Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menggunakan Aplikasi Investasi Terbaik

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang cara menggunakan aplikasi investasi agar tidak merugi. Tentu saja saya akan ceritakan dulu apa kelebihan aplikasi investasi yang asli daripada yang abal-abal. Lalu barulah kita belajar cara menggunakannya.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi yang menawarkan produk investasi. Namun sayangnya, tidak semuanya merupakan aplikasi investasi terbaik yang mudah digunakan dan terjamin keamanannya. Maka dari itu, kamu harus selektif saat berencana untuk berinvestasi.

Selain aman dan terpercaya, kamu juga harus memilih jenis aplikasi investasi terbaik yang mudah digunakan. Karena aplikasi yang bersahabat dari segi penggunaannya, akan membantu proses investasi agar berjalan lancar.

bagaimana cara investasi terbaik agar untung

4 Kelebihan Aplikasi Investasi Terbaik Dibandingkan Abal-Abal

Ada banyak perbedaan yang mencolok antara aplikasi investasi terbaik dengan investasi yang abal-abal. Beberapa perbedaannya dapat kita lihat dari keuntungan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut.

Berikut kami jelaskan apa saja keuntungan atau kelebihan aplikasi terbaik untuk investasi dibandingkan dengan yang abal-abal.

1. Aman dan Terpercaya

Aplikasi investasi terbaik umumnya sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan begitu, keamanan aplikasi benar-benar terjamin karena sudah mengikuti peraturan dari OJK.

OJK juga akan menjamin keamanan data dan juga informasi pribadi penting milik para investor. Selain itu juga menyediakan pusat pengaduan dan juga menjadi penengah ketika ada permasalahan antara investor dengan penyedia investasi.

2. Imbal Hasil Kompetitif

Peraturan sebuah lembaga keuangan atau perusahaan penyedia investasi yang terdaftar akan mengikuti peraturan dari OJK. Sebut saja salah satunya peraturan terkait imbal hasil yang jauh lebih kompetitif dan menguntungkan bagi pihak investor.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih baik jika memilih aplikasi yang bagus.

3. Transparansi Terjamin

Transparansi aplikasi investasi, seperti laporan akan kamu terima secara transparan. Begitu juga dengan berbagai informasi lain terkait perkembangan investasi yang dijalankan oleh manajer investasi.

4. Interface Aplikasi Nyaman dan Mudah Digunakan

Aplikasi investasi terbaik biasanya memiliki tampilan atau interface yang mudah sekali digunakan. Bahkan seorang pemula yang baru terjun berinvestasi pada sebuah aplikasi pun bisa menjalankannya tanpa kebingungan.

aplikasi di hape untuk investasi
Sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/smartphone-laptop-internet-kabur-6347729/ 

7 Cara Menggunakan Aplikasi Investasi Agar Tidak Merugi

Memulai investasi tidak boleh asal-asalan. Agar investasi yang kamu jalankan berjalan lancar dan mendatangkan keuntungan, berikut kami jelaskan cara-caranya.

1. Memilih Platform yang Tepat

‘Menanam’ modal sama halnya seperti menanam pohon. Kamu harus mengawali dari hal-hal yang paling mendasar, salah satunya mencari platform yang benar-benar tepat.

Kini kamu bisa memanfaatkan akses internet untuk mencari informasi terkait platform investasi terbaik. Pastikan juga aplikasinya terdaftar di OJK.

2. Memilih Jangka Investasi yang Ideal

Jangka pendek maupun jangka panjang semua tergantung kebutuhan dan keinginan masing-masing. Yang paling penting, kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu jangka yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Idealnya investasi dilakukan dalam jangka yang panjang. Selain imbal hasilnya lebih tinggi, risikonya pun lebih rendah jika memilih jangka yang panjang.

3. Menanamkan Mindset yang Baik dan Benar

Mindset investasi juga harus kamu bentuk dengan baik. Tanamkan mindset optimis, tidak takut mengambil risiko dan pantang menyerah saat berinvestasi. Pasalnya mindset merupakan faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan kamu saat berinvestasi.

4. Mulai dari yang Kecil

Sebagai pemula, kamu tidak perlu terburu-buru untuk memilih modal besar agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar juga. Mulailah dari modal yang kecil terlebih dahulu sambil belajar.

5. Jangan Abai Terhadap Inflasi

Sebagai investor, kamu tidak boleh mengabaikan sebuah inflasi, terutama saat memilih investasi jangka panjang. Inflasi dapat berdampak pada investasi, salah satunya mengecilkan daya belinya. Selain itu, nilai tunainya pun akan berkurang.

6. Membagi Modal yang Kamu Miliki

Untuk yang baru terjun, sebaiknya kamu membagi modal ke dalam beberapa aset. Pembagian modal ini disebut juga dengan istilah diversifikasi. Contohnya seperti diversifikasi saham, emas, dan obligasi.

Diversifikasi bertujuan agar dapat mencegah kegagalan total jika ada salah satu aset yang mengalami kerugian. Jika ingin mudah melakukan diversifikasi, kamu bisa memilih reksadana karena proses diversifikasi akan dibantu oleh manajer investasi.

7. Memilih Investasi yang Tepat

Saat ini ada banyak sekali produk investasi yang bisa kamu pilih. Namun jangan asal memilihnya. Pastikan kamu hanya memilih investasi yang sesuai dengan kemampuan dan juga tujuan finansial kamu.

Contohnya seperti memilih reksadana untuk yang ingin investasi dengan tingkat risiko yang rendah.

investasi saham di hape
Sumber gambar: https://www.pexels.com/id-id/foto/pemasaran-pengusaha-orang-tangan-6802049/ 

Cara Berinvestasi Aman Melalui Aplikasi

Saat ini ada banyak aplikasi investasi terbaik yang sudah terdaftar di OJK. Artinya, aplikasi yang sudah terdaftar di OJK memiliki kredibilitas yang bagus, aman dan juga terpercaya. Adapun layanan perbankan menghadirkan digital banking dengan berbagai fitur yang bisa memenuhi kebutuhan para nasabah. 

Seperti aplikasi digibank by DBS, aplikasi yang membantu dapat memudahkan semua transaksi maupun kegiatan perbankan melalui satu perangkat saja. Dalam hal ini, aplikasi digibank by DBS juga bisa membantu kamu untuk berinvestasi lebih dari 50 produk reksadana yang terpercaya.

Kelebihan Aplikasi digibank by DBS

Aplikasi ini tidak hanya sekedar aman dan terpercaya saja tetapi juga memiliki sejumlah kelebihan lain. Berikut sudah kami rangkum apa saja kelebihan-kelebihan yang dimilikinya.

1. Proses Pembukaan Rekening Online

Melalui aplikasi digibank by DBS proses pendaftarannya tidak perlu mengisi data-data pada berkas fisik. Semua bisa kamu proses langsung melalui aplikasinya secara online.

2. Proses Verifikasi Mudah

Selain proses pembukaan rekening yang mudah, aplikasi ini juga menawarkan kemudahan dalam verifikasi. Kamu hanya perlu menggunakan sidik jari dan juga e-KTP untuk menyelesaikan proses verifikasinya.

3. Gratis Transfer dan Tarik Tunai di ATM

Digital banking menawarkan layanan gratis transfer baik ke rekening di bank yang sama maupun bank yang berbeda. Begitu juga dengan proses tarik tunai yang bisa kamu lakukan di berbagai ATM tanpa harus mengeluarkan biaya administrasi.

Bagaimana, tertarik untuk memulai aktivitas perbankan kamu bersama digibank by DBS?. Yuk, daftar dan pasang aplikasinya sekarang juga untuk memulainya.

Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Cara Menggunakan Aplikasi Investasi Terbaik"