Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Memilih Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Assalamualaikum wr wb

Kapan sebaiknya menggunakan cicilan tanpa kartu kredit dan bagaimana cara memilih layanan yang tepat? Yuk, temukan jawabannya dalam ulasan ini!

Program cicilan tanpa kartu kredit makin banyak dikembangkan oleh berbagai penyedia, terutama perusahaan berbasis teknologi. Kemudahan peminjaman dana dan pembayaran dengan cicilan ini pun disambut meriah oleh sebagian masyarakat—terutama karena proses pengajuan dan persetujuannya yang cepat.

Kapan Sebaiknya Menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit?

Kendati begitu, layanan kredit ini dapat menjadi bumerang. Nyatanya, tak sedikit pula orang yang justru terlilit dan terjebak utang karena keindahan program cicilan bebas kartu kredit. 

Maka dari itu, ada baiknya seseorang menyadari sepenuhnya terlebih dahulu apakah dirinya membutuhkan layanan ini atau tidak. Jika kamu sedang mempertimbangkan hal ini, berikut beberapa poin penting konsiderasinya.

tips memilih cicilan tanpa kartu kredit

Butuh Memenuhi Keperluan, Tetapi Dana dan Cash Flow Terbatas

Seperti contoh, kamu perlu membeli kulkas baru, tetapi jika membeli secara tunai, maka uang untuk kebutuhan sehari-hari sampai periode gajian berikutnya akan sangat terganggu. Dalam kondisi seperti ini, tak ada salahnya kamu menggunakan program cicilan tersebut.

Perlu diingat, dalam mengelola keuangan, besarnya pendapatan dan pengeluaran bukan satu-satunya hal yang harus dipikirkan. Kamu juga perlu mempertimbangkan cash flow dalam setiap periode untuk menjamin kebutuhan hidup tetap terpenuhi.

Ada Benefit Lain yang Diperoleh

Penyedia layanan cicilan yang memebebaskanmu dari keharusan memiliki kartu kredit menjalin kerja sama dengan banyak pihak. Mereka bahkan sering menghadirkan promo seperti potongan harga dan voucher belanja khusus bagi pengguna layanan tersebut.

Jika ada banyak benefit yang bisa kamu peroleh dari penggunaan program ini, tak ada salahnya untuk menggunakannya. Namun, pastikan bahwa kamu tidak mudah tergoda dengan promo yang diberikan dan berujung pada tagihan yang justru membengkak, ya.

Kita Harus Mampu Melunasi

Bagaimanapun, skema pembayaran ini sebenarnya adalah kamu meminjam dana alias berutang. Artinya, kamu tetap harus mengembalikan dana yang dipinjam dalam periode waktu tertentu berikut kompensasi yang disepakati.

Dengan demikian, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu mampu untuk melunasi tagihan yang akan diberikan nantinya. Hal ini tidak cuma tentang tagihan pokok atas produk yang kamu beli, tetapi juga bunga atau biaya administrasi lainnya.

Tips Menggunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Cicilan tanpa kartu kredit pada dasarnya dimaksudkan untuk memudahkanmu memenuhi kebutuhan tanpa membebani kondisi keuangan. Oleh sebab itu, kamu perlu bijak saat menggunakannya.

1. Pilih Penyedia yang Tidak Memberatkan

Kamu bisa mempertimbangkannya dari besarnya limit yang dapat diberikan dan bunga serta biaya administrasi yang dibebankan kepada pengguna. Pilihlah penyedia yang menawarkan biaya rendah sehingga tidak akan memberatkanmu.

Selain itu, jangan abai dengan besarnya denda yang akan kamu terima jika seandainya terjadi keterlambatan pelunasan tagihan. Pun tak ketinggalan, lihat opsi tenor yang diberikan dan plus-minus dari masing-masing opsi tersebut.

2. Sesuaikan Penggunaan dengan Kebutuhan

Kamu tidak sebaiknya menggunakan kredit untuk semua pembelanjaan. Sebaliknya, manfaatkan layanan ini hanya untuk beberapa keperluan khusus sehingga tagihan tidak menumpuk terlalu besar di belakang.

Seperti contoh, kamu hanya akan menggunakan kredit untuk keperluan liburan dan hiburan. Dengan begitu, Traveloka PayLater bisa jadi pilihan yang paling tepat buatmu. Dalam kondisi tertentu yang mendesak, kamu tentu bisa menggunakan produk ini untuk membayar angsuran kredit, pulsa, atau yang lainnya—tetapi sebaiknya tetap gunakan untuk keperluan awal sebagai tujuan.

3. Pastikan Penyedia Aman dan Kredibel

Tak ketinggalan, pilihlah penyedia yang aman dan kredibel. Kamu bisa mencari informasi mengenai track record penyedia tersebut di internet maupun orang-orang terdekat yang sudah pernah menggunakannya.

Kesimpulan

Ingat, tidak semua mereka yang berlisensi dapat memberi pelayanan terbaik—pun sebaliknya, mereka yang memberi fasilitas apik belum tentu berlisensi. Karena itu, jangan enggan untuk mencari tahu daripada harus berisiko.

Jadi, sudah siap daftar layanan cicilan tanpa kartu kredit, belum?

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "3 Tips Memilih Cicilan Tanpa Kartu Kredit"