Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks MC Pernikahan Islami yang Simple (download docx)

Assalamualaikum wr wb

Hai teman-teman, kali ini Kak Ros akan sharing lagi mengenai teks MC. Kali ini akan sharing teks MC pernikahan islami yang simple. Banyak yang request tesk MC nikah islami soalnya.

Nah, berikut ini sudah saya siapkan ya contoh naskah MC-nya. Tenang saja, ini adalah naskah MC pernikahan yang bernuansa islami. 

Saat menjadi MC, kamu boleh banget loh buka artikel ini. Baca aja udah di hape, nggak pa-pa. Yang penting hapenya jangan ditaruh di muka. Lalu sesekali senyum dan melihat ke arah hadirin yang hadir.

Oh ya, di sini juga saya sertakan link download teks MC pernikahan. Tombol downloadnya ada di bawah ya. Dokumennya berbentuk doc atau docx atau word supaya bisa kamu edit. Selamat membaca!

Teks MC Pernikahan Islami yang Simple

1. Penyambutan Kedatangan Keluarga Besar

Selamat datang, kami ucapkan kepada rombongan keluarga besar calon pengantin pria, keluarga dari ...(Nama CPP)... yang merupakan putra dari pasangan Bpk. ................. & Ibu .................. 

Suatu kebanggaan dan kebahagiaan, karena pagi ini kami kedatangan keluarga yang hadir dengan penuh cinta. 

Dari hati terdalam, kembali kami ucapkan selamat datang kepada keluarga besar ...(Nama CPP)... yang sudah datang jauh-jauh dari ....(nama kota)... ke kediaman kami di ...(nama kota)... yang disambut dgn penuh cinta oleh keluarga dari calon mempelai putri ...(Nama CPW)

2. Salam Pembuka

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillahi Robbil’alamin, Wa sholatu was salamu alaa asyrafil anbiya i wal mursalin, wa’alaa ahlihi  wa ash-habihi ajmain, amma ba’du.

Puja dan puji marilah kita panjatkan kepada Allah yang Maha Kuasa. Atas kasih dan sayang-Nya, pada hari ini ... (hari, tanggal)... kita semua dapat berkumpul bersama dalam keadaan yang berbahagia, yaitu dalam rangkaian acara prosesi akad nikah ...(nama CPP)... dan ...(nama CPW)... 

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, Insya Allah tak lama lagi akan ada 2 hati yang terpaut dalam satu janji. Sebuah janji yang akan mengubah setiap hal menjadi rangkaian ibadah yang luar biasa.

Janji antara dua insan yang bernama ... (Nama CPW)... & ... (Nama CPP)...

  • ...(Nama CPW)... merupakan putri dari pasangan Bpk. ......... & Ibu ........... 
  • ...(Nama CPP)... merupakan putra dari pasangan Bpk. ......... & Ibu ............ 

3. Sambutan dari Keluarga Pengantin Pria

Hadirin yang berbahagia, selanjutnya kita mengetahui lebih dalam terkait kedatangan dan tujuan rombongan dari calon pengantin pria, akan kita simak bersama sambutan penyerahan dari pihak calon pengantin pria yang akan disampaikan oleh Bapak ........ Disilakan.

[sambutan]

Kami sampaikan terima kasih. Sungguh niat yang sangat mulia sudah terdengar jelas dari sambutan penyerahan pihak calon pengantin pria.

4. Sambutan dari Keluarga Pengantin Wanita

Selanjutnya akan kita simak dan dengarkan bersama sambutan penerimaan dari pihak calon pengantin wanita yang akan disampaikan oleh Bapak ........

[sambutan]

Alhamdulillah... sudah kita simak bersama sambutan dari kedua keluarga. Insya Allah tujuan sudah bulat dan tekad dari kedua insan sudah menggema. Mari kita kawal dengan baik. 

5. Penyerahan Seserahan

Selanjutnya, sebagai tanda cinta dari keluarga calon pengantin pria, akan ada penyerahan seserahan secara simbolis yang akan diberikan Ibu ....(nama Ibu CPP)... kepada Ibu ...(nama Ibu CPW)... 

Kami silakan kepada keluarga besar calon pengantin pria yaitu Ibu ....(nama Ibu CPP).... menyerahkan seserahan secara estafet kepada Ibu ...(nama Ibu CPW)...

Semoga ini menjadi langkah awal agar rencana akad nikah yang sesaat lagi akan berlangsung bisa berjalan dengan penuh keridhoan.

6. Pengapitan Calon Pengantin Pria

Selanjutnya, sebagai salah satu simbol penerimaan keluarga dari calon pengantin wanita sekaligus proses menuju akad nikah, kami silakan kepada bapak dan Ibu calon pengantin wanita untuk mengapit dan membawa calon pengantin pria ke tempat akad nikah.

Kami undang seluruh keluarga besar rombongan calon pengantin pria untuk masuk ke ruangan utama dan menempati kursi yang telah disediakan.

7. Persiapan Ijab Qobul

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, kini tiba saatnya melangkah pada acara yang paling ditunggu yaitu akad nikah.

Akad nikah merupakan sebuah ikrar yang luar biasa. Langit ikut bergema dan malaikat turun mendoakan sepasang insan yang mengucap ijab Kabul.

Hadirin, agar proses akad nikah bisa berjalan khidmat, kami menghimbau agar semuanya bisa mengikuti dengan khusyuk, mengkondisikan alat komunikasnya dalam kondisi silent. 

Prosesi akad nikah akan dipandu secara langsung oleh Pejabat KUA ...(nama kecamatan atau nama KUA setempat)... yaitu Bapak ...(nama bapak pejabar KUA)..., dan didampingi oleh wali nikah yaitu Bpk. ....(nama wali nikah 1)... dan juga Bpk ...(nama wali nikah 2).... sebagai saksi dari pihak calon pengantin pria, serta Bpk ...(wali nikah 3)... selaku saksi dari pihak calon pengantin wanita.

[prosesi ijab qobul]

Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair. Mudah-mudahan Allah memberkahi engkau dalam segala hal dan mempersatukan kalian berdua dalam keadaan kebaikan.

Alhamdulillahirobbil’alamin, semoga prosesi akad nikah yang telah kita saksikan bersama mendapatkan ridho dari Allah SWT dan menjadikan jalan kebaikan bagi kedua mempelai menuju ridho-Nya

8. Penandatanganan Akta Nikah

Selanjutnya, penandatanganan akta nikah. Silakan mempelai pria menandatangani akta nikah terlebih dahulu, kemudian disusul mempelai wanita.

[penandatangan akta nikah]

9. Pemberian Buku Nikah

Selanjutnya, pemberian buku nikah diberikan dari Bapak ...(pejabat KUA)... yang mewakili dari KUA... (nama kecamatan atau nama KUA setempat)... yang diberikan kepada mempelai pria dan mempelai wanita yang kini telah sah menjadi pasangan suami istri.

[pemberian buku nikah]

10. Pemasangan Cincin

Sebagai bentuk simbolis, acara selanjutnya adalah pemasangan cincin. Disilakan kepada mempelai pria untuk memasangkan cincin ke jari manis mempelai wanita. Kemudian disilakan kepada mempelai wanita untuk memasangkan cinin ke jari manis mempelai pria.

[pemasangan cincin]

Ini adalah bukti simbolis bahwa mempelai pria dan wanita telah terikat menjadi suami istri. Juga cincin ini sebagai pengingat adanya janji sehidup semati.

11. Penyerahan Mas Kawin

Selanjutnya adalah penyerahan mas kawin. Mas kawin yang diberikan oleh pengantin pria sesuai yang telah disebutkan saat ijab qobul adalah ...(nama mas kawin). Disilakan untuk diberikan kepada pengantin wanita sebagai bukti keseriusan untuk membina rumah tangga bersama.

[penyerahan mas kawin]

12. Pembacaan Doa

Selanjutnya adalah pembacaan doa. Pembacaan doa akan dipimpin oleh Bapak ...(nama penghulu).... Disilakan.

[pembacaan doa]

13. Closing Akad Nikah

Hadirin yang berbahagia, berakhirlah seluruh rangkaian acara akad nikah ...(nama mempelai wanita)... dan ...(nama mempelai pria)... pada hari ini.

Teriring doa, semoga kedua mempelai dapat menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rohmah. Aamiin Ya Robbal Alamin.

Saya, .... (nama MC)... selaku MC yang bertugas, sekaligus mewakili keluarga, mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan doa restu dari kerabat semua. Tak lupa kami memohon maaf apabila ada kekhilafan atau ketidaknyamanan atas pelayanan kami.

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Wassalamualaikum wr wb

Link Download Teks MC Pernikahan Islami

Berikut ini adalah tombol download teks MC pernikahan islami yang simple. Bentuknya doc atau docx atau word ya supaya bisa kalian edit sendiri.

Nah, semoga kalian bisa menjadi MC pernikahan yang baik ya. Semangat!

Semoga artikel ini bermanfaat

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Teks MC Pernikahan Islami yang Simple (download docx)"