Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenali Diri Sendiri Lebih Dalam Sebelum Menikah

Assalamualaikum wr wb

Ini adalah bagian 01 dari Ruang Mengenal Diri yang ada di buku Pre Marriage Talk. Pembahasan bab sebelumnya berjudul SEBELUM KAMU MEMUTUSKAN UNTUK MENIKAH.

Intisari dari bab tersebut kurang lebih adalah tentang Pernikahan dan Kehidupan. Sub-materi yang dibahas, dipandu dengan beberapa pertanyaan berikut ini. 

  • Siapa diri kita?
  • Apa yang seharusnya kita lakukan di dunia?
  • Kelak mau pulang ke mana?
  • Terus, apa hubungannya dengan menikah?

Rupanya, pertanyaan ini membantu saya berpikir ulang mengenai siapa saya, lalu apa tujuan hidup saya, kemudian mengarahkan saya untuk meningkatkan keyakinan dan keimanan bahwa kita akan berpulang kepada-Nya.


BAB 01 Ruang Mengenal Diri

Setelah bab ini selesai, kita diminta untuk menjawab bagian 01 dan 02 mengenai ruang mengenal diri. Untuk bagian 01, akan saya jawab di postingan ini. Pertanyaannya adalah sebagai berikut:

  • Sebutkan kelebihan dan kekurangan dirimu
  • Sebutkan potensi diri yang kamu miliki

Kelebihan Diri Sendiri

Sepertinya, kelebihan dari diri saya adalah saya tipe orang yang mau belajar. Mau belajar kalau saya memang minat, hahaha. Maksudnya, saya tuh mau membaca, mencari tahu, dsb. Setidaknya saya berusaha untuk tidak bertindak gegabah.

Kelebihan saya yang lain adalah saya tipe orang yang berpositif thinking. Jadinya saya tuh agak selow dalam menghadapi sesuatu. Bisa lebih sabar. Bisa lebih tenang dan berpikir terlebih dahulu. Selalu optimis dan yakin akan keadaan yang bisa diharapkan.

Kekurangan Diri Sendiri

Hmm apa ya. Plin-plan mungkin ya. Biasanya saya plin-plan untuk hal-hal yang krusial. Itupun karena saya mencoba mencari tahu lebih dalam. Awalnya pengen A. lalu dikasih tahu teman, pilih B. Lalu belajar dan baca buku, pilih A. kemudian baca buku lainnya, pilih B. begiiitu saja terus. Jadinya saya semakin tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan.

Saya tipe orang yang penasaran. Kalau orang jaman dulu, dikasih tahu “kamu jangan ini, kamu jangan itu”, maka mereka akan nurut tanpa tanya balik.

Lah, kalau saya: enggak. Saya pasti tanya balik. “loh, kenapa? Ada apa?”. Bukan berarti tidak setuju, tetapi saya juga ingin diberi ruang untuk mengerti kondisi yang sedang dihadapi. Kalau saya nggak dikasih tahu, maka saya akan salah paham. Kalau saya tahu kondisinya, maka saya bisa support. Bisa turut mendoakan.

Sebutkan Potensi Diri yang Kamu Miliki

Potensi diri yang saya miliki adalah menulis atau writing. Saya lebih suka melakukan pekerjaan tentang menulis daripada pekerjaan lainnya seperti mengajar atau jadi guru. Duh, saya nggak suka jadi guru. Harus belajar materi sekolah lalu berdiri di depan siswa-siswi untuk menyampaikan materi. Belum lagi kalau harus menjawab pertanyaan murid yang saya belum tentu tahu jawabannya.

Makanya saya lebih suka menulis. Saya bisa lebih enjoy. Bisa nyontek-nyontek referensi, lalu diolah dengan bahasa sendiri. Cuma duduk di depan laptop sambil leyeh-leyeh. Saya nggak terlalu stres kalau menekuni dunia tulis menulis.

Saya lebih suka bekerja di bidang kreatif. Bikin konten. Bikin sesuatu yang kreatif tapi di dunia digital, dan lainnya. Entahlah, saya lebih interest dan tertantang untuk belajar banyak bila berhubungan dengan dunia tulis menulis dan industri kreatif.

Yak, itulah jawaban dari bagian 01 Ruang Mengenal Diri. Bagian 02 Ruang Mengenal Diri, lanjut ke postingan berikutnya ya!

Wassalamualaikum wr wb


Posting Komentar untuk "Mengenali Diri Sendiri Lebih Dalam Sebelum Menikah"