Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Materi Kursus Online Gratis di Bidang Multimedia

Memang sangat menyenangkan bila bersentuhan dengan dunia digital. Terhubung dengan orang-orang tanpa ada batasan, mendapatkan informasi secepat kilat, hingga berkarya dalam bentuk digital yang bisa dinikmati oleh banyak orang.

Maka tak mengherankan bila banyak orang yang tertarik untuk bekerja di bidang multimedia. Apalagi saat ini bidang multimedia/IT sedang sangat diminati oleh pasar karena kebutuhannya yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari copywriter, editor youtube, SEO specialist, dan lainnya.

kursus online gratis

Tenang saja, kamu yang bukan lulusan jurusan Teknik Informatika atau Teknik Komputer masih bisa kok bekerja di bidang multimedia. Asalkan kamu telah mempelajarinya secara sungguh-sungguh dan memiliki sertifikat keahlian.

Bila kamu serius ingin bekerja di bidang IT, maka seriuslah belajar. Kamu harus tahu bagaimana cara belajar efektif. Kamu bisa belajar secara otodidak atau mandiri melalui aplikasi belajar online maupun aplikasi siap kerja. Sejauh ini, aplikasi siap kerja yang paling recommended adalah QuBisa. Di aplikasi ini kamu bisa belajar materi apapun terkait multimedia sesuai yang kamu minati. Selain itu di sini kamu juga bisa belajar bagaimana cara meningkatkan personal branding.

5 Materi Kursus Online Bidang IT/Multimedia

Di QuBisa ada banyak materi kursus online yang ditawarkan. Kamu tinggal pilih salah satu yang sesuai dengan minatmu. Namun bila kamu masih bingung hendak belajar apa, mungkin tulisan berikut ini bisa membantu. Yaitu tentang rekomendasi 5 materi kursus online gratis untukmu yang ingin bekerja di bidang multimedia. Simak baik-baik ya!

1. Copywriter

Saat ini perusahaan sedang berlomba-lomba untuk memasarkan produknya melalui media sosial. Diperlukan desain yang menarik perhatian serta narasi yang persuasif untuk memikat hati netizen. Di sinilah sosok copywriter berperan.

Saat ini hampir seluruh perusahaan membutuhkan orang yang handal dalam meramu caption media sosial. Bila kamu menekuni bidang ini, yakinlah bahwa peluangmu cukup besar. Sebab sejauh ini belum ada jurusan yang secara spesifik mengajarkan tentang copywriting. Jadi dengan berbekal sertifikat keahlian belajar copywriting, kamu bisa melamar menjadi copywriter di perusahaan yang kamu bidik.

aplikasi siap kerja

2. Video Editor 

Orang-orang mengira bahwa Youtuber ternama membuat kontennya sendiri sehingga mampu menjaga kualitas tayangannya. Namun itu tidak 100% benar. Ada banyak Youtuber/Content Creator yang mempekerjakan para video editor untuk memproduksi dan memfinalisasi konten yang telah dibuat. Sementara Youtuber hanya mengecek mengenai hasil pekerjaan sehingga ia tetap bisa memberikan konten yang baik.

Kabar baiknya, jumlah content creator saat ini meningkat 51,56% menurut SocioBuzz. Hal ini memberikan peluang besar bagimu yang suka editing video. Maka dari itu cobalah belajar editing video hingga mahir. Kamu bisa mewujudkannya melalui kursus online. Tenang saja, saat ini sudah banyak dibuka kursus online gratis yang bisa kamu ikuti.

aplikasi belajar online

Kalau saya, sedang mengikuti kursus online gratis yang dibina langsung oleh Pak Su Rahman ini. Soalnya saya sedang ingin menjadi Youtuber dan saya harus tahu bagaimana cara editing video yang bagus dan smooth. Tuntas mempelajari materi ini, ternyata Pak Su Rahman menawarkan kelas-kelas lain dengan tema serupa loh, seperti:

  • Tutorial Movavi Video Editor untuk Konten Kreator Pemula
  • Tutorial Editing Video Terbaik Menggunakan Aplikasi Filmora X
  • Cara Mengatasi Peninjauan Monetisasi Youtube yang Lama
  • Cara Mengatasi Penghasilan Youtube yang Turun
  • Cara Mengatasi Gagal Monetisasi Konten yang Digunakan Ulang

3. Asisten Pemrograman Komputer

Salah satu pekerjaan yang paling menggiurkan adalah menjadi programmer. Gajinya besar, proyeknya banyak, dan hanya bekerja dengan coding-coding tertentu di depan layar komputer. Betapa menyenangkan, bukan? Namun untuk menjadi seorang programmer profesional, kamu harus berkuliah di jurusan IT.

Namun tenang saja, kamu yang nggak kuliah di jurusan IT masih punya peluang besar kok untuk bekerja di dunia coding. Saat ini ada banyak programmer yang membutuhkan Asisten Pemrograman Komputer. Tak banyak yang tahu tentang informasi ini, tapi kebutuhan akan asisten ini nyata adanya. 

Biasanya kualifikasi untuk menjadi asisten pemrograman komputer ini nggak rumit kok. Kamu hanya perlu sertifikat keahlian yang bisa didapat dari kursus online. Satu-satunya aplikasi belajar online yang menyediakan materi pembelajaran tentang cara menjadi asisten pemrograman komputer adalah QuBisa. Coba intip dulu deh!

aplikasi siap kerja

4. SEO Specialist

Kalau kamu suka menulis dan suka mengulik coding tipis-tipis, cobalah untuk menjadi SEO Specialist. SEO Specialist adalah orang yang pandai menganalisa sebuah situs untuk melakukan optimasi agar situsnya berada pada posisi terbaik di mata mesin pencari.

Sejauh ini, tidak ada jurusan kuliah yang secara spesifik meluluskan orang-orang yang ahli SEO. Melainkan SEO itu dipelajari dan dipraktikkan. Dikulik setiap hari secara konsisten hingga berhasil mencapai posisi page one. 

Orang-orang belajar SEO secara otodidak dan ada pula yang melalui kursus. Untukmu, disarankan mengikuti kursus online saja. Saat ini di QuBisa juga tersedia kursus online untuk menjadi SEO Specialist. Mungkin kamu bisa intip dulu materi apa saja yang akan kamu pelajari.

kursus online gratis


5. Admin Online Shop

Banyak yang mengira bahwa menjadi admin online shop sangatlah mudah karena hanya sekadar membalas chat. Namun siapa sangka bahwa menjadi admin online shop sangatlah sibuk. Tidak hanya bekerja dengan membalas chat, melainkan juga akan menjadi marketer yang harus pandai menawarkan produk jualan kepada customer. 

Iya, menjadi admin online shop itu ada ilmunya. Jadi alangkah lebih baik bila kamu belajar terlebih dahulu, mendapatkan ilmunya. Kalau belajar berdasarkan pengalaman, maka kamu akan membutuhkan waktu banyak. Namun bila belajar dari ahlinya lalu direalisasikan, maka kamu akan mendapat beragam kemudahan ketika menjadi admin online shop. Dijamin di Qubisa ini belajar gak ribet!

Jadi kamu sangat perlu belajar untuk mengetahui bagaimana cara menjadi admin online shop yang berhasil menggaet hati customer. Tenang saja, kamu mempelajarinya secara gratis di QuBisa.

aplikasi belajar online

Itulah 5 materi kursus online yang sangat dibutuhkan oleh para pejuang kerja sepertimu saat ini. Materi-materi tersebut merupakan materi pilihan berdasarkan jenis profesi yang berpeluang besar dan sedang sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini. Tenang saja, kamu bisa mendapatkan ilmu tersebut secara gratis melalui aplikasi siap kerja QuBisa. 

Mengapa Harus Kursus Online di QuBisa?

Sebenarnya ada banyak platform kursus online yang tersedia. Namun saya tetap merekomendasikan QuBisa untukmu. Mengapa? Berdasarkan pengalaman, saya mendapatkan banyak kemudahan dan manfaat karena mengikuti kursus di QuBisa. Setidaknya ada 10 alasan yang membuat saya semangat untuk mengikuti kursus online di QuBisa. Simak baik-baik ya!


keunggulan QuBisa

1. Biaya Pendaftaran Gratis

Berbeda dengan kursus lain, biaya pendaftaran di QuBisa adalah gratis alias tidak dipungut biaya. Kamu hanya perlu membuat akun seperti biasa, lalu beragam pilihan kursus akan tersaji untukmu.

2. Cara Mendaftar Mudah

Selain gratis, cara mendaftarkan diri di QuBisa mudah banget loh! Kamu bisa download aplikasi QuBisa terlebih dahulu di Playstore maupun AppStore. Lalu buatlah akun dengan cara isi data diri. Aktivasi akunnya melalui link yang dikirimkan lewat email. Mudah banget, bukan?

3. Bisa Diakses Via Website dan Aplikasi

QuBisa ini tersedia dalam 2 bentuk, yaitu website dan aplikasi. Bila kamu ingin belajar serius melalui laptop, kamu bisa membukanya via website QuBisa.com namun apabila kamu ingin belajar di sela-sela waktu luangmu, kamu bisa membukanya via aplikasi yang sudah ada di smartphone-mu.

cara daftar QuBisa

4. Banyak Pilihan Materi Kursus

Ada banyak pilihan materi yang ditawarkan QuBisa. Bahkan, kelima materi kursus online bidang multimedia yang saya sebutkan sebelumnya, ada semuanya di QuBisa. Bahkan materinya nggak cuma 1, melainkan banyak sehingga kamu benar-benar bisa upskilling dan reskilling untuk meraih karir impianmu.

5. Belajar Melalui Video

Materi yang disajikan di QuBisa ini tidak berupa teks atau modul, melainkan dalam bentuk video. Jadi kamu akan merasakan sensasi belajar gak ribet di kelas karena ada guru/tutor di dalam video. Tenang saja, videonya hanya berkisar antara 2-10 menit setiap sub-bab. Jadi tidak akan membuatmu jenuh.

6. Banyak Webinar Gratis

Ini adalah tawaran terbaik yang diberikan oleh QuBisa untukmu. Ada banyak webinar dengan tema-tema menarik. Apalagi pematerinya orang-orang keren yang umumnya sudah kita ketahui sepak terjangnya. Tenang saja, webinarnya gratis kok! Jadi jangan sia-siakan kesempatan ini ya!

7. Akses Belajar Seumur Hidup

Sungguh deh, QuBisa baik banget untuk kita-kita yang selalu ingin upskilling dan reskilling. Video-videonya tuh nggak hanya sekadar gratis, melainkan bisa kita akses seumur hidup. Jadi kita bisa selalu upgrade skills karena materi-materi di QuBisa nggak akan ada matinya dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

8. Dapat Banyak Poin

QuBisa ini memang baik hati ya. Salah satu cara yang ia lakukan adalah dengan bagi-bagi poin. Poin-poin ini bila kamu tabung, bisa diredeem menjadi uang loh. Asyik banget, bukan?

keuntungan ikut kursus QuBisa


9. Dapat Sertifikat Keahlian

Ini adalah manfaat yang paling ditunggu-tunggu dari para pejuang kerja. Dengan mengikuti kursus online di QuBisa, maka kamu akan mendapatkan sertifikat keahlian. Sertifikat ini atas namamu dan ditandatangani oleh pematerinya loh! Tenang saja, masing-masing sertifikat ada nomor ID-nya sehingga bisa dicek keasliannya. 

10. Saat Kerja Masih Bisa Belajar dan Dibimbing

Apabila suatu hari kamu mendapatkan pekerjaan idamanmu, selamat ya akhirnya kamu berhasil meraih impianmu. Atas keberhasilanmu, tentu saja QuBisa masih mendampingimu. Yakin deh, kamu masih butuh banyak ilmu dan bimbingan saat sudah terjun ke dunia kerja. 

Namun tenang saja, kamu bisa mendapatkan kiat-kiat bekerja dan ilmu apa saja yang harus kamu upgrade supaya naik level. Contohnya adalah tentang cara belajar efektif dan cara meningkatkan personal branding. Kamu masih bisa meningkatkan kemampuan dengan cara mempelajarinya di QuBisa karena ia memberikanmu akses belajar seumur hidup.

Itulah 10 alasan yang akan membuatmu semangat mengikuti kursus online di QuBisa. Beneran deh, jangan sia-siakan kesempatan kursus online gratis di QuBisa. Kamu bisa meningkatkan kemampuan dan mendapatkan ilmu yang banyak sekaligus mendapatkan sertifikat. Menyenangkan sekali, bukan?

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan belajar di QuBisa ya! Pastikan kamu menjadi pelamar kerja dengan keahlian tertentu yang dibutuhkan di zaman ini. Semangat!

Kabar baiknya, saat ini QuBisa sedang mengadakan lomba blog loh! Yuk ikutan!

lomba blog


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

16 komentar untuk "5 Materi Kursus Online Gratis di Bidang Multimedia"

  1. Asik banget Qubisa ini.
    memberikan kesempatan untuk siapa aja, supaya bisa upgrading skills
    keren maksimal!

    BalasHapus
  2. Ilmu yang dishare Qubisa ini, banyak banget lho. Tidak hanya public speaking tp ternyata multimedia pun ada. Komplit deh.

    BalasHapus
  3. Ilmu yang dishare Qubisa banyak banget. Tidak hanya PR tapi Multimedia pun ada. Lengkap banget Qubisa ini.

    BalasHapus
  4. pernah mengikuti salah satu kegiatan Qubisa, memang lengkap pelatihannya

    BalasHapus
  5. baru tahu kalo QuBisa selengkap ini

    Apalagi biaya pendaftaran di QuBisa gratis.

    Mau ikut SEO ah,agar blog saya naik kelas ^^

    BalasHapus
  6. Wah Qubisa paket komplit..
    pengen ikut ih...

    BalasHapus
  7. Ternyata jadi admin toko on-line juga ada ilmunya ya. Gak cuma sekedar mengatur penjualan dan pengiriman. Ada ilmu tentang sales, promosi dan komunikasi untuk customer service yang baik. Bagus nih disampaikan untuk mereka yang punya toko on-line.

    BalasHapus
  8. Wah keren banget ada aplikasi QuBisa...belajar apa aja ada ya termasuk mempersiapkan skill karir dan upgrade skill disitu bisa tuh. Mantul sekali...

    BalasHapus
  9. Duh, pengen banget jago video editing, gak cuma pake aplikasi doang. Hehehe. Bisa ya belajar lewat kursun online QuBisa ini.

    BalasHapus
  10. Semua aku mau coba nih khususnya copywriting, karena kerja di bidang multi media itu asik banget!

    BalasHapus
  11. Hari gini gratis ya, keren bgt QuBisa. Aku tertarik kursus SEO nih, soalnya blm faham. Satu lagi edit video hehe

    BalasHapus
  12. Belajar SEO udah kudu banget buat content writer. Daku udah nih unduh QuBisa, dan 5 rekomendasi Kak Ros mau daku terapkan ah. Sekalian juga materi nya Pak Su Rahman bagus juga nih dipelajari

    BalasHapus
  13. Mantap banget ya QuBisa ini, kita punya akses belajar seumur hidup. Jadi kalau lupa materi atau pengen ngulang, bisa langsung aja tanpa bayar lagi.

    BalasHapus
  14. Kursus-kursus ini memang paling diminati di masa pandemi gini nih dimana dunia digital berkembang pesat sekali yaa

    BalasHapus
  15. Qubisa ini Menjadi solusi buat belajar Dan menambah skill Kita ya kak, seru sih belajar disini

    BalasHapus
  16. terima kasih sudah dikenalkan dengan Qubisa mbak. Semua job di atas memang sangat dibutuhkan di dunia digital sekarang ini ya. terutama kita-kita yang sebagai blogger atau pebisnis online

    BalasHapus