Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Promosi Makanan di Media Sosial Paling Ampuh

Assalamualaikum wr wb

Pandemi ternyata tidak meruntuhkan niat seseorang yang ingin membangun sebuah bisnis. Apalagi pandemi membuktikan bahwa bisnis bisa dilakukan secara online. Bahkan peminatnya banyak loh! Hal ini lantaran banyak kemudahan yang dirasakan oleh pelanggan karena adanya bisnis online.

Banyak para pelaku bisnis pemula maupun pelaku UMKM yang berhasil menaklukkan jualannya saat pandemi. Umumnya mereka berjualan makanan. Diproduksi di dapur rumah sendiri, lalu dipasarkan melalui media sosial. Mereka berhasil karena mereka tahu bagaimana cara mengelola bisnis online di masa pandemi.


5 Cara Promosi Makanan di Media Sosial 

Untuk kamu yang hendak memulai atau sedang menjalankan bisnis kuliner secara online, maka kamu harus tahu bagaimana cara promosinya. Kalau kamu pandai memasak, bisa memproduksi makanan lezat, tapi tak mahir dalam berpromosi ya percuma. Jadi kamu harus tahu bagaimana cara promosi makanan di media sosial.

Sebagai panduan, berikut ini telah diberitahukan padamu mengenai 5 cara promosi makanan di media sosial. Dijamin ampuh! Simak baik-baik ya! Ikuti sesuai urutan ya!

1. Tes Pasar Medsos Dulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tes pasar. Media sosial itu ada banyak wujudnya, mulai dari Instagram, Facebook, Whatsapp, Twitter, bahkan kamu bisa juga berjualan di Shopee.

Untuk pemula, kamu bisa coba berjualan di seluruh media sosial yang kamu punya. Hal ini karena kamu masih belum tahu, medsos mana yang segmentednya terjangkau untukmu, jadi kamu bisa tes pasar terlebih dahulu.

Apabila ternyata respon paling banyak melalui Whatsapp (WA), maka kamu bisa menentukan bahwa WA sebagai media sosial jualanmu. Jadi kamu bisa fokus berjualan di WA. Untuk media sosial lain, bisa kamu mulai 2-3 bulan selanjutnya.

2. Posting 3-5 Konten Setiap Hari

Kamu harus konsisten untuk posting jualanmu. Memang tidak setiap posting, orang-orang akan meresponmu. Namun dengan konsisten posting di media sosial, maka orang-orang akan ngeh atau sadar bahwa kamu jualan. Mereka akan sadar bahwa kamu jualan makanan X. 

Lalu bila mereka pengen makanan X, maka mereka bisa menghubungi kamu. Jadi tetaplah konsisten posting 3-5 konten setiap hari.

3. Gunakan Gambar atau Video Produk

Selanjutnya, kamu harus posting foto produk alias makananmu. Kamu bisa membuat foto real supaya pelanggan tahu bahwa makanan itu hasil produksimu sendiri.

Kamu juga bisa membuat video ala-ala gitu supaya orang-orang ngiler saat lihat videomu. Bisa video saat pembuatan makanan (videonya dipercepat), atau mungkin video ketika makanan sudah disajikan. 

Boleh juga loh bila kamu hire fotografer atau videografer profesional khusus kuliner untuk membuat produkmu jadi keren. Bisa kamu jadikan sebagai foto tetap atau foto katalog. Bisa juga sebagai media promosi. Namun sebaiknya diselingi foto dan video real ya!

4. Posting Testimoni Pelanggan

Selanjutnya, jangan sia-siakan testimoni para pelanggan. Entah itu pelanggan pertamamu, atau pelanggan ke-30-mu. Posting saja. Sebab orang-orang nggak tahu mengenai kelarisan jualanmu sebab kamu jualan online.

Jadi kamu disarankan untuk tetap posting testimoni. Usahakan izin dulu ya ke customermu bahwa kamu akan menscreenshot chat yang berisi testimoni tersebut. Kamu boleh juga beri disclaimer supaya testimonimu tidak dicomot oleh orang lain.

5. Belajar ke Ahlinya

Ketika kamu bekerja atau berjualan, jangan pernah lupa untuk belajar. Kamu juga harus tetap belajar dari para ahli supaya bisnis onlinemu makin sukses lebih cepat. Kamu bisa belajar di website terpercaya seperti kuncie.com


Kuncie adalah sebuah website yang membagikan rahassia para pebisnis yang berpengalaman. Btw, Chef Arnold menjadi salah satu mentor di Kuncie loh! Rahasia kesuksesan Chef Arnold dikupas secara tajam dalam bentuk video. Kamu bisa menontonnya melalui aplikasi Kuncie yang sudah tersedia di Playstore maupun Appstore

Nah, itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk promosi makanan di media sosial. Kelima cara ini juga sekaligus bisa menjadi cara mengelola bisnis online di masa pandemi. Gampang banget kan caranya? Hanya perlu eksekusi dan konsistensi!

Selamat mencoba! Semoga berhasil!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Cara Promosi Makanan di Media Sosial Paling Ampuh"