Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deteksi Kanker Payudara dengan Pemeriksaan Mammografi

Assalamualaikum wr wb

Kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara mendeteksi kanker payudara dengan menggunakan pemeriksanaan mammografi. Akan saya mulai dari dengan ciri-ciri kanker payudara, cara mendeteksinya, dan cara pencegahan serta pengobatan kanker payudara.

Kanker payudara adalah pertumbuhan sel-sel payudara yang tidak nromal sehingga bisa dirasakan sebagai benjolan atau tumor. Tumor ini terjadi ketika sel-sel payudara membelah tidak terkendali sehingga menghasilkan jaringan tambahan yang tak diinginkan.

cara deteksi kanker payudara dengan mesin mammografi


Mengenal Ciri-Ciri Terkena Kanker Payudara

Sebagai perempuan alias manusia yang memiliki payudara, mengartikan bahwa kita rentan terkena kanker payudara. Tidak ada sebab yang pasti apa yang menjadi penyebab kanker payudara, karena bisa saja berasal dari gangguan hormonal.

Namun kita harus bisa mencegah terjadinya kanker payudara sejak dini. Setidaknya, kita tahu dan mampu mengenal ciri-ciri kanker payudara. Apa sajakah ciri-ciri bila terkena kanker payudara?

  • Tiba-tiba ada benjolan tak wajar di area payudara
  • Benjolan yang muncul tidak menimbulkan rasa nyeri
  • Keluar cairan yang tidak biasa dari puting
  • Kulit payudara tertarik ke dalam atau mengkerut
  • Mengalami gatal dan ruam yang terus menerus di sekitar puting
  • Puting payudara tertarik ke dalam
  • Kulit payudara membengkak atau menebal

3 Cara Mendeteksi Kanker Payudara

Sekarang kita sudah mengetahui apa saja ciri-ciri bila terkena kanker payudara. Nah, sekarang adalah waktunya kita mempelajari bagaimana cara memeriksa payudara sendiri.

Coba ikutilah 3 tahapan berikut ini supaya kita bisa memeriksa payudara secara mandiri.

1. Bercermin dan Amati

Pergilah ke depan cermin, lepaskan baju untuk melihat payudara. Angkat tangan ke atas kepala. Perhatikan bila ada benjolan, perubahan bentuk puting dan kulit. Amati secara teliti karena kitalah yang mengenal tubuh sendiri.

2. Peluk Tubuh Secara Erat

Peluklah tubuh secara erat di bagian perut, sehingga payudara bisa terlihat menonjol ke depan. Lihatlah kembali, apakah ada benjolan, kulit mengkerut, cekungan lesung pipi, atau puting susu yang tertarik ke dalam.

3. Pencet dan Urutlah

Selanjutnya pencet dan urutlah pelan-pelan daerah di sekitar puting hingga ke arah ujung puting. Lalu cek apakah keluar cairan yang tidak normal. Biasanya berwarna putih kekuning-kuningan yang terkadang bercampur darah seperti nanah. Ini beda dengan ASI ya

Apabila kamu mengalami salah 1 atau 2 ciri tersebut, maka coba diperiksakan ke pihak yang lebih tahu yakni dokter. Kamu bisa datang ke rumah sakit atau klinik untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mendeteksi Kanker Payudara dengan Mammografi

Sekarang kita mencari tahu bagaimana cara mendeteksi kanker payudara dengan mammografi. Caranya gampang benget kok!

Datanglah ke klinik atau rumah sakit untuk pemeriksaan payudara lebih lanjut. Kalau kamu datang ke klinik lebih awal, mungkin bisa dideteksi dan dicegah sejak awal.

Umumnya, rumah sakit akan menawarkan prosedur pemeriksaan payudara secara modern, yakni dengan Mammografi. 

Mamogram adalah sebuah prosedur skrining yang menggunakan mesin khusus mammografi untuk mengambil gambar payudara dengan sinar X. Mammografi ini dapat mendeteksi tumor yang bersifat kanker di area payudara yang tidak dirasakan langsung melalui tangan.

mesin mammografi untuk deteksi kanker payudara
sumber gambar: pikiran-rakyat.com


Berapa Biaya Pemeriksaan Mamografi?

Biaya pemeriksaan mamografi bervariasi mulai dari Rp350.000,- hingga Rp 900.000,-. Cukup terjangkau bila ingin memeriksakan diri demi kesehatan badan. Siapkan dana lebih sekitar Rp300.000,- untuk pengeluaran tak terduga.

Cara Membaca Hasil Mamografi

Untuk mengetahui cara membaca hasil mamografi, cobalah tanyakan kepada dokter yang berwenang, khususnya dokter yang menangani tentang payudara. Dokter umum sih bisa, tapi alangkah lebih baik bila pembacaan hasil mamografi disampaikan langsung oleh ahlinya.

Cara Pengobatan Bila Terkena Kanker Payudara

Memang disarankan untuk memeriksakan payudara sejak dini. Sebab, bila stadium kanker masih awal, maka masih bisa disembuhkan secara pelan-pelan. Pengobatan bisa dilakukan secara tradisional. Bisa juga minum pil terapi hormon. Tentu saja harus rajin kontrol ke dokter.

Namun kalau sudah stadium akhir, maka kemungkinan besar harus dilakukan operasi, kemoterapi, dan radiasi. Jadi mari kita lakukan pencegahan lebih awal supaya terhindar dari kanker payudara.

Cara Pencegahan Supaya Terhindar dari Kanker Payudara 

Sebenarnya gampang banget cara untuk mencegah supaya terhindar dari kanker termasuk kanker payudara. Mencegah kanker ini sama halnya dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Apa sajakah itu?

  • Hindari merokok karena mengandung banyak zat berbahaya pemicu kanker
  • Hindari makanan gosong karena mengandung karsinogen yang memicu kanker
  • Hindari asap roko, asap kendaraan, asap industri, dll.
  • Rajin olahraga
  • Makan makanan bergizi 

Kesimpulan

Intinya, pola hidup sehat akan mengantarkan kita untuk tetap fit dan terhindar dari berbagai jenis penyakit termasuk kanker. Jadi mulailah hidup sehat supaya kita tidak bersinggungan dengan mammografi.

Kalaupun ada saudara atau teman perempuan yang merasakan payudara cukup berbeda dari sebelumnya, coba sarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara secara mandiri dan mamografi.

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Deteksi Kanker Payudara dengan Pemeriksaan Mammografi"