Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rahasia Turunkan Kolesterol Tinggi yang Jarang Orang Tahu

Assalamualaikum wr wb

Hai ini Kak Ros hadir lagi dengan membawakan sebuah berita kesehatan yang membahas tentang cara menurunkan kolesterol tinggi. Memang ya, punya kolesterol ini menjemukan. Bikin stres karena segala aktivitas menjadi terhambat. Sering pusing, sering lelah. Bahkan nggak boleh makan ini itu. Hadeeeh....

Lalu apa solusinya? Orang-orang tahunya solusinya ya itu-itu aja. Solusinya sungguh membosankan. Karena membuat bosan, ya jadi tidak efektif untuk menurunkan kolesterol. Lalu, apa sih cara terbaik untuk turunkan kolesterol tinggi?


5 Rahasia Turunkan Kolesterol Tinggi

Untukmu, saya sudah mencari banyak info dari beragam sumber untuk mengatasi kolesterol tinggi. Berikut ini sudah saya rangkum 5 cara turunkan kolesterol tinggi yang paling ampuh. Simak baik-baik ya!

1. Konsumsi Okra

Sudah kenal dengan okra, atau belum? Okra ini nama pasar dari Lady Finger. Okra adalah buah polong-polongan berbentuk kapsul yang dihasilkan dari tanaman Abelmoschus esculentus. Lagi cciral loh ini. 

Okra ini masih masuk dalam keluarga tanaman perdu atau kapas-kapasan. Memang sih jarang ada yang mengenal okra. Namun kamu bisa mendapatkan okra ini di marketplace kesayanganmu. Tenang aja, okra ini awet dan nggak mudah layu.

Kamu bisa memanfaatkan sari okra. Minum saja sari okra yang didiamkan di air minum selama sehari di kulkas. Bolehlah bila kamu mengonsumsinya 3-4 kali dalam seminggu. Kalau kolesterolmu sangat tinggi, cobalah konsumsi okra setiap hari. 

2. Mengunyah Bawang Putih

Sepertinya tips ini cukup ekstrim, namun ampuh. Cobalah ambil 1 siung bawang putih yang ada di dapur rumahmu. Lalu kunyah. Kalau kamu nggak suka namun terpaksa, cobalah mengunyah bawang putih dengan mata tertutup. Ingat-ingatlah bahwa kamu ingin sembuh.

Memang disarankan untuk memakan bawan gputih secara utuh, bukan dicampurkan menjadi bumbu lain. Hal ini lantaran kandungan zat allicin yang bisa menghambat pembentukan kolesterol. Makannya harus dalam keadaan mentah supaya zat allicin bisa bekerja secara maksimal.

3. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Orang-orang berpikir bahwa kolesterol disebabkan oleh lemak. Namun mengapa disarankan untuk mengonsumsi lemak tak jenuh? Sebab, lemak tak jenuh merupakan lemak sehat yang aman untuk dimiliki tubuh.

Lemak tak jenuh ini telah terbukti untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL), mengurangi kolesterol jahat (LDL), dan memelihara kesehatan jantung.

Kamu bisa mengonsumsi lemak tak jenuh seperti minyak ikan, minyak kelapa, alpukat, dan telur. Adapun kamu hanya bisa mengonsumsi telur maksimal 3 kali dalam seminggu ya.

4. Bekam

Tidak banyak yang tahu bahwa bekam sangat efektif untuk menurunkan kolesterol. Sebab, darah-darah yang mengendap di dinding pembuluh darah dapat mengalir kembali karena efek bekam.

Bekam memberikan penyegaran yang optimal kepada pembuluh darah di tubuh. Peredaran darah menjadi lancar sehingga kolesterol dapat turun secara perlahan.

5. Ganti dengan Minyak Kelapa

Banyak yang salah kaprah soal ini. Bahwa minyak kelapa biasa justru jauh lebih baik daripada minyak kelapa sawit. Minyak kelapa biasa ini terbuat dari kelapa segar yang diambil minyaknya. Sedangkan minyak kelapa sawit diambil dari biji pohon kelapa sawit.

Rupanya, minyak kelapa segar dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL). Cobalah kamu mengganti minyak goreng kelapa sawit dengan minyak goreng kelapa biasa. Gantilah saat kamu hendak menggoreng makanan favoritmu. 

Kamu juga bisa ikhtiar dengan minum satu sendok minyak kelapa tiap sore. Aman kok. Minyak kelapa yang murni ini berkhasiat untuk menurunkan kolesterol jantung sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.

Itulah 5 cara yang bisa kamu manfaatkan untuk menurunkan kolesterol secara efektif. Cara-cara ini memang jarang diketahui orang sih. Namun inilah rahasia turunkan kolesterol tinggi yang paling ampuh dan jarang orang tahu. 

Wassalamualaikum wr wb.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "5 Rahasia Turunkan Kolesterol Tinggi yang Jarang Orang Tahu"

  1. Hmmm, menarique...
    Mengunyah bawang putih 😣 Aku gak punya kolesterol, jangan sampe. Tapi kalau seandainya aku kena kolesterol, suru ngunyah bawang putih... ogah deh. Coba si okra aja wkwkkk

    Bekam itu yg nanti badannya jadi totol totol bulat ya... ngeri ya😂

    BalasHapus