Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel Pilar Biar Bisa Adsense

Assalamualaikum wr wb

Saya cukup sedih akhir-akhir ini. Pendapatan saya dari Adsense menurun drastis. Hanya 10.000/hari. Padahal dulu sudah menyentuh angka 25.000/hari sehingga saya bisa payout adsense tiap 2 bulan sekali.

Setelah saya selidiki, ada postingan page one saya yang tergeser. Memang sih masih sama-sama ada di page one, tapi bukan lagi di nomor 1. Padahal keyword dengan 2 kata itulah yang bisa mengantarkan saya sampai bisa payout adsense.

Namun tergeser oleh si bri-lio yang copas plek ketiplek artikel saya. Copasnya tuh full copas loh! Malesin nggak tuh. Dia yang nggeser posisi saya di nomor 2. Hingga mengurangi 300 klik dalam 1 pekan. Ngeri nggak tuh!

cara membuat artikel pilar

Cara Menaikkan Artikel dan Membuat Artikel Pilar

Makanya, sekarang saya berjuang lagi untuk menaikkan artikel tersebut. Caranya gimana? Ya tentu saja saya harus membuat artikel pilar. Berikut ini adalah cara yang saya lakukan untuk membuat artikel pilar.

1. Membuat Konten Berkualitas Untuk Artikel Utama

Hal yang harus saya lakukan pertama kali adalah membuat konten berkualitas untuk artikel utama. Saya bagusin tuh artikel utamanya. Mulai dari penempatan heading dan sub heading. Melengkapi konten yang kurang, membuat title dan deskripsi blog, menyebar keyword dan keyword turunannya, dll.

2. Membuat Artikel Pendukung

Selanjutnya, saya harus membuat artikel pendukung. Artikel pendukung ini bertujuan untuk mendukung artikel utama. Kontennya berasal dari keyword turunan yang saya temukan di search relate. Keyword turunannya ini saya taruh di judul dan saya buatkan kontennya. Jadi artikel turunannya ini ada banyak.

3. Saling Memberi Internal Link

Supaya google ngeh dan mengerti bahwa artikel-artikel tersebut saling memiliki keterkaitan, maka saya harus memberinya internal link. Saya memberi internal link antar artikel-artikel pendukung dan artikel utama. Jadi artikel-artikel ini saling berpegangan.

Selain itu, mungkin saja pembaca membutuhkan dan tergiring untuk membaca artikel lainnya.

4. Memberi Backlink Untuk Artikel Tersebut

Internal link di dalam artikel memang cukup menguatkan akar, namun alangkah lebih baik bila ditambah backlink dari luar. Backlink dari luar yang mengarah ke blog kita, menunjukkan bahwa artikel kita itu recommended.

Cara memberi backlink dari luar bagaimana? Ya kita membangun. Membuat blog atau profil atau komentar yang di dalamnya berisi backlink ke arah blog kita. Ya memang sih, agak rancu karena kita yang buat sendiri. Tapi, siapa lagi yang membuatnya kalau bukan kita sendiri? Memangnya ada orang yang rela bagi-bagi backlink gratis ke orang lain?

Kesimpulan

Jadi itulah yang sedang saya lakukan saat ini. Tujuan saya yakni:

  • Meningkatkan pageview, unique pageview
  • Mendapatkan adsense sehingga bisa gajian 5 juta/bulan sejak awal tahun ini

Aamiin. 

Bisakah? Inshaa Allah bisa. Bismillahirrohmanirrohim

Wassalamualaikum wr wb

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Artikel Pilar Biar Bisa Adsense"