Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Pembukuan Olshop Paling Mudah

Assalamualaikum wr wb

Banyak banget teman-teman yang ingin tahu bagaimana cara membuat pembukuan untuk olshop (online shop)? Apalagi saat ini sedang banyak teman-teman yang mencari peruntungan dari berbisnis online.

Biasanya pelaku olshop terlena untuk nggak membuat pembukuan. Dikiranya catatan transaksi keuangan dengan klien yang ada di HP sudah cukup untuk mengetahui arus kas. Padahal tidak cukup. Masih dibutuhkan pencatatan keuangan yang rapi. Supaya kamu selaku pemilik olshop tahu, sedang rugi atau laba? 


5 Cara Membuat Pembukuan Olshop

Tenang aja, nggak usah ribet-ribet kalau bikin pembukuan. Berikut ini saya akan sharing bagaimana cara membuat pembukuan online shop paling praktis dan paling mudah. Simak baik-baik ya!

1. Gunakan Aplikasi BukuWarung

Nggak usah repot-repot nulis di buku catatan atau buku kas. Mending langsung download dan instal aplikasi BukuWarung. Ini adalah aplikasi pembukuan untuk bisnis online shop yang bertujuan untuk mencatat pembukuan usaha secara rapi.

Jadi kamu nggak perlu capek-capek menggarisi kolom pemasukan, pengeluaran, dan lainnya. Langsung saja gunakan aplikasi BukuWarung. Kamu hanya perlu memasukkan data-data keuangan. Tentu saja, mereka langsung merekapnya secara otomatis. Asyik, bukan?

2. Buat Akun dan Lengkapi Identitas Olshop

Setelah mendownload aplikasi BukuWarung, selanjutnya masuklah ke aplikasi tersebut. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun sekaligus melengkapi profil. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, kota domisili, nama online shop, alamat email, dan lainnya.

3. Masukkan Stok Barang

Selanjutnya kamu perlu memasukkan data-data barang beserta jumlah stoknya. Dikarenakan masih pemula, maka mulailah perencanaan stok yang dimulai pada hari itu juga supaya sistem dengan mudah menganalisa ketersediaan stok setiap hari.

4. Masukkan Data-Data Keuangan

Selanjutnya, kamu sudah bisa memanfaatkan aplikasi BukuWarung sebagai catatan transaksi keuangan. Input data mulai dari uang yang masuk, jumlah barang terjual, dan lainnya yang tentu saja dilengkapi dengan tanggal.

5. Buat Laporan Keuangan Olshop

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah membuat laporan keuangan. Namun tenang saja, kamu nggak perlu repot-repot membuat laporan keuangan. Sebab di aplikasi BukuWarung sudah ada laporannya. 

Jadi kamu tinggal unduh atau download laporan keuangan bulanan untuk mengetahui bagaimana arus kas olshopmu. Laporan keuangan ini bisa dicetak bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Praktis banget, bukan?

Di aplikasi BukuWarung, transaksi sekecil apa pun itu, baik cash in maupun cash out akan dicatat. Kamu juga nggak perlu double input untuk perhitungan yang berbeda karena aplikasi ini sudah sangat pintar mengelola transaksi keuanganmu. 

Seperti yang tertera di situs https://bukuwarung.com/ bahwa aplikasi BukuWarung memiliki beragam fitur menarik seperti pengingat pencatatan hutang, laporan keuangan, kartu nama digital, e-wallet, dan berbagai fitur menarik lainnya. Asyik banget, bukan?

BukuWarung menjadi aplikasi pencatat keuangan yang sangat berguna untuk pelaku para pelaku online shop. Kabar baiknya, 1 aplikasi ini bisa memuat banyak olshop loh! Wuah jadi kamu nggak akan pusing mikir pembukuan keuangan dari olshop-olshopmu yang banyak itu!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

1 komentar untuk "5 Cara Membuat Pembukuan Olshop Paling Mudah"

  1. sudah enak buat invoice, tidak ribet lagi harus kekomputer dan buka office excel dll

    BalasHapus