Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menjadi Travel Blogger Indonesia Banyak Endorse

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang bagaimana cara menjadi travel blogger Indonesia yang bisa menerima banyak endorse. Mulai dari endorse hotel, tiket pesawat, baju, dan lainnya. Menyenangkan, bukan?

Memang, sudah banyak orang yang kini menjadi full time blogger dengan melepaskan pekerjaan lamanya. Namun banyak juga yang menjadi half travel blogger. Weekday kerja, lalu weekend staycation dan travelling. Asyik toh?

Apalagi kalau travellingnya dibayar. Makin happy aja jalan-jalannya.

Memangnya bisa?

Bisa sayang. 

Kalaupun kamu adalah blogger pemula, kamu tetap bisa kok menjadi travel blogger yang banyak endorse. Bagaimana caranya?

cara menjadi travel blogger indonesia

Ini Cara Menjadi Travel Blogger yang Banyak Job dan Endorse

Berikut ini saya akan sharing tentang bagaimana cara menjadi travel blogger Indonesia yang terkenal hingga mendapatkan banyak endorse. Simak baik-baik ya!

1. Rajin Update Kegiatanmu di Blog dan Media Sosial

Usahakan kamu rajin update kegiatanmu. Mulai dari sarapan apa dan di mana. Apa saja perbekalanmu untuk travelling. Kegiatanmu saat travelling sekaligus kegiatan istirahatmu saat menghabiskan waktu di akhir pekan.

Setidaknya kamu update 3 postingan story/hari. Mengapa begitu? Supaya followersmu ngeh dan mengerti bahwa kamu rajin travelling dan suka membagikan aktivitas travelling.

Kalau judulnya travel blogger, maka kamu harus punya blog. Setiap kegiatan travelling yang kamu lakukan, tulislah di blog. Mungkin saja bisa menjadi referensi bacaan bagi teman-teman yang hendak berpergian.

contoh blog travel wisata indonesia

2. Lengkapi Profil Media Sosialmu

Selanjutnya, lengkapi profil media sosialmu. Mulai dari facebook, instagram, twitter, tiktok, dan lainnya. Biasanya ada kolom bio atau deskripsi untuk profil. Coba jelaskan dirimu secara singkat.

Misal: 

  • Travel blogger Indonesia
  • Domisili: Jogjakarta
  • #IniPerjalananku
  • Kerjasama? DM me!

Lalu biasanya di bagian profil ada kolom untuk meletakkan situs web. Nah coba letakkan situs web kamu di kolom link tersebut. Jadi, kalau ada orang-orang yang ingin tahu tentang perjalananmu, bisa langsung intip blogmu. 

3. Sering Interaksi dengan Followers

Sesedikit atau sebanyak apapun followersmu, pastikan kamu aktif berinteraksi dengan followersmu. Misalnya, sering ngasih tebak-tebakan. Sering menanyakan pendapat kepada followers (mungkin bisa hal receh seperti memilih baju apa atau hendak pergi ke mana).

Boleh juga loh kalau kamu ngadain giveaway. Nggak melulu hadiah gede. Mungkin bisa dengan bagi-bagi oleh-oleh bila kamu melakukan perjalanan. 

4. Kuasai Personal Branding

Mungkin personal branding adalah hal yang cukup baru untukmu. Personal branding adalah proses menunjukkan siapa dirimu ke orang-orang. 

Kalau kamu ingin dikenal sebagai sosok travel blogger, maka sering-seringlah bikin konten bertemakan travelling. Kalaupun kamu sedang kehabisan stok foto travelling, kamu bisa kok ambil foto di rumah aja tapi captionnya masih terkait travelling.

5. Join Grup Komunitas

Langkah terakhir, cobalah join di grup komunitas. Mulai dari komunitas travel blogger di Facebook, Whatsapp, maupun Telegram. Di sinilah kamu akan mendapatkan banyak teman dan relasi. Bisa jadi kamu akan menemukan teman seperjalanan yang menyenangkan.

Di grup komunitas inilah, biasanya akan tersebar berbagai lowongan endorse. Sebagai travel blogger pemula, coba ambil saja slot endorse yang ada. Sambil jalan, maka kamu sambil perbaiki personal brandingmu.

Dari komunitas inilah kamu akan mendapatkan banyak tawaran job atau endorse. Kamu juga akan tahu aplikasi atau website apa yang sering ngasih job buat travel blogger. Asyik kan?

Contoh Travel Blogger Indonesia yang Sering Terima Endorse

Iyaaa, memang ada banyak kok travel blogger yang sering terima endorse. Salah satunya adalah Mbak Evi Indrawanto. Memang beliau sudah memasuki usia emas, namun semangatnya untuk travelling tak pernah luntur loh.

Mbak Evi ini rajin menulis tentang pengalaman travellingnya ke berbagai tempat wisata. Mulai dari Lembang, Cirebon, Bandung, dan lainnya.

Ia sering banget mengunjungi tempat wisata yang sedang naik daun. Kemudian jelajah kuliner dan eksplore di wilayah sekitarnya. 

contoh blog wisata indonesia

Menurut saya, yang paling menarik dari blognya Mbak Evi ini adalah fotonya yang ciamik serta tulisannya yang berbobot. Pokoknya membaca tulisan Mbak Evi ini bikin betah banget. Dan jadi pengen banget untuk main ke tempat wisata yang direkomendasikan.

Oh ya, tentu saja mbak Evi sering menerima endorse. Endorse yang diterima oleh travel blogger satu ini adalah berupa undangan famtrip, liputan festival, dan review produk seputar travelling.

Kalau Mbak Evi bisa di titik sejauh ini, maka saya yakin kamu juga bisa.

Kamu hanya perlu konsisten dan perluas jaringanmu untuk jadi travel blogger terkenal! Semangat ya!

Wassalamualaikum wr wb


Rhoshandhayani KT
Rhoshandhayani KT Rhoshandhayani, seorang lifestyle blogger yang semangat bercerita tentang keluarga, relationship, travel and kuliner~

Posting Komentar untuk "5 Cara Menjadi Travel Blogger Indonesia Banyak Endorse"