Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Keunggulan PC Workstation Untuk Para Content Creator

Kehadiran para content creator memberikan angin segar bagi industri hiburan tanah air. Ide-ide kreatif bermunculan sehingga mampu menggemparkan publik. Apalagi para content creator ini umumnyak masih berusia muda. Menandakan bahwa spirit kebebesan berkarya digenggam erat sehingga mampu menghasilkan inovasi yang di luar ekspektasi.

Para content creator seperti youtuber, blogger, selebgram, selebtiktok, dan lainnya memiliki penggemarnya dan penikmat karyanya masing-masing. Saking banyaknya peminat, maka tak mengherankan bila content creator ini bekerja secara profesional untuk memenuhi keinginan para penggemarnya.


Umumnya mereka memiliki tim sendiri untuk membantunya memproduksi konten setiap hari. Mulai dari syuting, mempersiapkan alat dan bahan, editing, bahkan promosi. Bukan hal mustahil bahwa seorang content creator bisa menjadi pebisnis yang sukses. Selain itu, secara tidak langsung para content creator telah berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi anak-anak muda lainnya.

Content creator yang sukses, tentu tidak lepas dari dukungan keluarga, kerabat, maupun penggemarnya. Selain itu, para content creator mampu menyajikan karya yang hebat karena didukung oleh piranti canggih. Setidaknya mereka memiliki  kamera, microphone, lighting, laptop, hingga PC workstation. 

Apa Itu PC Workstation?

Sederhananya, PC Workstation didefinisikan sebagai seperangkat komputer dengan spesifikasi tinggi yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu secara optimal sekaligus terhubung antar komputer.  

Para content creator yang channelnya berkembang pesat, biasanya memberikan fasilitas pendukung kepada timnya berupa PC workstation. Hal ini bertujuan agar tim multimedia bisa bekerja secara optimal dan maksimal dalam memproduksi konten. Apalagi tuntutan netizen yang menghendaki untuk upload konten setiap hari. Jadi kehadiran PC workstation di ruang produksi sangatlah berarti.

5 Keunggulan PC Workstation Cocok Untuk Pekerjaan Multimedia

Namun sejatinya ada banyak alasan mengapa para content creator menggunakan PC Workstation untuk memproduksi konten digital mereka. PC Workstation memiliki keunggulan tertentu yang tak dimiliki oleh piranti canggih lainnya. Apa sajakah itu? Simak baik-baik ya!


1. Kinerja Lebih Cepat 

Seorang content creator membutuhkan PC Workstation dengan kapasitas penyimpanan yang besar supaya kinerjanya bisa lebih cepat. Setidaknya pilihlah PC dengan minimal RAM 32 GB dan RAM DDR4. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar, maka pemrosesan data bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Selain itu pilihlah prosesor Intel Core i7 ke atas untuk mempercepat prosesing data. Sebab orang-orang yang bekerja di bagian multimedia atau IT pasti akan membuka banyak software dalam sekali waktu alias multitasking. Ada baiknya bila kamu memilih PC terbaru yang telah dibekali Windows 10.

2. Sajikan Hasil Kualitas Terbaik

Hal terpenting dari seorang content creator adalah karya yang disajikan. Maka pastikan kamu memilih PC Workstation dengan kartu grafis minimal NVIDIA. Hal ini berguna apabila kamu hendak membuat animasi 2/3 dimensi, editing video supaya fps-nya tinggi dan smooth sehingga mampu menghasilkan konten video dengan kualitas terbaik.

Sebuah PC Workstation pasti menggunakan kartu grafis yang berdiri sendiri atau bisa disebut dengan discret graphics. Tentunya sudah disertifikasi oleh ISV. Jadi kartu grafis yang digunakan bukanlah kartu grafis yang digunakan di PC/laptop standar pada umumnya.

3. Port Konektivitas Komplit

Dikarenakan seorang content creator membutuhkan alat tempur yang lengkap, maka pastikan PC yang kamu pilih memiliki port yang lengkap. Mulai dari kabel HDMI, USB dengan berbagai varian, audio jack combo, dan lainnya. 

Pastikan juga bahwa port-port tersebut memiliki kecepatan yang tinggi untuk transfer data. Apalagi PC Workstation ini terhubung dengan komputer-komputer lain, jadi port konektivitasnya harus lengkap.

4. Keamanan Mutakhir

Banyak data-data penting yang dimiliki seorang content creator. Jadi pastikan kamu memilih komputer dengan tingkat keamanan tinggi. Namun PC workstation telah dirancang untuk aman dari serangan virus-virus nakal, bahkan virus varian baru. Akan tetapi pastikan kamu cek terlebih dahulu mengenai fitur keamanan yang ditawarkan oleh PC workstation pilihanmu.

5. Mendukung Lebih dari 1 Monitor

Dikarenakan kerjaan atau aktivitas dari tim multimedia content creator sangatlah banyak, maka tak akan cukup 1 monitor untuk memantau hasil kerjanya saat itu. Daripada menyimpan tab-tab lain, alangkah lebih baik bila tab-tab software tersebut dibuka di semua layar. Tentu saja hal ini akan terwujud bila sebuah PC memiliki lebih dari 1 monitor.

Para content creator saat ini sudah peka dengan timnya yang membutuhkan 2-3 monitor untuk membantu pengerjaannya. Hal ini tentu saja hanya terwujud apabila di ruang kerja disediakan PC Workstation. Sebuah PC yang dirancang untuk mengerjakan tugas-tugas spesifik yang cukup berat.

Rekomendasi PC Workstation Terbaik Untuk Content Creator

Itulah 5 keunggulan dari PC Workstation yang akan dirasakan oleh para content creator dan timnya yang berada di balik layar. Jadi kamu tidak lagi menggunakan PC atau laptop standard untuk karyawanmu, melainkan menggunakan PC khusus content creator.

Namun pastikan kamu memilih PC Workstation yang terbaik supaya kamu mendapatkan hasil terbaik dengan kinerja yang cepat. Sejauh ini, ada 2 jenis PC Workstation yang recommended untuk digunakan para content creator. Apa sajakah itu? Simak baik-baik ya!

1. HP Z1 Tower G6

Ini adalah varian PC Workstation dari HP yang paling recommended. Sudah dibekali prosesor Intel Core i7 yang bisa diupgrade hingga Intel Core i9. Cocok banget untuk para content creator karena telah menggunakan NVIDIA Ge Force RTX 2080 Super (8 GB GDDR6) sebagai kartu grafisnya.

Tak hanya itu, RAMnya bisa diupdate hingga 128 GB sehingga prosesing data bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi didukung oleh kapasitas penyimpanan yang cukup besar yaitu 1 TB PCIe NVMe™ TLC SSD. Wuah, recommended banget, bukan?


2. HP Z2 Tower G5

 Namun bila kamu ingin yang lebih HP Z1, kamu bisa coba melirik varian di atasnya yaitu HP Z2 Tower G5. PC Workstation HP ini cocok untuk para content creator karena menggunakan kartu grafis yang bisa diupgrade hingga NVIDIA Quadro RTX 6000 (64 GB GDDR6).

RAM dan OS di HP Z2 ini sama dengan HP Z1, namun berbeda di kapasitas penyimpanannya. PC Workstation HP Z2 ini memiliki kapasitas penyimpanan hingga 2 TB dengan penyimpanan berupa HP Z Turbo Drive PCIe NVMe SED Opal 2 M.2 SSD. Kuat dan tangguh banget, bukan? Jadi nggak ada lagi kata nge-lag kalaupun kamu memproduksi banyak konten dalam waktu yang bersamaan.


Rekomendasi Tempat Beli PC Workstation Terbaik

Sekarang kamu sudah tahu PC Workstation apa saja yang recommended. Hingga saat ini baru ada 2 varian yang recommended dan sama-sama berasal dari merk HP. Jadi kamu nggak perlu melirik ke varian atau merk lain untuk mendapatkan PC Workstation terbaik.

Namun pastikan kamu membeli PC Workstation di tempat yang terpercaya ya. Jangan sampai kamu mengeluarkan uang banyak namun tertipu karena spesifikasi yang tak cocok dengan tawannya. Maka belilah PC Workstation HP hanya di Synnex. 

Synnex Metrodata Indonesia adalah distributor produk-produk IT yang terpercaya di Indonesia. Mulai dari laptop desain terbaik, smartphone terbaru, scanner canggih, hingga PC Workstation tersedia di Synnex.


Tenang saja, harganya lebih terjangkau daripada harga pasaran lainnya. Hal ini lantaran Synnex telah memiliki jaringan kelas global sehingga bisa memberikan penawaran yang lebih baik. 

Kalau kamu nggak percaya, coba saja cek testimoni yang ada di lini media massa untuk mengetahui bahwa Synnex adalah distributor IT terbaik di Indonesia. Pasti kamu akan semakin tergiur membeli PC Workstation HP di Synnex karena testimoninya yang baik.

Jadi, pastikan kamu membeli PC workstation terbaik di tempat terbaik pula. Selamat berkarya!

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Keunggulan PC Workstation Untuk Para Content Creator"