Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita Sedang Menstruasi (PMS)

Assalamualaikum wr wb

Halo rek! Apa kabar? Semoga sehat-sehat selalu ya! Termasuk untuk kamu teman-teman perempuan yang sedang mengalami menstruasi, semoga perut baik-baik saja ya. 

Menstruasi merupakan kodrat seorang wanita yang membedakannya dengan laki-laki. Peristiwa ini akan terjadi setiap sebulan sekali yang dimulai saat perempuan mengalami usia remaja. 


Saat memasuki masa menstruasi, umumnya perempuan akan sering merasakan ketidaknyamanan seperti kram perut, nyeri sendi, lesu bahkan perubahan suasana hati. Gejala tersebut disebut Premenstrual syndrome atau yang lebih dikenal dengan PMS. Perubahan suasana hati karena PMS diakibatkan karena tidak seimbangnya kadar hormon di dalam tubuh wanita .

Beberapa gejala umum Premenstrual syndrome alias PMS yang sering terjadi antara lain:

  • Gampang stres
  • Mudah marah
  • Sulit berkonsentrasi
  • Nyeri pada payudara
  • Sakit kepala dan punggung
  • Berjerawat
  • Merasa lelah dan lemas
  • Perubahan nafsu makan
  • Depresi
  • Merasa sedih, panik , cemas dan gejala lainnya.

4 Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita Saat Menstruasi

Dikarenakan selama menstruasi wanita mudah terasa lelah, lesu dan lemas, maka dibutuhkan nutrisi makanan yang tepat agar kondisi badan menjadi menjadi stabil. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang dibutuhkan wanita saat sedang menstruasi (PMS). Simak baik-baik ya!

1. Zat Besi

Saat menstruasi, tubuh  wanita mengeluarkan banyak darah. Darah ini merupakan darah yang luruh karena tidak terjadinya perstiwa pembuahan.

Saat darah meluruh, maka zat besi yang terkandung di dalamnya juga ikutan luruh. Hal ini dapat menimbulkan risiko bahwa perempuan akan mengalami kekurangan darah atau anemia defisiensi zat besi. Minimal, perempuan akan mengalami migrain dan kelelahan yang cukup berat.

Untuk mengatasi tubuh yang kekurangan zat besi, maka perempuan bisa mengkonsumsi Tonikum bayer. Tonikum Bayer adalah multivitamin yang mengandung zat besi, mangan, zinc, dan vitamin B kompleks.

Dengan mengkonsumsi Tonikum Bayer, maka perempuan dapat terhindar dari kelelahan bahkan anemia saat sedang menstruasi. 

Kabar baiknya, Tonikum Bayer juga direkomendasikan untuk lansia dan ibu hamil yang mengalami kekurangan zat besi. Untuk Ibu hamil, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi Tonikum bayer.

2. Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan Vitamin D adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengonsumi makanan yang mengandung Vitamin D dan Kalsium, maka dapat mengurangi resiko munculnya gejala PMS. 

Kalsium bisa didapatkan dari makanan sehari–hari seperti susu kedelai, keju, susu rendah lemak, dan lainnya. Kandungan mineral kalsium bermanfaat untuk meredakan kram otot yang dirasakan oleh wanita PMS, meredakan perut kembung, kecemasan, dan lainnya.

3. Asam Lemak Esensial dan Evening Primrose Oil

Asam lemak esensial memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan gejala PMS. Asam gamma-linoleic yang terkandung di dalam suplemen evening primrose oil ternyata sudah digunakan untuk mengatasi Premenstrual syndrome (PMS). 

Untuk meredakan nyeri menstruasi, perempuan dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan asam lemak esensial. Kandungan ini bisa didapatkan ikan, sayur, buah (bayam, alpukat, kubis), susu (keju, Yogurt), dan lainnya.

4. Serat 

Ketika sedang menstruasi, seorang perempuan akan merasa lebih cepat lapar. Hal ini karena tubuhnya mengeluarkan banyak energi supaya darah-darahnya meluruh dari dinding rahim. 

Selain itu, rasa lapar ini juga dipicu oleh bergejolaknya hormon esterogen. Hormon ini memicu hormon serotonin yang mengatur nafsu makan. Maka tidak mengherankan bila perempuan menstruasi akan merasa sangat lapar dan cenderung makan banyak.

Apabila perempuan menstruasi merasa lapar dan tidak kunjung makan, maka kadar gula darahnya akan rendah. Hal ini akan membuat perempuan menstruasi mudah marah, emosian, dan bad mood.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, maka diharapkan perempuan merasa kenyang lebih lama. Beberapa sumber makanan yang mengandung serat antara lain gandum, buah, sayur, dan lainnya.

Nah, itulah 4 nutrisi yang dibutuhkan perempuan/wanita yang sedang mengalami menstruasi. Usahakan agar nutrisi-nutrisi tersebut terpenuhi dengan baik. Selamat berjuang!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Ini Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita Sedang Menstruasi (PMS)"