Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Seseorang yang Berpengaruh dari Rumah, Bisakah?

Kini di negeri pertiwi, menjadi perempuan amatlah menyenangkan. Setiap perempuan memiliki hak dan kebebasan untuk berkarya, berkreatifitas, dan mengembangkan kapasitas diri. 

Untuk perempuan yang ingin bekerja di perusahaan, sanggar,  sekolah, dan lainnya, sangat disilakan. Masyarakat kini tidak memandang remeh perempuan yang pergi bekerja ke luar rumah. Justru mereka mendukung penuh. 

Sebagian dari mereka mengapresiasi dengan positif. Namun sebagian lainnya justru berkata “iyolah, eman-eman wes sekolah duwur-duwur, tapi ndak kerjo, mosok ndek omah tok”.

Apakah kamu sepakat dengan pernyataan tersebut?

perempuan berpengaruh dari rumah

Kini tren feminisme mulai bergeser. Perempuan berpendidikan yang hanya di rumah saja, justru dianggap sebelah mata. 

Sebenarnya kalimat itu wujudnya berupa apresiasi, namun menjatuhkan dan terkesan menyakitkan. Sebab, tidak semua perempuan memiliki kesempatan untuk berkarir di luar rumah. 

Seperti saya yang merupakan seseorang lulusan S2 di universitas ternama, namun memilih karir untuk bekerja dari rumah. Apakah salah?

Oh tentu tidak. Karena saya berdaya dan mampu berkarya dari rumah. Ilmu yang saya dapatkan merupakan hasil pengalaman belajar di sekolah, berkegiatan dengan teman-teman, didikan dari orang tua, dan lainnya. 

Adapun karir yang saya pilih adalah menjadi seorang blogger. Ini merupakan karir yang telah saya tentukan semenjak saya duduk di bangku SMA. 

Memilih Karir Menjadi Seorang Blogger

Kala itu, menjadi blogger tidaklah istimewa. Hanya sebuah kesenangan belaka, karena belum tercium harumnya uang.

Namun ternyata konsistensi membuahkan hasil. 

10 tahun berlalu, rutinitas ngeblog mengantarkan saya di titik sekarang ini. Saya mendulang rupiah dari menulis blog. Bahkan tanpa menulis, uang tetap mengalir ke rekening saya. Alhamdulillah... Sungguh nikmat, bukan? 

Alhamdulillah keluarga saya mendukung penuh untuk bekerja dari rumah. Memang awalnya orang tua bersikeras meminta saya untuk menjadi PNS, atau minimal jadi guru honorer di sekolah. Tapi kok saya malas pakai seragam dan bangun pagi-pagi untuk bekerja ya.

Hingga akhirnya, sebelum menikah 1 bulan lalu, saya telah membuktikan kepada orang tua bahwa uang blog saya tiap bulannya sudah melebihi dari gaji guru PNS + tunjangannya.

Sudah aman, bukan? Alhamdullilah...

foto teras rumah

Proses Panjang Menjadi Seorang Blogger

Namun sejatinya, saya melalui proses yang panjang untuk menjadi seperti sekarang ini. Prosesnya memang mudah, namun harus telaten dan harus mau berjuang.

Menjadi blogger tidak hanya mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran, melainkan juga materi. Harus siap laptop, wifi, dan lainnya. Kalau tidak ada? Ya ke warnet dulu tak apa. Toh, saya juga dulu ngeblog dari warnet.

Menjadi blogger itu mudah. Hanya memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Berdasarkan pengalaman, setidaknya ada 5 proses yang saya lalui untuk menjadi blogger sesuai impian saya. 

Apa sajakah? Simak baik-baik ya!

1. Menulis dengan bahagia

Menulislah dengan bahagia. Tekuni hobimu dan konsistenlah untuk menjalaninya. Ingat-ingat selalu akan pepatah “pekerjaan yang enak adalah hobi yang dibayar”. Memang tidak harus terwujud saat itu juga, namun kamu akan merasakannya seiring berjalannya waktu.

Dulu, saya ngeblog karena saya suka. Saya suka menulis kisah sehari-hari. Cerita absurd di sekolah, saya tulis. Foto-foto remeh temeh juga saya upload di blog. Kala itu, tujuannya hanya untuk menyimpan kenangan.

Memang sih saat itu sudah ada facebook, tapi saya malas karena banyak teman yang saya kenal. Sedangkan kalau di blog, teman-temannya berbeda. Jadi teman-teman blogger memberikan atmosfer pertemanan yang berbeda.

Apalagi dulu saya rajin blogwalking. Jadi saya mendapatkan teman banyak dan mengetahui kisah-kisahnya. Senang sih, karena bisa membaca tulisan orang lain dan mendapatkan energi positif dari mereka.

2. Berkembang bersama komunitas

Kalau ingin sukses berkarir, janganlah merasa sendiri. Jangan dipikir sendiri dan dikerjakan sendiri. Marilah cari kawan. Ikutlah komunitas. 

Dengan mendapatkan kawan sefrekuensi dan bergabung bersama komunitas, maka kita akan mendapatkan insight-insight baru yang akan membuka peluang karir kita.

Hingga saat ini, saya telah tergabung dengan 7 komunitas blogger aktif dan lebih dari 10 whats app group blogger. Memang sih, ada beberapa grup yang isinya 4L (lo lagi lo lagi), namun yakinlah bahwa ada banyak teman-teman baru yang siap untuk saling merangkul.

foto seminar workshop

Semenjak bergabung bersama komunitas, saya mulai mengerti trend blog saat ini seperti apa. Kabar baiknya, saya mendapatkan info job content placement, job review, dll ini dari kawan-kawan di komunitas loh!

Jadi, bergabung bersama komunitas adalah sebuah kewajiban bagi seorang blogger. Kita akan mendapatkan banyak teman, ilmu baru, dan jejaring yang lebih lebar. Yakin deh, dampaknya langsung terasa!

3. Mulai memperhatikan kualitas konten 

Dampak yang terasa banget adalah mulai menyadari betapa buruknya blog saya saat itu. Artikel ditulis asal-asalan karena tujuannya curhat. Padahal konten curhat bisa dikemas menjadi konten populer yang dicari di mesin pencari loh.

Hal yang lebih memalukan lagi adalah jumlah pageview sangat sedikit dan mengecewakan. Masa’ jumlah artikel jauh lebih banyak daripada jumlah pageview/hari. Sangat memalukan, bukan?

Karena itulah saya mulai belajar. Saya mulai rajin mengikuti kelas-kelas SEO semenjak pandemi covid-19. Saya ikut kelas menulis artikel, kelas SEO, kelas media sosial, dan lainnya. Semua kelas saya ikuti, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Lalu bagaimana hasilnya? Alhamdulillah, sungguh di luar dugaan. Traffic bulanan saya meroket tajam 100x lipat. Hal ini menunjukkan bahwa saya berhasil membuat sejumlah artikel yang dibutuhkan para pembaca.

Artikel-artikel populer ini merupakan hasil dari pengalaman saya yang dikemas secara rapi dengan menerapkan kaidah SEO. Hingga saat ini, saya tetap giat untuk memberikan kualitas konten terbaik kepada para pembaca di mesin pencari.

apa itu pageview blog

4. Mendapatkan penghasilan rutin

Salah satu motivasi saya bersikukuh untuk belajar secara giat adalah adsense. Saya ingin banget berpenghasilan rutin dari Adsense. Harapannya: saya bisa leyeh-leyeh atau ongkang-ongkang kaki di rumah saja, tapi uang tetap mengalir setiap bulan.

Apakah bisa? Alhamdulillah, pada tahun 2021 ini saya berhasil payout Adsense. Yaa, meski payout-nya masih 2 bulan sekali, tapi ini progress yang bagus, bukan?

Hanya perlu ketekunan, konsisten, dan tetap memberikan konten berkualitas, maka Adsense dengan payout tiap bulan akan di depan mata. Inshaa Allah tak hanya sekadar payout, melainkan bisa gajian dari Adsense setara gaji + tunjangan PNS Dirjen Pajak. Aamiin, hahaha.

5. Menjadi bermanfaat dan berpengaruh

Kalau ngeblog hanya sekadar mencari uang, sungguh tidak membekas. Tidak akan ada rasa dan keseriusan dalam menelurkan artikel-artikel baru. Maka dari itu, saya harus menjadikan blog saya bermanfaat bagi banyak orang.

Blog yang bermanfaat, bisa dirasakan melalui banyaknya traffic yang masuk, komentar positif dari para pengunjung, dan lainnya. 

Saya amat senang ketika melihat dashboar Google Analytics dan melihat puluhan orang sedang mampir di blog untuk membaca artikel saya. Mata saya berbinar saat mendapatkan komentar dari orang-orang yang merasa terbantu berkat artikel yang saya buat.

Menjadi bermanfaat itu nikmat. Apalagi bila manfaat ini masih terus ada dan dirasakan oleh orang banyak meskipun saya sudah tiada.

Lalu menjadi blogger yang berpengaruh? Apakah saya sudah pantas mendapatkan title tersebut?

Dulu, saya mengira bahwa menjadi blogger yang berpengaruh adalah dengan cara menjadi speaker/pembicara di talkshow/seminar. Menginspirasi orang-orang untuk menjadi blogger, atau menginspirasi blogger-blogger untuk menjadi blogger yang lebih hebat.

Namun sepertinya saya susah mendapatkan hal itu. Sebab, saya tidak mengangkat personal branding sebagai blogger yang berbeda. Saya hanyalah seorang blogger, itu saja branding saya. Maka tidak mengherankan bila saya terpental jauh ke belakang dan posisi speaker talkshow/diskusi diisi oleh teman-teman yang lebih layak.

Baiklah, soal keinginan menjadi speaker, biarlah waktu yang mewujudkan. Inshaa Allah suatu hari akan terwujud. Aamiin...

Menjadi Blogger yang Berpengaruh

Namun setelah saya pikir-pikir, ternyata menjadi blogger yang berpengaruh tidak melulu dengan cara menjadi speaker loh. Ada orang yang secara terang-terangan bercerita bahwa tips-tips di artikel saya sangat membantunya, itu juga boleh dikatakan sangat berpengaruh.

Apalagi bila tulisan kita mampu menjadikannya lebih baik atau bahkan meningkatkan taraf kehidupannya? Betapa dahsyatnya kekuatan menulis. 

Seperti yang saya rasakan beberapa waktu lama. 

Tiba-tiba seorang kawan lama menyapa saya melalui wa-story. Lalu dia sedikit curcol (curhat colongan) bahwa ia sedang fokus mengembangkan toko sembako, tapi dia malas kulakan/belanja grosir. Padahal dia butuh uang untuk membuat dapur tetap mengepul.

Lalu saya teringat bahwa saya pernah mereview Aplikasi Super, yaitu sebuah aplikasi yang membantu toko kelontong/perancangan untuk kulakan sembako lebih murah. 

Kebetulan dulu saya pernah jualan pulsa melalui Aplikasi Super. Jadi sekalian saya review. Eh ternyata review saya kala itu bisa saya bagikan ke kawan saya yang sedang membutuhkan aplikasi belanja sembako online.

skrinsut chat teman

Ternyata, tulisan kita bisa berdampak langsung kepada kawan baik kita ya. Saya kira, manfaat blog saya hanya dirasakan oleh orang-orang yang menemukannya di mesin pencari (yang umumnya tidak saya kenal). 

Namun dengan adanya peristiwa ini, membuat saya sadar bahwa ternyata saya bisa membantu seorang kawan dekat melalui sebuah tulisan.

Saya sungguh terharu. Apalagi saat tahu bahwa review dan tulisan saya memberikan manfaat dan kemudahan bagi dia. Kawan saya tidak lagi kerepotan dan berpanas-panasan untuk kulakan sembako karena dia bisa kulakan sembako secara online. 

aplikasi chat toko online

Bersinergi dengan Aplikasi Super 

Berteman dengan teknologi adalah hal yang harus dilakukan di era digital. Kalau ingin dirinya bertumbuh, kapasitas dirinya meningkat, dan omsetnya melesat, maka kita harus mau bekerjasama dengan teknologi. 

Apalagi teknologi diciptakan untuk mempermudah dan membantu pekerjaan manusia. Salah satu teknologi mutakhir dan tak terpikirkan oleh saya adalah aplikasi untuk kulakan sembako online.

Aplikasi Untuk Kulakan Online

Di Indonesia, satu-satunya aplikasi kulakan sembako online terbaik hingga saat ini adalah Aplikasi Super. Aplikasi ini telah didownload lebih dari 50.000 kali melalui Play Store. 

Jadi, setidaknya ada 50.000 lebih orang yang terbantu oleh Super karena bisa kulakan secara online. Enak loh, kita nggak perlu panas-panasan dan antri kulakan di toko grosir. 

Kalau antri di toko grosir itu rasanya sungguh membuang-buang waktu, apalagi bila pemilik toko sekaligus karyawannya adalah kita sendiri. Kan mubazir tenaga dan waktu. Seharusnya bisa melayani sejumlah pelanggan, eh malah kitanya nggak ada karena masih repot kulakan. 

foto tunjuk hape

Jadi, dengan menggunakan Aplikasi Super, kita nggak perlu lagi keluar rumah untuk kulakan. Cukup diam di rumah sambil jaga toko, lalu buka Aplikasi Super untuk mulai kulakan online.

Kita bisa membeli dalam jumlah grosir. Tentu saja ada diskon spesial untuk kita yang kulakan dalam jumlah lebih banyak.

Oh tenang saja, kita nggak perlu pusing-pusing memikirkan ongkos kirim. Sebab, ongkos kirimnya gratis loooh! 

Gimana? Enak kan? Seakan-akan kita tuh kulakan di tempat yang jauh, tapi nggak keluar uang bensin. Juga kita nggak akan keluar uang untuk beli es teh karena kita nggak akan kepanasan. Nikmat toh?

Keuntungan Menjadi Sedulur Super

Namun, lebih dari itu, sejatinya Aplikasi Super memberikan keuntungan yang lebih banyak daripada yang kita bayangkan. Apa sajakah itu? Saya rangkumkan dalam bentuk infografis yaa...

keuntungan sedulur super

Cara Mudah Menjadi Sedulur Super

Sekarang kamu sudah tahu toh betapa enaknya menjadi Sedulur Super? Jadi gimana? Udah mulai tergiur untuk menjadi Sedulur Super? Kalau iya, ayo lekas-lekas menjadi Sedulur Super supaya kamu bisa kulakan online.

Bagaimana caranya? Berikut ini saya tunjukkan bagaimana cara kulakan sembako online ya!

  1. Download Aplikasi Super melalui PlayStore
  2. Instal Aplikasi Super di hapemu
  3. Lakukan registrasi untuk pembuatan akun
  4. Isi saldo Super sesuai kemampuanmu
  5. Silahkan berbelanja

Gampang toh?

Ingin Lebih Untung Lagi? Jadilah Mitra Super Center

Apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih lagi, maka cobalah menjadi Mitra Super. Pokoknya enak deh kalau jadi Mitra Super.

Mitra Supercenter ini bukan sekadar mitra yang bekerjasama, melainkan mitra yang bersinergi bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Kamu bersama Super, akan membangun sebuah toko kelontong atas namamu. Karena ini merupakan toko yang join bareng dengan Super, maka Super akan memperhatikan kualitasnya dengan baik. 

Enak kok kalau kamu mau jadi Mitra Super Center. 

Mengapa begitu? Karena kamu akan memiliki toko dan tidak perlu bersusah-susah memikirkan proses kulakan, restock barang, bahkan urusan kasir. Pokoknya kamu duduk anteng.

Enak, bukan?

Iya, karena ini merupakan pelayanan yang diberikan oleh Super apabila kamu menjadi mitra Super Center. 

manfaat menjadi mitra super

Supaya kamu lebih paham, berikut ini akan saya coba jabarkan keuntungan yang akan kamu rasakan bila menjadi Mitra Super Center:

1. Tanpa Modal, Percaya Nggak?

Ya harus percaya. Karena kamu dan Super bekerjasama atas rasa saling percaya. Dan kamu tuh nggak perlu ngeluarin modal loh, karena Super yang akan mengeluarkan modal. 

Modal di sini bukan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk barang. Jadi kamu tinggal jaga toko sambil menjual barang-barang di toko tersebut. 

Kabar baiknya, kamu sebagai mitra nggak perlu menanggung resiko apabila barang tidak terjual. Biar itu urusannya si Super aja. Pokoknya hidupmu enak banget wes.

2. Desain Toko yang Mudah Diingat

Super nggak tanggung-tanggung menyuguhkan toko terbaik untukmu. Tidak hanya membangun toko saja, melainkan menjadikannya semarak supaya mudah diingat oleh orang-orang. Dengan cat warna biru, maka dari kejauhan orang-orang akan tahu ke mana dia harus belanja sembako. 

toko super center

3. Nggak Usah Bingung Kulakan

Sedari awal, misi utama Super adalah tidak membuatmu repot kulakan. Urusan kulakan, apa kata Super. Kamu yang menjadi Sedulur Super atau Mitra Super Center, nggak usah bingung untuk kulakan.

Super ini akan mendeteksi stok produk yang habis. Jadi tokomu tidak akan pernah sepi barang. Istilah lainnya adalah “gemblondang”.

Jadi, kamu nggak akan lagi merasakan namanya kulakan kepanasan dan kehausan. Kamu hanya perlu diam di rumah, pake skincare, nyamil-nyamil cantik sambil nonton tv. Namun pemasukan dari para pelanggan tetap mengalir, enak toh? 

4. Tersistem Otomatis dengan Komputer

Toko Super yang kamu miliki ini dijamin canggih. Di tokomu akan terpasang komputer, scanner, dan printer yang bertindak sebagai layanan kasir sekaligus penyimpanan data toko.

Jadi, kamu nggak perlu menghitung manual total belanjaan pelanggan. Kamu juga nggak perlu menghafalkan harga barang karena semua data sudah tersimpan secara otomatis di komputer. Nikmat, toh?

5. Dibantu Promosi

Super ini udah terkenal loh di Indonesia. Ia juga bergerilya di media sosial supaya orang-orang mau beli barang-barang sembako di toko Super. Jadi, secara tidak langsung tokomu telah dipromosikan setiap hari.

Adapaun bila kamu ingin berpromosi sendiri melalu wa-story, kamu bisa loh pakai foto-foto lucu yang ada di instagram Aplikasi Super. Di sana ada banyak media promosi yang menarik orang-orang untuk klik, menjawab, hingga datang ke tokomu langsung. Asyik, bukan?

media promosi instagram


Syarat Menjadi Mitra Super Center dan Ini Caranya

Kini kamu sudah tahu betapa nikmatnya menjadi Mitra Super Center. Apakah kamu sekarang mulai ingin menjalin hubungan baik dengan Super?

Kalau iya, pastikan kamu memenuhi syarat-syarat menjadi Mitra Super Center ya. Simak syarat-syarat berikut ini.

  1. Pastikan sudah memiliki akun di Aplikasi Super
  2. Pastikan sudah pernah bertransaksi minimal Rp 500.000 (kalaum belum, lakukan sekarang juga)
  3. Pastikan sasaran/pelangganmu adalah tetangga atau orang-orang yang belanja untuk konsumsi pribadi
  4. Pastikan pendapatan tokomu sebelumnya minimal 5 juta/hari
  5. Pastikan bangunan toko yang kamu miliki adalah milikmu sendiri (tunjukkan sertifikat bangunan atas namamu)

Kalau kamu sudah memenuhi persyaratan tersebut, selanjutnya hal yang kamu lakukan adalah langsung menghubungi CS Aplikasi Super. Kamu bisa menghubunginya melalui chat wa di nomor 081331088037.

Staf Super akan datang ke rumahmu untuk mengecek kondisi rumahmu, berkas-berkas kelengkapan, sekaligus mengetahui bagaimana proses kerjasama berlangsung. Ya tujuannya supaya kamu dan Super bisa sama-sama untung sehingga bisa terus bersinergi meski dari rumah.

cara download aplikasi super

Kesimpulan

Aplikasi Super ini rupanya satu frekuensi dengan saya. Ingin orang-orang, khususnya para perempuan bisa tetap berdaya dari rumah. 

Super melakukannya dengan cara memfasilitasi kulakan secara online serta memfasilitasi pembangunan toko dengan fasilitas terbaik. Sedangkan saya bergerilya melalui tulisan untuk memberikan informasi-informasi terbaru terkait kebutuhan masyarakat. 

Saya senang, bisa berpengaruh kepada banyak orang meski dilakukan dari rumah saja. Mungkin menjadi blogger adalah cara saya untuk memberi manfaat dan pengaruh positif bagi banyak orang. 

Lalu, bagaimana caramu untuk menjadi seseorang yang berpengaruh? Yuk share dong di kolom komentar, saya juga ingin tahu.

Terima kasih


Posting Komentar untuk "Menjadi Seseorang yang Berpengaruh dari Rumah, Bisakah?"