurusan sepi peminat yang peluangnya besar. Jurusan tersebut menjadi sepi peminat hanya karena jarang ada yang tahu prospek kerjanya.

3 Universitas Negeri di Padang dan Jurusan Terfavorit + Jurusan Sepi Peminat

Jadi berikut ini akan dirincikan secara detail mengenai universitas negeri di padang dan jurusannya yang terfavorit sekaligus yang sepi peminat. Supaya pilihan jurusanmu lebih banyak. Selamat membaca!

1. Universitas Negeri Padang (UNP)

Kampus UNP terletak di jantung kota Padang, lebih tepatnya di kampus Air Tawar. Kampus lainnya tersebar di Lubuk Buaya, Limau Manih, Ulu Gadut, Kota Bukittinggi, dan Pariaman.

Terdapat 8 fakultas untuk program Sarjana di Universitas Negeri Padang. Jumlah pilihan program studi yang tersedia adalah 58. Cukup banyak, bukan? Kalau bingung memilih, bagaimana bila memilih jurusan yang terfavorit, atau jurusan yang sepi peminat?

Jurusan Universitas Negeri Padang yang terfavorit antara lain Pendidikan Guru SD, Manajemen Perhotelan, Psikologi, Ilmu Administrasi Negara, Manajemen, dan Akuntansi.

Adapun jurusan yang sepi peminat adalah Pendidikan Tari, Pendidikan Musik, Pendidikan Seni Rupa, Fisika, Pendidikan Teknik Bangunan, Pendidikan Teknik Elektronika, dan Ilmu Keolahragaan. 

2. Universitas Andalas

UNAND ini juga terletak di kota Padang, lebih tepatnya di Kecamatan Limau Manis, Pauh. Ada pula kampus yang terletak di daerah Jati, Payakumbuh, dan Dharmasraya. Pertambahan jumlah kampus menunjukkan animo masyarakat yang semakin tinggi untuk belajar di UNAND.

Terdapat 15 fakultas di Universitas Andalas. Jurusan favorit di UNAND tentu saja Kedokteran. Menyusul selanjutnya adalah Kesehatan Masyarakat, Teknik Sipil, Fatmasi, Sistem Informasi, Hukum, Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu komunikasi.

Adapun jurusan yang sepi peminat di Universitas Andalas adalah Sastra Minangkabau dan Agroekoteknologi. Lulusan agroekoteknologi biasanya akan bekerja di perkebunan, instansi pemerintahan bidang agribisnis, lembaga swadaya masyarakat, dan lainnya yang fokus pada penuluh pertanian terkait penerapan teknologi. 

Sedangkan Sastra Minangkabau bisa bekerja sebagai penerjemah, sastrawan, editor, dan lainnya. sudah bukan rahasia lagi bahwa orang-orang Padang adalah orang yang pintar, cerdas, dan pandai mengungkapkan sesuatu. Namun sayangnya penerjemah khusus dari Bahasa Minangkabau masih sedikit, sehingga program studi ini memiliki peluang kerja yang cukup besar. 

3. UIN Imam Bonjol (UINIB)

UIN Imam Bonjol terletak di Kota Padang. Kampus UIN Imam Bonjol tersebar di 3 daerah, antara lain di Jl. Sudirman no. 15, di Lubuk Lintah, Anduring, Kuranji, dan di Balai Gadang, Koto Tengah.

Terdapat 8 fakultas di UIN Imam Bonjol dengan total 33 program studi. Jurusan terfavorit di UIN Imam Bonjol adalah Perbankan Syariah, Psikologi Bisnis, Manajemen Bisnis Syariah, Pendidikan Agama Islam, dan Ekonomi Syariah.

Adapun jurusan yang sepi peminat di UIN Imam Bonjol antara lain Studi Agama-Agama, Perbandingan Mazhab, Pengembangan Masyarakat Islam, Aqidah dan Filsafat Islam, serta Bahasa dan Sastra Arab.

Itulah 3 universitas negeri di Padang beserta jurusannya yang terfavorit sekaligus jurusan yang sepi peminat. Bagaimana? Apakah sekarang kamu sudah bisa menentukan pilihanmu? 


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Inilah 3 Universitas Negeri di Padang dan Jurusannya yang Terfavorit"