Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tips Saat Daftar MAN IC Serpong, Perhatikan Ini!

Assalamualaikum wr wb

Kali ini Kak Ros akan sharing tentang hal-hal penting saat daftar MAN Insan Cendekia Serpong. Mulai dari cara daftar, cara masuknya, nilai rata-rata masuk MAN IC Serpong, biaya asrama, dan lainnya.

Semenjak saya menulis pengalaman mengantarkan adik yang sekolah di MAN IC Serpong, banyak siswa dan para orang tua yang menghubungi saya. Menanyakan lebih lanjut tentang cara masuk MAN IC Serpong.

Jadi di artikel ini, Kak Ros akan menguraikan sejumlah tips saat mendaftar MAN IC Serpong beserta tips untuk tes tulisnya biar kalian bisa lolos. Simak baik-baik ya!

pendaftaran man ic serpong

Cara Daftar MAN Insan Cendekia Serpong, Jangan Teledor

Seringkali orang-orang gagal di tahap pertama, yakni pendaftaran alias pengumpulan berkas. Pendaftaran di MAN IC ini cukup unik. Nah, berikut ini saya akan menguraikan hal-hal penting yang harus kamu perhatikan.

1. Buat Akun Terlebih Dahulu

Entah jadi mendaftar atau tidak, selama kamu ada niatan untuk mendaftar MAN IC Serpong, pastikan kamu membuat akun terlebih dahulu. Yakni akun SNPDB. 

Akun ini akan digunakan selama proses seleksi berlangsung. Mulai dari pengumpulan berkas pendaftaran, informasi terbaru, hingga pengumuman kelulusan. 

2. Ingat Email dan Password

Saat mendaftar, pastikan kamu mengingat email dan password yang kamu buat. Kalau kamu lupa, tidak ada yang bisa menolongmu.

Kalaupun kamu tanya ke adminnya MAN IC, belum tentu pertanyaanmu digubris. Ya buat apa MAN IC menerima orang kayak kamu yang hal sepenting ini aja dilupain atau bahkan disepelein.

3. Lengkapi Data Diri dan Persyaratan

Kalau sudah masuk ke akun SNPDB, selanjutnya kamu perlu melengkapi data diri. Pastikan data yang kamu isi adalah data real keadaan kamu. Oh ya, jangan sampai keliru ya saat menulis NIK orang tua.

Tentu saja, tidak perlu mengarang mengenai penghasilan orang tua. Tidak perlu memiskinkan diri demi mendapatkan beasiswa dari MAN IC. Cukup sampaikan keadaan dan penghasilan orang tuamu yang sebenarnya.

Lengkapi pula persyaratan yang dibutuhkan. Jangan mendadak kalau mengumpulkan persyaratan. Yakin deh persyaratannya ini tak biasa dan sangat berbeda dari sekolah-sekolah lain. Contohnya adalah permohonan surat rekomendasi dari sekolah. Cukup ribet bukan?

4. Ada 2 Jalur Pendaftaran

Ada 2 jalur pendaftaran untuk masuk MAN IC. Yakni jalur tes dan jalur prestasi. Kalau kamu nggak punya prestasi tingkat nasional, jangan berharap ndaftar lewat jalur prestasi. Mending ndaftar lewat jalur tes aja yang kuotanya hingga 90%.

Jalur prestasi MAN IC Serpong ini hanya untuk orang-orang yang memang juara nasional. Tentu saja juara nasional bidang sains mipa dll yang diselenggarakan oleh lembaga terbaik dan prestige. Seperti KSN, KSM Nasional, KOPSI, dan MYRES.

Apalagi kalau berhasil memenangkan kejuaraan tingkat internasional, wuah besar kemungkinan akan lolos. Contohnya juara di IMO, IBO, IPhO, IChO, IOI, IGeO, IEO, IEYI, ASPC, IESO, IAO, IOAA, dan lainnya.

Kalau cuma menang juara 1 di provinsi, mending mundur aja. Cari alternatif lain yang mungkin lebih mudah untukmu, yakni jalur tes. Jadi kamu bisa memaksimalkan potensimu di tes tulis.

5. Ada Syarat Untuk Asal Sekolah Loh!

Nggak sembarang sekolah bisa mendaftarkan muridnya ke MAN IC. Ada ketentuan khusus yang harus diperhatikan. Apa sajakah?

  • Sekolah harus punya NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional)
  • Terdaftar di EMIS atau DAPODIK
  • Punya sertifikat akreditasi dari BAN-SM

6. Cek Surat Rekomendasi dari Sekolah

Surat rekomendasi dari sekolah menjadi salah satu persyaratan pendaftaran. Nggak semua siswa loh bisa mendaftar MAN IC. Mendaftar saja dibatasi. Disesuaikan dengan jumlah rombel pula. Rombel adalah rombongan belajar alias jumlah kelas. 

Semakin banyak rombel, maka jatah atau kuota siswa yang mendaftar lebih besar. Masing-masing MAN IC punya ketentuan jumlah pendaftar. Apabila kamu ingin tahu, bisa cek langsung ke websitenya.

Adapun bentuk dan isi surat rekomendasi, sesuaikan dengan yang sudah ditentukan. Ketentuannya sudah ada di juknis SNPDB. Coba cari tahu sendiri ya. Isiannya jangan diubah-ubah. Pokoknya ketentuannya harus kayak gitu.

Pastikan kamu memantau ketentuan kuota ini biar tidak gelo alias kecewa karena kesalahan yang bukan kamu lakukan. Kalau sekolahmu ada salah dalam pembuatan surat rekomendasi, coba tegur. Kasih tahu yang benar. Karena ini ya bagian dari perjuanganmu.

7. Pastikan Kamu Memenuhi Syarat Dasar

Sebagai calon siswa yang akan belajar di sekolah paling terjaga kualitasnya di Indonesia, maka jangan sampai kamu melewatkan satupun persyaratan. Apakah saja itu?

  • Tercatat menjadi siswa kelas IX MTs/SMP tahun ajaran 2022/2023 alias tahun ini
  • Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2022. Berarti yang boleh mendaftar adalah yang usianya 16 tahun, dengan kelahiran terakhir 31 Juni ya. Kalau lahir tanggal 1 Juli, ya berarti udah masuk usia 17 tahun.
  • Mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari sekolah dan surat ini dikeluarkan oleh sekolah sesuai juknis. Ada ketentuan pembuatan surat loh!
  • Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS atau DAPODIK. Pasti punya dong. NISN ini juga buat pembuatan akun SNPDB ya...
  • Mengunggah berkas persyaratan sesuai dan ketentuan.

8. Upload Berkas Persyaratan Sesuai Ketentuan

Pastikan kamu upload berkas persyaratannya sesuai ketentuan ya. Apa sajakah itu?

  • Pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm (ukuran maks 300kb). Kalau ukurannya kegedean, coba diresize secara online. Cari di google!
  • Fotocopy rapor semester 3, 4, dan 5. Pastikan semuanya sudah dilegalisir. Biasanya dilegalisir ada ttd kepala sekolah. Scan biar bisa diupload.
  • Fotocopy akta kelahiran. Scan biar bisa diupload.

9. Pantau Terus Jadwalnya

Pendaftaran MAN IC Serpong ini memang dibuka lebih awal daripada pendaftaran di sekolah-sekolah lain. Jadi sebenarnya bisa membuatmu lebih santai dan nggak bikin pusing.

Namun alangkah lebih baik bila kamu mempersiapkan diri sesuai jadwal kegiatan SNPDB. Jangan terlambat upload berkas. Alangkah lebih baik bila kamu upload berkas h-7. Khawatir ada yang luput.

Atau mungkin, setelah mendapat surat rekomendasi dari sekolah, malam harinya kamu bisa langsung mengunggah berkas. Biar nggak gopoh pas hari terakhir pendaftaran. Jadi kamu bisa fokus belajar untuk tes tulis.

10. Tes Masuk MAN IC Serpong

Kalau kamu memang serius untuk menjadi siswa MAN Insan Cendekia Serpong, maka kamu harus berusaha maksimal. Bila pendaftaran udah beres, selanjutnya kamu persiapkan diri untuk tes tulis.

Apa saja tes tulis di MAN IC Serpong?

  • Tes potensi belajar (kepribadian, kemampuan numerik, verbal, logika/penalaran)
  • Tes bidang studi: Matematika, IPA/IPS, Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, Bahasa Arab.

Kalau tips dari adik saya yang masuk MAN IC Serpong, disarankan untuk fokus mendalami soal-soal Matematika dan IPA. Kalau soal-soal tes potensi belajar, ya cukup latihan 3-5 kali saja. Karena sejatinya ini diambil dari kepribadian, pengalaman, dan alam bawah sadarmu.

Namun memang soal yang paling susah adalah soal-soal Matematika dan IPA. Untuk bidang studi lainnya, cukup belajar sesuai standar di sekolah. Kalau Matematika dan IPA, kamu harus belajar lebih untuk ini.

Nilai Rata-Rata MAN IC Serpong

Nggak ada yang tahu ya mengenai nilai rata-rata masuk MAN IC. Tapi sepertinya nilai rata-rata di rapor ini tidak terlalu diperhatikan. Selama namamu sudah tercantum di surat rekomendasi, berarti kamu sudah diklaim sebagai siswa terbaik di sekolah.

Adapun penerimaan siswa MAN IC tidak dipilih berdasarkan nilai rapor kok. nilai rapor hanya untuk seleksi berkas. Jadi berapapun nilai rata-ratamu, langsung sikat aja di tes tulis. Mengapa?

Justru yang sangat diperhatikan adalah tes tulis. Penentuannya ada di sini. Soal-soal ujian tes tulis MAN IC, susah banget. Nggak kayak soal ujian nasional atau ujian sekolah. Melainkan soal-soalnya setara dengan soal babak penyisihan olimpiade.

Jadi kamu harus mempersiapkan diri untuk belajar Matematika dan IPA dengan tingkat kesulitan setara penyisihan olimpiade.

Kesimpulan

Itulah yang bisa saya sampaikan mengenai MAN IC Serpong. Selanjutnya, saya akan sharing tentang cara tes masuk MAN IC Serpong, biaya masuk, biaya asrama, dan juga biaya tak terduga yang harus disiapkan.

Oh ya, supaya kamu lebih semangat, mungkin kamu bisa baca tentang gimana serunya MOS di MAN IC Serpong di sini: Persiapan MOS MAN IC Serpong.

Semoga bermanfaat!

Wassalamualaikum wr wb

Posting Komentar untuk "10 Tips Saat Daftar MAN IC Serpong, Perhatikan Ini!"